Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

Dianisa.comTips Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis. Kuota memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari kita, seperti browsing, facebook, bbm, line, twitter, instaram. Tanpa adanya kuota/data kita tidak dapat mengakses internet. Di indonesia sendiri provider yang menjadi pilihan masyarakat adalah provider dari Telkomsel. Harga dari paket internet telkomsel bermacam – macam, dari yang paling murah hingga yang paling mahal.

Baca Juga :

Alasan masyarakat Indonesia lebih memilih telkomsel karena selain harga paket yang murah, sinyal dari telkomsel lebih kuat disbanding provider lainnya. Namun, walaupun masyarakat Indonesia banyak yang memilih telkomsel, provider lain juga menjadi andalan masyarakat seperti IM3, XL, Smartfreen, dan 3.

Nah, untuk menggunakan kuota internet sebaiknya anda menghemat agar tidak cepat habis. Berikut tips menghemat kuota internet yang dapat anda coba praktekan.

1. Gunakan Browser Yang Lebih Efisien “Hemat Data”

Apabila anda membeli smartphone tentu sudah tersedia default browser bawaan hp. Tapi tahukah anda bahwa terkadang browser default tersebut menyedot kuota internet anda lebih banyak. Nah, untuk mengatasi hal itu sebaiknya cobalah unduh browser yang lebih efisien dan dapat menghemat kuota internet.

UC Browser menjadi pilihan pertama agar kuota anda lebih hemat, karena dalam fitur UC Browser terdaoat fitur data-saving yang dapat menyimpan data sebelumnya yang apabila anda akses kembali maka akan menghemat kuota internet anda.

Selain UC Browser pilihan browser lain yang juga dapat menghemat data anda adalah opera mini. Opera Mini menjadi piliha kedua karena selain dapat menyimpan data saving, fitur lainnya yang dapat menghemat data adalah video boost yang dapat mengurangi Buffer Video saat menonton video di youtube.

Baca Juga :

2. Matikan Fitur Maps (GPS) Saat Tidak Digunakan

Secara nyata memang GPS sangat membantu anda agar dapat menemukan tempat yang anda tuju. Tapi tahukah anda fitur GPS juga termasuk aplikasi yang sangat menguras kuota internet, apalagi jika anda ubah modenya menjadi gambar yang terlihat dari satelite, maka data internet anda akan cepat habis.

Sebaiknya gunakan fitur GPS pada saat tertentu atau pada saat dibutuhkan untuk berpergian jauh. Anda bisa menonaktifkan fitur GPS pada bagian atas notofikasi smartphone android anda. Dengan begitu kuota internet anda tidak akan cepat habis.

3. Batasi Update Aplikasi Android Anda

Setiap aplikasi yang anda install pada smartphone android anda pasti memiliki fitur update. Nah, fitur update aplikasi juga membutuhkan kuota besar, lebih baik update aplikasi android anda pada saat tertentu seperti saat menggunakan Wifi.

Aplikasi google play juga sering melakukan update, sebaiknya gunakan fitur update dari aplikasi ini saat menggunakan Wifi saja. Cara settingnya pilih menu Setting//Auto-update apps//Auto-update apps over WiFi Only. Nah, dengan cara seperti itu pasti kuota anda akan jauh lebih hemat dari sebelumnya.

4. Indentifikasi Aplikasi Yang Membuat Kuota Cepat Habis

Identifikasi aplikasi yang menguras kuota dengan cara pergi ke menu setting kemudian pilih data usage, dan disitu ditemukan aplikasi yang menggunakan data besar. Apabila tidak begitu digunakan sebaiknya hapus dan ganti dengan aplikasi yang lebih hemat.

5. Kurangi Penggunaan Game Online

Game online tentu menjadi hiburan banyak orang saat sedang bosan atau saat bersantai. Contohnya saja COC (Clash Of Clans), game ini sangat populer dikalangan anak muda Indonesia, namun memainkan game ini juga sangat menguras kuota internet anda. Sebaiknya jangan terlalu sering main game online agar kuota anda tidak cepat habis.

Baca Juga :

Itulah beberapa Tips Cara Menghemat Data Internet Agar Tidak Cepat Habis, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Apabila ada yang ingin anda tanyakan seputar data Internet Android, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here