2 Cara Daftar SMS Banking BCA

Di era yang serba teknologi ini pastinya segala aktivitas dapat anda lakukan dengan mudah dan praktis. Perkembangan tersebut juga telah merambah pada dunia perbankan. Yang mana setiap instansi bank telah mengembangkan beberapa layanan yang ada.

Dapat diketahui, tujuan daripada mengembangkan layanan tersebut adalah supaya nasabah lebih dipermudah dalam segala urusan terkait transaksi perbankan. Baik transaksi secara finansial maupun secara non finansial.

Memang dengan adanya layanan tersebut, pasti dapat membawa perubahan yang signifikan. Untuk itu, Bank BCA sebagai salah satu bank yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berturut andil dalam memberikan fitur layanan untuk nasabah sekalian.

Terdapat banyak layanan perbankan yang sedang dikembangkan oleh Bank BCA. Namun penulis hanya memaparkan beberapa layanan, yang diantaranya adalah SMS BCA, KlikBCA, BCA Mobile. Sakuku dan mBCA. Dari beberapa layanan tersebut, pastinya memiliki peranan yang sama. Seperti halnya memudahkan nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan. Hanya saja media yang digunakan berbeda antar satu dengan lainnya.

Dan pada penulisan artikel kali ini, penulis hanya akan membahas salah satu layanannya yakni SMS Banking BCA. Untuk mengetahui lebih jauh terkait SMS Banking BCA dan cara daftarnya. Simak ulasan dibawah ini.

Lihat Juga : Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Mengenal SMS Banking BCA

SMS Banking merupakan fitur layanan perbankan yang digunakan untuk melakukan transaksi, baik finansial maupun non finansial tanpa melalui teller atau ATM. Memang untuk fitur layanan yang satu ini sudah ada sejak lama.

Meskipun saat ini terdapat fitur layanan perbankan yang jauh lebih canggih, Kepopuleran SMS Banking sendiri ternyata tidak kalah jauh dari fitur terbaru. Karena SMS Banking sendiri memberikan kemudahan, cepat, dan praktis dalam bertransaksi serta tanpa menggunakan jaringan internet.

Adapun keunggulan yang didapat, jika anda menggunakan layanan SMS BCA. Tidak hanya satu keunggulan saja, namun ada beberapa keunggulan utama SMS BCA. Berikut untuk keterangan lebih lanjut :

  • Bisa diakses oleh pengguna GSM
  • Perintah dan jawaban berupa SMS yang dapat disimpan di ponsel
  • Bertransaksi dimana pun dan kapan pun
  • Nyaman, tidak perlu antri di ATM BCA

Cara Daftar SMS Banking BCA

SMS Banking BCA
Image Source : lifepal.co.id

Berbicara mengenai SMS Banking BCA, pastinya dengan adanya layanan tersebut anda dapat melakukan berbagai terkait perbankan. Diantaranya adalah untuk melakukan transfer, pembelian, pembayaran, cek saldo, cek mutasi dan lain sebagainya..

Di samping hal itu, untuk dapat menggunakan layanan ini. Pastinya anda diharuskan registrasi terlebih dahulu. Yang dapat anda lakukan melalui Customer Service di Kantor Cabang BCA ataupun di ATM BCA terdekat.

Lantas bagaimana sih cara daftar SMS Banking BCA? Apakah ada persyaratan yang harus dilengkapi untuk mendaftar? Tentu, jika anda ingin mendaftar melalui Kantor Cabang akan ada beberapa dokumen persyaratan yang harus anda bawa.. Berikut untuk keterangan cara daftar SMS Banking BCA lebih jelasnya …

Lihat Juga : Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA

Daftar Melalui Kantor Cabang BCA

Cara yang pertama adalah dengan mengunjungi Kantor Cabang Bank BCA. Sebelum anda mendatangi Kantor Cabang. Ada baiknya jika anda perlu mengetahui apa saja syarat yang harus anda bawa untuk mengaktifkan SMS Banking. Berikut persyaratannya :

  • Kartu ATM BCA
  • Kartu Identitas Diri (KTP/SIM/Paspor)
  • Buku Tabungan
  • Nomor ponsel yang aktif

Jika dirasa persyaratan diatas sudah anda lengkapi dan anda bawa ke Kantor Cabang. Silahkan ikuti intruksi berikut untuk registrasi SMS Banking BCA :

  • Datang ke Kantor Cabang Bank BCA » ambil nomor antrian.
  • Setelah terpanggil, datangi Customer Service lalu sampaikan tujuan anda (ingin daftar SMS Banking).
  • Menunjukkan bukti identitas diri seperti (KTP/SIM/Paspor) dan juga Buku Tabungan atau Kartu ATM.
  • Setelah itu Customers Service akan memprosesnya.
  • Selesai.

Daftar Melalui ATM BCA

Selain melalui Kantor Cabang BCA, anda juga dapat registrasi melalui ATM BCA. Untuk cara yang kedua ini sangatlah mudah dan praktis. Karena anda hanya perlu mendatangi ATM BCA terdekat untuk melakukan registrasi.

Selain itu, anda juga tidak perlu membawa syarat – syarat seperti cara sebelumnya dan dapat dilakukan kapan saja selama 24 jam. Berikut beberapa tahapan yang perlu anda ikuti untuk cara daftar SMS Banking BCA.

  • Pertama, datangi ATM BCA terdekat dengan membawa Kartu ATM.
  • Kemudian masukkan Kartu ATM BCA ke dalam mesin » masukkan PIN ATM.
  • Pilih menu Daftar E-Banking/Autodebet » pilih Transaksi Lainnya » pilih SMS BCA (Akan muncul tampilan syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi)
  • Masukkan Nomor Handphone » masukkan Kode Akses (Buat sesusai keinginan) » masukkan ulang Kode Akses, lalu pilih Benar.
  • Jika semua proses dirasa benar, pilih Ya untuk persetujuan konfirmasi nomor handphone.
  • Setelah itu, mesin ATM akan mengeluarkan struk sebagai bukti keberhasilan registrasi SMS Banking BCA.
  • Selesai.

NOTE : Untuk Kode Akses sendiri dibutuhkan sebagai PIN ketika anda melakukan transaksi SMS Banking BCA.

Lihat Juga : 2 Cara Daftar SMS Banking BNI

Format SMS Banking BCA

Sedikit informasi tambahan, apabila anda telah selesai mendaftar SMS Banking BCA. Terdapat dua cara untuk menggunakan layanan SMS BCA, yakni dengan mengirim format SMS Banking BCA ke 69888 dan menelpon kode USSD *141# (Telkomsel, XL, Axis) atau *222# (Indosat).

Berikut daftar lengkap format SMS Banking BCA yang perlu anda ketahui.

Transaksi Bank BCAFormat SMSContoh
Info SaldoSaldo <> Kode AksesSALDO 1234
Mutasi RekeningMutasi <> Kode AksesMUTASI 1234
Mutasi <> Kode Akses <> No. RekeningMUTASI 1234 1234567890
Informasi Kurs (Kurs jual – beli TT dan BN)Kurs <> Kode AksesKURS 1234
Kurs <> Tiga digit sandi mata uang <> Kode AksesKURS SGD 1234
Informasi Deposito *1)Deposito <> No. Bilyet <> Kode AksesDEPOSITO 123456 1234
Registrasi Informasi Kartu KreditReg <> KK <> Kode Akses <> No. Kartu Kredit/No. CustomerREG KK 1234 1234567890123456
Penghapusan Registrasi Informasi Kartu Kredit *2)Unreg <> KK <> Kode Akses <> No. Kartu Kredit/No. CustomerUNREG KK 1234 1234567890123456
Informasi Limit Kartu KreditLimit <> Kode AksesLIMIT 1234
Limit <> Kode Akses <> No. Kartu Kredit/No. CustomerLIMIT 1234 1234567890123456
Informasi Tagihan Kartu KreditTagihan <> Kode AksesTAGIHAN 1234
Tagihan <> Kode Akses <> No. Kartu Kredit/No. CustomerTAGIHAN 1234 1234567890123456
Informasi Transaksi Kartu Kredit (3 transaksi terakhir yang belum masuk billing statement)Transaksi <> Kode AksesTRANSAKSI 1234
Transaksi <> Kode Akses <> No. Kartu Kredit/No. CustomerTRANSAKSI 1234 1234567890123456
Pembelian Pulsa Isi UlangPulsa <> Nominal dalam ribuan <> Kode AksesPULSA 100 1234
Informasi BantuanHelp Smsbca atau Help Sms BcaHELP SMSBCA / HELP SMS BCA
Informasi Keterangan Sandi TransaksiHelp <> Tiga digit sandi transaksiHELP ADM
Registrasi Fitur PembayaranRegbayar <> Institusi <> Id penerima pembayaran <> Id pembayar <> Nama pembayar <> Kode AksesREGBAYAR LPG 123456 123456789012345 Wahyu Bintara 12345
Ya <> Bayar <> Institusi <> Kode AksesYA BAYAR LPG 1234
Help <> Regbayar <> InstitusiHELP REGBAYAR LPG
Transaksi PembayaranBayar <> Institusi <> Jumlah Bayar <> Jumlah Barang <> Tanggal Kirim Barang <> Id Penerima Pembayaran <> Kode AksesBAYAR LPG 100000 8 18052020 123456 1234
Penutupan Fitur PembayaranUnregbayar <> Institusi <> Kode AksesUNREGBAYAR LPG 1234
Help <> Unregbayar <> InstitusiHELP UNREGBAYAR LPG

Tarif Biaya SMS Banking BCA

Di samping anda melakukan transaksi sehari – hari, baik transaksi finansial ataupun non finansial. Tentunya terdapat tarif biaya yang akan dikenakan setiap transaksinya. Dan juga terdapat perbedaan tarif yang akan dikenakan, seperti berikut ini :

  • Tarif GSM           (Rp. 500 – Rp. 1.670)
  • Tarif CDMA        (Rp. 400 – Rp. 550)

NOTE : Bagi pelanggan prabayar, pembayaran tarif dipotong lewat pulsa. Dan bagi pelanggan pascabayar, pembayaran akan ditambahkan jumlah tagihan bulanan ponsel.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.