10 Software Project Management Terbaik

Jika berbicara mengenai Program Project Management, profesi yang tepat untuk menggunakan program ini adalah profesi Project Manager. Project Manager merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan proyek yang dijalankan, mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, sampai keberhasilan project.

Dan salah satu tugas yang ada didalamnya adalah mengawasi dan memastikan (Monitoring) bahwa seluruh timnya bekerja dengan benar dan membuat proyek yang dikerjakan berjalan dengan lancar. Dan Salah satu cara mewujudkan hal itu adalah dengan penggunaan Program Project Management. Selain memudahkan pekerjaan Project Manager, penggunaan Program Project Management juga akan meningkatkan keefektifan tim Anda dalam mengejar keberhasilan.

Di ulasan kali ini, penulis tidak hanya akan memberikan beberapa rekomendasi software Project Management, namun sebelum itu Penulis juga menuliskan mengenai apa itu dan apa manfaat dari Software Project Management.

Apa itu Project Management dan Apa Manfaatnya?

Untuk Anda yang masih mempertanyakan apa sih itu Software Project Management? Trus apa sih gunanya? Disini Penulis akan menjelaskannya.

Software Project Management merupakan sebuah software yang dirancang untuk membantu pekerjaan seorang Project Manager agar menjadi lebih efektif lagi. Software ini juga akan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan Project Manager seperti, fitur pembagian tugas, pengaturan jadwal, time tracking, manajemen anggaran, komunikasi, dan yang lain-lain.

Lalu apa sih manfaatnya? Selain memudahkan pekerjaan Project Manager, Penggunaan Software Project Management juga akan meningkatkan keefisienan pekerjaan tim Anda dengan tetap mengikuti rencana yang ada. Kerja sama di antara anggota, client, dan Anda sendiri juga akan berjalan lebih mudah berkat fitur komunikasinya. Berkat fitur pembagian tugas dan jadwal, anggota tim anda juga akan mudah untuk mencari tahu apa dan kapan pekerjaan mereka dimulai dan diselesaikan.

Selain itu, penggunaan software ini juga akan memudahkan penggunanya mengetahui perubahan apa yang terjadi pada proyek mereka. Anda juga bisa mengecek hasil pekerjaan tim Anda, dengan meminta tim Anda mengaktifkan akses berbagi dokumen. Tidak hanya itu, di situasi pandemic seperti saat ini, dimana banyak perusahaan menggunakan format kerja WFH. Software Project Management ini akan sangat membantu Anda untuk memonitoring tim Anda.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Video Call PC & Mac Terbaik

Software Project Management PC & Mac Terbaik

Setelah tahu apa itu software Project Management, dan apa gunanya. Sekarang waktunya penulis memberikan rekomendasi Software Project Management yang Penulis buat untuk Anda.

… berikut ini adalah daftarnya.

1. Trello

Trello

Software pertama yang Penulis rekomendasikan untuk Anda coba adalah Trello. Software yang satu ini merupakan software cross-device tracking yang dikembangkan oleh Glitch inc. untuk membantu para pebisnis menjalankan proyeknya.

Dengan menggunakan Trello, profesi Project Manager akan lebih mudah mengatur dan mengawasi anggota tim dalam proses pengerjaannya. Di Trello Anda juga akan mendapatkan asisten (bot) untuk membantu beberapa pekerjaan Anda, seperti Rule-Based Triggers, Calendar Command, Due date Command, dan Costum card & Board Button.

Tidak hanya memudahkan pekerjaan Project Manager, Trello juga akan memudahkan pekerjaan Anda sebagai anggota tim. Salah satunya adalah dengan fitur komunikasi yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan anggota lain kapanpun Anda perlu bantuan. Anda juga bisa menambahkan komentar atau lampiran di pekerjaan teman Anda untuk membantu teman Anda menyelesaikan masalahnya.

[Windows] [MacOS] [Linux] [Web App]

2. Asana

Asana

Berikutnya adalah software yang ditemukan oleh Co-Founder Facebook dan Mantan Engineer di Google dan Facebook, Dustin Moskovitz dan Justin Rosenstein. Ditemukan pada tahun 2008 dengan nama Asana, dan diluncurkan pada April 2012 silam. Asana ini adalah salah satu dari banyak software Project Management diluar sana yang cukup Penulis rekomendasikan untuk Anda.

Dengan menggunakan Asana, anda tidak perlu lagi menggunakan banyak software untuk mengatur pekerjaan Anda, karena Asana memiliki semua yang Anda butuhkan. Dengan adanya Asana di tim Anda, tidak hanya pekerjaan Anda sebagai Project manager, namun juga pekerjaan tim Anda akan menjadi lebih mudah. Engineering, Marketing, Sales, dan Human resource, semua akan terbantu dengan fitur yang dimiliki Asana ini.

Beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan di Asana adalah sebagai berikut.

Timeline

Fitur yang satu ini memiliki kemampuan untuk membuat Gantt Chart hanya dalam beberapa menit. Anda bisa membuat perencanaan jadwal proyek Anda disini. Anda juga bisa menunjukkan rencana Anda kepada yang lain untuk persetujuannya, edit dengan mudah jika ada perubahan di dalamnya.

Portfolios

Portfolios membantu Anda dalam memonitoring dan melihat status pekerjaan tim Anda. Anda bisa memprioritaskan salah satu pekerjaan untuk diselesaikan terlebih dahulu.

Workload

Dengan fitur ini, Anda akan mampu memastikan tim Anda bekerja dengan waktu yang benar, tidak berlebihan dan tidak berkurang. Anda juga bisa menyeimbangkan jadwal pekerjaan mereka untuk meningkatkan efisiensi.

Form

Fitur yang satu ini memungkinkan Anda mengirim dan mengatur request pekerjaan agar tetap pada jadwalnya.

[Web App]

Lihat Juga : 12 Aplikasi Pembuat CV Android & iOS Terbaik

3. Bitrix24

Bitrix 24

Berikutnya adalah Bitrix24. Software yang diluncurkan pada bulan April 2012 silam ini merupakan software yang memiliki keunggulan pada sifat cross-platformnya yang memiliki banyak dukungan sistem operasi.

Dengan menggunakan Bitrix24, Anda akan mendapatkan berbagai benefit untuk memudahkan Anda dalam menjalankan project tim Anda. Tidak hanya kepada Project Manager yang tugasnya mengatur, namun juga pada para pekerja lainnya. 

Salah satunya adalah dalam bidang komunikasi, di Bitrix24 terdapat sebuah fitur yang mirip seperti media sosial, namun media sosial ini hanya mencakup orang-orang yang ada didalamnya. Disini Anda bisa membagikan aktivitas kerja Anda, anda juga bisa menggunakan like, dislike, bahkan react untuk merespon aktivitas teman Anda.

Tidak hanya itu, fitur yang satu ini juga memiliki sistem percakapan di dalamnya, yang membuat Anda mampu berbicara dengan teman kapanpun Anda perlu. Selain itu, disini tersedia juga sistem statistik yang menunjukkan performa dari seseorang. Di bidang lainnya seperti tugas dan proyek, Bitrix24 juga memiliki fitur powerfull. Seperti fitur untuk memanajemen tugas grup, perencanaan proyek dan masih banyak lagi.

[Windows] [MacOS] [Linux] [Web App]

4. Basecamp

Basecamp

Berikutnya ada software yang sudah ada sejak 21 tahun yang lalu, Basecamp. Software yang satu  ini merupakan salah satu software yang cukup Penulis rekomendasikan untuk Anda coba. Kenapa? Karena bisa dibilang, Basecamp ini merupakan software yang cukup berpengalaman

Sejak diluncurkan pada tahun 1999 dengan nama 37Signal, yang kemudian berganti nama menjadi Basecamp pada tahun 2014 ini , Basecamp sudah membantu banyak tim dalam menjalankan proyek mereka, Basecamp juga mendapatkan banyak feedback positif, Anda bisa melihatnya disini.

Dengan menggunakan Basecamp, Anda akan menemukan jalan yang lebih baik dalam mengerjakan semua proyek dari jalan yang Anda lalui sebelumnya. Basecamp membantu Anda untuk mengatur tim Anda agar lebih produktif lagi. Anda juga akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien dari sebelumnya.

Lalu fitur-fitur seperti apa yang akan Ada dapatkan? Berikut ini adalah beberapa fitur dari Basecamp.

Message Board

Fitur yang satu ini membuat Anda atau siapapun yang termasuk dalam tim Anda mampu untuk memposting berbagai hal yang terkait dengan pekerjaan Anda, contohnya adalah Pengumuman, Progress Terbaru, dan semacamnya.

To-dos

Berisi tentang List Job, batas akhir pengerjaan, assign item, dll.

Schedule

Jadwal pekerjaan, event penting, jadwal penting, dan lain-lain. Anda bisa membagikan jadwal yang Anda buat agar orang lain mengetahuinya.

Docs & files

Fitur yang satu ini merupakan sebuah cloud yang membuat Anda mampu berbagi dokumen, gambar, spreadsheet, dan filenya lain kepada anggota lain yang membutuhkannya.

Automatic Check-in

Fitur ini memungkinkan Anda menulis pertanyaan berulang serta jawabannya yang mungkin akan ditanyakan kepada anda. Jadi anda bisa lebih fokus untuk bekerja.

Group Chat

Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan terhubung dengan semua orang yang ada di proyek Anda kapanpun Anda butuh.

[Windows] [MacOS] [Linux] [Web App]

5. ProofHub

ProofHub

Software lainnya yang bisa membantu Anda mengurus proyek Anda adalah ProofHub. Dengan menggunakan ProofHub Anda akan mampu membuat sebuah tempat dimana ada anda, tim anda, dan client anda di dalamnya. Hal ini akan mempercepat dan mempermudah komunikasi antara satu sama lain yang membuat proyek Anda lebih terorganisir dan lebih cepat selesai.

Dengan menggunakan ProofHub, Anda akan mampu membuat alur kerja yang baik sehingga tim Anda bisa tahu apa yang harus dia lakukan dan kapan dia harus menyelesaikannya. Anda juga akan lebih mudah dalam mengorganisir dan memonitoring tim Anda dalam proses pekerjaannya.

Untuk fiturnya sendiri, ProofHuB menyediakan berbagai fitur di dalamnya, beberapanya adalah Kanban board, Gantt Chart, File and Document, Custom Role, Proofing, dan fitur-fitur lainnya.

[Web App]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Absensi Karyawan Android & iOS Terbaik

6. Taiga.IO

Taiga io

Jika Anda sedang mencari software Project Management yang bersifat open-source, maka Taiga.io ini bisa jadi cocok dengan Anda. Taiga.io merupakan salah satu dari beberapa software Project Management yang cukup Penulis rekomendasikan untuk Anda. Selain karena sifatnya yang Open-Source, Taiga.io juga tidak membantasi fitur pada versi gratisnya.

Hal ini sangat membantu Anda yang baru saja memulai bisnis, dan tidak mempunyai cukup pengalaman dalam menggunakan software seperti ini. Dengan menggunakan Taiga.io, Anda dan tim Anda akan mampu membuat pekerjaan kalian menjadi lebih efektif dan lebih efisien lagi. Mulai dari Project Manager yang dimudahkan untuk mengontrol dan mengatur pekerjanya, pekerja yang lebih cepat mendapatkan info, sampai kemampuan untuk melihat status dari proyek dan tugas yang dikerjakan.

Untuk fiturnya sendiri, Taiga.io ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan software Project Management lainnya, yakni Kanban, Admin, Tasks, Issues Track, sampai fitur informasi Wiki.

[Web App]

7. Wrike

Wrike

Berikutnya adalah software yang banyak diklaim orang sebagai software yang cocok untuk tim-tim kecil, Wrike. Software ini ditemukan pada tahun 2006 dan sampai saat ini telah mencapai lebih dari 20.000 Customers.

Yang membuat Wrike ini spesial dibanding software Project Management lainnya adalah kemampuannya yang mendukung pemakaian hingga 5 orang berbeda sekaligus. Wrike juga terintegrasi dengan banyak penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan iCal. Selain itu, Wrike juga memiliki kemampuan untuk mengerjakan banyak project dengan cepat.

Dengan menggunakan Wrike, akan mampu memiliki tampilan interaktif pada fitur Gantt Chart. Anda juga akan mendapatkan kalender yang tidak seperti kalender biasa, di Wrike kalender Anda akan memberitahu Anda mengenai informasi terbaru dari jadwal dan perencanaan tim Anda. Tidak hanya itu, Wrike juga mempunya fitur dashboard yang sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu melakukan drag & drop untuk menggunakannya.

[Web App]

8. Slack

Slack

Sedikit berbeda dengan software Project Management sebelum-sebelumnya, software yang satu ini merupakan software Project Management yang berfokus pada bidang komunikasi satu sama lain. Dia adalah Slack.

Seperti yang tertulis di laman web resminya “Slack bring the Team together, wherever you are” Slack ini mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam hal komunikasi. Salah satu kelebihannya adalah fitur secret group chat, yang hanya bisa diakses oleh anggota yang diundang. Selain itu ada juga fitur conversation yang memungkinkan Anda berhubungan dengan anggota yang lain kapanpun Anda butuh.

Tidak hanya itu, Slack juga mempunyai fitur channel yang membuat conversation menjadi lebih rapi lagi. Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa membagi conversatian menjadi beberapa bagian sesuai dengan pembahasannya. Di Slack Anda tidak hanya bisa berhubungan melalui teks, namun Slack juga memiliki fitur face-to-face yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video atau audio ke teman Anda

Yang lebih istimewa lagi, Slack merupakan software yang memiliki dukungan cross-platform yang sangat luas. Anda bisa menggunakan software ini di Smartphone atau komputer Anda.

[Windows] [MacOS] [Linux] [Web App]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Kasir Restoran & Café Terbaik

9. Milanote

Milanote

Masih dengan rekomendasi software Project Management, di urutan kesembilan ini ada software yang cocok untuk Anak muda yang sedang mencoba bisnis, atau pebisnis yang baru startup. Milanote merupakan software Project Management dengan tampilan interface yang bersahabat.

Anda akan melihat board kosong pada saat Anda menggunakan software ini. Anda bisa mengisi apapun di board kosong itu, seperti yang tertulis di laman web resminya “Collect Everything in One Place”. Anda bisa menulis catatan, to-do list, upload image atau file, dan yang lainnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah drag & drop.

Selain itu semua, Milanote juga menyediakan fitur dimana Anda bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat dan mengedit board Anda.

[Windows] [MacOS] [Linux] [Web App]

10. Freedcamp

Freedcamp

Software yang terakhir adalah Freedcamp. Software yang satu ini merupakan software yang akan membantu Anda mengorganisir tim Anda, dan menciptakan tim yang lebih efektif dan lebih produktif lagi.

Layaknya software Project Management lainnya, Freedcamp juga memiliki berbagai fitur yang bisa membantu Anda mengurus proyek Anda. Seperti kanban board, gantt chart, task list, subtask, dan fitur lainnya. Tidak hanya itu, software yang satu ini juga memiliki integrasi terhadap penyimpanan cloud online, seperti Google Drive, Dropbox, Onedrive, dan layanan cloud online lainnya.

Yang membedakan Freedcamp dari software Project Management lainnya adalah kelebihannya dalam paket penjualannya. Pada paket penjualannya, Freedcamp memberikan waktu percobaan yang cukup lama, setidaknya lebih lama dibanding waktu normal. Selain itu, Freedcamp juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding software Project Management lainnya. 

[Windows] [MacOS] [Linux] [Web App]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.