Cara Menghemat Baterai Laptop

Dianisa.com – Tips Menghemat dan Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama. Daya merupakan bagian terpenting yang harus di jaga dengan baik supaya tetap awet dan tahan lama. Semua perangkat teknologi membutuhkan daya untuk bisa hidup dan digunakan dalam aktifitas sehari – hari, terutama Laptop dan smartphone. Di era digital sekarang ini, Laptop memiliki peranan penting dalam segala kondisi, baik dalam pekerjaan, tugas kuliah, kebutuhan rumah tangga, dan lainnya.

Baca Juga:

Baterai pada laptop memiliki peranan yang sangat penting, disisi lain baterai Laptop terbilang sangat boros karena harus menyalurkan semua daya pada semua hardware Laptop. Berbeda dengan smartphone mungkin terbilang lebih irit dan bisa bertahan hingga satu hari penuh, sedangkan Laptop tidak mungkin bisa bertahan satu hari penuh. Dalam sehari saja, jika digunakan secara full time maka pengguna pasti akan mengisi daya selama dua kali.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Dapat Bertahan Lebih Lama

Setiap baterai tentunya memiliki Kapasitas yang berbeda – beda, tergantung dari vendor laptop itu sendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda mengenai Cara Merawat Dan Menghemat Betari Laptop Agar Dapat Bertahan Lebih Lama. Ada bebeberapa tips dan trik ampuh untuk menghemat daya, salah satunya adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan pada laptop. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak Metode Menghemat Dan Merawat Baterai Laptop berikut ini.

1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar Laptop

Tingkat kecerahan layar yang tinggi membuat Baterai Laptop cepat habis, hal ini terjadi karena LED pada layar memang membutuhkan konsumsi daya yang tinggi ketimbang hardware lain. Jika misalnya laptop anda terlalu cerah, maka anda bisa kurangi Brightness tersebut supaya lebih redup dan baterai juga serasa lebih hemat. Hal ini sudah sangat umum dan banyak dilakukan oleh para pengguna laptop, terutama pada Laptop yang bersistem operasi Windows. Nah, untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

  • Klik Start » Control Panel » Display » Adjust Brightness. Selanjutnya pada bagian bawah, anda bisa setting tingkat kecerahan layar dengan mudah dan cepat. Cara yang saya berikan ini khusus untuk pengguna sistem operasi Windows 7. Dan untuk yang menggunakan sistem operasi terbaru seperti Windows 8 atau 10, kemungkinan caranya akan sedikit lebih berbeda.

2. Tutup atau Hapus Aplikasi Yang Tidak Pernah Digunakan

Secara tidak sadar, sebenarnya ada banyak aplikasi berjalan walaupun kita tidak pernah menjalankannya. Anda bisa melihat hal tersebut, anda bisa cek melalui Windows Task Manager. Pada bagian tersebut anda bisa tengok aplikasi apa saja yang terus berjalan. Agar Baterai Laptop lebih awet dan kinerja CPU tidak terlalu berat maka alangkah baiknya anda matikan beberapa aplikasi atau hapus aplikasi yang memang tidak pernah anda gunakan. Cara tersebut selain menghemat baterai juga dapat meningkatkan kinerja laptop.

3. Matikan Wifi Jika Tidak Anda Gunakan

Untuk menghemat baterai laptop, anda bisa coba untuk mematikan beberapa fitur penting yang tidak sedang anda gunakan, salah satunya adalah Wifi. Wifi memang sangat penting, namun jika anda tidak sedang berada pada area Wifi maka matikan saja fitur tersebut. Fitur Wifi banyak menguras daya karena terlalu sering mencari signal yang ada disekitar area tersebut.

Matikan Fitur Wifi Laptop

Gunakan aplikasi AVG PC TuneUp untuk mematikan atau mengaktifkan fitur Wifi pada Laptop anda. Gunakan mode airplane pada aplikasi tersebut untuk mematikan WIfi Laptop. Dan sebaliknya, jika anda ingin mengaktifkannya kembali maka matikan mode airplane tersebut.

4. Hindari Penggunaan Laptop Saat Pengisian Baterai

Dari segi perawatan tanpa software, diharapkan untuk menghindari penggunaan laptop saat pengisian daya berlangsung. Alangkah baiknya anda menggunakan laptop saat baterai sudah penuh dan charger telah anda cabut. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan baterai karena terlalu lama di Charger. Di sisi lain jika anda mematikan laptop dan men-chargernya maka baterai akan lebih cepat penuh ketimbang anda gunakan secara bersamaan.

Kasus mengenai baterai laptop yang sering rusak biasanya sering menggunakan laptop bersamaan dengan mengisi daya baterai.

5. Charging Baterai! Jangan Menunggu Sampai 0%

Saat anda berniat untuk mengisi daya, jangan menunggu saat daya baterai benar – benar habis atau 0% dan laptop sudah mati. Hal tersebut bukanlah cara terbaik, alangkah baiknya anda mulai untuk men-charger laptop saat daya sudah dibawah 20%. Hal ini dilakukan agar baterai lebih awet dan tidak mudah terjadi kerusakan dikemudian hari. Dan pastikan anda juga menerapkan tips yang ketiga yakni jangan menggunakan laptop sambil mengisi daya baterai.

6. Charging Laptop Dalam Keadaan Mati

Untuk mengisi daya pada laptop pastinya laptop dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan supaya daya baterai lebih cepat penuh, berbeda jika mengisi daya baterai dengan keadaan laptop yang masih menyala maka pengisian baterai akan memakan waktu lebih lama. Buruknya lagi, jika keadaan laptop menyala maka baterai akan lebih cepat panas.

7. Gunakan Charger Original

Pastikan baterai yang andagunakan masih original atau masih bawaan pabrikan laptop itu sendiri. Jangan coba – coba untuk menggunakan charger teman walaupun portnya sama. Bisa jadi menggunakan charging lain membuat arus listrik tidak stabil dan membuat baterai cepat rusak karena lonjakan arus yang terlalu tinggi. Anda bisa lihat pada setiap charger memiliki standar yang berbeda – beda. Maka dari itu, untuk menghindari hal – hal buruk lainnya, alangkah baiknya menggunakan charger milik sendiri.

8. Cabut Charger Ketika Daya Sudah 100%

Jika daya baterai anda sudah 100% maka langsung saja cabut charger tersebut. Jika tidak segara anda cabut maka akan memperpendek umur baterai itu sendiri. Membuat arus listrik terus mengalir, sedangkan baterai telah terisi penuh.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menghemat Dan Merawat Baterai Laptop Dan Notebook Windows, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan perihal tips diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here