15 Film Tentang Virus & Wabah Penyakit

Corona virus atau yang dapat disebut COVID-19 menjadi sebuah wabah yang menggemparkan sejarah umat manusia di abad ke 20. Asal-usul Virus ini kabarnya tersebar pertama kali di Kota Wuhan, China dan telah meluas kepelosok dunia hingga menyebabkan ribuan orang terinfeksi wabah yang menyerang saluran pernafasan manusia.

Hal ini berefek kepada jalanya ekonomi dunia yang menjadi lambat dikarena setiap wilayah di lockdown bagai kota mati demi menghindari menjalarnya COVID-19. Akan tetapi pernahkah anda berfikir bahwasanya sebuah virus dapat memicu kekacauan serta memusnahkan umat manusia?

Film merupakan salah satu bentuk interpretasi imajinasi dari pemikiran kreatif seorang manusia dalam menciptakan gambaran kenyataan semu yang dapat menjadi cerminan dan hiburan serta wawasan untuk orang lain. Jadi jawaban yang anda cari untuk pertanyaan diatas adalah sebuah film yang mana dapat menunjukan anda bagaimana kondisi umat manusia ketika mereka dilanda sebuah bencana atau sebuah wabah.

Lihat Juga : 17 Film Adventure Terbaik, Seru & Menegangkan

Rekomendasi Film Virus & Wabah Penyakit

Berikut dibawah ini telah disediakan beberapa film menarik mengenai serangan wabah & virus terhadap dunia.

1. Outbreak (1995)  

Outbreak merupakan film lawas amerika serikat yang berlatar waktu pada tahun 1967 dimana ada sebuah penyakit yang tak diketahui, menewaskan para tentara yang sedang berperang ditahun tersebut. Akibatnya hal ini memicu para petinggi untuk menurunkan perintah pelenyapan wabah dengan cara membumi hanguskan wilayah yang dicurigai sebagai sumber penyakit.

Berselang beberapa tahun kemudian seorang kolonel amerika beserta timnya bertugas untuk meneliti sebuah virus yang ternyata identik dengan serangan wabah yang terjadi pada 1967. Namun kejadian ini disembunyikan oleh para petinggi negara yang telah mengetahui terlebih dahulu mengenai rahasia yang dibalik wabah tersebut.

2. Pandemic (2016)  

Pandemic merupakan salah satu film zombie yang mengusung tema penyelamatan dan survivor.  Ceritanya berfokus kepada seorang dokter bernama Lauren dengan timnya yang diberi misi untuk menyelamatkan orang-orang yang belum terinfeksi di tengah wilayah zona merah yang dihuni oleh ribuan zombie ganas yang siap memangsamu.

Yang membuat film ini berbeda dengan yang lain ialah sudut pandang gambar yang diambil memakai “First Person” yang dimana penonton akan dibuat merasa ikut serta dalam aksi penyelamatan serta kejar-kejaran dengan zombie yang berada dalam film secara nyata.

Lihat Juga : 22 Film Sci-Fi Terbaik, Semesta & Teknologi

3. Air (2015)

Film Air merupakan film yang mengisahkan sebuah bencana kimia yang membawa akhir bagi umat manusia. Wabah tersebut memberi efek dimana udara yang dihirup membuat manusia malah tidak dapat bernafas, sehingga manusia menjadi punah.

Cerita bermula ketika dua orang pekerja yang sedang bertugas dalam suatu fasilitas. Singkat cerita mereka berdua terlibat sebuah peristiwa yang dimana akan merubah total sisa dari umur mereka ketika hidup didunia.

4. Carriers (2009)  

Carriers merupakan sebuah film dengan unsur kesamaan yang mirip dengan kejadian nyata yang terjadi saat pandemi COVID-19. Berkisah mengenai 4 orang remaja yang berusaha melarikan diri dari virus berbahaya yang dimana jika seseorang terinfeksi, sudah pasti orang tersebut akan mati.

Dalam pelarian keempat orang remaja tersebut mereka menemui berbagai peristiwa dan situasi yang menguji rasa kemanusiaan mereka. Misalnya saja seperti diharuskan mengabaikan seseorang yang meminta pertolongan sepanjang perjalanan dan juga memilih berkorban dengan seseorang berharga ataupun memilih keselamatan hidup diri mereka sendiri.

5. 28 Weeks Later (2007)  

28 Weeks Later merupakan film yang memiliki nuansa terror yang mencekam dari sebuah virus yang menerror masyarakat London. Dalam premisnya sendiri wabah ini telah melumpuhkan setengah penduduk Inggris dalam kurun waktu beberapa bulan. Hal ini besar inipun sampai sanggup menurunkan tentara dari Amerika untuk turun tangan dan membantu Inggris dalam membasmi penyakit ini.

Film ini sendiri memiliki prekuel yang dirilis pada tahun 2002 yang berjudul 28 Days Later yang dimana sangat penulis sarankan kepada anda untuk menonton film tersebut terlebih dahulu agar lebih mudah memahami konsep cerita 28 Weeks Later.

Lihat Juga : 10 Channel YouTube Buat Belajar Bisnis

6. Redcon-1 (2018)  

Redcon-1 mengisahkan sebuah wabah yang mengubah manusia menjadi zombie liar yang menumpas kehidupan makhluk hidup.  Cerita berfokus terhadap sekelompok tim militer yang memiliki misi untuk memerangi zombie untuk menyelamatkan seorang dokter bernama Julian Raynes. 

Walaupun tidak termasuk dalam jajaran film amerika, namun Redcon-1 mampu membawakan premis cerita yang sangat seru untuk diikuti bagi anda yang menyenangi film dengan genre zombie.

7. Battle of The Damned (2018)  

Battle Of the Damned masuk dalam jajaran film horror populer yang mengusung tema survivor dimana pemeran utama dalam kisah ini yang bernama Max Gatling diharuskan memimpin manusia yang tersisa untuk berperang melawan pasukan mayat hidup.

Cerita bermula ketika Max mendapat misi untuk menyelamatkan putri dari seorang milyuner didalam wilayah orang mati. Dalam perjalananya untuk menemukan sang putri Max melalui banyak kendala dan hal itu menuntunya kepada peristiwa yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

8. World War Z (2013)

World War Z merupakan film kiamat zombie yang mengisahkan sebuah keluarga yang berusaha melarikan diri serta bertahan hidup dari kehancuran umat manusia. Cerita bermula ketika Gerry Lane yang telah pensiun sedang menaiki mobil untuk keluar kota, namun ada yang aneh pada suasana kota pada saat itu. Terjadi kegaduhan serta kekacauan yang kian mendekat dari arah tempat yang Gerry tinggalkan.

Begitu dia sadar akan kekacauan tersebut semuanya telah terlambat. Film ini meraih keuntungan yang cukup besar berkat konsep cerita yang berpacu antara horror dan aksi! Film ini sangat direkomendasikan penulis bagi anda pecinta film zombie.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Nonton Anime Android & iOS Terbaik

9. Doomsday (2008)

Doomsday merupakan film laga yang berlatar skotlandia yang telah terkarantina oleh sebuah wabah virus pembunuh yang disebut Reaper.  Wabah ini sama sekali tidak diketahui darimana datangnya, namun bagi mereka yang terinfeksi oleh wabah dari Reaper kematian sudah menjadi jaminan kepada korbanya.

Pemerintah mengambil tindakan untuk mengkarantina seluruh masyarakat skotlandia dan mengubah wilayah tersebut menjadi tak berpenghuni bagai kota mati yang mencekam disetiap sudutnya. Namun hal tersebut sama sekali tidak meghambat penyebaran Virus Reaper, yang menyebabkanya menjadi ancaman bagi dunia.

10. Daylight’s End (2016)  

Dari judul film sebagai penonton sudah dapat menyimpulkan bahwasanya Daylight’s End merupakan sebuah tayangan yang memiliki unsur horror. Dan jika kita artikan dalam bahasa Indonesia judul tersebut memiliki makna “Akhir dari Cahaya”.

Film ini menceritakan tentang marabahaya besar yang menimpa bumi, dimana para manusia berubah menjadi sesosok makhluk yang menghisap darah makhluk hidup lainya seperti drakula. Singkatnya para penonton akan dibawa mengikuti alur film yang mana menunjukan perjuangan sisa-sisa umat manusia yang selamat pada dunia yang hampir kiamat tersebut.

11. Contaigon

Alur Film Contaigon menceritakan penyebaran wabah virus mematikan yang menyerang tenaga medis ketika sedang memeriksa dan meneliti asal-usul virus dari seorang pasien.  Mungkin anda akan menemukan nuansa film yang begitu nyata dan menarik untuk dilihat.

Hal ini tidak lepas dari perjuangan sang penulis skenario film Scott Z. Burns. Beliau melakukan riset yang begitu mendalam untuk mendapatkan esensi murni dari sebuah film yang bertemakan pandemi wabah dan penyakit menular secara langsung. Film ini menarik untuk ditonton untuk kamu yang ingin tahu mengenai penggambaran tenaga medis dalam melawan sebuah virus penyakit.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Nonton Drakor Android & iOS Terbaik

12. The Flu

Pada film ini anda akan ditunjukan mengenai kisahpenyelundupan Imigran gelap yang bertujuan di Negara Korea Selatan. Kisah berawal ketika seorang penyelundup Imigran mengecek orang yang sedang dibawanya, namun banyak dari para Imigran yang dibawanya mati kecuali satu orang. 

Tak perlu berselang waktu yang lama, di Korea selatan setiap warganya mulai merasakan gejala infeksi virus mematikan yang menyebabkan banyak orang mati dalam kurun waktu 36 jam.  Alur cerita mulai masuk dan menanjak ketika ada 2 orang yang bersifat heroik mengambil tindakan untuk mencari penawar dari virus tersebut.

13. Black Death

Mari kita mundur sedikit kemasa lalu dizaman abad pertengahan. Apakah anda tahu bahwasanya ratusan tahun yang lalu manusia pernah mengalami suatu wabah mematikan yang pernah menghabisi jutaan orang eropa. Wabah tersebut bernama Black Death, dan menjadi sebuah inspirasi dengan film yang berjudul sama.

Pada film Black Death penonton akan dibawa kembali pada masa dimana teknologi masih belum ditemukan, dan digambarkan bagaimana cara orang-orang terdahulu menangani sebuah penyakit wabah dengan berbagai cara, mulai dari yang lazim hingga tak lazim. 

14.Rise of The Planet of The Apes

Film ini berkisah mengenai seorang Ilmuan yang membuat sebuah vaksin untuk menangani penyakit alzheimer. Namun terjadi sebuah masalah ketika percobaan dilakukan, sehingga vaksin tersebut justru berakibat lebih buruk kepada manusia yang menerimanya.

Singkat cerita, para Ilmuan sepakat untuk melakukan uji coba kepada simpanse bernama caesar karena dirasa simpanse merupakan makhluk yang paling mendekati manusia. Hasil dari percobaan tersebutpun sangat mengejutkan karena vaksin tersebut justru berefek mempercepat evolusi kecerdasan simpanse.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Streaming Film Android & iOS Terbaik

15.Resident Evil Series

Resident Evil merupakan salah satu Franchise besar yang telah terkenal akan penyajian konten horror bertema wabah zombie dalam cerita yang mereka buat. Dalam bentuk game maupun film Resident evil selalu berhasil memberikan para penikmatnya rasa debar bercampur seru tentang petualangan horror yang tersaji didalamnya.

Sejauh ini Resident Evil telah merilis 6 seri sejak tahun 2002 yaitu Resident Evil, Resident Evil: Apocalypse, Resident Evil: Extinction, Resident Evil: Afterlife, Resident Evil: Retribution, Resident Evil: The Final Chapter.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.