4 Cara Report Akun Facebook

Sebagai pengguna Facebook, terkadang kita juga merasa kesal dengan akun-akun palsu atau bodong yang memanfaatkan data diri bahkan hingga foto kita sebagai alat untuk melakukan penipuan. Di sosial media biasanya ini sangat sering terjadi, baik di Instagram, Facebook, hingga Twitter yang dimana memanfaatkan akun-akun populer untuk melakukan penipuan.

Target mereka adalah orang-orang awam yang belum begitu memahami penggunaan internet dan sosial media. Saya pun pernah mendapatkan cerita dari teman saya bahwa ia terkena penipuan dengan membeli barang secara online melalui sosial media, dan ternyata barang tersebut tidak pernah dikirim sama sekali. Harga murah biasanya menjadi alasan seseorang tertarik untuk membeli, padahal harga tersebut dirasa tidak masuk akal.

Dan buat mereka yang masih awam tentu ini menjadi sangat menggiurkan yang akhirnya membuat mereka tertarik untuk membeli. Ini menjadi salah satu bentuk penipuan yang sering terjadi di sosial media. Beruntungnya, sosial media seperti Facebook menghadirkan fitur “Report” atau “Laporkan” dimana anda sebagai pengguna bisa melaporkan akun-akun tersebut.

Jika terbukti melakukan pelanggaran maka akun tersebut akan di banned atau di tutup secara permanen. Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa hal mengenai panduan melaporkan akun Facebook yang melakukan pelanggaran. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini;

Lihat Juga : 2 Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook

Akun yang Pantas Untuk di Report

Dalam ketentuannya, Facebook tidak membatasi akun mana saja yang dapat dilaporkan. Semua bisa dilaporkan, namun tindakan penghapusan akun adalah hak Facebook sebagai platform. Tidak hanya akun bodong yang menyamar sebagai akun bisnis, akun pribadi sekalipun yang mengganggu kenyamanan anda dan publik juga dapat dilaporkan. Berikut beberapa akun yang dirasa layak untuk dilaporkan;

  1. Akun yang menggunakan identitas orang lain atau anda. Jika ada akun yang menggunakan identitas teman anda, artis, atau anda seorang, silahkan laporkan akun tersebut. Akun tersebut berhak untuk dilaporkan karena melanggar kebijakan Facebook.
  2. Akun yang terindikasi melakukan penipuan dalam bisnis. Apabila anda menemukan akun yang terindikasi penipuan atau anda/teman anda adalah korban penipuan, maka anda bisa melaporkan akun tersebut.
  3. Akun yang seringkali menyebarkan hoax atau berita palsu. Akun-akun penyebar kebencian dan hoax memang banyak beredar di sosial media, anda-pun juga perlu berhati-hati dalam menerima informasi yang diberitakan. Laporkan akun tersebut agar dilakukan peninjauan kembali oleh Facebook.
  4. Akun yang sering membuat sara atau menyinggung. Selain hoax, postingan sara atau menyinggung pribadi atau organisasi tertentu juga banyak terjadi di Facebook. Jika hal tersebut sangat menggangu dan membuat kegaduhan, silahkan laporkan akun tersebut.
  5. Akun yang sering menyebarkan konten p*rn*grafi. Konten yang berbau seksual atau bahkan menampilkan konten-konten p*rn*grafi secara berlebihan dan tidak layak untuk diperlihatkan, laporkan akun agar dapat dilakukan penindakan.
  6. Akun yang telah dilakukan pembajakan. Pembajakan juga kerap terjadi di sosial media, jika anda adalah korban pembajakan tersebut, lakukan tindakan dengan mengajak teman anda untuk melaporkannya. Kirimkan juga informasi lain yang berkaitan dengan anda agar akun dapat dikembalikan.
  7. dll…

Lihat Juga : 4 Cara Mengganti Kata Sandi Facebook

Cara Report Akun Facebook Lewat Komputer

Setelah mengetahui beberapa hal diatas, kini saatnya anda tahu bagaimana caranya melaporkan akun tersebut ke Facebook. Anda bisa gunakan browser Google Chrome atau Firefox untuk membuka akun Facebook anda. Berikut penjelasan dan langkah-langkahnya;

Langkah pertama, silahkan buka halaman Facebook anda. Silahkan temukan orang atau akun yang ingin anda laporkan, cari melalui fitur search. Masuk pada profil dari akun tersebut. Dibawah ini saya menggunakan contoh dari akun Mark Zuckerberg. Klik icon tiga titik yang ada dibagian samping kanan, kemudian pilih Cari dukungan atau Laporkan Profil.

1 Pilih Cari Dukungan atau Laporkan Akun

Selanjutnya, silahkan pilih alasan anda melaporkan akun tersebut. Beberapa alasan yang tersedia antara lain; Berpura-pura menjadi orang lain, akun palsu, nama palsu, memposting sesuatu yang tidak pantas, pelecehan atau perundungan (Bulliying), dan lainnya. Silahkan pilih alasan anda untuk report akun tersebut, kemudian klik Lanjutkan.

2 Pilih Alasan Masalah Report Facebook

Selanjutnya akan muncul ketentuan baru dari Facebook. Jika anda tidak suka dengan akun tersebut, maka anda bisa berhenti mengikutinya atau batalkan pertemanan dengannya. Klik Selesai untuk menyelesaikan laporan yang anda buat.

3 Tindakan Lain dalam Report Facebook

Setelah me-report akun tersebut maka Facebook akan melakukan penindakan meskipun dalam antrian yang cukup lama. Dan tindakan tersebut akan diambil apabila akun tersebut benar-benar melakukan pelanggaran. Semakin banyak yang melaporkan akun, kemungkinan akan semakin cepat Facebook dalam mengambil tindakan.

Untuk lebih singkatnya, anda bisa simak tutorial me-report akun untuk tampilan Facebook versi baru dan klasik (lama) berikut ini;

Facebook versi Baru

  1. Langkah pertama, silahkan buka profil akun Facebook tersebut.
  2. Lihat bagian sisi kanan, klik icon tiga jari, kemudian pilih Cari Dukungan atau Laporkan Akun.
  3. Selanjutnya, laporan akun tersebut dengan alasan yang ada, pilih Selanjutnya dan Selesai.
  4. Selesai.

Facebook versi Klasik

  1. Langkah pertama, silahkan buka profil akun tersebut.
  2. Kemudian klik icon tiga titik yang ada di foto sampul, lalu pilih Cari Dukungan atau Laporkan Akun.
  3. Kemudian ikuti petunjuk masalah yang anda ingin laporkan, klik Selanjutnya dan Selesai.
  4. Selesai.

Lihat Juga : Cara Memblokir & Membuka Blokir Teman di Facebook

Cara Report Halaman Facebook

Selain melaporkan akun personal seseorang, anda juga dapat melaporkan halaman Facebook. Langkah-langkahnya sama, anda bisa kunjungi profil dari halaman tersebut, kemudian klik icon tiga titik dari halaman tersebut, kemudian pilih Cari Dukungan atau Laporkan Halaman.

1 Cari Dukungan atau Laporkan Halaman Facebook

Untuk alasan dari pelaporan antara akun personal dengan halaman sedikit berbeda. Berikut diantaranya; Ujaran Kebencian, Ketelanjangan Atau Konten Seksual, Kekerasan, Pelecehan, Penipuan atau Halaman Palsu, serta beberapa pilihan berikutnya. Silahkan pilih salah satu alasan anda, kemudian klik Selanjutnya.

2 Alasan dalam Melaporkan Halaman Facebook

Kemudian akan muncul beberapa informasi terkait, apabila anda tidak menyukai halaman tersebut, anda bisa memblokir, berhenti mengikuti, batal menyukai, serta beberapa pilihan berikutnya. Jika ingin, silahkan pilih langkah yang ingin anda ambil. Jika sudah, klik Selesai.

3 Tindakan setelah Report Halaman Facebook

Lihat Juga : 4 Cara Menghapus Halaman Facebook

Cara Report Grup Facebook

Apabila diluar sana anda bergabung dengan grup atau komunitas yang melakukan tindakan illegal dan melanggar ketentuan Facebook, maka anda bisa laporkan grup tersebut untuk dilakukan penindakan. Untuk me-report grup Facebook langkahnya sama, anda bisa kunjungi halaman profil tersebut, kemudian klik icon tiga titik lalu pilih Laporkan Grup.

1 Laporkan Grup Facebook

Kemudian pilih alasan anda melaporkan grup tersebut, apakah pernah membagian konten berupa Ketelanjangan atau Aktivitas Seksual, Pelecehan Atau Perundungan (Bulliying), Ujaran Kebencian, atau alasan-alasan lainnya. Silahkan pilih alasannya, kemudian klik Selanjutnya.

2 Alasan Report Grup Facebook

Jika sudah, anda akan melihat informasi yang ditampilan terkait pelaporan tersebut. Klik Selesai untuk menyelesaikannya.

3 Selesai dalam Report Grup Facebook

Lihat Juga : Cara Membuat Group Facebook

Akhir kata,

Itulah penjelasan dan langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam melaporkan akun Facebook. Untuk mempercepat tindakan Facebook, anda bisa mengajak teman anda untuk melaporkannya juga. Semakin banyak laporan yang masuk, maka semakin cepat Facebook untuk melakukan penindakan.

Tutorial diatas saya lakukan melalui browser komputer, namun anda tetap dapat mengikutinya melalui browser smartphone, Facebook App, dan Facebook Lite. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai report akun, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.