31 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Lewat WhatsApp

Ketahui cara membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit via WhatsApp melalui contoh – contoh…

Sebelum munculnya sebuah teknologi seperti absensi online dan pesan elektronik, para pelajar sering kali menggunakan surat izin untuk memberitahukan kepada pihak sekolah tentang ketidakhadirannya. Surat keterangan izin tidak masuk, biasanya mencantumkan alasan terkait halangan hadir di sekolah, baik karena sakit, acara keluarga, Olimpiade, dan lain sebagainya. Dalam proses ini, orang tua atau wali siswa menulis surat untuk memberitahukan tentang situasi yang mana pelajar tersebut tidak dapat menghadiri kelas sebagaimana mestinya. Dan kemudian, surat tersebut diserahkan ke pihak sekolah sebagai bukti.

Akan tetapi, adanya kemajuan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat, para wali siswa atau orang tua tidak perlu repot lagi untuk menulis surat keterangan izin tidak masuk. Kini, banyak sekolah yang beralih ke sistem absensi online, di mana orang tua dapat memberitahukan sekolah melalui aplikasi atau platform online tersebut. Hal ini memperlancar komunikasi antara sekolah dan orang tua serta mempermudah pengelolaan data kehadiran.

Selain itu, orang tua siswa juga dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk memberitahukan kepada pihak sekolah atau wali kelas terkait ketidakhadiran siswa siswi tersebut. Apakah izin tidak masuk sekolah melalui WhatsApp masih sopan? Tentu masih terbilang sopan jika Anda menggunakan bahasa yang formal dan sopan sebagaimana mestinya. Nah, bagi Anda yang bingung dan tidak dapat merangkai kalimat yang baik dan tepat, artikel ini membantu untuk mengatasi permasalahan Anda. Simak penjelasan berikut.

Lihat Juga : Contoh Visi Misi OSIS

Kumpulan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit via WhatsApp

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah via WhatsApp

Berikut ini adalah kumpulan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit via WhatsApp yang dikutip dari beragam artikel dan dirangkum menjadi satu, apa saja? Di antaranya sebagai berikut.

Contoh 1

Selamat pagi Bapak/Ibu. Semoga sehat selalu. Saya Ibrahim, orang tua siswa dari Indra Susanto kelas 2.

Saya ingin memberitahukan jika anak kami tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah dikarenakan sakit dan tidak bisa datang ke sekolah.

Demikian Bapak/Ibu, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Contoh 2

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi Ibu/Bapak. Saya selaku orang tua dari siswa Ilmy kelas 4-C, memberitahukan bahwa anak kami tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit.

Semoga Bapak/Ibu guru berkenan memberikan izin. Demikian atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh 3

Yth. Bapak/Ibu Guru
Kelas 7B SMPN 5 Cikampek
Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini, anak saya yang bernama Ajeng Santina, kelas 7B, tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari ini sebagaimana mestinya dikarenakan sakit (demam dan flu).

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya.

Juliana

Contoh 4

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas SDN 1 Bandung di Tempat.

Dengan hormat, sebelumnya saya memohon maaf karena memberi kabar melalui pesan singkat. Saya selaku orang tua dari Aditya Rahman, kelas 2 C, ingin memberitahukan bahwa saat ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada tanggal 12 Februari 2023 karena sakit demam.

Untuk itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas agar memberikan izin untuk anak saya. Demikian pesan yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Contoh 5

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi. Semoga Bapak/Ibu sehat selalu. Mohon maaf mengganggu waktunya. Perkenalkan saya Kusuma, orang tua dari Kartika, siswa kelas 4A, ingin mengabarkan bahwa hari ini anak saya tidak bisa bersekolah karena sakit.

Saya mohon kepada Bapak/Ibu Guru untuk memberikan izin karena kondisi ini. Demikian, Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh 6

Tanggal: 27 November 2023

Kepada,
Yth. Kepala Sekolah/Wali Kelas SMPN 2 Gedangan

Dengan hormat,
Perkenalkan saya Tri Astuti, orang tua dari:

Nama  : Angelina
Kelas   : 9-C

Meminta izin karena Angelina tidak hadir mengikuti kegiatan sekolah pada 27 November 2023 karena sakit. Kondisi anak saya sedang tidak memungkinkan untuk beraktivitas seperti biasanya.

Demikian surat izin ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Tri Astuti

Contoh 7

Bandung, 13 Februari 2023

Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas
Kelas 2B SD Bandung Raya
di tempat

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini anak saya yang bernama Rizki Nugraha, Kelas 2B, tidak dapat mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya karena sedang sakit.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Santika

Contoh 8

Selamat pagi Bapak/Ibu.

Semoga sehat selalu. Saya Samosa, orang tua siswa dari Dita Saraswati kelas VI-A.

Saya ingin memberitahukan bahwa anak kami yang telah saya sebutkan di atas tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah pada hari Selasa, 12 September 2021 dikarenakan sakit.

Demikian Bapak/Ibu, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam hangat.

Contoh 9

Selamat pagi Bapak/Ibu. Semoga sehat selalu. Saya Dion, orang tua siswa dari Alamsyah Rahmi kelas 12-F.

Saya ingin memberitahukan bahwa anak kami yang telah saya sebutkan namanya di atas, tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah karena dalam kondisi sakit.

Demikian Bapak/Ibu, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam hormat

Contoh 10

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan ini saya memberitahukan kepada Bapak/Ibu guru bahwa anak kami yang bernama Melinda kelas 11-A belum bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan sakit dan harus menjalani operasi pemasangan gips pada tangan kanan. Semoga Bapak/Ibu berkenan memberikan izinnya.

Demikian yang bisa kami sampaikan dan memohon maaf yang sebesar-besarnya, dan atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Sisca Febriani

Lihat Juga : Contoh Ucapan Terima Kasih

Contoh 11

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas SMAN Bojong Gede 1 di Tempat. 

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari Fatimah Zahra, kelas 10 C, ingin memberitahukan bahwa saat ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada tanggal 6 Juni 2021 karena sakit demam. Untuk itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas agar memberikan izin untuk anak saya. 

Demikian pesan yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Contoh 12

Selamat pagi dan salam hormat, kepada Yth, Bapak/Ibu Wali Kelas 6 SD St Maria.

Melalui chat ini, saya selaku orang tua dari Lala Amalia kelas 6 C SD St Maria, memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar-mengajar pada hari ini dan diperkirakan hingga 2 hari ke depan, karena kondisi tubuhnya yang tidak memungkinkan.

Saya akan melampirkan surat izin dokter untuk keterangan lebih lanjutnya. Demikian surat izin ini saya sampaikan, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Contoh 13

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3 B
SDN Kebon Pedes 3 
di Tempat 

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari: 

Nama   : Ibrahim Mukhtar 
Siswa   : Kelas 3 B / SDN Kebon Pedes 3  
Alamat : Jl. Cimanggu No. 3, Bogor 

Memberitahukan bahwa saat ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada 8 Oktober 2021 dikarenakan terdapat kepentingan keluarga yang mendesak dan tidak dapat ditinggalkan. Oleh karena itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas untuk dapat memberikan izin. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Contoh 14

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas SD Bintang Pelajar di Tempat. 

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari Muhammad Taufik dari Kelas 2A ingin memberitahukan bahwa saat ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Jumat, 13 November 2021 dikarenakan harus menghadiri acara keluarga penting di luar kota. Untuk itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dapat memberikan izin. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Contoh 15

Selamat pagi dan salam hormat, kepada Yth, Bapak/Ibu Wali Kelas 9 SMP Suka Maju.

Melalui chat ini, saya selaku orang tua dari Samudera Anugerah kelas 9.3 SMP Suka Maju, memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar-mengajar pada hari ini dan diperkirakan hingga 2 hari ke depan, karena kondisi tubuhnya yang tidak memungkinkan.

Saya juga melampirkan surat izin dari dokter yang berisi informasi detail terkait izin sakit ini. Mohon Bapak/Ibu bisa memberikan izin, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Contoh 16

Selamat pagi Bapak/Ibu. Semoga sehat selalu. Saya Dimas, orang tua siswa dari Dina Frisananda kelas 5-B.

Saya ingin memberitahukan bahwa anak kami yang telah saya sebutkan di atas tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dikarenakan sakit.

Demikian Bapak/Ibu, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam hangat

Contoh 17

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas SD Bahagia Kita di Tempat. 

Dengan hormat, saya selaku orang tua dari Azzam Ariawan   dari Kelas 4 A ingin memberitahukan bahwa saat ini anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada Jumat, 8 Oktober 2021 karena harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit akibat kecelakaan. Untuk itu, kami mohon Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dapat memberikan izin. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Contoh 18

Selamat pagi Bapak / Ibu wali kelas 3, saya selaku orang tua dari murid kelas 3 yang bernama Intan ingin memberitahukan bahwa hari ini yang bersangkutan tidak bisa masuk sekolah dikarenakan sakit. Atas perhatian Bapak / Ibu wali kelas 3 saya ucapkan terima kasih.

Contoh 19

Selamat pagi, mohon maaf mengganggu, perkenalkan saya Anwar bapak dari siswa kelas 3 yang bernama Indra. Saya ingin memberi kabar bahwa hari ini anak saya tidak bisa masuk sekolah karena sedang sakit. Mohon untuk bisa memakluminya. Terima kasih.

Contoh 20

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Perkenalkan saya Indra orang tua dari Andi kelas 2B. Mohon maaf Bapak / Ibu wali kelas 2B, saya ingin memberitahukan bahwa anak saya hari ini tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Untuk surat ijin tertulisnya akan saya kirim menyusul. Terima kasih banyak.

Lihat Juga : Contoh Teks MC Formal

Contoh 21

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Perkenalkan saya Umi orang tua dari Andi kelas 2B. Lewat pesan ini saya ingin memberitahukan bahwa anak saya hari ini tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Mohon agar Ibu/Bapak guru bisa memakluminya. Terima kasih banyak.

Contoh 22

Selamat pagi. Saya selaku orang tua dari Andi kelas 2B, mohon maaf meminta izin anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada hari Kamis dikarenakan sakit demam. Untuk itu, saya memohon kepada Bapak/Ibu guru agar memakluminya. Terima kasih.

Contoh 23

Assalamualaikum, saya selaku orang tua dari Andi kelas 2B ingin meminta izin hari ini anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dikarenakan sakit demam. Atas pengertiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Contoh 24

Selamat pagi, dengan datangnya pesan ini saya selaku orang tua dari Rio murid kelas 3 ingin memberitahukan bahwa hari ini anak saya tidak bisa masuk sekolah dikarenakan sakit tifus. Mohon untuk bisa dimaklumi. Terima kasih banyak.

Contoh 25

Assalamualaikum, saya selaku orang tua dari Andi kelas 2B ingin meminta izin hari ini anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dikarenakan terkena covid. Berikut saya lampirkan hasil tes dan surat keterangan istirahat dari dokter. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Contoh 26

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kepada Bapak wali kelas 2B, perkenalkan saya Andi murid kelas 2B. Saya ingin memberitahukan bahwa hari ini tidak bisa masuk sekolah karena terkena DBD. Berikut saya lampirkan surat keterangan dokter. Atas izin yang diberikan Bapak wali kelas saya ucapkan terima kasih banyak.

Contoh 27

Selamat pagi Bapak wali kelas 2B, Permisi pak, mohon maaf saya hari ini tidak bisa masuk sekolah dikarenakan sakit DBD. Berikut saya juga lampirkan surat keterangan dari dokter. Atas perhatian Bapak wali kelas saya ucapkan terima kasih banyak. Andi Wijaya murid kelas 2B.

Contoh 28

Kepada Bapak wali kelas 2B. Mohon maaf saya selaku ayah Andi kelas 2B ingin meminta izin agar tiga hari kedepan anak saya bisa istirahat di rumah. Dikarenakan sedang mengalami sakit tifus. Atas izin yang diberikan Bapak wali kelas saya ucapkan terima kasih.

Contoh 29

Kepada Bapak wali kelas 2B. Dengan datangnya pesan ini saya ingin mengabarkan bahwa anak saya Andi kelas 2B harus di opname di puskesmas, sehingga hari ini tidak bisa masuk sekolah.Terima kasih.

Contoh 30

Dengan hormat, Dengan datangnya pesan ini saya ingin mengabarkan bahwa anak saya Andi kelas 2B hari ini tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dikarenakan sedang terkena demam. Untuk izin tertulis akan saya sampaikan menyusul. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Contoh 31

Selamat pagi Bapak Hasan, mohon maaf saya ingin mengabarkan kalau putra saya Andi kelas 3B hari ini sedang sakit, jadi tidak bisa masuk sekolah mungkin hingga tiga hari ke depan. Berikut saya sertakan juga surat keterangan dari dokter. Mohon untuk bisa dimaklumi. Bpk. Suwandi.

Lihat Juga : Contoh Iklan Kolom

Penutup

Nah, setelah Anda membaca artikel di atas, mungkin Anda sudah tidak bingung lagi dalam menyusun kalimat untuk menulis surat izin tidak masuk sekolah karena sakit via WhatsApp. Tentu saja, saat menulis surat izin melalui WhatsApp, Anda juga harus memperhatikan, tata krama, sopan santun dan harus menggunakan bahasa yang tepat dan sopan. Agar wali kelas dari siswa siswi tersebut akan merasa dihormati sebagai guru.

Hindari menggunakan bahasa yang terkesan kasual dan jangan mengirim pesan di malam hari, karena itu mengganggu waktu istirahat. Alangkah baiknya, jika Anda ingin mengirim atau memberitahukan surat izin tidak dapat menghadiri kelas, Anda harus mengirim di waktu yang tepat, seperti pagi hari atau di jam kerja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, Terima kasih!

Kapan waktu yang tepat untuk mengirim pesan atau surat izin via WhatsApp?

Sebelum mengirim surat izin secara online atau via WhatsApp, Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengirim pesan tersebut agar tidak mengganggu waktu istirahat seorang guru atau wali kelas yang sedang bersantai bersama keluarga. Waktu yang tepat untuk mengirim surat izin via WhatsApp adalah di jam kerja yaitu mulai pukul 07.00.

Apa yang harus dicantumkan dalam surat izin yang dikirim melalui WhatsApp?

Meskipun mengirim melalui WhatsApp, Anda harus mencantumkan beberapa hal penting seperti nama lengkap, keperluan izin, tanggal dan durasi izin, alasan izin yang mendukung, dan kontak yang dapat dihubungi untuk konfirmasi lebih lanjut.

Bagaimana cara memastikan bahwa surat izin yang dikirim melalui WhatsApp telah diterima dengan baik oleh guru?

Tentu untuk mengetahuinya, Anda harus menanyakan langsung kepada penerima apakah surat izin tersebut telah diterima atau belum. Dan pastikan surat izin yang Anda kirim telah dibaca dengan melihat centang biru di pesan WhatsApp.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Pengertian Adobe After Effects – Definisi, Sejarah, Fungsi, Fitur

    Adobe After Effects adalah perangkat lunak profesional pengolah motion graphic (grafik gerak digital) untuk editing konten…
  2. Pengertian Windows – Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan, Kekurangan

    Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft
  3. Pengertian Zoom Meeting beserta Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan, dll.

    Zoom adalah layanan video conference yang memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan daring