Set Top Box TV Digital Terbaik dan Murah 2024, Sertifikat Kominfo!

Ketahui harga terbaik Set Top Box TV Digital terbaru 2024!

Peralihan antara frekuensi analog ke digital tentunya mengundang banyak sorotan publik di Indonesia. Terlebih bagi kebanyakan orang, TV masih menjadi sumber hiburan utama yang murah dan efisien untuk dilihat. Namun bagaimana jadinya apabila sumber hiburan tersebut direnggut begitu saja, tentu akan banyak kegaduhan di antara masyarakat. Hanya saja pada kenyataannya, siaran televisi tidak dihapuskan hanya dialihkan saja ke level yang lebih tinggi dengan frekuensi digital.

Tentu kita sebagai masyarakat, hanya bisa mengikuti aturan tersebut dan menyesuaikan diri untuk dapat terus menikmati hiburan televisi. Hanya saja kita perlu mengeluarkan biaya untuk meraihnya, dalam hal ini yaitu membeli Set Top Box. Apa itu Set Top Box? Sederhananya, ini hanyalah sebuah perangkat yang memungkinkan televisi kita untuk menangkap sinyal atau frekuensi digital. Namun dalam praktik aslinya alat ini masih menawarkan kelebihan lainnya. Anda penasaran dengan layanan apa saya yang dimiliki set top box? Ikuti pembahasan berikut ini.

Ringkasan

  • Set Top Box atau yang lebih simpelnya kita sebut sebagai STB merupakan perangkat tambahan pada televisi untuk bisa menangkap frekuensi sinyal digital.
  • EWS (Early Warning System) atau sistem peringatan dini, merupakan mekanisme yang tertanam pada STB dalam mencegah evakuasi peringatan apabila terjadi bencana alam.
  • Advance STP A01. Memiliki spesifikasi yang meliputi dukungan resolusi layar hingga 1920 x 1080 piksel. Selain itu Advance STP A01 menggunakan prosesor onboard Montage MT2203.
  • Dibekali dengan fitur Share Screen, perekam siaran serta CPU tahan panas Matrix Garuda menghadirkan perangkat STB yang multiguna untuk Anda gunakan dalam waktu yang panjang.

Lihat Juga : Harga Pemasangan WiFi di Rumah

Set Top Box TV Digital Terbaik

Set Top Box atau yang lebih simpelnya kita sebut sebagai STB merupakan perangkat tambahan pada televisi untuk bisa menangkap frekuensi sinyal digital. STB sendiri mulai populer dan marak dicari sejak November 2022, karena adanya peralihan besar-besaran antara frekuensi analog ke digital. Yang mana membuat masyarakat Indonesia mencarinya, karena dinilai lebih hemat daripada harus membeli TV yang men-support receiver sinyal digital.

Sama halnya seperti perangkat elektronik lainnya, STB sendiri merupakan produk yang dibuat secara masal oleh perusahaan yang berbeda-beda. Sehingga kita sebagai pembeli tentunya bingung memilih varian dari produk mana saja, yang menciptakan STB berharga terjangkau namun tetap menjaga kualitasnya. Agar Anda lebih mudah dalam memilah STB mana yang hendak dibeli, di bawah ini kami telah merangkum deretan daftar STB terbaik dan berkualitas untuk menjadi referensi bagi Anda.

1. Set Top Box Luby DVB-T2-02

1 Set Top Box Luby DVB-T2-02
Sumber Gambar : tokopedia.com

Mari kita awali perkenalan merek STB ini dengan Luby DVB-T2-02, alasan mengapa STB ini menjadi pilihan pertama karena mendukung resolusi layar Full HD 1080p. Yang mana kualitasnya sangat memanjakan mata, Selain itu terdapat dukungan auto manual untuk memindai siaran-siaran kesayangan Anda. Menariknya lagi, perangkat ini sudah mendukung HDMI 1.3 dan dibekali program video YouTube dan TikTok untuk meramaikan pilihan tontonan Anda. Dengan merogoh kocek sebesar Rp. 215.000 saja Anda sudah bisa menikmati layanannya.

2. Set Top Box Matrix Apple DVBT-2

2 Set Top Box Matrix Apple DVBT-2
Sumber Gambar : dmiftah.com

Pada STB selanjutnya kita akan membahas dari merek Matrix Apple DVBT-2, alasannya sendiri karena merek ini menawarkan paket bundling dengan kabel RCA atau juga dengan kabel HDMI, seharga Rp 285.000. Selain itu jika dilihat dari sisi kualitas STB nya sendiri, Matrix Apple mampu menawarkan fitur seperti.

  1. Mendukung layanan MeeCast dan bisa share screen dari HP, Tablet. Laptop ke Layar TV. Sehingga Anda bisa menonton dengan lebih nyaman sesuai keinginan.
  2. Kualitas gambar FULL HD 1080p
  3. Mendukung layanan Youtube, Youtube Kids, Mitube dengan memakai WiFi dongle
  4. PORT USB 2x PORT
  5. Memori Storage 8 Mb
  6. CPU tahan panas
  7. MULTI IU
  8. Mempunyai 5 Menu. Bisa Pilih mau Menu Classic atau Menu Metro (Android)
  9. Ber-SNI, dan memiliki jaringan service center serta gratis biaya langganan.

3. Set Top Box Polytron PDV 610T2

3 Set Top Box Polytron PDV 610T2
Sumber Gambar : polytron.co.id

Polytron merupakan merek lokal yang populer di kalangan produk elektronik di Indonesia. Kali ini Polytron hadir dengan mengimplementasikan produk elektronik yang saat ini sedang panas -panasnya di pasaran, apa lagi kalau bukan STB. Set Top Box garapan Polytron ini berfungsi untuk menerima siaran digital T2 yang sudah memenuhi standar EWS (Early Warning System) atau sistem peringatan dini.

Selain itu STB ini juga menyediakan fitur EPG (Electronic Program Guide) yang menampilkan informasi penjadwalan program siaran. Tidak lupa juga ada fitur lain seperti PVR (Personal Video Recorder) untuk merekam acara TV favorit Anda ke dalam penyimpanan eksternal.​ Harga yang dipatok sebesar Rp. 150.000-an merupakan hal yang wajar mengingat fitur yang diberikan serta faktor dari produk garapan Polytron sendiri terbilang bagus.

4. Set Top Box Evinix H1

4 Set Top Box Evinix H1
Sumber Gambar : :radarcirebon.tv

STB Evinix H1 merupakan set top box yang telah bersertifikasi dari Kemkominfo mengenai keresmian dan kualitas produknya. STB ini dinilai memiliki spesifikasi mumpuni, untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam menikmati siaran TV yang jernih dan berkualitas. Misalnya saja seperti adanya 2 buah port USB yang dapat Anda gunakan untuk memutar file musik atau video dari flash disk. Bisa juga Anda gunakan sebagai port USB dongle agar terkoneksi ke WiFi bila ingin memutar YouTube, YouTube Kids atau ingin menggunakan fitur MeeCast TV. Harga awal yang dimulai Rp. 175.000 juga membuatnya menjadi pilihan yang umum untuk dibeli masyarakat secara luas.

5. Set Top Box Welhome

5 Set Top Box Welhome
Sumber Gambar : dmiftah.com

Bagi Anda yang mencari set top box dengan isian bundle yang lengkap, Welhome bisa jadi pilihan yang terbaik untuk Anda miliki. Pasalnya STB ini memiliki kelengkapan paket mulai dari remote STB sampai kabel RCA. Fitur lain yang dimilikinya juga tergolong standar seperti port HDMI dan RCA, casing yang kuat, port Loop Out, port USB dan support dengan YouTube. Dan Anda bisa memiliki perangkat ini hanya dengan merogoh kocek kisaran Rp. 200.000-an saja.

Lihat Juga : Harga Paket Internet WiFi ICONNET PLN

6. Set Top Box TANAKA DVB T2

6 Set Top Box TANAKA DVB T2
Sumber Gambar : dmiftah.com

Tanaka merupakan nama dari produsen elektronik yang menjaga kualitas, dengan harga terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan pasar masyarakat Indonesia. Dan sesuai dari perkenalan tersebut, STB karya dari Tanaka ini memiliki fungsi yang bervariasi seperti. Bisa Screen Cast untuk tampilkan layar HP di TV atau bisa pause tayangan tv (Timeshift). Tanaka ini juga memiliki dukungan ke beberapa aspek, misalnya saja memiliki dua output untuk terhubung ke televisi lama Anda melalui port HDMI atau port RCA.

Tanaka DVB T2 juga dilengkapi dengan EWS (Early Warning System) yang mana akan menotifikasi Anda apabila sedang terjadi bencana di daerah dekat alamat yang terintegrasi pada perangkat ini. Anda dapat menikmati layanan dari Set Top Box TANAKA DVB T2 dengan merogoh kocek kisaran Rp. 150.000 an saja, atau bahkan bisa lebih murah apabila membelinya di toko online ketika sedang terjadi diskon tahunan.

7. Set Top Box Advance STP A01

7 Set Top Box Advance STP A01
Sumber Gambar : termasmedia.com

Bagi Anda yang sering ke toko-toko elektronik pasti tidak asing dengan merek Advance, ya karena merek ini sendiri merupakan simbol atau nama dari produk elektronik di Indonesia. Dan kali ini Advance turut menyediakan set top box sebagai salah satu item yang mereka jual, namanya adalah Advance STP A01. Spesifikasinya sendiri meliputi dukungan resolusi layar hingga 1920 x 1080 piksel. Selain itu Advance STP A01 menggunakan prosesor onboard Montage MT2203 untuk pemrosesan audio dan video.

Dengan hanya mengeluarkan uang kisaran Rp. 200.000 Anda sudah bisa memiliki STB ini dengan dibekali spesifikasi flash ROM 4 MB beserta memori 512 MB. Dari spesifikasi luarnya sendiri terdapat output USB, HDMI, AV dan WIFI untuk versi Wifi.

8. Set Top Box Akari ADS 525

8 Set Top Box Akari ADS 525
Sumber Gambar : akari-corp.com

Masalah yang paling umum dialami sebuah perangkat elektronik adalah Overheat. Perkara ini sering timbul apabila perangkat tersebut digunakan terus-menerus, tanpa adanya sistem pendingin atau buruknya ventilasi pereda suhu mesin. Hal ini juga yang biasanya terjadi pada STB, karena pasalnya tentu alat ini sering digunakan tiap kali seseorang menonton televisi. Melihat permasalahan ini Akari Indonesia menghadirkan set top box bernama Akari ADS 525 DENGAN TEKNOLOGI Smart Cool yang dilengkapi juga dengan desain ventilasi udara yang memadai.

Sehingga Anda dapat memakainya dengan lebih awet, selain itu Anda juga bisa merekam acara kesayangan Anda saat itu juga. Karena Akari ADS 525 juga dilengkapi dengan fitur Recorder TV. Di toko offline seperti Hartono sendiri, Anda dapat menjumpai STB ini dengan harga kisaran Rp 299.000. atau Anda dapat mencarinya secara online untuk survei harga lebih lanjut.

9. Set Top Box Evercoss Pro

9 Set Top Box Evercoss Pro
Sumber Gambar : radarcirebon.tv

Nama Evercoss pernah mem-booming pada masanya, kala itu handphone model QWERTY benar-benar populer berkat adanya BlackBerry. Sehingga banyak produsen yang menciptakan imitasinya, termasuk Evercoss. STB garapan perusahaan ini diberi nama Evercoss Pro, yang mana menyediakan fungsi stabil di segala merek TV lama. STB ini juga support ke segala format video seperti MPEG1, MPEG2 (mp2), MPEG4 (MP4), H264, MOV, MKV, AVI, DIV.

Selain itu Evercoss juga menawarkan garansi selama 1 tahun pemakaian, yang mana apabila terjadi kesalahan teknis Anda dapat melakukan klaim secara resmi. Dan layanan semacam ini sudah bisa Anda dapatkan hanya dengan harga Rp. 222.000 saja, bisa dibilang biaya dan layanannya sepadan untuk sebuah produk STB.

10. Set Top Box Venus Cabai Rawit T2

10 Set Top Box Venus Cabai Rawit T2
Sumber Gambar : blibli.com

Venus merupakan nama salah satu produk yang memelopori dunia parabola digital pada awal tahun 2000an. Dan tentunya produk-produk mereka juga masuk ke ranah elektronik pertelevisian digital saat ini dengan mengusung nama “Venus Cabai Rawit” yang menandakan produknya benar-benar nendang hasilnya. Pertama STB ini menggunakan antena UHF, menyediakan colokan HDMI, RCA, dan mendukung banyak format seperti MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, H.264, M-JPEG, AVI, MPG, MP4, TS, TRP, TP, MOV, MKV, VOB, DAT, DIVX4/5/6 (option) XVID, M2TS, RMVB. Selain itu juga ada beberapa list bundle lain yang menyertainya seperti.

  • Set Top Box
  • Kabel AUX 3.5m To RCA
  • Kabel Charger USB Type C Termasuk adaptor
  • Remote Control + GRATIS baterai AAA
  • Buku petunjuk bergambar dan berbahasa Indonesia
  • Kabel HDMI 1 meter
  • Dongle WiFi Receiver  

Di toko – toko online Official Merchant Anda dapat menemukan STB ini di kisaran harga Rp. 150.000 ke atas. Jadi pastikan Anda memiliki dana yang cukup dan survei yang tepat, agar bisa memiliki STB ini dengan harga yang lebih terjangkau.

Lihat Juga : Harga Paket Internet WiFi Biznet Home

11. Set Top Box Advan Digipro

11 Set Top Box Advan Digipro
Sumber Gambar : advan.id

Melihat merek lokal lainnya unjuk gigi di produk elektronik ini, Advan tidak mau kalah. Produsen ini menerbitkan STB dengan nama Advan Digipro, yang mana menawarkan keunggulan opsi resolusi layar. Selain itu, Advan Digipro juga sudah bersertifikasi resmi dari Kemkominfo, serta mendukung sistem peringatan darurat apabila terjadi bencana alam. Saat artikel ini ditulis di website Official Advan menawarkan harga sebesar Rp. 149.000 untuk STB ini, jadi apabila Anda tertarik segera pesan Advan Digipro.

12. Set Top Box Matrix Garuda

12 Set Top Box Matrix Garuda
Sumber Gambar : olx.co.id

Dibekali dengan fitur Share Screen, perekam siaran serta CPU tahan panas Matrix Garuda menghadirkan perangkat STB yang multiguna untuk Anda gunakan dalam waktu yang panjang. Pasalnya alat ini juga telah memiliki standar SNI (Standar Nasional Indonesia) yang membuatnya benar-benar layak untuk Anda pakai. Selain itu dukungan WiFi dongle yang dimilikinya dapat menunjang Anda untuk menonton streaming YouTube, Vidio, WE TV dan lain-lainnya. Perangkat ini secara umum tersedia dengan harga mulai dari Rp. 150.000 di e-commerce langganan Anda.

13. Set Top Box Sharp STB-DD001i

13 Set Top Box Sharp STB-DD001i
Sumber Gambar : propetiterkini.com

Menawarkan harga sebesar Rp. 295.000 dan berdimensi ukuran 141 x 83 x 27 mm dan bertenaga 20 Watt, Sharp STB-DD001i menghadirkan perangkat set top box yang minimalis dan hemat tenaga. STB ini juga mendukung colokan HDMI dan RCA dan dilengkapi dengan paket kabelnya sekalian. Bahkan Anda dapat melakukan recorder siaran melalui Sharp STB-DD001i.

14. Set Top Box Earise DVB-T2

14 Set Top Box Earise DVB-T2
Sumber Gambar : shopee.co.id

Menyediakan suara serta kualitas gambar yang jernih dan berharga murah di kisaran Rp.  120.000-an, Earise DVB-T2 cocok untuk Anda gunakan untuk menikmati tayangan-tayangan sekelas film box office dengan lebih terjangkau. Anda juga dapat menggunakan fitur share screen yang dimilikinya, apabila ingin melihat siaran di kamar Anda dengan menggunakan smartphone atau tablet. Selain itu desain ventilasi udaranya yang modern membuatnya tahan panas dan bisa digunakan dalam jam pemakaian yang tinggi.

15. Nagoya Digital Set Top Box HD NGY-801

15 Nagoya Digital Set Top Box HD NGY-801
Sumber Gambar : rsuddepatihamzah.id

Nagoya Digital Set Top Box HD NGY-801 merupakan STB yang memiliki layanan PVR untuk merekam video apabila Anda ketinggalan tayangan favorit, dikala sibuk beraktivitas lainnya. Set top box ini juga mendukung layanan IPTV sehingga Anda dapat menikmati TV dengan kualitas unggulan meskipun menggunakan televisi lama Anda. Harganya pun juga cukup bersahabat dimulai dari kisaran Rp. 155.000.

Lihat Juga : Harga Paket Internet WiFi IndiHome

16. Set Top Box Huawei EC6108V9

16 Set Top Box Huawei EC6108V9
Sumber Gambar : jendela360.com

Smartphone Huawei mungkin memang lekang dari peredaran pasar ponsel di Indonesia, tapi tidak dengan produk mereka lainnya. Mengingat kualitasnya yang baik dibidang smartphone, Huawei juga tidak mengecewakan pada produk mereka lainnya seperti Huawei EC6108V9. Yang mana merupakan STB dengan RAM 2GB dengan jelas menegaskan performa terbaiknya. Dilengkapi pula dengan prosesor Quad-core ARMv7, membuatnya menjadi idaman untuk digunakan sebagai set top box dengan jam terbang yang berat. Apabila Anda berminat, kocek yang perlu Anda rogoh hanya sekitar Rp. 100.000-an, cukup terjangkau bukan?

17. Set Top Box Mediohome MH88

17 Set Top Box Mediohome MH88
Sumber Gambar : blibli.com

Harga murah tidak menandakan buruknya kualitas suatu produk, karena Mediohome MH88 merupakan set top box yang hanya memiliki harga kisaran Rp. 150.000 an. Dengan segudang kelebihan yang dimilikinya, misalnya saja seperti pengaturan resolusi mulai dari 480p, 720p, 1080p Full HD, dapat digunakan sebagai radio, pemindai antena otomatis dan lain sebagainya. Ditambah Anda masih mendapatkan gratis kabel RCA + Baterai 2 biji dan remot kontrol.

18. Set Top Box Xtreamer BIEN 3

18 Set Top Box Xtreamer BIEN 3
Sumber Gambar : tokopedia.com

Memiliki nama yang didengar seolah seperti kata “Streamer” ya, set top box ini memang sengaja diberi sebutan demikian karena memiliki fungsi tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menonton film. Dan segala fitur yang dimilikinya seolah difokuskan untuk satu layanan, yaitu kenyamanan pengguna. Anda dapat melakukan Time Shifting, Pause, Rewind bahkan Parental Lock untuk membatasi tontonan keluarga Anda dari hal-hal negatif. Harganya sendiri terbilang cukup mahal di kisaran Rp. 450.000-an, akan tetapi menyajikan layanan serta fitur yang sepadan dengan harga tersebut.

19. Bervin Set Top Box BSTB-2201

19 Bervin Set Top Box BSTB-2201
Sumber Gambar : bervin.co.id

Bervin merupakan salah satu merek set top box yang menyediakan ragam fitur pilihan seperti pemutaran musik maupun film. STB ini sendiri juga menyediakan layanan video High Definition dengan kompabilitas terhadap segala jenis televisi seperti TV Tabung, TV LCD, TV LED, TV Plasma, dll. selain itu harga yang dikenakannya pun juga tergolong terjangkau, yang mana Anda bisa mendapatkannya hanya di kisaran Rp. 200.000-an saja.

20. Set Top Box ZTE ZXV10 B760H

20 Set Top Box ZTE ZXV10 B760H
Sumber Gambar : manualslib.com

Set top box terakhir merupakan perangkat yang memiliki fitur dukungan agar membuat televisi Anda seolah menjadi Smart TV. ZTE ZXV10 B760H sendiri dijalankan menggunakan OS Android KitKat dengan prosesor Quad-core ARMv7. Yang mana bisa dihitung sebagai prosesor standar untuk menjalankan perangkat Android, selain itu Quad-core ARMv7 juga sudah dilengkapi dengan layanan dari Google Play Store. Selain itu harganya yang hanya berkisar Rp. 160.000-an ke atas membuatnya tergolong sebagai STB berkualitas yang terjangkau.

Lihat Juga : Harga Paket Internet WiFi MNC Play Media

Penutup

Dari semua perangkat STB yang telah terangkut di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa semuanya memiliki fitur yang sama dalam beberapa aspek. Khususnya sebagai booster kejernihan gambar dan suara, dan fungsinya sebagai receiver frekuensi digital. Hanya saja Anda mesti pintar memilih kualitas STB dengan mempertimbangkan sistem pendingin maupun port kabel yang dimilikinya. Itulah beberapa rekomendasi Set Top Box terbaik dan murah dari kami. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau tambahkan, silakan tulis melalui kolom komentar yang tersedia!

Apakah Set Top Box bisa dipasang di TV tabung?

Set top box memang didesain dan dibuat agar cocok digunakan untuk segala jenis televisi termasuk versi tabung.

Apakah memang perlu menggunakan Set Top Box?

Sejak November 2022 lalu, siaran televisi bermigrasi ke frekuensi digital yang mana membuatnya hanya dapat di terima oleh antena yang mendukung sinyal digital. Apabila Anda menggunakan TV lama yang hanya support sinyal analog, sebaiknya menggunakan STB.

Apa yang dimaksud konektor RCA?

Konektor ini merupakan colokan televisi yang menghubungkan fungsi suara dan video. Ciri-cirinya sendiri, konektor ini biasanya tersedia dalam 3 varian kabel dalam satu perangkat. Dan memiliki ujung konektor berbentuk silinder yang dibagi pada tiga warna berbeda seperti Kuning, Merah dan Putih.

Apa itu fitur PVR?

PVR sendiri merupakan singkatan dari Personal Video Recording yang mana memungkinkannya untuk merekam siaran televisi yang sudah tayang terlebih dahulu sebelumnya.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Agung Wijaya

Hi! I am someone who likes to be creative and share ideas about things that add to a more advanced mindset. Besides that, I also like to learn new things that are interesting and useful in building my character.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 30 Komponen Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya

    Di bawah ini tersedia penjelasan informasi terkait komponen yang terdapat pada komputer
  2. 110 Wallpaper HP Pecah Paling Unik, HD Terbaru!

    Berikut kumpulan wallpaper HP pecah, error, 3D, yang unik dan bikin orang tertipu terbaru, bisa kamu…
  3. 10 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard (Shortcut), Efektif dan Mudah!

    Ketahui tips cara mematikan laptop dengan keyboard melalui shortcut key Alt + F4, Windows + X,…