8+ Cara Mengatasi LinkAja Error, Not Found, & Tidak bisa Dibuka

0

Dianisa.com – Mengatasi Aplikasi LinkAja Error & Tidak Bisa Dibuka. LinkAja merupakan salah satu aplikasi FinTech yang dikembangkan oleh PT Fintek Karya Nusantara. Memang betul, saat ini ada banyak aplikasi FinTech yang turut bersaing untuk mendapatkan banyak pengguna dengan menghadirkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi setiap harinya.

Tidak hanya LinkAja, OVO dan Go-Pay juga menjadi salah satu perhatian bagi masyarakat Indonesia dalam memaksimalkan transaksi kebutuhan dasar serta keuangan setiap harinya.

Sedikit bicara mengenai LinkAja, ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut, diantaranya seperti kemudahan dalam bertransaksi, keamanan, serta fitur yang cukup beragaram. Selain itu, pengguna juga dimudahkan dalam mengisi saldo,

  • Bisa via ATM,
  • Kartu Debit,
  • Mercant & Mitra LinkAja,
  • dan juga GraPARI Telkomsel.

Namun dibalik keunggulannya, masih ada sebagian pengguna yang mendapati error saat membuka aplikasi tersebut. Terkadang muncul tulisan error “Not Found”, “Aplikasi Telah Berhenti”, “Aplikasi Terhenti” dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Masalah Smartphone

Mengatasi LinkAja Error, Not Found

Mengenai masalah pada Aplikasi LinkAja, penyebabnya dapat bermacam – macam, mungkin karena masih adanya bugs pada aplikasi dan perlunya update, penumpukan cache dan cookies, atau bisa jadi memang tidak kompatibel dengan smartphone yang anda gunakan.

Untuk mengatasinya, berikut bbeberapa solusi sederhana yang dapat anda ikuti.

1. Update Aplikasi LinkAja

Yang pertama, anda bisa coba Update Aplikasi Linkaja karena biasanya bugs akan teratasi ketika pengguna melakukan update. Metode ini sudah pernah saya coba ketika aplikasi LinkAja bermasalah dan selalu muncul tulisan Not Found.

Kunjungi saja Google Play Store untuk melakukan update.

Update Aplikasi LinkAja

  • Buka Google Play Store, kemudian cari “LinkAja” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update”.

NOTE: Apabila pembaruan tidak tersedia, anda bisa abaikan metode ini.

2. Periksa Koneksi Internet

Selanjutnya, pastikan koneksi internet di HP Android anda lancar tanpa pending sama sekali. Dan perlu diperhatikan juga aplikasi LinkAja butuh koneksi cepat karena jika koneksi lambat, maka biasanya loadingnya pun juga sangat lama, untuk transaksi tertentu loading cukup lama.

3. Bersihkan Cache LinkAja

Kemudian Lakukan Pembersihan Cache pada aplikasi LinkAja. Atau jika perlu, anda bisa gunakan Aplikasi Cleaner agar lebih maksimal. Dengan metode ini, diharapkan masalah pada LinkAja dapat normal kembali.

Anda bisa lihat langkah – langkah membersihkan cache dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi LinkAja

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “LinkAja” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Tembolok”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada Smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

4. Paksa Berhenti LinkAja

Ketika aplikasi masih dalam keadaan terbuka yang kemudian terjadi lag, macet, tidak bisa ditutup, maka anda bisa tutup aplikasi secara paksa melalui menajemen aplikasi.

Untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Paksa Berhenti Aplikasi LinkAja

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “LinkAja” » Kemudian tap “Paksa Berhenti”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada Smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

5. Hapus Data LinkAja

Selanjutnya, untuk opsi terbaik anda bisa Hapus Data Aplikasi LinkAja. Ini biasanya menjadi andalan para pengguna Android dalam mengatasi aplikasi error, macet, ataupun tidak bisa dibuka.

Secara teori, menghapus data akan menghilangkan semua data yang bersifat sementara seperti basis data, file konfigurasi, data login, history, cache, cookie, dan file temporary lainnya. Untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi LinkAja

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “LinkAja” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Data”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada Smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

6. Instal Ulang LinkAja

Apabila dengan hapus data tidak mengatasi masalah anda, cobalah untuk instal ulang aplikasi. Hapus aplikasi melalui manajemen aplikasi, kemudian Bersihkan Cache dengan Aplikasi Cleaner, kemudian restart smartphone.

Dan barulah nanti anda instal ulang aplikasi LinkAja dari Google Play Store. Semoga dengan ini, aplikasi dapat normal kembali.

Hapus Aplikasi LinkAja

  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “LinkAja” » Kemudian tap “Uninstal Aplikasi”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada Smartphone Huawei NOVA 2 Lite.

7. Restart Smartphone Kamu

Hal lain yang bisa anda lakukan yakni dengan reboot ulang smartphone. Matikan smartphone, copot SIM Card dan juga SD Card. Pasang dan nyalakan kembali, semoga nantinya aplikasi dapat normal kembali.

Sangat jarang aplikasi LinkAja terus – terusan error, biasanya cukup update semuanya dapat normal kembali. Ini hanya opsi pilihan untuk restart, apabila tidak dilakukan juga tidak masalah.

8. Bisa Jadi Aplikasi Tidak Kompatibel

Kemungkinan lain bisa jadi aplikasi tidak kompatibel, ini hanya berlaku untuk smartphone versi lawas dengan sistem operasi Android Kitkat. Atau bisa jadi juga karena spesifikasi smartphone yang sangat low membuat aplikasi error dan sering bermasalah.

Solusinya, lebih baik menabung dan beli smartphone dengan spesifikasi yang cukup lumayan, minimal 3 GB.

Akhir Kata

Itulah beberapa metode yang dapat saya berikan dalam Mengatasi Aplikasi LinkAja Error dan Tidak Bisa Dibuka, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Metode diatas dapat anda coba pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Honor, Infinix, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Tulis pertanyaan anda melalui kolom komentar dibawah ini apabila merasa kebingungan dalam mengikuti metode yang saya berikan. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here