Cara Merubah Android Jadi Kamera CCTV

Dianisa.com – Tutorial Cara Merubah Smartphone Android Jadi Kamera CCTV. Tahukah anda apa itu CCTV? Itu loh, yang letaknya biasanya dibagian pojokan (Kamera) yang difungsikan untuk mengintai aktifitas tertentu dalam ruangan atau luar ruangan. Kamera tersebut dipasang sebagai salah satu alasan keamanan supaya tidak ada yang berani macam – macam. Pada umumnya CCTV tersedia pada sebuah ruangan seperti toko, ruang tamu, ruang pribadi, dan lainnya.

Baca Juga :

Tahukah anda bahwa ternyata HP Android dapat dijadikan Kamera CCTV. Dengan teknologi smartphone yang canggih, apapun aktifitas kita dapat kita pantau dalam genggaman tangan kita. Bagi anda yang mungkin saja memiliki smartphone bekas yang jarang dipakai tentunya anda bisa manfaatkan sebagai kamera CCTV, bisa anda pasang di ruang tamu, toko, café, ataupun ruang pribadi. Tapi dengan cacatan ruangan tersebut sudah tersedia Koneksi WiFi.

Dengan Koneksi WIfi tersebut, anda bisa memantau semua aktifitas dari mana saja dan kapan saja, sesuai dengan jarak Wifi tersebut. Kendali Kamera CCTV Android dapat dilihat melalui Browser PC/ Laptop, Tablet, atau Smartphone lain. Penasaran Bagaimana Cara Membuat Kamera CCTV Di Android? Simak tutorial singkatnya dibawah ini.

Cara Membuat Kamera CCTV Dengan HP Android

IP Webcam merupakan aplikasi kamera CCTV yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone dan tablet Android. Dengan Aplikasi IP Webcam, anda bisa memantau semua aktifitas melalui kamera android dengan mudah dan cepat. Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah, anda tinggal koneksikan Android dengan Wifi, lalu buka aplikasi tersebut dan secara otomatis anda akan tampil video lengkap dengan IP Address dari kamera tersebut. Lebih jelasnya, silahkan langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi IP Webcam melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download IP Webcam Via Google Play Store
  2. Koneksikan Android anda dengan Wifi terdekat yang ada dirumah atau toko anda.
  3. Selanjutnya buka aplikasi tersebut, lalu atur resolusi video, efek, pendeteksi gerakan (motion detection), mode audio, dan lainnya sesuai dengan keinginan anda.
  4. Tap “Start Server” maka secara otomatis kamera akan mulai merekam dan IP Address dari kamera tersebut akan terlihat.
  5. Untuk melihat aktifitas kamera dari jarah jauh, selanjutnya anda bisa gunakan laptop, tablet, atau smartphone android lain.
  6. Buka browser Google Chrome, Firerox, atau IE dan masukkan alamat IP yang sudah anda dapatkan dari kamera android yang ada pada aplikasi IP Webcam. Contoh memasukkan IP Address : http://192.168.1.102:8080 kemudian enter.
  7. Selamat anda sudah berhasil membuat kamera CCTV sendiri hanya dengan bermodalkan smartphone android.
  8. Selesai.

Sekedar Share :

Selain aplikasi IP Webcam, ada aplikasi lain yang juga memiliki fitur dan fungsi yang sama namun memiliki kelebihan yang berbeda – beda. Simak ulasan singkat mengenai aplikasi CCTV Android dibawah ini.

  • IP Cam Viewer Basic merupakan aplikasi kamera CCTV android yang dikembangkan oleh Robert Chou. Dengan aplikasi ini, anda bisa memantau pergerakan manusia atau pergerakan yang mencurigakan yang ada di sekitar anda. Anda bisa pasang CCTV di bagian kantor, kampus, lapangan pola, minimarket, ataupun yang lainnya. Tertarik mencoba, unduh gratis melalui Google Play Store.
  • Web of Cam merupakan aplikasi kamera CCTV Android yang bisa anda manfaatkan untuk mematau bayi anda yang sedang tidur dari jarak jauh seperti dari ruang tamu, kamar, toko, atau lainnya sudah tersedia koneksi Wifi. Anda bisa akses CCTV melalui Smartphone, Tablet, atau Browser PC dan Laptop. Unduh aplikasi Web of Cam melalui Google Play Store secara gratis.
  • IP Cam Remote With Audio merupakan aplikasi kamera pemantau Android yang memiliki kelebihan canggih dan tidak ada di aplikasi CCTV lainnya. Selain Video, anda bisa memantau aktifitas tertentu lengkap dengan suara atau Audio. Selain itu, anda juga dapat mengatur tingkat kecerahan layar, kontras, ukuran video, dan lainnya dengan mudah dan cepat. Tertarik mencoba, unduh gratis melalui Google Play Store.
  • Home Security IP Cam adalah aplikasi kamera pemantau android untuk rumah dan kantor. Dengan aplikasi ini, anda bisa membuat rumah anda jauh lebih aman karena anda bisa memantaunya sendiri lewat smartphone android. Pasang android pada sudut tertentu yang pastinya dapat menjangkau semua ruangan yang ada. Tertarik mencoba, unduh melalui Google Play Store.
  • DroidCam Wireless Webcam merupakan aplikasi kamera WebCam yang bisa menjadi pengganti kamera webcam laptop. Selain sebagai CCTV, anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk video call dari laptop. Sambungkan dengan Wifi, dan anda bisa membuka videonya dari Laptop supaya lebih jelas dan terang.
  • Dll.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menjadikan Android Sebagai Kamera CCTV, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here