Kode Remot TV Akari Tabung, LED, LCD, Lengkap!

Berikut kumpulan kode remot TV Akari tabung, LED, LCD lengkap dan terbaru!

Televisi merupakan salah satu produk elektronik yang sering dipakai masyarakat secara luas dalam jam yang panjang. Pasalnya perangkat ini sendiri tergolong sebagai perangkat penyiaran suara dan gambar yang praktis digunakan, untuk mendapat informasi secara gratis. Siaran di TV pun sekarang ada beraneka ragam, hal ini tentu karena peralihan ke frekuensi digital 2022 lalu. Anda sekarang dapat berlangganan dan menikmati siaran dari Netflix, Peacock, Amazon Prime Video, Apple TV dan lainnya via Set Top Box. Tapi menonton channel-channel tersebut tidak akan terasa nyaman tanpa adanya sebuah Remot TV. Ya bayangkan saja, untuk mengganti setiap saluran Anda perlu bolak-balik ke depan TV dan menekan tombolnya satu per satu untuk pindah tayangan.

Tapi dengan remot, cukup duduk nyaman dan menekan tombol semuanya beres. Membahas mengenai perangkat ini penulis jadi teringat dengan nama produk elektronik buatan lokal yaitu Akari. Meskipun namanya terdengar sangat Jepang, nyatanya Akari adalah perusahaan lokal yang berdiri di daerah Sidoarjo, Indonesia. Perusahaan ini berfokus memproduksi barang-barang elektronik, salah satunya seperti item yang kita bahas kali ini yaitu remot TV Akari.

Ringkasan

  • Kode TV Tabung Akari adalah 015, 073, 102.
  • Kode TV LED Akari adalah 140, 015, 102.
  • Televisi LED maupun LCD merek Akari memiliki kode remot yang serupa.
  • Remot yang tertindih benda dapat mengakibatkan pengikisan daya baterai.

Lihat Juga : Perbedaan Legacy BIOS dan UEFI

Kode Remot TV Akari

Kode Remot TV Akari
Sumber Gambar : ricosta.id

Bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Timur, pasti sudah familiar dengan merek Akari, ya karena nama produk Akari sendiri sudah berjamur di berbagai perangkat elektronik tak terkecuali TV. Terlebih sejak meningkatnya permintaan akan produk STB, banyak pengguna televisi juga sekalian membeli televisi baru, salah satunya dari merek Akari. Dan tentu, ada kalanya Anda perlu melakukan setelan khusus terhadap remot. Agar dapat mengontrol ke perangkat baru, seperti TV Akari ini. Untuk melakukannya Anda perlu mengetahui beberapa kode remot berikut yang disesuaikan menurut jenis TV nya.

1. Kode Remot TV Akari untuk TV Tabung

TV tabung mungkin dianggap sebagai versi yang sudah ketinggalan jaman, tapi perangkat ini masih eksis hingga saat ini dan masih menghiasi rumah-rumah penduduk Indonesia kebanyakan. Akari sendiri juga memiliki versi televisi tabung, yang mana memiliki kode aksesnya sendiri agar dapat disambungkan kontrolnya pada remot kontrol tertentu. Misalnya saja seperti pada tabel berikut.

VersiKode
TV Tabung Akari015, 073, 102, 104, 103, 182, 140, 213, 224

2. Kode Remot TV Akari untuk TV LED & LCD

Selain karena bentuknya yang dinamis elegan dan hemat tempat, televisi versi LED maupun LCD juga memiliki isian komponen serta kode tersendiri agar dapat digunakan untuk melakukan setelan kontrol melalui remot TV. Dalam kasus ini, TV LED maupun LCD dari Akari memiliki kode tertentu untuk setelannya, meskipun ada sebagian kode dari setelan TV tabung dapat digunakan pada praktiknya.

VersiKode
TV LED & LCD Akari104, 181, 103, 213, 224, 073, 013, 140, 015, 102

Lihat Juga : Perbedaan CPU dan GPU Komputer

Cara setting kode Remot TV Akari

Cara Setting Kode Remot TV Akari
Sumber Gambar : ricosta.id

Selanjutnya kita akan membahas mengenai cara melakukan penyetelan remot pada televisi Akari secara manual. Perlu diketahui juga bahwa langkah setelan ini dapat Anda terapkan pada remot TV jenis apa pun, termasuk remot Joker atau remot TV universal. Kalau begitu langsung saja kita masuk ke tahap pertama.

  1. Siapkan remot TV yang mau Anda gunakan, dan pastikan baterainya berfungsi.
  2. Nyalakan TV Akari Anda, kemudian tekan tombol dengan tulisan SET pada remot Anda hingga lampu indikatornya menyala.
  3. Nah pada langkah ini, Anda perlu memasukkan kode-kode pada tabel di atas sesuai dengan televisi yang Anda setel.
  4. Apabila kodenya telah sesuai, maka lampu indikator yang menyala tadi akan mati sendiri.
  5. Tunggu televisi Anda sampai memberikan respons atas perintah yang Anda jalankan sebelumnya.
  6. Uji tombol-tombol di remot Anda apakah sudah berfungsi dengan optimal.
  7. Apabila masih belum berfungsi, ulangi langkah di atas. Atau pastikan bahwa baterai remot TV Anda belum aus, karena tidak sedikit remot TV tidak berfungsi karena sudah saatnya ganti baterai.
  8. Selesai.

Lihat Juga : Ciri – Ciri Motherboard Laptop Rusak

Cara setting otomatis Remot TV Akari

Cara Setting Otomatis Remot TV Akari
Sumber Gambar :

Kali ini kita akan membahas mengenai cara mudah men-setting remot TV Akari, secara otomatis. Bisa dibilang cara ini merupakan cheat karena Anda tidak perlu repot-repot mencari kode yang tepat untuk TV Anda. Dan membiarkan sistem televisi untuk melakukan pencarian kode secara otomatis sampai ada yang kompatibel.

  1. Siapkan remot Anda dan nyalakan TV Akari yang mau disetel kodenya.
  2. Tekan tombol SET pada remot Anda sampai lampu indikatornya menyala.
  3. Nah pada bagian ini, Anda perlu mengklik tombol CH+ dan CH- secara berulang-ulang sampai kode nya ketemu.
  4. Dan terakhir tekan kembali tombol SET sampai lampu indikator Anda sudah tidak aktif kembali.
  5. Sekarang uji kembali tombol remot TV Anda apakah sudah kompatibel atau belum.
  6. Jika masih belum kompatibel ulangi cara di atas kembali.
  7. Selesai.

Lihat Juga : Ciri – Ciri RAM Laptop Rusak

Kenapa Remot TV Akari tidak berfungsi

Remot TV Akari Tidak Berfungsi
Sumber Gambar : nirvanaharapa.com

Mungkin dalam melakukan penyetelan remot TV tadi Anda mengalami suatu kendala klasik. Seperti tautan antara televisi dengan remot kadang terpaut, kadang tidak. Atau baterai remot yang terkadang cepat habis dari biasanya. Karena itu berikut ini kita akan membedah, apa-apa saja faktor yang membuat remot TV tidak berfungsi secara optimal.

1. Remot TV tertindih

Masalah yang sangat umum dan sering ditemukan pada kerusakan remot adalah, ketindihan benda. Hal ini mungkin terlihat sepele karena, dari segi fisik remot tidak kelihatan rusak. Tapi apabila kita melihatnya dari sisi lain, seperti terjadinya tekanan pada hardware remot seperti tombol. Hal tersebut akan membuat daya baterai lebih cepat berkurang karena terus-terusan aktif selama remot masih tertindih.

2. Ada penghalang antara remot dengan TV

Kadang kala ada hal yang membuat remot tidak berfungsi ialah terdapat benda yang menutupi receiver sinyal pada televisi. Sebuah TV memiliki receiver yang terletak pada barisan tombolnya, biasanya berupa glass plastik berwarna hitam. Atau terletak di dekat tombol power-nya, jadi apabila Anda hendak menggunakan remot tapi ada benda yang menutupi bagian-bagian tersebut harap disingkirkan terlebih dahulu. Atau biasanya remot Anda memiliki masalah pada bagian output frekuensi sinyalnya sehingga tidak dapat digunakan.

3. Penggunaan remot yang terlalu kasar

Ada kalanya Anda pernah menjumpai fase di mana remot TV baru bisa merespons perintah kontrol setelah tombolnya ditekan agak lama. Hal ini biasa disebut sebagai low respons yang mana kondisi perangkat bagian dalam sudah rusak, dan dalam keadaan untuk diganti atau singkatnya beli baru. Alasan hal semacam ini terjadi, jika menurut pengalaman penulis adalah teledornya pengguna dalam menggunakan remot.

Misalnya saja seperti dibanting, terinjak, tak sengaja diduduki. Sehingga komponen bagian dalam terkena tekanan melalui himpitan tombol-tombol yang berlangsung terus-terusan. Serta terjadinya tremor yang ke seringan, sehingga mengakibatkan bagian dalam remot menjadi rapuh.

4. Baterainya habis atau tempat baterai kendor

Meskipun ada juga faktor di mana remot Anda bisa saja mengalami low bet atau daya baterainya habis. Ada juga faktor lain seperti bagian baterai menjadi kendor karena perilaku teledor pengguna yang sering membuat remot menjadi rapuh. Bahkan tak jarang tempat tutupnya baterai menjadi blong, sampai hilang. Tentunya hal ini membuat alokasi daya pada remot kurang maksimal dan tidak berfungsi semestinya.

Lihat Juga : Ciri – Ciri VGA Laptop Rusak

Penutup

Akari merupakan produk yang sangat layak untuk Anda beli, karena meskipun brand lokal namun kualitasnya tak kalah dengan brand internasional, dalam kategori perangkat yang sama. Terlebih patokan harga yang diberikan Akari juga terjangkau bila kita mengukurnya dengan standar harga pasaran. Dari segi jangka panjang juga, untuk kategori televisi, Akari bisa digunakan sampai jangka waktu yang cukup panjang dan mendukung penggunaan STB bila Anda menggunakannya.

Berapa harga televisi LCD/LED merek Akari?

Harganya cukup bervariasi, namun untuk lebih spesifiknya. Menurut survei penulis pada saat artikel ini dibuat, TV LCD Akari memiliki harga termurah yaitu Rp.1.130.940 yang mana sumber informasinya dari iprice.co.id.

Berapa harga Set Top Box merek Akari?

Apabila Anda mencari dan membelinya secara online, harga STB Akari pada official store sendiri dihargai kisaran Rp.250.000an. dan tentunya barang tersebut dijamin baru dan bergaransi, tergantung seller tempat Anda membelinya.

Apakah kita bisa menghubungkan ponsel ke TV?

Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke televisi dengan menggunakan perangkat tambahan yang bernama Anycast atau Dongle. Harganya sendiri cukup bervariasi, apabila Anda cukup cermat, perangkat ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah di toko-toko online.

Apakah TV Akari mendukung perangkat Bluetooth?

Televisi Akari sendiri bisa mendukung Bluetooth, hanya saja ini cuman berlaku untuk produk TV dengan bentangan 43 inci saja. Tapi bagi Anda yang ingin hemat biaya, ada baiknya untuk membeli Dongle agar dapat menautkan nya ke Bluetooth.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Kode Remote TV

Agung Wijaya

Hi! I am someone who likes to be creative and share ideas about things that add to a more advanced mindset. Besides that, I also like to learn new things that are interesting and useful in building my character.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 30 Komponen Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya

    Di bawah ini tersedia penjelasan informasi terkait komponen yang terdapat pada komputer
  2. 110 Wallpaper HP Pecah Paling Unik, HD Terbaru!

    Berikut kumpulan wallpaper HP pecah, error, 3D, yang unik dan bikin orang tertipu terbaru, bisa kamu…
  3. 10 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard (Shortcut), Efektif dan Mudah!

    Ketahui tips cara mematikan laptop dengan keyboard melalui shortcut key Alt + F4, Windows + X,…