6 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Factory Reset Android

0
197

Dianisa.comHal Penting Yang Harus Anda Lakukan Pada Android Sebelum Factory Reset. Kita pasti tahu bahwa semua perangkat Android dilengkapi dengan fitur Factory Reset. Apa itu Factory Reset? Factory Reset adalah fitur dimana pengguna Android bisa mengembalikan Pengaturan Android pada kondisi Awal saat baru pertama kali membeli smartphone atau lebih dikenalnya mengembalikan Android ke pengaturan pabrik.

Baca Juga :

Setiap kali pengguna Android mengalami masalah pada aplikasi atau sistem Android itu sendiri atau bahkan Terjangkit Virus yang sulit terhapus/ hilang maka terpaksa harus melakukan Factory Reset. Cara ini tentu akan menghilangkan permasalahan pada Android itu sendiri, membersihkan error, sampah, virus, dan lainnya. Tapi dibalik itu semua tentu data – data yang kita miliki juga hilang secara total dan tidak bisa dikembalikan seperti Chat pada Aplikasi BBM, WhatsApp, Facebook, File foto, video, musik, dan aplikasi.

Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Factory Reset

Sebelum kita melakukan Factory Reset memang kita diharuskan untuk melakukan beberapa hal terlebih dahulu, salah satunya adalah Backup Data. Backup data dan Aplikasi sangatlah penting untuk kita lakukan supaya nantinya, setelah kita melakukan Factory Reset data tersebut bisa kita kembalikan lagi. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak Beberapa Metode Backup Data Android berikut ini.

1. Backup Chat Pada WhatsApp

Tips pertama yang harus anda lakukan yakni mencadangkan Chat yang ada pada Aplikasi WhatsApp atau Aplikasi Messenger lainnya. Cara ini anda lakukan supaya nantinya disaat anda masuk pada HP yang baru maka anda bisa mengembalikan Chat seperti sedia kala. Sebagai contohnya, anda bisa ikuti langkah – langkah backup chat Aplikasi WhatsApp berikut ini.

Backup Chat WhatsApp

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian anda masuk pada menu “Setelan”.
  2. Pilih “Chatting”, kemudian pilih “Cadangkan Chat”.
  3. Terakhir langsung saja tap “Cadangkan”.
  4. Selesai.

Baca : Cara Backup Chat WhatsApp di HP Android

2. Backup SMS (Pesan) dan Kontak Telepon

Selain Chat, anda juga perlu melakukan Backup pada SMS dan kontak telepon yang ada di Android anda. Yang paling penting menurut saya adalah Kontak Telepon. Untuk kontak telepon saya rasa lebih mudah, karena anda tinggal pindah semua kontak ke SIM Card. Dan untuk lebih cepatnya anda bisa gunakan aplikasi AppBackup. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka App Backup lalu pilih Personal.
  • Lakukan backup, dan selesai!

3. Backup Aplikasi

Untuk aplikasi Android sebenarnya bisa mengunduhnya kembali langsung dari Google Play Store, namun jika aplikasi yang anda miliki cukup banyak tentunya anda membutuhkan waktu lama untuk mengunduh semua aplikasi yang ada. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan backup dengan aplikasi Titanium Backup. Namun untuk menggunakan aplikasi Titanium Backup, Android anda sudah harus pada kondisi Root.

4. Backup Foto, Video, Musik, dan File Media Penting Lainnya

Selain aplikasi, anda juga perlu mencandangkan file seperti Foto, Video, Musik, dan beberapa file media penting lainnya. Untuk mem-backup file semacam itu, anda bisa memindahkan langsung ke Komputer atau Laptop yang anda miliki. Selain pada komputer, anda juga bisa backup melalui Cloud Storage Online seperti Google Drive, Mediafire, Dropbox dan sebagainya.

5. Backup File Penting

Selain file media, jangan lupa anda juga harus melalukan backup pada file penting seperti dokumen atau file – file lainnya. Sama seperti sebelumnya, anda bisa memindahkan file penting tersebut ke Flashdisk, Komputer, ataupun Cloud Storage Online.

6. Lepaskan SD Card Anda

Selain Backup, tips terakhir yang bisa anda coba lakukan yakni melepas SD Card Android anda. Jika tidak anda lepas sebenarnya juga tidak akan terjadi masalah, tetapi jika anda lepas juga tidak masalah. Ini bisa untuk jaga – jaga supaya tidak ada data di SD Card yang hilang atau ter-format.

Namun jika nantinya anda ingin melakukan flashing atau Costum ROM melalui SD Card, maka pastinya anda harus memasng SD Card kembali.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Beberapa Hal Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Factory Reset. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan Selamat mencoba!!!

Sumber: JalanTikus.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here