Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi dan File di Start menu Windows 11

Kita tahu bahwa terdapat perombakan dan perubahan pada sistem operasi Windows 11, salah satunya adalah perubahan posisi Start menu yang berada di tengah dengan sudut membulat dengan desain yang lebih modern dan minimalis. Namun ada salah satu bagian di Start menu Windows 11 yang membuat sebagian pengguna ingin menghilangkannya, yakni “Recommended” file dan aplikasi. Fitur tersebut sebenarnya sangat membantu pengguna untuk mempercepat akses pada suatu file atau aplikasi yang baru dibuka.

Pada kenyataannya, tidak semua pengguna membutuhkan fitur tersebut, bahkan saya sendiri yang juga menggunakan Windows 11 untuk produktivitas sehari-hari juga tidak membutuhkannya. Saya tidak tahu, mungkin karena terbiasa mencari file di File Explorer, sehingga sangat jarang memanfaatkan fitur “Recommended” tersebut. Tapi tenang saja, Windows 11 memberikan opsi kepada pengguna untuk mematikan fitur tersebut. Bagaimana cara melakukannya, Anda bisa simak penjelasan dan panduannya berikut ini.

Lihat Juga : Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Windows 11

Cara menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start menu Windows 11

Untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi dan file di Start menu, Anda bisa melakukannya dengan masuk ke menu Settings di Windows 11 Anda. Langsung saja, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama, klik Start menu di Windows 11 Anda, kemudian pilih menu Settings. Jika tidak terdapat menu Settings, Anda bisa manfaatkan fitur pencarian untuk mencari menu Settings.

1 Buka menu Settings Windows 11
1. Buka menu Settings di Windows 11. RUDI DIAN ARIFIN

2. Setelah masuk ke menu Settings, pilih fitur Personalization, lalu temukan fitur Start (Recent apps and items, and folders).

2 Buka Personalization Start Windows 11
2. Pilih fitur Personalization. RUDI DIAN ARIFIN

3. Setelah itu, Anda bisa melihat rekomendasi file dan aplikasi yang aktif. Matikan bagian Show recently added apps”, “Show most used apps, dan juga Show recently opened items in Start, Jump Lists, and File Explorerdengan klik tombol On/Off.

3 Matikan rekomendasi file dan aplikasi Windows 11
3. Matikan rekomendasi file dan aplikasi di Windows 11. RUDI DIAN ARIFIN

Anda bisa memahami perbedaan dari ketiga fitur tersebut berikut ini.

Show recently added appsTampilkan aplikasi yang baru ditambahkan / baru di install.
Show most used appsTampilkan aplikasi yang paling sering digunakan.
Show recently opened items in Start, Jump Lists, and File ExplorerTampilan item di Start menu, Jump Lists, dan File Explorer yang baru dibuka (seperti dokumen, gambar, foto, grafis, dan sejenisnya).

4. Setelah Anda mematikan fitur tersebut, Anda tidak lagi melihat rekomendasi file dan aplikasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

4 Disable Recommended file Windows 11
4. Tidak ada lagi rekomendasi file dan aplikasi di Windows 11. RUDI DIAN ARIFIN

Lihat Juga : Cara Mematikan Aplikasi Startup di Windows 11

Penutup,

Setelah Anda mematikan fitur “Recommended” tersebut, Anda tidak lagi melihat daftar rekomendasi file dan aplikasi, tetapi Anda masih melihat tulisan untuk mengatur rekomendasi, seperti “To show your recent files and new apps, turn them on in Start Settings”. Saya sendiri berharap info tersebut dihilangkan supaya Start menu Windows 11 benar-benar terlihat minimalis dan elegan. Beberapa pengguna mungkin merasa tidak ada masalah dengan info tersebut, tetapi bagi saya masih terasa kurang nyaman di lihat. Lalu bagaimana dengan Anda?

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.