Mengatasi Tombol Power Rusak Tidak Bisa Membuka Layar
Sumber Image : Nexus - Gadget Hacks

Dianisa.com – Solusi Jitu Cara Mengatasi Tombol Power Android Rusak Tidak Bisa Membuka Layar. Tombol Power android yang rusak tentunya membuat anda pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, tombol power yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan layar tidak berfungsi sama sekali. Alhasil pasti anda bingung saat ingin membuka layar android yang mati.

Baca Juga :

Yang paling ditakutkan saat smartphone android anda mati karena kehabisan baterai. Walaupuna anda charger sampai penuh tetap saja anda tidak akan bisa mengaktifkan android karena tombol power yang rusak.

Apa Kerusakan Terjadi Setelah Jatuh Ke Lantai?

Sering sekali pengguna android mengalami kerusakan setelah jatuh ke lantai. Mungkin saja karena benturan yang terlalu keras sehingga membuat hardware android error. Smartphone android sangat sensitif sekali, jatuh sekali saja terkadang bisa menyebabkan kerusakan hardware yang parah, bahkan terkadang ada juga yang sampai memecahkan layar android. Mau tidak mau harus ganti layar dengan yang baru.

Dalam mengatasi tombol power android yang sudah tidak berfungsi lagi, alangkah lebih baiknya bawa ke tukang servis nantinya akan diperbaiki. Tapi jika anda tidak mau membawa ke tukang servis, anda bisa memanfaatkan aplikasi Android yang difungsikan untuk mengidupkan atau mematikan layar tanpa menekan tombol power. Nantinya, tombol power akan dialih fungsikan ke tombol volume, dan untuk mematikan layar, anda bisa langsung ke notifikasi android. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Menghidupkan/ Mematikan Layar Android Jika Tombol Power Rusak

Aplikasi pertam yang bisa anda coba yakni Volume Unlock. Dengan aplikasi ini, permasalahan tombol power android yang rusak bisa teratasi. Cara kerja volume unlock cukup simple, dengan anda mengaktifkan volume unlock maka disaat layar android mati, anda bisa menghidupkannya dengan tombol volume. Sedangkan untuk mengunci atau meredupkan layar, anda bisa langsung masuk ke notifikasi android. Silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

1. Pertama, unduh dan pasang Volume Unlock melalui google play store secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Volume Unlock via Google Play Store

2. Buka aplikasi tersebut, kemudian izinkan aplikasi Volume Unlock agar dapat di terima di android anda dengan cara mengaktifkan aplikasi tersebut. Agar aplikasi dapat bekerja tap “Enable Volume Unlock” dan untuk mengunci layar anda bisa aktifkan dengan tap “Screen Off”.

Mematikan dan Menghidupkan Layar Android Tanpa Tombol Power

3. Sebagai tambahan, agar android dapat mati dan hidup secara otomatis, anda bisa aktifkan fitur “Auto On/Off” pada bagian bawah. Anda bisa mematikan dan menghidupkan android secara otomatis sesuai dengan waktu yang anda inginkan. Anda bisa mengatur sendiri waktu off dan waktu on.

Mematikan dan Menghidupkan Layar Android Tanpa Tombol Power

4. Selesai.

Menghidupkan/ Mematikan Layar Android Dengan Volume Power

Volume power sama seperti Volume Unlock. Tapi aplikasi ini saya rasa lebih simple, lebih kecil ukurannya, dan lebih ringan. Hanya dengan 2 kali tap, aplikasi ini akan langsung aktif dan bisa anda gunakan. Cara kerja sama seperti cara aplikasi diatas, simak tutorial cara menggunakan volume power dibawah ini.

1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi Volume Power melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Volume Power via Google Play Store

2. Selanjutnya, anda bisa langsung membuka dan mengaktifkan aplikasi tersebut. Centang pada bagian “Boot” dan “Screen Off”. Dan secara langsung, anda sudah bisa menggunakan tombol volume sebagai solusi saat ingin menghidupkan layar android.

Mengatasi Tombol Power Android Rusak

3. Selesai.

Anda bisa pilih 1 dari 2 langkah – langkah diatas. Untuk menggunakannya, anda tidak perlu root android karena aplikasi ini dapat bekerja tanpa harus root android terlebih dahulu. Apabila aplikasi ini tidak bekerja pada android anda maka anda bisa bertanya atau menulis sesuatu di kolom komentar

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Tombol Power Android Yang Rusak, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin menulis sesuatu, sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

6 KOMENTAR

    • Pasti ada mbak, soalnya saya sudah mencobanya. Dan hasilnya dengan tombol Volume Down/ Up bisa saya gunakan untuk mengaktifkan/ meredupkan layar. Hanya saja jika smartphone mati, maka tombol tersebut tidak bisa digunakan untuk menyalakannya kembali.

    • mungkin bisa di coba dengan menggunakan cara flashing ulang saja,,karena kemungkinan ada system lib soundnya yang hilang atau korup,,,

  1. Teman…saran dari saya mungkin bisa jadi solusi karena xiaomi redmi note 2 saya juga baru sembuh dari penyakit gituan..GANTI CARGER. saya sekarang pakai carger S (tipe salah satu brand hp) tombol swicht nya sembuh dan kamera saya bisa trrbuka kembali. Prediksi saya karena cas xiaomi yang arusnya tidak lagi stabil karena dimakan waktu. Jangan pakai lagi cas xiaomi. Karena saya pernah mencoba carger bawaannya tapi tombol switchnya kembali macet. Dan saya menghabiskan volume batre dan saya cas ulang lagi dengan cas S dan kembali bagus tombol swicht nya

  2. kalo saya hape nya sudah kondisi mati tapi ketika di cas hp nya nyala, nah tombol power nya tuh rusak jadi gk bisa di nyalain, kira kira ada solusi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here