Mitor Keliru Seputar VPN
Sumber Image : MyWebMyMail

Dianisa.com – Mitos Keliru Seputar VPN. Akhir akhir ini, marak sekali penggunaan VPN untuk keperluan akses internet pada smartphone, dengan banyak kelebihan dibandingkan dengan internet komerisal yang sering kita pakai, VPN menawarkan lebih dari itu. Kita bisa membuka situs yang diblokir pemerintah dengan menggunakan VPN dan masih banyak kelebihan lainnya, lantas apa itu sebenarnya VPN?.

Baca Juga :

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik public.

Mitos Keliru Tentang VPN

Mungkin masih ada beberapa atau banyak orang mungkin, masih ragu untuk menggunakan VPN, dikarenakan mitos mitos yang muncul, faktanya VPN akan melindungi data kita selama berselancar di internet. Nah lantas apa saja mitos yang sering kita dengar tentang VPN?. Kita akan mengulasnya disini.

1. VPN Digunakan Untuk Hal Ilegal Saja

Jika anda percaya tentang hal tersebut maka anda salah besar, faktanya justru sebaliknya. Kita memang bisa menggunakan VPN untuk mengakses situs torrent atau website yang diblokir pemerintah. Tapi fungsi VPN lebih dari itu. Fungsi utama VPN adalah untuk mengenkripsi data dan memberikan perlindungan kepada kita selama terhubung ke internet. Sebagai contoh saat kita menggunakan fasilitas WiFi umum, kita dapat menggunakan VPN untuk mengamankan data kita.

2. VPN Penyebab Internet Lambat

Mungkn dari kita ada yang pernah beranggapan bahwa VPN dapat membuat internet lambat dikarenakan kita bisa menyamarkan alamat IP di Indonesia ke negara lain. Karena memindahkan alamat IP ini jauh dari lokasi aslinya mungkin kita berfikit hal ini dapat membuat internet lambat. Faktanya yang mempengaruhi kecepatan internet bukan cuma lokasi, tapi juga besarnya server yang digunakan dan juga kecepatan jaringan yang digunakan. Dalam beberapa kasus di Indonesia, dengan terhubung ke alamat IP Singapore menggunakan VPN, kecepatan internet malah jadi lebih baik.

3. VPN Gratis Sudah Cukup

Apakah VPN gratis sudah cukup?. Faktanya tidak demikian, memang yang gratis lebih enak, namun jika kita bisa mendapat kualitas VPN yang baik hanya dengan membayar beberapa ribu saja mengapa tidak, dengan membayar sedikit saja kita akan bisa mendapat akses internet dengan kecepatan yang lebih tinggi dan stabil dan bebas dari iklan.

4. Semua VPN sama saja

Untuk yang satu ini, jika kita benar benar percaya, maka kita SALAH besar, mengapa? VPN berbayar jelas lebih baik dari VPN yang gratisan. Seperti halnya juga dengan kita membeli VPN yang mahal dengan yang murah, pasti akan mengalami perbedaan yang besar. Seperti halnya smartphone kita membeli iphone dengan xiami, memang sama sama smarthpone namun pasti beda rasanya saat dipakai.

5. Dengan VPN Kita Bisa Bebas

Mitos yang satu ini juga salah besar, memeang dengan VPN kita bisa membuka situ-situs ilegal atau yang diblokir pemerintah, Faktanya VPN tidak bisa melindungi kita dari ancaman phising dan keyloger.

Baca Juga :

Itu tadi 5 mitos tentang VPN yang sering kita percaya, namun sebenarnya salah. Oleh karena itu kita tidak perlu ragu menggunakan VPN, dan juga gunakanlah VPN untuk hal positif saja. Jangan dibuat untuk hal yang aneh aneh :v.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here