22 Film Sci-Fi Terbaik, Semesta & Teknologi

Sci-fi atau Science fiction merupakan salah satu genre film yang memadukan Sains dengan fiksi sehingga menciptakan sebuah tayangan dengan nuansa unik yang berkesan kepada hati para penonton film. Hal inilah yang membuat genre ini semakin digemari sejak dulu sampai sekarang.

Dengan diiringi perkembangan zaman, genre sci-fi di dunia perfilman semakin merekah dan mind blowing dengan ide serta konsep baru, misalnya saja film Ready Player One yang dirilis tahun 2018 lalu.

Film ini mengusung konsep dimana orang-orang yang jauh dimasa depan hidup berdampingan dengan teknologi VR (Virtual Reality) dimana mereka dapat mewujudkan Imajinasi paling gila dari seorang manusia pada dunia virtual.

Film inipun juga menampilkan berbagai karakter pop culture seperti batman, godzilla, gundam, minecraft dan masih banyak lagi.

Lihat Juga : 9 Cara Download Film Lewat Torrent

Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik

Jika anda tertarik pada Sci-fi, dibawah telah penulis siapkan beberapa rekomendasi judul film Sci-fi yang dapat menemani waktu senggang anda dari aktifitas sehari-hari yang melelahkan, berikut listnya….

1. Real Steel

Dikisahkan pada tahun 2020, olahraga tinju telah mengalami perubahan ke arah yang lebih modern. Di mana, keterbatasan manusia saling beradu di atas ring, mulai tergantikan oleh teknologi robot yang dikendalikan manusia melalui remote control.

Cerita film diawali dari kehidupan Charlie Kenton, sang legenda tinju yang berjuang dari kesulitan hidup akibat hutang yang menumpuk karena selalu kalah dalam pertarungan tinju antar robot. Robot terakhir sisa harapannya, harus kalah pada pertunjukan terakhir sehingga memaksanya untuk segera mencari pengganti sekaligus melunasi hutang-hutangnya.

Kebetulan pada saat bersamaan di pengadilan, pemutusan hakim perkara hak asuh anaknya sedang dilaksanakan. Melihat hal itu, Charlie membuat perjanjian dengan ayah angkat dari anak Charlie yang bernama Max, agar membayar 100.000 dollar. dari situlah awal petualangan baru dimulai, antara ayah dan anak yang baru bertemu.

2. The Martian

Cerita berpusat pada astronot Mark Watney diduga tewas selama misi berawak ke planet Mars setelah badai ganas yang terjadi di planet tersebut dan ditinggalkan oleh rekan astronot lainnya. Namun Watney tetap bertahan dan menemukan dirinya terdampar dan sendirian di planet Mars yang gersang tersebut.

Dengan pasokan logistik yang sedikit, ia harus memanfaatkan kecerdikan, kecerdasan dan semangat untuk bertahan hidup dan menemukan cara mengirimkan sinyal ke bumi yang menunjukkan bahwa ia masih hidup di planet tak berpenghuni itu.

Jutaan mil jauhnya dari planet tempat Watney terdampar, NASA dan tim ilmuwan internasional bekerja tanpa lelah untuk membawanya kembali ke bumi. Jika tidak berhasil, maka misi penyelamatan tersebut dinyatakan gagal.

3. Ad Astra

Ad Astra merupakan film garapan James Ray yang berkisah tentang seorang Astronot Roy McBride putra astronaut terkenal H. Clifford McBride. Ia diberi Misi untuk menemukan Projek Lima, yang dimana projek yang dibuat untuk mencari batas Tata Surya untuk kehidupan cerdas di bawah kepemimpinan Clifford.

Dimana projek tersebut beserta Clifford tidak terdengar selama enam belas tahun setelah mencapai Neptunus. Roy dibawa ke pangkalan SpaceCom bawah tanah di mana ia bertemu direktur fasilitas Helen Lantos dan ditugaskan untuk merekam pesan suara untuk dikirim ke Projek Lima dengan harapan Clifford akan membalas pesan tersebut.

Roy berasumsi benar bahwa tanggapan langsung dari ayahnya telah diterima dan menuntut untuk mendengarnya. Dan dari pesan tersebutlah Roy memulai perjalanan menuju ke batas tata surya.

Lihat Juga : 8 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Android & iOS Terbaik

4. Interstellar

Interstellar adalah film fiksi ilmiah petualangan tahun 2014 yang disutradarai oleh Christopher Nolan yang mengisahkan perjuangan manusia untuk bertahan hidup dengan berkolonisasi ke galaksi lain.

Cerita dimulai dengan penggambaran di masa depan bumi tidak lagi mampu menopang kebutuhan umat manusia. Ladang pertanian sering rusak akibat hawar, badai debu menerjang daratan, dan umat manusia kembali ke peradaban bertani tanpa negara.

Hal tersebut menimbulkan umat manusia untuk menemukan sebuah solusi baru dimana mengharuskan mereka meninggalkan bumi dan mencari naungan di planet lain. Namun para manusia juga menghadapi lingkungan alam luar angkasa yang ekstrim dalam perjalanan mencari hunian baru tersebut.

5. Pacific Rim

Film ini diproduksi oleh Legendary Pictures dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures. Film ini dirilis pada 12 Juli 2013 dan menerima ulasan positif untuk efek visual dan adegan aksinya.

Cerita berawal Pada 2013, kota-kota yang berdekatan dengan pantai di bumi berada dalam ancaman dari para Kaiju, binatang buas raksasa yang pada waktu-waktu tertentu muncul dari sebuah portal antar dimensi di dasar Samudera Pasifik yang disebut “The Breach”. Untuk melawan mereka, negara-negara lingkar Pasifik membangun Jaegers, mesin tempur humanoid raksasa atau yang bisa dikenal dengan Robot Raksasa.

Komandan Jaeger, Stacker Pentecost memutuskan untuk membuat sebuah usaha terakhir untuk mengakhiri ancaman Kaiju dengan menghancurkan The Breach dengan sebuah senjata nuklir dan merekrut kembali pilot Jaeger yang pernah mengundurkan diri, Raleigh Becket untuk mempiloti Gipsy Danger untuk menuntaskan misi tersebut.

6. Inception

Film garapan Christopher Nolan yang dirilis pada 2010 ini menceritakan seorang tokoh bernama Cobb dan Arthur yang merupakan “Extractor”, bermisi melakukan spionase perusahaan menggunakan teknologi militer eksperimental untuk menyusup ke alam bawah sadar target mereka dan mendapatkan informasi berharga melalui dunia mimpi.

Pengusaha dari Jepang Mr. Saito, mengungkapkan bahwa ia mengatur sebuah misi untuk menguji Cobb atas pekerjaan yang tampaknya tidak mungkin yaitu menanamkan ide di alam bawah sadar seseorang atau melakukan “permulaan”.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Streaming Film Android & iOS Terbaik

7. Edge of Tomorrow

Edge of Tomorrow atau juga dipasarkan dengan nama Live Die Repeat, Film ini mengambil latar belakang masa depan, di mana ras alien menginvasi Bumi dan mengalahkan unit-unit militer di dunia.

Menceritakan seorang tokoh bernama Mayor William Cage seorang petugas hubungan masyarakat tanpa pengalaman tempur. Ia mendapati dirinya terperangkap dalam putaran waktu yang mengirimnya kembali ke hari sebelum dia mati dalam medan tempur. Namun, pada setiap pertempuran, William Cage mampu menghabisi musuh dengan keterampilanya yang semakin meningkat.

8. Prometheus

Prometheus mengisahkan jauh dimasa depan pada Tahun 2093, dua orang ilmuwan bernama Elizabeth Shaw dan Charlie Holloway melakukan ekspedisi ke luar angkasa untuk mengetahui asal usul penciptaan manusia.

Tekad keduanya melaksanakan misi tersebut dikarenakan pada tahun 2089 mereka menemukan gambar peta di sebuah gua di Skotlandia. Peta tersebut menurut Elizabeth adalah undangan bagi manusia untuk bertemu dengan “insinyur”, sebutan Elizabeth bagi pencipta manusia. Bersama rekannya yang lain, mereka pun memutuskan untuk menjelajahi angkasa raya.

9. Alien Convenant

Alien: Covenant dirilis pada 12 Mei 2017 & merupakan sekuel dari film tahun 2012, Bersetting waktu 10 tahun setelah Prometheus pesawat luar angkasa Covenant membawa ribuan manusia ke Origae-6, planet baru yang terletak di ujung galaksi.

Dalam perjalanan, Covenant menemukan planet yang belum pernah dijelajahi sebelumnya dan memenuhi syarat untuk tempat tinggal umat manusia.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Nonton Drakor Android & iOS Terbaik

10. Snowpiercer

Snowpiercer mengisahkan situasi kala dunia sudah menjadi gurun beku, di mana manusia tersisa hidup dalam rangkaian kereta 1.001 gerbong yang mengelilingi dunia tanpa henti. Fokus ceritanya sendiri mengisahkan perjalanan kereta dimana setiap orang dipisah menurut kelas sesuai gerbongnya masing-masing.

Dimana semakin belakang gerbongnya maka semakin rendah kasta seseorang yang menaiki kereta tersebut. Bagian menarik dari film ini ialah menyinggung mengenai perang kelas, ketidakadilan sosial, dan politik bertahan hidup.

11. Rise Of The Planet Of The Apes

Film bercerita tentang seekor simpanse bernama Caesar yang merupakan hasil percobaan di labolatorium. Karena induknya merupakan subjek dari tes obat Alzheimer, Caesar pun lahir dengan kecerdasan hampir setara dengan manusia. Saat itu Caesar baru saja dilahirkan dan Rodman berniat ingin menyelamatkannya.

Setelah semakin besar, Caesar malah merasa bahwa ia dan kera lainnya diperbudak dan diperlakukan tidak adil oleh manusia. Pada akhirnya, ia menyusun rencana untuk membuat kera lain menjadi cerdas seperti dirinya dengan menggunakan obat yang dikembangkan Rodman. Namun, obat tersebut yang justru menjadi awal petaka dari perang antara kera dan manusia.

12. Dawn of The Planet of The Apes

Merupakan sekuel dari Rise of The Planet of The Apes dan menceritakan dimana para kera telah mendirikan sarang mereka yang berada ditengah hutan sedangkan para manusia hidup dengan sisa dari peradaban modern yang telah mereka bangun.

Para manusia yang telah berada diujung tandung berusaha mencari-cara untuk bisa bangkit kembali dan merencanakan untuk mengaktifkan sumber daya energi yang berada ditengah hutan yang berada didekat hunian para kera. Dari sinilah cerita berawal dimana para manusia akan bertemu lagi dengan koloni dengan ribuan kera yang membawa mereka pada konflik yang jauh lebih besar.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Nonton Anime Android & iOS Terbaik

13. Rampage

Rampage adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2018 yang dibintangi oleh Dwayne Jhonson atau lebih akrab dikenal dengan sebutan The Rock. Mengisahkan tentang Davis Okoye (Dwayne Johnson) seorang primatologist bersahabat dengan seekor gorilla bernama George.

Namun karena sebuah eksperimen, George yang pada awalnya ramah dan jinak berubah menjadi seperti monster ganas. Sayangnya serum eksperimen tersebut menyebar ke binatang lain, diantaranya buaya dan serigala. Davis bersama rekannya, Dr. Kate Caldwell harus mencari cara untuk menemukan obat penawar hasil eksperimen Claire Wyden (Malin Akerman) sekaligus mencegah Harvey Russell agar tidak melukai George.

14. Jurassic World

Jurassic World adalah sebuah film petualangan fiksi ilmiah 3D dam merupakan film keempat dari serial film Jurassic Park yang dimulai tahun 1993 dan dibuat oleh Steven Spielberg.

Jurassic World menceritakan tentang sebuah taman dinosaurus baru sebuah pulau bernama Isla Nublar. Setelah lama ditutup dan tidak beroprasi Claire Dearing membuka kembali Taman Jurassic bersama rekan satu timnya.  Dan dari sinilah awal cerita penuh petualangan dimulai

15. Terminator The Dark Fate

Terminator: The Dark Fate merupakan seri ke enam dari film terminator lainya yang dirilis pada tahun 2019.  Cerita berfokus pada Dani Ramos yang sedang diincar oleh seorang terminator dari masa depan dengan alasan pemberontakan umat manusia.

Dari pengejaran tersebut Dani bertemu dengan Grace, seorang yang diutus untuk melindungi Dani dari kejaran terminator. Dalam pengejaran tersebut mereka bertemu dengan Sarah Connor, protagonis dari film The Terminator: The Judgement Day. Dan disinilah awal perjalanan mereka dalam melawan terminator dimulai.

Lihat Juga : 8 Cara Menampilkan Subtitle Film di HP Android

16. Avatar 

Berlatar belakang waktu pada tahun 2154, dimana manusia telah menghabiskan sumber daya alam bumi yang menyebabkan krisis energi yang parah.  Berkisah mengenai Jack Scully yang seorang mantan angkatan laut Amerika.

Jake Sully yang pulang dalam keadaan cacat mengalami kelumpuhan pada kakinya akibat perang dan terpilih untuk tergabung dalam program Avatar yang dikembangkan Amerika pada Pandora. Tugasnya adalah menggerakkan sesosok mahluk tinggi berwarna biru dengan kemampuan pikirnya.

17. Zathura

Zathura adalah film fantasi fiksi ilmiah yang dibuat pada 2005 dan berkisah tentang dua bersaudara Walter dan Danny tidak pernah bisa bergaul satu sama lain. Singkat cerita sang adik Danny menemukan sebuah kotak permainan aneh dan mengajak kakaknya Walter untuk memainkanya.

Sang kakak awalnya menolak namun pada akhirnya bersedia untuk ikut bermain dengan Danny, Ketika permainan berjalan hal aneh pun mulai terjadi dimana rumah mereka dihujani meteor. Dan ketika dua bersaudara tersebut menengok ke arah depan rumah mereka, tanpa disadari Danny & Walter berada di luar angkasa.

18. Godzilla II: King Of Monster

Film ini mengisahkan ketika planet bumi mengalami bencana, hal ini membuat para Ilmuan mencari cara untuk menyelamatkan bumi dengan cara mencari dan membangkitkan Titan yang dapat menyelamatkan ekosistem bumi.

Namun disebuah pulau tersembunyi para Ilmuan mesti menghadapi berbagai halangan seperti monster berukuran raksasa yaitu, Kong, Godzilla dan Gidhorah (Naga Berkepala tiga). Hingga pada akhirnya dunia masuk kedalam keadaan rusak dikarenakan kebangkitan Monster lain yang menghancurkan kondisi bumi. 

Lihat Juga : 10 Situs Download Subtitle Terbaik

19. Hello World

Menceritakan kehidupan seorang pemuda bernama Naomi Katagaki. Suatu hari, di depan Naomi yang sekarang, muncullah Naomi Katagaki dari masa depan.

Naomi muda dan Naomi dari masa depan pun harus menyatukan kekuatan untuk mengubah masa depan dan menyelamatkan Ruri, teman sekelas Naomi muda yang ia kencani tiga bulan dari saat cerita di mulai.

20. Your Name

Mengisahkan dua orang remaja yang lahir dan hidup ditempat yang berbeda. Mitsuha adalah seorang gadis SMA yang tinggal di daerah pedesaan di pegunungan. Ayahnya yang jarang pulang kerumah membuat Mitsuha hanya hidup bersama nenek dan adiknya yang masih SD.

Mitsuha sering berkeinginan untuk pergi ke Tokyo, karena bosan hidup di pedesaan. Sementara itu, Taki adalah seorang siswa SMA di kota Tokyo. Dalam kesehariannya, ia menghabiskan waktu untuk bermain dengan teman-temannya dan bekerja paruh waktu di restoran Italia.

Dia juga tertarik dengan kesenian dan arsitektur. Suatu hari mereka mengalami pengalaman aneh dimana Mitsuha bermimpi dirinya menjadi seorang laki-laki. Dan sebaliknya, Taki bermimpi dirinya menjadi perempuan yang tinggal di daerah pegunungan yang tak pernah ia datangi.

21. Weathering with You

Tokyo selalu dilanda hujan yang terus menerus turun tanpa henti. Di tengah hujan yang terlihat abadi ini, ada seorang anak SMA yang kabur dari rumah, Morishima Hodaka. Untuk memenuhi biaya hidup, dia berakhir bekerja di sebuah kantor penerbit kecil.

Di saat yang sama, ada anak yatim piatu bernama Amano Hina yang juga berupaya untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya bersama adiknya. Nasib keduanya terjalin ketika Hodaka berusaha menyelamatkan Hina dan memutuskan untuk melarikan diri bersama.

Selanjutnya, Hodaka mengetahui bahwa Hina memiliki kekuatan aneh yang mengejutkan, yaitu kemampuan untuk mencerahkan hari dengan cara berdoa. Karena cuaca di Tokyo sangat tak menentu, Hodaka melihat potensi kemampuan ini. Dia meminta Hina untuk menjadi gadis cerah, seorang gadis yang akan mencerahkan hari untuk orang-orang yang membutuhkannya.

Hal itu menjadi keseharian mereka. Namun, kekuatan yang besar selalu memiliki harga yang mahal.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.