Hati – Hati! Ini Bahaya Bermain HP dan Laptop di Ruangan Gelap

0
386
Bahaya Bermain HP di Ruang Gelap

Dianisa.comDampak Buruk Bermain HP dan Komputer di Tempat Gelap. Kata Smartphone mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Banyaknya vendor yang memproduksi smartphone Android dengan harga yang murah dan terjangkau oleh masyarakat Indonesia membuat pengguna Android di Indonesia semakin lama semakin meningkat. Tapi tahukah anda bahwa menggunakan teknologi seperti Smartphone dan Laptop memiliki aturan yang harus di taati agar nantinya tidak terjadi dampak penyesalan.

Baca Juga :

Perlu anda ketahui bahwa pengguna smartphone tidak boleh menggunakan smartphone di ruang yang terlalu gelap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mata pengguna Smartphone itu sendiri. Sebuah jurnal ternama yang dimuat oleh ‘New England Journal of Medicine’ melaporkan bahwa ada 2 wanita mengalami kebutaan sementara 15 menit dalam beberapa bulan terakhir.

Dokter Gordon Plant yang merupakan dokter spesialis mata di London yang memeriksa lalu menanyakan kegiatan sehari hari yang di lakukan kedua wanita tersebut dalam beberapa bulan terakhir. Keduanya menjawab jika mereka sering mengecek smartphone mereka sebelum tidur sambil berbaring.

Menurut Dokter Plant kedua wanita ini sering melihat ponsel mereka dengan posisi miring dengan keadaan satu mata tertutup bantal sedang atu mata lainnya melihat layar smartphone, jadi mata yang satu beradaptasi dengan gelap sedang mata lainnya beradaptasi dengan layar ponsel yang terang.

Tapi hipotesis tentang melihat smartphone sambil tidur di ruangan gelap dapat menyebabkan kebutaan sementara ini di ragukan oleh Dokter Rahul Khurana yang merupakan juru bicara dari American Academy of Ophthalmology. Beliau mengatakan jika melihat smartphone dengan satu mata sangat aneh dan sulit untuk di lakukan, tapi temuan tentang melihat smartphone sebelum tidur di tempat gelap dapat menyebabkan kebutaan sangat baik dan menarik untuk di uji kebenarannya.

Studi lain juga mengungkapkan jika cahaya ponsel terang yang masuk ke mata melebihi 30menit, bisa menyebabkan kerusakan pada bagian macula lutea (bagian dari retina). Bila macula lutea mengalami kerusaakan maka resiko terkena kanker mata dan kebutaan menjadi sangat besar. rusaknya macula lutea biasanya baru terjadi di usia senja, tapi saat ini banyak orang di usia 30-40 tahun yang mulai mengalami kerusakan macula luteanya.

Untuk menghindari dampak buruk pada mata di kemudian hari, alangkah lebih baiknya kita tidak perlu bermain Smartphone pada ruangan atau tempat yang teralu gelap, hal ini juga berlaku pada komputer, Laptop, dan TV. Tetapi jika anda menggunakan smartphone di ruangan gelap dalam keadaan terpaksa, maka cobalah untuk mengurangi tingkat kecerahan pada layar (Contrast).

Demikian ulasan singkat mengenai bahaya bermain smartphone di ruangan gelap, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here