Mengukur Detak Jantung Dengan Androidg

Dianisa.com – Mengukur Detak Jantung Menggunakan Aplikasi Android. Kebanyakan Orang yang ingin mengukur detak jantung pastinya pergi ke rumah sakit dan melakukan check up dengan dokter. Tujuan dari Check Up tertentunya tentunya kita ingin melihat kesehatan jantung kesayangan kita. Mengingat pentingnya fungsi jantung, maka memeriksa detak jantung untuk memantau kesehatan jantung sangatlah penting.

Baca Juga :

Namun tahukah anda bahwa sekarang Smartphone ataupun Tablet Android bisa anda gunakan untuk mengukur detak jantung. Ada aplikasi khusus yang bekerja pada LED Flash kamera yang berfungsi untuk mengukur detak jantung. Jika anda pengguna Samsung Galaxy S6 atau iPhone 6 tentunya sudah mengetahui hal semacam ini, karena smartphone mahal tersebut memang sudah dibekali fitur pengukur detak jantung.

Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir, pengguna Smartphone merek lain juga bisa melakukannya seperti Oppo, Lenovo, Samsung Galaxy, Smartfreen Andromax, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Advan, Acer, Sony Experia, dan lainnya. Penasaran Seperti Apa Metode Mengukur Detak Jantung Dengan HP Android, simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengukur Detak Jantung Dengan Aplikasi Android

Dalam mengukur detak jantung dengan smartphone dan tablet Android ada 2 aplikasi yang bisa anda coba install dan gunakan. Adalah aplikasi Runtastic Heart Rate dan Cardiograph dengan angka dan petunjuk yang detail dan lengkap. Tapi sebelumnya anda harus tahu bahwa ini hanyalah aplikasi Android, untuk hasil yang lebih baik memang harus Check up ke Rumah Sakit terdekat. Simak metode dan langkah – langkah menggunakan aplikasi Runtastic Heart Rate dan Cardiograph dibawah ini.

Metode 1 : Mengukur Detak Jantung Dengan Runtastic Heart Rate

Runtastic Heart Rate adalah aplikasi android gratis yang difungsikan bagi anda yang ingin mengukur seberapa cepat jantung anda berdetak. Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah anda tinggal start dan tempelkan dan tahan jari anda pada flash kamera selama beberapa saat sampai aplikasi mulai mengukur detak jantung anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Ukur Detak Jantung Dengan HP Android

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi Heart Rate melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Heart Rate Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian tempelkan jari telunjuk anda pada LED Flash Kamera sampai proses scanning selesai. Dengan begitu Aplikasi akan mendeteksi dan menghitung detak jantung anda. Proses Scanning memang sedikit agak lama, jadi anda harus menunggu.
  3. Selesai.

Metode 2 : Mengukur Detak jantung Dengan Kardiograf

Kardiograf adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengukur detak jantung manusia dengan mudah dan cepat. Cukup tempelkan ujung jari pada LED Flash kamera, maka aplikasi akan mulai melakukan scanning dan menghitung berapa banyak jantung anda berdetak dalam hitungan BPM. Aplikasi ini juga menghasilkan bunyi jadi lebih serasa seperti di rumah sakit. Tertarik mencoba, simak langkah – langkah menggunakan aplikasi Kardiograf berikut ini.

Cara Deteksi Detak Jantung Dengan Smartphone Android

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi Kardiograf melalui Google Play Store secara gratis. Kilk link berikut untuk mengunduh : Download Kardiograf Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, klik Start untuk mulai menjalankan aplikasi.
  3. Tempelkan Jari telunjuk anda pada kamera Smartphone Android milik Anda.
  4. Dari jari tersebut, aplikasi akan mendeteksi dan mulai menghitung denyut jantung anda.
  5. Selesai.

Itulah ulasan singkat mengenai 2 aplikasi yang bisa anda jadikan sebagai alternatif untuk mengukur detak jantung. Perlu anda ingat bahwa itu hanyalah aplikasi Android biasa, bukan alat medis dan bukan pula saran atau anjuran dari dokter. Untuk hasil yang lebih memuaskan, tentunya anda harus pergi ke rumah sakit dan check up dengan alat medis yang sesungguhnya.

Sebagai tambahan, jangan pula menjadikan aplikasi tersebut sebagai alternatif acuan manusia “Mati atau Hidup” karena hal tersebut tidak seakurat alat medis dari dokter.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengukur Detak Jantung Dengan Smartphone Dan Tablet Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here