Mencegah Baterai Android Agar Tidak Cepat Panas

Dianisa.com – Tips Mencegah Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Panas dan Meledak. Baterai merupakan sumber daya yang dibutuhkan smartphone dan tablet android. Sebagai pengguna android tentu saja anda merasa resah dan tidak nyaman karena baterai smartphone anda cepat panas. Resiko dari panas tersebut ditakutkan dapat meledakkan baterai smartphone. Tanda – tanda baterai android mau meledak biasanya baterai akan melembung besar. Dan apabila baterai smartphone benar – benar meledak maka anda diharuskan untuk membeli baterai baru.

Baca Juga :

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan baterai smartphone cepat panas. Dan setiap smartphone memiliki faktor yang berbeda – beda, tergantung dari penggunaan smartphone tersebut. Namun dari beberapa sumber mengatakan bahwa penyebab baterai smartphone cepat panas karena terlalu lama menggunakan smartphone, misalnya saja bermain game dan internetan.

Selain bermain game dan internetan, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan baterai smartphone cepat panas. Simak faktor – faktor penyebab smartphone android cepat panas.

Faktor Penyebab Baterai Android Cepat Panas

  1. Kapasitas dan spesifikasi hardware smartphone anda pas – pasan, sedangkan anda terlalu berlebihan dalam menggunakannya.
  2. Aktifitas online seperti browsing atau semacamnya tentu saja dapat menyebabkan baterai smartphone cepat habis dan panas, terlebih jika anda menggunakan paket data telepon.
  3. Terlalu banyak menginstall aplikasi juga menjadi faktor penyebab baterai cepat panas. dan biasanya aplikasi online seperti BBM, Whatsapp, FB Messenger, Line, Google+, lebih cepat dalam menguras baterai. Kenapa? Karena aplikasi – aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang aktif di background sehingga membuat RAM Android terus bekerja.
  4. Kegiatan multitasking juga menjadi penyebab baterai cepat panas. Seperti apa kegiatan multitasking itu? Multitasking dapat diartikan menjalankan aplikasi secara bersamaan, misalnya saja facebook –an sambil mendengarkan musik MP3.
  5. Smartphone android yang tidak pernah “diistirahatkan” juga bisa menjadi penyebab baterai cepat panas. Misalnya saja anda mencarger smartphone sambil browsing, tentu saja hal tersebut dapat mengakibatkan baterai cepat panas.
  6. Hardware smartphone yang sudah ber-umur tua dapat mengurangi performa dari smartphone tersebut. Terutama pada bagian baterai akan cepat habis dan cepat panas.
  7. Bahan dasar dari baterai smartphone tersebut memiliki kualitas rendah, sehingga membuat baterai cepat panas. Biasanya produk berkualitas rendah tersebut berasal dari Negara China.

Tips Mencegah Baterai Smartphone Panas

1. Atur Penggunaan Smartphone

Sebagai pengguna smartphone anda harus bijak dalam menggunakannya. Jadi, aturlah penggunaan smartphone agar tidak berlebihan. Misalnya saja bermain game selama 30 menit, sedangkan kegiatan online selama 30 menit.

2. Tidak Menaruh Smartphone Ditempat Yang Panas

Tempat panas yang dimaksud bukan di dekat kompor ataupun sumber api, tetapi di dekat CPU komputer, Di atas Power Bank sambil men-charger, serta tempat lain yang terdapat sumber panas. jadi, sebaiknya hindari tempat – tempat semacam itu agar baterai smartphone lebih awet dan tahan lama.

3. Perhatikan Saat Charger

Saat sedang mencharger sebaiknya jangan sambil bermain atau melakukan kegiatan online, di takutkan dapat terjadi ledakan pada baterai smartphone. Untuk lebih baiknya matikan smartphone dan taruhlah ditempat yang datar dan keras, seperti meja atau semacamnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan mengenai Tips Mencegah Baterai Android Panas Dan Meledak, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna android. Jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here