Apa Arti Crush dalam Bahasa Gaul, Percintaan, Makna, dan Istilah Slang Lainnya

Apa arti crush yang viral di media sosial? Simak pembahasannya berikut ini!

Istilah crush belakangan ini menjadi populer sebagai bahasa gaul di kalangan anak muda yang sedang jatuh cinta. Ada banyak sekali bahasa gaul kekinian di media sosial. Salah satunya adalah kata crush yang memiliki makna berbeda dari arti sebenarnya. Arti crush sudah menjadi  bagian dari bahasa slang. Bahasa slang sendiri dikenal juga dengan bahasa Inggris gaul.

Secara formal, kata crush berasal dari bahasa Inggris, yang artinya menghancurkan. Namun, kata crush juga mempunyai arti yang informal yaitu berkaitan dengan persoalan cinta. Di mana istilah gaul ini menunjukkan kondisi ketika kalian tengah jatuh cinta pada seseorang. Nah, buat kalian yang belum tahu apa itu arti crush yang sebenarnya beserta jenis-jenisnya dan perbedaannya dengan pacar. berikut ini penjelasan yang bisa kamu ketahui.

Ringkasan

  • Crush berasal dari bahasa Inggris, yang artinya rusak atau hancur. Sedangkan dalam bahasa gaulnya, Perasaan tertarik pada seseorang yang bersifat sementara dan mungkin perasaan itu akan hilang dalam waktu yang singkat. karena biasanya hanya tertarik pada bentuk fisik atau penampilannya saja.
  • Jenis-jenis crush dibagi menjadi empat macam yaitu The Friendly atau Platonic Crush, The Admiration Crush, The passing crush dan The romantic crush.
  • Tanda-tanda crush ada lima yakni pupil membesar, ingin berada di dekatmu, menyebut namamu, akan bertanya dan mengungkapkan serta mencerminkan perilaku mirroring.
  • Perbedaan crush dengan cinta terletak pada frekuensi dan durasi ketertarikan. Crush hanya bersifat sementara dan akan hilang dalam waktu yang singkat serta cenderung tertarik dari fisik atau penampilannya saja sedangkan cinta bersifat lebih lama karena mereka melibatkan perasaan, jiwa dan raganya untuk menjalin hubungan.
  • Penggunaan kata crush dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya tidak susah, karena kata crush tidak terikat oleh aturan tertentu. Jadi kita bisa menggunakannya secara bebas. kata crush bisa digunakan dalam bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia. Misalnya song joong ki is my Korean actor crush, Minggu ini aku dan Mas Crush mau healing ke Trawas.

Lihat Juga : Pengertian Review Adalah

Arti Crush Adalah

Arti Crush dalam Bahasa Gaul
Sumber Gambar : ShareChat

Crush berasal dari kata bahasa Inggris, yang artinya rusak atau hancur. Sedangkan dalam bahasa gaulnya, crush merupakan perasaan menyukai, mengagumi dan mengidolakan seseorang. Kata crush juga dapat dianggap sebagai gebetan atau orang yang kita cintai. Biasanya perasaan yang muncul pada crush bersifat rahasia. Ada juga yang menganggap bahwa crush hanya dapat dirasakan dari salah satu pihak saja, biasanya disebut dengan cinta dalam diam.

Sehingga dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa crush merupakan perasaan tertarik pada seseorang yang bersifat sementara dan mungkin perasaan itu akan hilang dalam waktu yang singkat. karena biasanya hanya tertarik pada bentuk fisik atau penampilannya saja, baik secara romantis maupun tidak.

Menurut Christie Kederian, PhD mengatakan bahwa mencintai seseorang tidak selalu bersifat romantis. Mengagumi seseorang bukan hanya pada gebetan, tetapi juga bisa yang lain seperti teman, sahabat, artis dan k-pop. Arti kagum bukan hanya ingin menjalin cinta dengan mereka atau bersifat romantis tetapi juga bisa mengidolakan selebriti atau kpop yang tidak mungkin bisa membangun cinta dengan mereka. Crush dapat terjadi pada siapa saja dan dalam berbagai situasi seperti di sekolah, tempat kerja dan media sosial. Perasaan crush mungkin tidak berkembang menjadi hubungan lebih dalam.

Kata crush digunakan untuk menyebutkan seseorang yang kalian cintai. Selain itu, crush juga digunakan sebagai bahasa gaul kekinian yang sedang trending di media sosial terutama pada kalangan anak muda. Biasanya penggunaan kata crush diikuti oleh kata My, Mbak atau Mas sehingga menjadi My Crush, Mas Crush dan Mbak Crush.

Lihat Juga : Apa itu Shadowban Twitter?

Jenis – Jenis Crush

Arti Crush dalam Percintaan
Sumber Gambar : popmama.com

Setiap orang pasti mempunyai crush, nah berikut ini ada 4 jenis crush yang bisa kalian ketahui. Untuk itu dari penjelasan di bawah ini, manakah jenis crush yang sedang terjadi pada kalian.

1. The Friendly atau Platonic Crush

Jenis crush ini juga disebut sebagai squish. Perasaan yang muncul dalam batin tidak selalu kuat dan berhubungan dengan kegiatan yang bersifat romantis. Biasanya yang membuat seseorang merasa sangat dekat dan tak tergantikan adalah karena saling mempercayai satu sama lain. Seperti hubungan antara sahabat yang begitu dekat. Perlu diingat bahwa tidak semua perasaan yang kuat itu bersifat romantis. Mungkin beberapa yang lainnya juga bersifat platonis.

2. The Admiration Crush

Keuntungan dari jenis crush ini adalah menjadikan seseorang lebih banyak belajar dari orang lain atau idola. Biasanya jenis crush ini sering dirasakan oleh penggemar para artis, K-Pop, guru ataupun temannya yang terlihat keren. Kelebihan yang dimiliki oleh para idola sering di maknai sebagai perasaan romantis. Namun, mungkin karena kalian mengaguminya. 

3. The Passing Crush

The passing Crush adalah perasaan sementara kepada seseorang, biasanya rasa kagum itu datang, karena tertarik dengan penampilan dan prestasi yang dimiliki seseorang.  Dengan kata lain dapat disebut sebagai cinta pAndangan pertama. Tetapi biasanya tidak mengarah pada hubungan yang lebih serius atau romantis. Jenis crush ini bukan mengagumi secara dalam dan mungkin saja akan terlewat begitu saja.

4. The Romantic Crush

Jenis crush ini mempunyai perasaan yang mirip dengan rasa cinta. Rasanya seperti timbul fantasi dan bayangan untuk mendapatkannya serta ingin melakukan kegiatan fisik seperti berpegangan tangan hingga berciuman. Sehingga dapat diartikan bahwa perasaan yang muncul dalam jenis crush ini begitu dalam dan berharap mendapatkan timbal balik perasaan dari pasangan.

Lihat Juga : Apa Arti Wibu?

Perbedaan crush dengan rasa cinta

Apa arti Crush
Sumber Gambar : vogue.in

Crush dan cinta mempunyai makna yang sedikit berbeda. Hal itu dapat dilihat dari frekuensi dan durasi ketika tertarik pada seseorang. Crush merupakan perasaan tertarik pada seseorang secara sementara dan akan hilang dalam waktu yang singkat. Selain itu, Crush juga cenderung tertarik pada bentuk fisiknya saja. Saat Anda tertarik pada seseorang, Anda akan melihat dari sisi positifnya saja dan mengabaikan sisi negatif dari orang tersebut. Sehingga Anda merasa tergila-gila kepadanya. Kebanyakan dari Crush hanya melihat dari kelebihannya saja.

Sedangkan rasa cinta adalah perasaan yang lebih dalam dan berkembang dari waktu ke waktu. Rasa cinta juga melibatkan emosi, perasaan, jiwa dan raga sehingga cenderung lebih kompleks. Seseorang bisa dikatakan sedang jatuh cinta ketika mereka berhubungan dalam waktu yang lama. Biasanya mereka telah mengenal dengan baik satu sama lain, saling percaya, berbagi suka dan duka tanpa ragu serta rela berkorban. Selain itu, Rasa cinta juga didasarkan pada pengalaman bersama, memahami kepribadian dan nilai seseorang yang dicintai, serta mempunyai ikatan emosional yang kuat.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang paling signifikan dalam crush dan cinta adalah dilihat dari durasi mereka dalam mengaguminya. Crush hanya bersifat sementara dan akan hilang dalam waktu yang singkat serta cenderung tertarik dari fisik atau penampilannya saja sedangkan cinta bersifat lebih lama karena mereka melibatkan perasaan, jiwa dan raganya untuk menjalin hubungan.

Lihat Juga : Apa itu Roaming Data?

Contoh penggunaan kata crush

Crush Artinya adalah
Sumber Gambar : cna.com.br

Penggunaan kata crush dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya tidak susah, karena kata crush tidak terikat oleh aturan tertentu. Jadi kita bisa menggunakannya secara bebas. kalian dapat menggunakan kata crush kepada seseorang yang dicintai dalam percakapan sehari-hari.

Kata crush sering kita dengar pada percakapan kalangan anak muda dan juga di media sosial. Selain itu, kata crush dapat digunakan dalam berbagai bahasa, baik bahasa Indonesia atau bahasa kita sehari- hari maupun bahasa Inggris. Contoh penggunaan kata crush dalam bahasa Indonesia yaitu “minggu depan aku dan mas Crush mau healing ke trawas”. Pada umumnya kata crush dapat digunakan secara bebas dan fleksibel tanpa terikat waktu dan aturan.

Lihat Juga : Apa itu Pop-up?

Tanda – Tanda Crush

Tanda tanda Crush
Sumber Gambar : namastehallyu.com

Berikut beberapa tanda-tanda seseorang jika mempunyai crush, bukan hanya dilihat secara fisik tetapi juga perilakunya. Jadi dari beberapa tanda-tanda di bawah ini, apakah Anda juga mengalaminya jika sedang mengalami crush? Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya di bawah ini :

1. Pupil membesar

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pupil Anda semakin besar yaitu ketika Anda mengetahui sesuatu yang menarik, hal tersebut terjadi karena sistem saraf simpatik sedang bekerja. Namun, ada juga yang disebabkan karena stres, cemas, minuman keras dan mengonsumsi obat-obatan. Untuk itu jika Anda memiliki pupil yang besar, jangan panik ketika seseorang melihat Anda, karena bisa jadi mereka sedang merasakan crush.

2. Ingin berada di dekatmu

Jika dia terus mencoba untuk tetap dekat dengan Anda, seperti duduk di sebelahmu ketika istirahat dan bergabung dengan teman-teman di sekelilingmu. Maka hal ini menjadi tanda bahwa dia sedang menyukaimu. Apabila hal itu terjadi secara terus menerus atau konsisten, mungkin mereka ingin mengenal Anda lebih dalam.

3. Menyebut namamu

Biasanya ketika orang sedang crush, sering menyebut namanya dalam percakapan sehari-hari baik dengan temannya atau orang lain yang ingin mendengarkan ceritanya.

4. Akan bertanya dan mengungkapkan

Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2014, tanda seseorang tertarik dengan Anda yaitu memberikan pertanyaan dan informasi secara tulus dan penuh perhatian.

5. Mencerminkan perilaku Mirroring diyakini sebagai tanda ketertarikan

Jika ada seseorang yang sedang mengagumi Anda, maka secara tidak langsung mereka akan mengikuti perilaku dan gerakan Anda ketika bersama. Karena mereka ingin menjalin hubungan secara dalam.

6. Stalking lewat media sosial

Stalking yaitu mengamati kegiatan seseorang secara diam-diam baik dari foto, video atau postingan mereka. Apabila kita sedang menyukai seseorang, pasti kita berupaya untuk mencari informasi terkait orang itu terutama melalui sosial media.

Lihat Juga : Apa Arti Ping, VC, TC, PC, PM, dan P?

Apa yang harus dilakukan jika mempunyai crush?

Apa yang harus dilakukan jika mempunyai crush
Sumber Gambar : Pikiran Rakyat

Jika kalian mempunyai crush, maka pahami terlebih dahulu jenis crush yang dimiliki. Apakah crush tersebut hanya sebatas kagum atau lebih mengarah ke hubungan yang lebih dalam, karena biasanya crush hanya tertarik pada fisik atau penampilannya saja. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan jika mempunyai crush:

1. Evaluasi perasaan

Pahami dan evaluasi perasaan yang Anda miliki sebelum mengambil tindakan apa pun. Apakah perasaan itu hanya sementara atau justru berkembang lebih dalam. Untuk itu berpikirlah secara matang-matang sebelum menjalin hubungan yang lebih dalam.

2. Jangan terburu-buru

Jangan tergesa-gesa untuk menyatakan perasaan kalian pada seseorang. Pahami terlebih dahulu mengenai kepribadiannya, sikapnya, dan nilai-nilai pada orang tersebut. Sehingga hal itu dapat membantu kalian untuk mengetahui apakah seseorang tersebut pantas menjadi pasangan kita atau hanya sekedar sebagai teman.

3. Minta saran dan dukungan dari orang-orang terdekat

Jangan takut untuk menceritakan perasaan kalian pada keluarga atau sahabat yang kalian percayai. Karena bisa jadi mereka dapat memberikan saran atau solusi mengenai hubungan kalian.

4. Pertahankan hubungan yang baik

Jangan biarkan perasaan Anda merusak hubungan kalian. Tetap pertahankan hubungan yang baik dan jangan memaksakan kehendak kalian pada orang tersebut. Karena kebanyakan hubungan persahabatan atau pertemanan kalian terganggu ataupun rusak yang diakibatkan salah satu dari kalian hanya mencintai secara sepihak.

5. Jaga etika dan norma sosial

Pastikan tetap menjaga etika dan norma sosial saat mengambil tindakan apa pun. Jangan melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain.

6. Menerima kenyataan

Tidak semuanya perasaan itu selalu berakhir dengan hubungan yang lebih serius. Untuk itu jangan terlalu memaksa dalam memperjuangkan seseorang yang tidak mencintai kalian. Terima kenyataan itu dan selalu menjaga kesehatan emosional kalian.

Jadi, cobalah untuk memahami apa yang dirasakan terlebih dahulu dan memikirkannya secara matang-matang. Jangan terlalu terobsesi dan terburu-buru. Selain itu, gunakan waktu luangmu untuk kegiatan yang positif dan menyenangkan agar perasaan tersebut bisa teralihkan. Jika perasaan itu terus berlanjut dan mengarah ke hubungan yang lebih dalam, maka kalian dapat mempertimbangkan untuk menyatakan perasaan tersebut.

Namun, pastikan untuk melakukannya dengan sopan. Jika perasaan kalian ditolak, jangan merasa sedih dan tetap menjaga hubungan yang baik dengan orang tersebut walaupun itu sangat sulit.

Lihat Juga : Apa Arti Panggilan dari Greater Jakarta?

Istilah Bahasa Inggris Slang Lainnya

Istilah Bahasa Slang Lainnya
Sumber Gambar : Zena.cz

Selain kata crush, masih ada beberapa kata bahasa Inggris lainnya yang juga mempunyai arti yang berbeda dengan kata asli. Berikut beberapa contohnya yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Diddle artinya berbohong
  2. Salty artinya bosan
  3. Dinosaur artinya sangat tua
  4. Grub artinya makanan
  5. Lowkey artinya mencurigakan
  6. Fishy artinya mencurigakan
  7. Peanuts artinya murah
  8. Stan artinya menyukai sesuatu
  9. Phat artinya sangat bagus
  10. Fore artinya awas
  11. Bomb artinya sangat mahal
  12. Iffy artinya meragukan
  13. Chuffed artinya senang
  14. Walrus artinya pendek dan gemuk
  15. Wangle artinya sangat beruntung
  16. Mug artinya wajah
  17. Kip artinya tidur singkat
  18. On purpose artinya sengaja
  19. Arm in arm artinya bergandengan
  20. It’s wrap artinya selesai
  21. No matter artinya tidak peduli
  22. Just drop it artinya lupakan saja
  23. Buck up artinya tersenyumlah
  24. Gotta run artinya harus pergi
  25. Your six artinya di belakangmu
  26. Burn out artinya capek sekali

Selain beberapa contoh bahasa slang dalam bahasa Inggris di atas. Ada juga beberapa singkatan kata dalam bahasa Inggris gaul yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari yakni sebagai berikut:

  1. ILY “I Love You “ artinya aku cinta kamu
  2. BF “Boy Friend “ artinya pacar laki-laki
  3. GF “Girl Friend” artinya pacar perempuan
  4. MU “Miss You” artinya merindukanmu
  5. TC “Take Care” artinya hati – hati
  6. XOXO “Hugs and kiss” artinya peluk dan cium
  7. IDK “I Don’t’Know” artinya aku tidak tau
  8. OMG “Oh My God” artinya oh ya Tuhan
  9. IMO “In My Opinion” artinya menurut pendapatku
  10. BTW “By The Way” artinya ngomong-ngomong
  11. BRB “Be Right Back” artinya segera kembali
  12. FYI “For Your Information” artinya informasi untuk kamu
  13. THX/TX/THKS “Thank You” artinya terima kasih
  14. LOL “Laugh Out Loud” artinya tertawa lepas
  15. TBH “To Be Honest” artinya  sejujurnya
  16. YOLO ”You Only Life Once” artinya hidup Cuma sekali
  17. IMO “In My Opinion” artinya menurut pendapatku
  18. DIY “Do It Yourself” artinya lakukanlah sendiri sesuai keinginanmu
  19. TGIF “Thanks God Its Friday” artinya semangat menuju akhir pekan

Lihat Juga : Arti Coming Soon Adalah

Penutup,

Itulah penjelasan mengenai apa arti crush, jenis-jenis crush, perbedaan crush dengan cinta, contoh penggunaan kata crush dan apa yang harus dilakukan jika mempunyai crush. Memiliki crush memang bukanlah kesalahan. Setiap orang berhak menaruh rasa suka terhadap seseorang. Namun tidak ada salahnya untuk menatap masa depan daripada memikirkan seseorang yang belum jelas kepastiannya. Jadi cobalah berpikir lebih dalam sebelum menjalin hubungan yang lebih jauh.

Apa bedanya crush dengan pacar?

Crush adalah perasaan tertarik kepada seseorang secara singkat dan bersifat sementara sehingga bisa jadi perasaan itu akan hilang dalam waktu yang cepat. Crush biasanya cenderung terpesona oleh fisik atau penampilannya, kepribadiannya dan kehebatan dari seseorang. Sedangkan pacar adalah perasaan seseorang yang mempunyai hubungan romantis yang lebih serius dan terikat dalam suatu hubungan yang stabil. Biasanya pacar mempunyai hubungan yang lebih erat, saling memahami, membutuhkan waktu yang lama dalam mengenalnya dan saling mendukung satu sama lain.

Apa bahasa gaul lain tentang cinta, selain crush?

Bucin yakni budak cinta, Ily yakni I Love you, MU yakni miss you, Wakuncar yakni waktu kunjung pacar, LUV yakni Love, TTM yakni teman tapi mesra dan yang lainnya.

Apakah semua orang bisa mempunyai crush?

Iya karena setiap orang berhak menaruh rasa suka terhadap seseorang. Selain itu, crush tidak hanya pada orang yang kita kenal saja tetapi juga orang yang tidak kenal seperti mengidolakan artis, kpop, dan yang lainnya.


Penulis : Asiyatul Ulfiyah | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Asiyatul Ulfiyah

Asiyatul Ulfiyah adalah penulis artikel di web dianisa.com. Saya memiliki minat dalam bidang sosial media, content creator, dan content writer. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bidang yang lain yang dapat meningkatkan kemampuan saya.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 65 Livery BUSSID Arjuna, XHD, Pandawa, Jetbus 3, Paling Jernih!

    Berikut kami bagikan kumpulan Livery BUSSID Arjuna paling jernih dan terbaru, varian HD, XHD, SDD, Jetbus…
  2. 69 Livery BUSSID Anime, Demon Slayer, Genshin Impact, HD, XHD, Terbaru!

    Berikut kami bagikan kumpulan Livery BUSSID Anime, Demon Slayer, Genshin Impact, paling jernih dan terbaru, varian…
  3. 105 Gambar Lucu, Kocak, Paling Receh Untuk PP (Foto Profil) WA!

    Berikut kumpulan gambar lucu, kocak, dan bikin ngakak untuk PP WA yang telah kami kumpulkan dan…