Cara Membuat Android Jadi Remote TV

Dianisa.com – Cara Membuat HP Android Menjadi Remote TV Universal (AC, DVD, Xbox 360, Audio System, HiFi, dll). Di era yang canggih sekarang ini semua barang elektronik model terbaru ternyata dapat dikendalikan dengan smartphone atau tablet android. Seperti halnya TV Universal, AC, DVD Player, Xbox 360, dan lain – lainnya semua bisa dikontrol dengan smartphone Android.

Baca Juga :

Selain barang – barang elektronik, ternyata Mobil dan Motor-pun sekarang bisa juga dipasang alat pelacak semacam GPS yang maksud jika nantinya dicuri orang lain bisa dilihat dari Maps atau peta GPS yang kita kendalikan lewat Smartphone Android. Di jaman yang serba canggih ini membuat aktifitas anda seperti dalam genggaman tangan, cukup dipegang dan disentuh.

Pada kempatan kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai Cara Membuat Android Menjadi Remote TV Universal. Sebenarnya cara ini sudah di ulas oleh banyak situs web ternama seperti pada forum Android, kaskus, blog, dan lain – lainnya. Tetapi kali ini saya akan mengulas lebih komlit dan mudah dipahami oleh para pengguna Android.

Ada banyak merek TV Universal yang bisa anda kendalikan dengan smartphone Android mulai dari LG, Toshiba, Panasonic, Sony Bravia, Sharp, Sanyo, Samsung, Polytron, dan lainnya. Khusus untuk TV Buatan China terkadang bisa berhasil dan terkadang tidak berhasil. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak tutorial Cara Membuat HP Android Jadi Remote TV berikut ini.

Cara Membuat Android Jadi Remote TV Universal, Cable/Satelite Boxes, dll

IR Remote merupakan aplikasi Android yang difungsikan untuk mengendalikan TV sebagai alat untuk memindahkan channel atau mengubah volume suara. IR Remote dapat digunakan pada semua merek TV dan barang elektronik lain mulai dari AC, DVD player, HiFi, DSLR Camera, Car Audio, Xbox 360 dan lainnya. Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, unduh Aplikasi IR Remote melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download IR Remote Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, dan nantinya anda akan melihat tampilan menu pilihan dari aplikasi tersebut.
  3. Pilih ‘IR Database’ untuk menampilkan daftar merek/ Brand TV, pilih merek TV sesuai dengan merek TV yang anda miliki.
  4. Selanjutnya, anda akan diperlihat dengan tampilan interface dari remote TV sesuai dengan merek yang anda pilih.
  5. Coba gunakan tampilan tersebut untuk memilih channel atau menaikkan volume sesuai keinginan anda.
  6. Selesai.

Sekedar Share :

Selain aplikasi IR Remote, anda juga bisa gunakan aplikasi lain seperti Samsung IR-Universal Remote, LG TV Remote, TV Remote Control Pro, Remote Control Collection, Universal TV Remote, Chromecast, Easy Universal Remote TV, Twinone IR Remote, Unified Remote Full, dan lainnya.

  • Chromecast merupakan aplikasi remote TV Android terbaik dan terpopuler besutan dari perusahaan raksasa Google Inc. Selain untuk merek TV Chromecast, ternyata aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengendalikan merek TV lainnya seperti Samsung atau Sony.
  • Twinone IR Remote Merupakan aplikasi Remote TV Android dengan tampilan simple dan sederhana. Aplikasi ini dapat digunakan pada semua merek TV mulai dari Toshiba, Panasonic, Sony Bravia, Sharp, dan lainnya. Sayangnya, pengaturan volume suara serasa lebih sulit.
  • Unified Remote Full Merupakan aplikasi remote TV terbaik dan terpopuler. Banyak pengguna android yang juga menginstall dan menggunakan aplikasi ini. Selain mengontrol TV, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengontrol Desktop pada Komputer atau laptop.
  • Easy Universal Remote TV merupakan aplikasi remote TV yang paling sering digunakan oleh para pengguna Smartphone Android. Biasanya Aplikasi ini dapat mengendalikan TV Merek Samsung, Sony, LG, dan Panasonic. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak dapat digunakan pada semua merek TV.
  • Dll.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Remote TV Universal, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here