16 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit, Untuk Anak SD, SMP, SMA, SMK

Ketahui panduan dan contoh cara membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit untuk siswa SD,…

Bersekolah memang sudah menjadi kewajiban bagi seorang pelajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Akan tetapi, beberapa siswa mungkin juga tidak dapat hadir di sekolah, baik karena alasan izin acara keluarga, mengikuti lomba, turnamen, olimpiade, hingga sakit. Tentu saja di sekolah memiliki peraturan terkait absensi siswa, agar wali kelas mengetahui siapa saja yang tidak dapat hadir mengikuti pembelajaran, sangat penting untuk membuat surat keterangan izin tidak masuk sekolah.

Surat izin merupakan surat keterangan yang ditulis oleh orang tua siswa yang berisikan tentang alasan siswa tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran, dan surat ini diberikan kepada pihak sekolah atau lebih tepatnya wali kelas. Sebagai orang tua, tentu harus membuat surat keterangan tidak masuk ketika anaknya berhalangan hadir. Mengapa? Agar siswa tersebut tidak dinilai buruk di mata guru-guru. Jika ada surat keterangan tidak masuk, pihak sekolah akan memaklumi dan tidak menghukum siswa tersebut karena alasan yang jelas.

Nah, bagi Anda yang khususnya sebagai orang tua dan ingin mencari referensi berupa contoh surat keterangan izin tidak masuk sekolah karena sakit, Anda dapat menyimak informasi artikel lengkap berikut ini ya. Apa saja?

Ringkasan

  • Surat keterangan izin adalah surat yang menjelaskan bahwa seorang pegawai atau pelajar tidak dapat hadir  kerja atau sekolah karena suatu hal.
  • Untuk menulis surat izin terdapat format yang perlu diperhatikan yaitu tujuan mengirim surat, alasan izin, tanggal dan tempat pembuatan surat, alamat tujuan, salam pembuka, isi surat, penutup, dan tanda tangan.

Lihat Juga : Contoh Ucapan Terima Kasih

Apa itu surat izin?

Apa itu Surat Keterangan Izin

Mengutip dari cnnindonesia.com, surat keterangan izin adalah surat yang menjelaskan bahwa seorang pegawai atau pelajar tidak dapat hadir  kerja atau sekolah karena suatu hal. Surat ini harus berbentuk tertulis formal dan harus mencantumkan tanggal, data pribadi serta alasan atau tujuan izin tersebut dilakukan.

Alasan yang umum diketahui antara lain sakit, kebutuhan keluarga, dan kebutuhan mendesak yang tidak dapat ditunda. Anda harus menyerahkan surat keterangan izin kepada atasan Anda atau HRD perusahaan, dan surat izin tidak masuk sekolah kepada guru atau karyawan sekolah.

Lihat Juga : Contoh Iklan Kolom

Format membuat surat izin

Format Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk sekolah? Sebagian orang mungkin masih bingung untuk membuat surat keterangan izin, karena tidak terbiasa membuatnya. Namun, perlu Anda catat bahwa untuk menulis surat izin juga terdapat format ke penulisannya loh. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin membuatnya, apa saja formatnya? Simak informasi yang dikutip dari finansialku.com berikut.

1. Tujuan mengirim surat

Setiap surat yang ditulis, tentu mempunyai tujuan pengiriman surat. Pada bagian ini menyampaikan siapa yang berhak untuk menerima surat yang telah Anda tulis nantinya. Apakah kepala sekolah, wali kelas, satpam, atau karyawan sekolah lainnya. Dalam penulisan tujuan pengiriman surat, jika Anda menggunakan kata “Kepada”, maka selanjutnya Anda tidak perlu lagi menggunakan “Yth”. Begitu pun sebaliknya.

2. Alasan izin

Tentu saja surat izin tidak masuk dibuat karena adanya sebuah alasan tertentu. Seperti sakit, acara keluarga, atau alasan lainnya. Harap tunjukkan hal ini dengan jelas pada formulir izin ketidakhadiran di  sekolah Anda. Pastikan alasan izin tersebut masuk akal. Hal ini pada akhirnya menentukan  diterima atau tidaknya surat persetujuan sekolah Anda.

3. Tanggal dan tempat pembuatan surat

Untuk membuat surat, Anda jangan sampai melewatkan pada bagian tanggal dan tempat pembuatan surat ya. Mengapa? Agar penerima surat mengetahui kapan dan di mana surat tersebut dibuat.

4. Alamat tujuan

Untuk format pada bagian ini, Anda dapat mencantumkan alamat sekolah sebagai alamat tujuan pengiriman surat.

5. Salam pembuka

Sebelum mengirim surat izin, Anda perlu memperhatikan pada bagian salam pembuka. Karena surat yang baik adalah surat yang menyertakan salam pembuka. Surat pembuka digunakan sebagai awal surat sebelum memasuki isi surat, dan juga agar terlibat lebih formal dan sopan.

6. Isi surat

Jika Anda sudah menulis salam pembuka, langkah selanjutnya yaitu menulis isi surat dengan jelas dan baik. Jika surat izin, berarti Anda harus mencantumkan alasan yang logis. Gunakan juga bahasa yang sopan dan baik.

7. Penutup

Setelah itu, Anda juga perlu untuk menuliskan salam penutup agar lebih profesional dan formal.

8. Tanda tangan

Terakhir, agar surat tersebut terjamin keasliannya dan benar-benari ditulis oleh pihak yang bersangkutan. Anda harus membubuhi tanda tangan dan nama terang.

Lihat Juga : Contoh Poster Sederhana

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit untuk siswa SD

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Anak SD

Berikut ini kumpulan surat izin tidak masuk sekolah untuk jenjang SD yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi ketika tidak masuk sekolah, yaitu:

Contoh 1

Jakarta, 19 Februari 2022

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 2
SD 32 Jakarta
Di Tempat 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Aulia Havva
Kelas : SD 32 Jakarta
Alamat : Jalan KH. Mas Mansyur, Jakarta
NISN : 098765

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari Kamis, 19 Februari 2022 dikarenakan sakit. Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 2 agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

Subagja

Contoh 2

Surabaya, 17 Oktober 2021

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 4A
SDN Genteng
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Ammanatul Ummah
Kelas : 4A SDN Genteng
Alamat : Jalan Pahlawan No. 75, Surabaya
NISN : 234567

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari Senin, 17 Oktober 2021 dikarenakan habis operasi amandel. Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 4A agar memberikan izin kepada putri kami.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

Abimanyu

Contoh 3

Madiun, 21 Maret 2021

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 5C
SDN 90 Madiun
Di Tempat 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Thomas
Kelas : SDN 90 Madiun
Alamat : Jalan Rajawali No. 54, Madiun
NISN : 111111

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari Jumat, 21 Maret 2021 dikarenakan sakit mata. Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 5C agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

Ariyani Mahatma

Contoh 4

Bandung, 14 Desember 2019

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 2B
SDN 1 Bandung
Di Tempat 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Arjuna Saputra
Kelas : SDN 1 Bandung 
Alamat : Jalan Braga No. 32, Bandung
NISN : 76394732

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari Senin, 14 Desember 2019 dikarenakan sakit demam berdarah yang mengharuskannya istirahat total. Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 2B agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

Esmeralda

Contoh 5

Sidoarjo, 21 November 2023

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3A
SDN Lemahputro
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Ayuna
Kelas : SDN Lemahputro 
Alamat : Jalan Raden Patah No. 32, Sidoarjo
NISN : 893275

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari Selasa, 21 November 2023 dikarenakan sakit tipes yang mengharuskannya istirahat total. Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3A agar memberikan izin putri kami untuk tidak masuk sekolah.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

Bagas Pratama

Contoh 6

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan ini saya, orang tua dari:

Nama: Jalaludin Rumi
Siswa: 6A SDN Buringkidul
Alamat: Jl. Melati No.3, Gresik

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran hari ini Sabtu, 5 Agustus 2023 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, sekiranya Bapak/Ibu guru untuk berkenan memberikan izin sampai batas waktu yang ditentukan oleh dokter.

Demikian surat izin ini kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Lihat Juga : Contoh Visi Misi OSIS

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit untuk siswa SMP

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Anak SMP

Berikut ini kumpulan contoh surat izin tidak masuk sekolah yang dapat Anda jadikan referensi untuk menulis ketika berhalangan hadir, yaitu:

Contoh 1

Kepada
Bapak/Ibu Guru
SMPN 4 Surabaya
Di tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya menyatakan bahwa anak kami yang bernama Diandra Putri Pelita kelas 7H, pada tanggal 21 November 2023 tidak dapat mengikuti pelajaran di karenakan sakit pasca operasi. Oleh karena itu, diharapkan untuk Bapak/Ibu Wali Kelas memberikan izin terhadap putri kami.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sepenuh hati, terima kasih atas perhatian dan kebijaksanaannya.

Hormat saya,

Astuti

Contoh 2

Sleman, 20 November 2023

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 8C
SMPN 12 Sleman

Dengan hormat,

Kami orang tua/wali murid dari:

Nama: Mutia Althaia
Kelas: 8C
Alamat: Jl. H. Muhajir No.98, Sleman

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran pada hari ini 20 November 2023, karena dalam keadaan sakit gigi. Oleh karena itu, mohon sekiranya Bapak/Ibu dapat memberikan izin sakit untuk dapat beristirahat.

Demikian surat yang kami buat semoga Bapak/Ibu bisa memakluminya. Atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Rodhiyah

Contoh 3

Bandung, 14 Juli 2023

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 9B
SMPN 32 Bandung

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama: Muhammad Akbar Tame
Siswa: Kelas 9B SMPN 76
Alamat: Bandung

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 9B agar memberikan izin sampai anak saya sembuh.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Fathoni Kamil

Contoh 4

Denpasar, 15 September 2023

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 7E
SMPN 54 Denpasar

Dengan hormat,

Dengan ini, saya orang tua/wali murid dari:

Nama: Sofyan Andri
Kelas: 7E
Alamat: Ds. Sumbersari RT03/RW02, Denpasar, Bali

Memberitahukan bahwa anak kami tersebut tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya, dikarenakan sakit. Oleh sebab itu, sekiranya Bapak/Ibu Guru wali kelas 7E dapat memberikan izin kepada anak kami tersebut, untuk tidak masuk sekolah hingga ia sehat kembali.

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan agar Bapak/Ibu dapat memakluminya dan kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Sri Ayunda

Contoh 5

Sukabumi, 4 November 2023

Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 8D
SMPN 1 Anggaswangi

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini sebagai wali murid dari:

Nama: Amilinda
Kelas: 8D
Alamat: Jl. Kartika 78, Sukabumi

Dengan ini saya menyatakan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya, dikarenakan kondisi badan yang kurang sehat.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Bimo Alamsyah

Lihat Juga : Contoh Laporan PKL

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit untuk siswa SMA dan SMK

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Anak SMA

Berikut ini kumpulan contoh surat keterangan izin tidak masuk untuk SMA dan SMK yang dikutip dari detik.com dan dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi untuk menulis surat, yaitu:

Contoh 1

Lampung, 12 April 2023

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-A SMAN 1 Labuhan Maringgai

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama: Deni Setiawan
Siswa: Kelas X-A SMAN 1 Labuhan Maringgai
Alamat: Jl. Ahmad Yani 002, Labuhan Maringgai, Lampung Timur

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis 12 April 2023 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-A agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/lbu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid

Arman

Contoh 2

Batam, 24 Juni 2023

Kepada Yth.
Bapak/ibu Wali Kelas XI IPA 7
SMA N 2 Batam

Dengan Hormat,

Saya orang tua murid dari:

Nama: Juan Iskandar
Siswa: Kelas XI IPA 7 SMA N 2 Batam
Alamat: Jl. Tunggal 2 Gg. Lebar No. 19 Batam

Mengabarkan bahwa anak kami tersebut tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagaimana biasanya mulai hari ini tanggal 24-28 Juni 2023 dikarenakan telah mengalami musibah kecelakaan. Oleh karenanya, mohon kiranya bapak/ibu wali kelas dapat memaklumi dan mengizinkan anak kami untuk beristirahat.

Demikian surat izin ini kami buat. Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Yanto Iskandar

Contoh 3

Surakarta, 1 Januari 2023

Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas XII IPA A
SMAK Santa Teresia

Dengan hormat,

Dengan ini saya beritahukan bahwa saya yang bernama Pasuria Christine Kelas XII IPA A tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti biasanya dikarenakan demam tinggi. Mohon Bapak/Ibu guru dapat memakluminya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Pasuria Christine

Contoh 4

Tarakan, 24 Mei 2023

Yth. Ibu Mahmudah
Wali Kelas XII IPA 1
SMA N 1 Tarakan

Saya yang bertanda tangan dibawah ini

Nama: Muhammad Zhafran
Kelas: XII IPA 1, SMA N 1 Tarakan
Alamat: Perumahan Bukit Damai Sentosa Blok Y No. 5, Tarakan

Melalui surat ini, saya menyampaikan permohonan maaf kepada Ibu Wali Kelas karena hari ini dan beberapa hari ke depan tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasa karena dalam kondisi yang tidak memungkinkan, yaitu sakit cacar air. Untuk mengurangi risiko penularan kepada teman-teman lainnya, saya memohon izin untuk tidak hadir hingga waktu yang tidak bisa dipastikan.

Demikian, atas perhatian dan maklum dari Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Zhafran

Contoh 5

Jakarta, 2 September 2023

Hal: Permohonan Izin a.n. Adinda Amelia

Yth. Ibu Wali Kelas XI IPA 1 SMAN 8 Jakarta

Assalamualaikum wr. Wb.

Semoga kesejahteraan serta kesehatan selalu mengiringi Ibu dan seluruh keluarga besar SMAN 8 Jakarta. Sehubungan dengan surat ini, saya orang tua Adinda Amelia, memohon agar Ibu dapat mengizinkan Adinda untuk pergi berobat ke dokter di Rumah Sakit pada tanggal 3 September 2023.

Demikian surat permohonan izin ini saya ajukan. Atas perhatian dan izin yang Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. Wb.

Hormat saya,

Eha Khaerawati

Lihat Juga : Contoh Jawaban Kelebihan Kekurangan Interview

Penutup

Nah, itulah pengertian dari surat izin dan fungsinya, serta terdapat beberapa kumpulan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang dapat Anda contoh dan digunakan sebagai referensi ketika Anda berhalangan hadir ke sekolah. Agar Anda tidak diberikan absen alfa, Anda harus membuat surat izin dan ditujukan kepada wali kelas, agar guru tersebut tahu alasan Anda tidak masuk sekolah. Selain itu, perlu Anda ingat bahwa pada saat membuat surat Anda harus menulisnya sesuai dengan keadaan yang Anda alami. Terima kasih telah membaca, jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini!

Mengapa seseorang perlu mengajukan surat izin untuk tidak masuk sekolah?

Seseorang mungkin perlu mengajukan surat izin untuk tidak masuk sekolah karena alasan kesehatan, keluarga, atau keperluan penting lainnya yang memerlukan ketidakhadiran dari lingkungan sekolah.

Apa informasi penting yang perlu disertakan dalam surat izin tidak masuk sekolah?

Surat izin tidak masuk sekolah sebaiknya mencakup alasan ketidakhadiran, tanggal yang dimaksud, serta kontak yang dapat dihubungi jika diperlukan verifikasi lebih lanjut. Informasi tambahan seperti nama siswa dan kelas juga perlu disertakan.

Bagaimana proses pengajuan surat izin tidak masuk sekolah biasanya dilakukan?

Proses pengajuan surat izin tidak masuk sekolah umumnya melibatkan penulisan surat oleh orang tua atau wali siswa yang menjelaskan alasan ketidakhadiran. Surat tersebut kemudian diserahkan ke sekolah dan diharapkan mendapat persetujuan dari pihak sekolah atau guru yang bersangkutan.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Pengertian Adobe After Effects – Definisi, Sejarah, Fungsi, Fitur

    Adobe After Effects adalah perangkat lunak profesional pengolah motion graphic (grafik gerak digital) untuk editing konten…
  2. Pengertian Windows – Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan, Kekurangan

    Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft
  3. Pengertian Zoom Meeting beserta Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan, dll.

    Zoom adalah layanan video conference yang memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan daring