Doa Sholat Dhuha, Lengkap dengan Terjemahan, Keutamaan dan Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Ketahui bacaan niat dan doa setelah sholat dhuha beserta terjemahaan dan keutamaannya berikut ini

Tidak dapat dipungkiri bahwa sholat merupakan salah satu jenis ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Apalagi mengerjakan sholat lima waktu merupakan sholat fardhu yang hukumnya wajib dilaksanakan, dan apabila Anda meninggalkannya dengan sengaja maka Anda akan mendapatkan dosa besar. Contoh sholat fardhu sendiri yaitu sholat lima waktu. Selain sholat fardhu, Ada pula beberapa contoh sholat sunnah yang dapat Anda kerjakan sebagai seorang muslim.

Lalu apa itu sholat sunnah? Shalat sunnah merupakan sholat yang tidak wajib untuk dilaksanakan. Sehingga ketika Anda tidak melaksanakannya maka Anda tidak akan mendapat dosa. Dan apabila Anda melaksanakannya maka Anda akan mendapat pahala. Salah satu contoh dari sholat sunnah itu sendiri adalah sholat dhuha. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan ketika memasuki waktu dhuha, atau pada saat pagi hari ketika matahari sudah mulai muncul sampai menjelang waktu dzuhur.

Anda juga akan memperoleh banyak sekali manfaat ketika menjalankan sholat dhuha. Oleh karena itu sebagai umat muslim yang ingin sekali mendapat banyak keberkahan dalam hidup, alangkah baiknya jika Anda melaksanakan sholat dhuha setiap hari. Sholat sunnah ini juga memiliki rakaat yang tidak terlalu banyak sehingga dapat Anda laksanakan disela-sela aktivitas sehari-hari Anda. Dan untuk Anda yang ingin melaksanakan sholat dhuha namun masih bingung dengan niat dan doa yang dibaca. Maka Anda dapat menyimak informasi di bawah ini.

Lihat Juga : Bacaan Niat Sahur dan Artinya

Niat sholat dhuha

Niat Sholat Dhuha
Sumber Gambar : islamic-relief.org.uk

Mungkin ada beberapa dari Anda yang ingin sekali melaksanakan sholat dhuha, namun masih bingung dengan bacaan niat yang harus dibaca. Oleh Karena itu, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat membaca niat sholat dhuha berikut ini:

أصلي سنة الضحى ركعتين لله تعالى الله أكبر

Ushalli sunnatad dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’alaa.

Artinya:Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Doa Sesudah Sholat Dhuha

Doa Sesudah Sholat Dhuha
Sumber Gambar : mathabah.org

Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha, maka sebaiknya jika Anda tidak langsung pergi setelah sholat selesai. Anda dapat membaca doa sholat dhuha agar ibadah sholat dhuha Anda menjadi lebih komplit. Anda juga tidak perlu khawatir apabila belum hafal sepenuhnya mengenai bacaan doa tersebut karena Anda dapat membacanya. Berikut ini merupakan doa sholat dhuha yang dapat Anda simak.

للّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal qud-rata qudratuka wal ‘ishmata ‘ishmatuka. Allaahumma inkaana rizqii fissamaa-i fa-anzilhu wa inngkaana fil ardhi fa-akhrijhu wa inngkaana mu’assaran fayas sirhu wa inngkaana haraaman fathahhirhu wa inngkaana ba’iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita ‘ibaadakash shalihiin.

Artinya:Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan ini adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. Ya Allah andaikan rizqiku masih berada di langit maka turunkanlah, dan andai kata berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Andai kata menyulitkan maka mudahkanlah, andai kata haram maka sucikanlah, andai kata masih jauh maka dekatkanlah, yang ke semuanya dengan waktu Dhuhamu, keagunganmu, keindahanmu, kekuatanmu dan kekuasaan-Mu. Ya Allah, semoga Engkau mengabulkan keinginanku, dan semoga Engkau memberikan sesuatu kepadaku sebagaimana yang sudah Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Lihat Juga : Doa Qunut Subuh dan Artinya

Tata cara sholat dhuha

Tata Cara Sholat Dhuha
Sumber Gambar : aleteia.org

Gerakan dan bacaan shalat Dhuha sebenarnya hampir sama dengan sholat lima waktu pada umumnya yang Anda lakukan setiap hari. Namun yang membedakan sholat Dhuha dengan sholat lima waktu adalah, niat yang dibaca dan jumlah rakaat yang harus dilakukan. Ketika mengerjakan sholat lima waktu, jumlah rakaatnya sudah ditentukan dan tidak bisa diubah, sedangkan ketika mengerjakan sholat Dhuha, Anda dapat mengatur jumlah rakaat sholat tersebut sesuai dengan kemampuan Anda.

Biasanya rakaat shalat Dhuha dilakukan minimal 2 rakaat. Namun jika Anda mampu, maka Anda bisa menambah rakaatnya hingga 12 rakaat dan salam setiap 2 rakaat. Selain itu, ketika mengerjakan sholat dhuha Anda juga dibebaskan untuk membaca surah pendek yang Anda inginkan. Yang terpenting dalam setiap raka’at harus membaca surah Iftitah dan surah Al-Fatihah. Kemudian setelah membaca Surah Al-Fatihah, Anda dapat membaca Surat pendek apa pun yang Anda hafal. Namun alangkah lebih baik jika pada rakaat pertama Anda membaca surah Ad-Dhuha, dan setelah itu membaca surah Asy-Syams pada rakaat kedua.

Lihat Juga : Bacaan Ayat Kursi dan Artinya

Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Dzikir Setelah Sholat Dhuha
Sumber Gambar : tvo.org

Seperti halnya ketika Anda menjalankan shalat lima waktu, maka setelah menjalankan shalat Dhuha sebaiknya Anda tidak langsung bangun dan pergi. Hal tersebut karena jika Anda berdzikir sebentar selama beberapa menit maka Anda akan memperoleh banyak sekali manfaat dan kebaikan setelah berdzikir. Namun jika Anda masih bingung dzikir apa saja yang bisa Anda baca, maka Anda dapat menyimak informasi di bawah ini.

  1. Pertama, Anda bisa memulai berdzikir dengan membaca ayat kursi satu kali. Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan ayat ini merupakan surat yang paling agung. Surat ini adalah kepala Al-Quran dan memiliki banyak sekali keutamaan, terutama memberikan hikmah bagi siapa saja yang membacanya dan dapat membantu Anda ketika dalam kesulitan. Selain itu, manfaat lainnya adalah jika Anda rajin membaca ayat kursi, maka Anda akan mendapat kemudahan ketika menghadapi sakaratul maut yang akan datang.
  2. Kemudian selanjutnya, Anda dapat membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali. Surat Al-Ikhlas juga memiliki banyak sekali keutamaan yaitu ketika Anda membaca surat ini, maka Anda akan mendapatkan pahala sama dengan ketika Anda membaca Al-Qur’an 30 juz. Kemudian Anda juga mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah SWT dan jika Anda membacanya sebanyak 10 kali maka kelak Anda akan mendapatkan istana di akhirat.
  3. Yang ketiga, bacalah kalimat tasbih Subhanallah (Maha Suci Allah) sebanyak seratus kali. Setiap kali Anda membaca kalimat tasbih ini, maka Allah SWT akan menghapus 20 dosa Anda dan menggantinya dengan 20 pahala. Maka dapat Anda bayangkan jika membacanya sebanyak 100 kali, maka berapa banyak dosa yang akan dihapus dan berapa banyak pahala yang Anda dapatkan dari Allah SWT.
  4. Lalu bacalah surat Al-Falaq sebanyak tiga kali. Surat Al-Falaq memiliki banyak sekali keistimewaan karena ketika Anda membacanya maka Anda akan mendapat perlindungan dari Allah SWT dan terbebas dari sihir. Selain itu, keutamaan membaca Surah Al-Falaq sebelum tidur adalah akan membuat Anda terhindar dari berbagai macam bahaya yang mungkin menimpa Anda.
  5. Baca surat An-Naas sebanyak tiga kali, maka Anda akan terlindung dari sihir dan godaan jahat yang berasal dari godaan manusia, jin atau setan.
  6. Kemudian Anda dapat meminta ampunan dengan membaca kalimat istighfar (Astagh-firullah wa atuubu ilaih) sebanyak seratus kali. Hal tersebut karena istighfar merupakan sebuah kalimat yang dapat menghapus dosa seseorang. Selain itu, membaca istighfar juga dapat memudahkan rezeki Anda.
  7. Dan dzikir terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan membaca kalimat Subhanallah wa bi-hamdih sebanyak seratus kali. Anda harus tahu bahwa Allah SWT sangat menyukai kalimat ini dan ketika Anda membacanya sekali maka Anda akan mendapatkan sepuluh kebaikan. Dan apabila Anda membacanya sebanyak sepuluh kali, maka Anda akan mendapatkan seratus hal baik sekaligus. Dan semakin banyak Anda membaca kalimat ini, tentu Anda akan mendapatkan pahala yang jumlahnya berkali-kali lipat.

Lihat Juga : Arti Wish You All The Best

Keutamaan menjalankan sholat dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha
Sumber Gambar : yaqeeninstitute.org

Menjalankan sholat dhuha memang hukumnya tidak wajib, namun Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Islam untuk menjalankannya. Tentu ada beberapa alasan penting mengapa Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat Dhuha. Dan alasan yang paling utama tentu saja karena ketika Anda menjalankan sholat Dhuha, maka Anda akan mendapatkan pahala yang besar. Namun tidak hanya itu, ada berbagai keutamaan ketika Anda menjalankan sholat Dhuha, antara lain yaitu:

1. Diampuni seluruh dosanya oleh Allah SWT

Meskipun Allah SWT adalah dzat yang maha pengampun, namun apabila Anda sendiri tidak pernah bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT, maka dosa-dosa yang telah diperbuat tidak akan diampuni. Oleh karena itu, Anda dapat melaksanakan sholat dhuha sebagai salah satu cara untuk mendapat pengampunan dosa-dosa yang telah Anda perbuat kepada Allah SWT.

Kabar baiknya, tidak hanya satu atau dua dosa yang diampuni, tetapi semua dosa yang pernah Anda lakukan di masa lalu juga diampuni oleh Allah SWT. Sekalipun dosa yang dilakukan banyaknya sudah seperti buih di lautan, tapi Allah SWT tidak peduli dan akan tetap mengampuninya. Namun tentunya untuk mendapatkan ampunan tersebut, seseorang tidak boleh sembarangan melakukan sholat dhuha. Anda harus melakukannya dengan sungguh-sungguh, membaca niat dan doa dengan benar, bertaubat dengan tulus, dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

2. Mendapatkan rezeki yang cukup

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang di dunia ini tentu ingin memiliki rezeki yang cukup. Karena dengan rezeki yang cukup maka Anda bisa memenuhi semua kebutuhan sehari-hari dan membantu orang lain yang lebih membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, tidak heran jika demi memperoleh rezeki yang cukup, banyak yang rela bekerja mati-matian dari pagi hingga malam.

Namun yang perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya kerja saja tidak cukup, karena segala usaha yang Anda lakukan juga harus diiringi dengan doa.

Dalam ajaran Islam sendiri, ada beberapa amalan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan limpahan rezeki yang cukup. Salah satunya yaitu dengan melaksanakan salat Dhuha.

Nu’aim bin Hammad Al Ghothofan mnegatakan bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda:

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya : Allah SWT berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau meninggalkan empat raka’at sholat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad)

Dengan adanya hadits tersebut, maka Anda bisa menjalankan sholat Dhuha hingga 4 rakaat untuk memperoleh keutamaan ini. Dan meskipun sholat yang satu ini tidak wajib, tapi ketika Anda melaksanakan sholat dhuha ini maka kebutuhan Anda Insya Allah akan terpenuhi.

3. Sebagai sedekah terbaik

Manusia memiliki 360 sendi, dan setiap hari semua sendi tersebut harus memberi sedekah. Nah sedekah ini bisa Anda berikan dengan mengucapkan beberapa kalimat tasbih, Namun jika Anda ingin menemukan cara yang paling mudah dan praktis, maka Anda dapat menjalankan sholat Dhuha sebagai solusinya.

Anda juga tidak perlu khawatir, karena jumlah rakaat yang harus Anda jalankan ketika sholat dhuha tidak terlalu banyak sampai puluhan rakaat. Anda cukup melaksanakan 2 rakaat saja maka sudah bisa digunakan sebagai sedekah semua persendian. Selain itu, Anda juga akan memperoleh keuntungan lainnya, seperti mendapatkan pahala yang besar dan memperoleh kebaikan-kebaikan lainnya.

Abu Dzar Radhiyallahu Anhu juga mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya : Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca Subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (sholat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (HR. Muslim No. 1704).

4. Dibuatkan istana di langit

Surga merupakan tempat terbaik untuk kembali. Di surga Anda tidak akan pernah menghadapi kesulitan seperti ketika Anda hidup di bumi. Anda akan mendapatkan kebahagiaan, bantuan dan rasa nyaman selamanya.

Dan ketika Anda menjalankan sholat Duha, maka Anda akan memperoleh untuk masuk Surga. Tidak hanya itu, Allah SWT juga akan membangun istana megah di surga untuk Anda tinggali. Namun keutamaan ini bisa tercapai hanya jika Anda rutin melakukan sholat Dhuha hingga 12 rakaat.

Hal tersebut juga dapat dibuktikan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa yang mengerjakan sholat Dhuha sebanyak 12 rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah istana di surga.” (HR. Tirmidzi)

5. Termasuk golongan awwabin

Tidak bisa dipungkiri bahwa keimanan manusia tidak sesempurna keimanan para sahabat nabi, apalagi jika dibandingkan dengan keimanan para nabi dan rasul. Sehingga tidak jarang jika iman kita goyah, atau bahkan tenggelam sampai titik terendah.

Misalnya ketika iman naik, maka Anda menjalankan ibadah dengan lancar. Namun sebaliknya ketika iman melemah, maka sering kali lalai dalam menjalankan perintah Allah SWT dan bahkan dengan sengaja mengabaikannya. Oleh karena itu, Anda dapat memperbaikinya dengan menjalankan sholat Dhuha.

Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Tidaklah menjaga sholat Dhuha melainkan Awwab, ini adalah sholat Awwabin.” (HR. Ibn Khuzaimah)

Awwabin merupakan orang yang taat atau kembali kepada ketaatan. Dengan bantuan hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa sholat dhuha adalah sholat orang-orang yang kembali kepada ketaatan dengan menunaikan perintah Allah SWT. Maka jika Anda rajin menjalankan sholat Dhuha, maka Anda akan masuk ke dalam golongan Awwabin atau golongan orang yang taat.

6. Mendapatkan pahala sama seperti haji dan umrah

Yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua umat Islam cukup beruntung untuk mendapatkan kesempatan mengunjungi Mekkah dan Madinah serta menunaikan ibadah haji atau umrah. Jika Anda termasuk salah satu orang yang belum sempat mengunjungi kedua kota suci tersebut, maka jangan berkecil hati. Karena barap siapa saja yang melaksanakan sholat Subuh kemudian duduk di masjid sambil menunggu terbitnya matahari lalu melaksanakan dua rakaat sholat Dhuha, maka akan mendapatkan pahala sama seperti menjalankan ibadah haji dan umrah secara penuh.

Jadi meskipun Anda belum mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Baitullah Ka’bah atau Masjid Nabawi, maka Anda tetap bisa mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang menunaikan ibadah haji dan umrah tersebut.

7. Menjadi orang yang bahagia

Ketika Anda melaksanakan sholat Dhuha maka salah satu keutamaan yang akan Anda peroleh dengan izin Allah SWT adalah, Anda akan mendapatkan kebahagiaan lebih cepat dari yang lain. Keutamaan sholat Dhuha yang satu ini sudah dapat dibuktikan pada masa Rasulullah SAW, ketika para sahabat sedang berperang dan kemudian Rasulullah SAW meminta para pemberontak untuk merampas yang banyak dan segera kembali ke Madinah.

Pemberontak kemudian dengan cepat kembali dari perang, menerima banyak keuntungan dalam bentuk barang rampasan. Kemudian Rasulullah SAW berkata:

Apakah Anda ingin saya menunjukkan kepada Anda tujuan paling dekat dan menjarah paling banyak dan kembali dengan cepat?

Mereka menjawab, “Ya!

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang berwudhu, kemudian pergi ke masjid dan melakukan sholat Dhuha, dia paling dekat dengan tujuannya, mendapatkan harta rampasan yang paling banyak dan paling cepat kembali.” (Tirmidzi) 

8. Wajah tampak lebih cerah

Keutamaan sholat Dhuha selanjutnya adalah wajah Anda akan tampak lebih berseri dan terlihat lebih cerah dari sebelumnya. Kemudian jika Anda rajin mengerjakan sholat Dhuha maka kemungkinan besar Anda juga termasuk seseorang yang mengerjakan sholat lima waktu dan tidak pernah meninggalkannya.

Ketika melaksanakan sholat lima waktu, tentu Anda diharuskan untuk berwudhu atau mencuci muka sebanyak 5 kali dalam sehari. Tentu hal tersebut akan membuat wajah Anda akan terlihat lebih cerah. Apalagi jika Anda melaksanakan sholat dhuha, maka manfaat tersebut akan dapat Anda rasakan semakin cepat.

9. Terlihat awet muda

Kemudian keutamaan sholat dhuha bagi kesehatan lainnya yaitu dapat membantu Anda terlihat lebih muda. Apabila Anda rajin melaksanakan sholat Dhuha, maka dapat membantu Anda untuk terlihat awet muda. Kulit Anda terasa lebih segar dan bersih karena sering berwudhu. Selain itu, saat Anda mencuci dan mengusap wajah dengan benar, kulit menjadi kencang dan tidak mudah terkelupas. Itulah mengapa orang yang terbiasa sholat Dhuha akan terlihat lebih muda dan wajahnya tidak mudah kusam dan keriput.

10. Doa Anda akan di ijabah

Keutamaan sholat Dhuha yang terakhir yaitu Doa Anda akan mudah di ijabah oleh Allah SWT. Waktu dhuha adalah waktu yang paling di ijabah, sehingga tidak heran jika sholat Dhuha merupakan waktu yang tepat untuk berdoa dan memohon kepada Allah Swt.

Pada surat Al-Qur’an Al-Isra ayat 78 juga dijelaskan bahwa ketika tiba waktu salat Dhuha pada waktu Dhuha, maka para malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan salat orang-orang mukmin.

Sehingga tidak heran jika pada saat Dhuha digunakan untuk berdoa dan berharap kepada Allah SWT, maka malaikat juga akan membantu untuk berdoa agar doa tersebut dapat diterima dengan mudah oleh Allah SWT. Maka bukan tidak mungkin jika Allah SWT mengabulkan doa-doa Anda dengan mudah.

Lihat Juga : Kata-Kata Bijak Kehidupan Penuh

Penutup

Demikian merupakan informasi mengenai bacaan niat dan doa sholat dhuha yang dapat Anda ketahui, semoga dengan adanya informasi tersebut Anda tidak perlu lagi merasa khawatir ketika ingin menjalankan sholat dhuha namun terkendala dengan tidak tahu bacaan niat dan doanya. Kemudian setelah mengetahui bacaan doa sholat dhuha, semoga Anda dapat melaksanakan sholat dhuha dan memetik seluruh keutamaan-keutamaannya.

Kapan memasuki akhir waktu dalam mengerjakan sholat dhuha?

Dalam melaksanakan sholat dhuha, akhir waktu dalam menjalankan sholat tersebut yaitu ketika 15 menit sebelum memasuki waktu sholat dzuhur. Dan ada baiknya jika Anda menjalankan sholat dhuha pada seperempat siang.

Berapa jumlah rakaat saat menjalankan sholat dhuha?

Jumlah rakaat pada sholat dhuha yaitu mulai dari 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, dan 12 rakaat. Jadi Anda dapat melaksanakannya sesuai dengan kemampuan Anda.

Apakah boleh untuk membaca surat selain Ad-Dhuha?

Ketika Anda melaksanakan sholat dhuha maka Anda juga diperbolehkan untuk membaca surat lain selain surat Ad-dhuha. Anda boleh menggantinya dengan membaca surat pendek yang Anda hafal dengan baik.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 260 PP WA Couple Keren, Lucu, Aesthetic, Romantis, Terpisah, dan Paling Kece!

    Berikut kami bagikan kumpulan foto profil / pp wa couple terpisah, dan paling kece yang bisa…
  2. 172 PP (Foto Profil) Kucing Couple Terpisah, Lucu Gemoy, dan Aesthetic!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) kucing couple terpisah lucu dan aesthetic yang telah kami kumpulkan dan…
  3. 100 PP (Foto Profil) WA Aesthetic Hijab, Muslimah!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) WA Aesthetic Hijab, Muslimah yang telah kami kumpulkan dan dapat Anda…