15 Contoh Pidato Perpisahan Berbagai Tema

Berikut sejumlah pidato perpisahan berbagai tema yang penuh suka dan duka!

Perpisahan adalah sebuah momen yang sangat menyedihkan bagi semua orang, bukan? Hal itu menyebabkan kebanyakan orang tidak ingin memilih untuk berpisah dan bisa menjadi momen emosional dan sulit, karena harus berpisah dengan orang terkasih, teman, sahabat, hingga anggota keluarga. Rasa kehilangan dan nostalgia bisa sangat kuat dalam situasi seperti itu. Momen perpisahan bisa muncul dalam berbagai konteks, seperti ketika seseorang pindah ke tempat lain, ketika teman atau keluarga berpindah, atau bahkan ketika seseorang harus mengakhiri hubungan asmara. Karena itu, perasaan sedih dan rasa kehilangan adalah reaksi yang umum terjadi dalam momen perpisahan.

Namun, penting untuk diingat bahwa perpisahan juga bisa menjadi bagian alami dari kehidupan, dan dalam beberapa kasus, mereka dapat membuka pintu untuk pertemuan yang baru dan peluang-peluang baru. Terlepas dari kesedihan yang mungkin Anda rasakan dalam momen perpisahan, Anda juga dapat memperingatkan dan merayakan hubungan dan kenangan yang telah dibagikan dengan orang-orang yang Anda cintai.

Akan tetapi, momen perpisahan juga bisa loh dirayakan, agar terkesan istimewa. Biasanya, akan ada sebuah pidato yang akan disampaikan saat perpisahan itu tiba, baik di sekolah, ruang lingkup kerja, instansi pemerintahan. Pidato adalah salah satu cara yang umum digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih, kenangan, dan harapan di saat perpisahan. Pidato semacam itu sering disampaikan di berbagai konteks, termasuk sekolah, tempat kerja, atau instansi pemerintahan.

Ringkasan

  • Pidato adalah bentuk komunikasi lisan yang disampaikan oleh seseorang kepada audiensnya dalam rangka memberikan informasi, menginspirasi, menghibur, atau mempengaruhi pemikiran dan tindakan khalayak.
  • Pidato mempunyai tujuan untuk memberikan informasi yang jelas, akurat dan berguna.
  • Pidato bertujuan untuk memberikan inspirasi, menghibur, mempengaruhi pendapat dan sikap, pidato juga bertujuan untuk merayakan atau mengenang peristiwa bersejarah.
  • Beragam contoh pidato perpisahan berbagai tema, seperti pidato perpisahan acara kantor, pidato untuk mengenang orang yang telah meninggal, pidato perpisahan sekolah hingga pidato acara sosial, dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Contoh Makalah Singkat Berbagai Tema

Sekilas tentang pidato

Contoh Pidato Perpisahan di Acara Olahraga
Sumber Gambar : princeton.edu

Pidato adalah bentuk komunikasi lisan yang disampaikan oleh seseorang kepada audiensnya dalam rangka memberikan informasi, menginspirasi, menghibur, atau mempengaruhi pemikiran dan tindakan audiens. Pidato biasanya disusun dengan baik, memiliki struktur yang jelas, dan dapat disampaikan secara berbicara dengan tujuan tertentu. Pidato bisa memiliki berbagai tujuan, termasuk:

  • Menginformasikan – Pidato dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang penting kepada audiens. Contohnya, pidato dalam konteks berita atau ilmiah.
  • Menginspirasi – Pidato sering digunakan untuk memotivasi dan menginspirasi audiens, baik itu untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk meningkatkan semangat dan kepercayaan diri.
  • Persuasi – Dalam pidato persuasif, pembicara berusaha untuk mempengaruhi pemikiran atau tindakan audiens, sering kali dengan tujuan untuk mengubah pandangan atau meminta dukungan untuk suatu ide atau isu tertentu.
  • Menghibur – Pidato sering digunakan dalam acara-acara hiburan atau dalam konteks seni pertunjukan untuk menghibur audiens dan membuat mereka tertawa, terharu, atau terinspirasi.
  • Memperingati – Pidato juga digunakan dalam momen-momen penting untuk memperingati peristiwa bersejarah, merayakan prestasi, atau mengenang orang-orang yang telah meninggal.
  • Edukasi – Pidato pendidikan digunakan dalam konteks akademik atau pelatihan untuk menyampaikan pengetahuan dan pemahaman kepada audiens. Pidato ini sering digunakan di sekolah, universitas, atau dalam pelatihan bisnis.
  • Menggerakkan Emosi – Beberapa pidato bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengungkapkan emosi, terutama dalam konteks seni atau kesehatan mental. Mereka dapat dirancang untuk membantu audiens memahami, mengatasi, atau merayakan emosi mereka.
  • Mengenalkan atau Mempromosikan – Pidato ini digunakan untuk memperkenalkan diri, produk, atau layanan kepada audiens, atau untuk mempromosikan ide atau inisiatif tertentu.

Lihat Juga : 50 Contoh Pantun Nasehat Penuh Makna

Contoh teks pidato perpisahan beragam tema

Contoh Pidato Perpisahan di Acara Penghargaan
Sumber Gambar : thoughtco.com

Berikut adalah beberapa kumpulan contoh teks pidato yang dapat Anda gunakan sebagai bahan referensi, yaitu:

1. Pidato Perpisahan di Sekolah

Saudara-saudari yang terhormat, guru, dan teman-teman sekelas,

Hari ini adalah hari yang penuh dengan perasaan campur aduk. Di satu sisi, kita merasa senang karena telah berhasil menyelesaikan tahap ini dalam pendidikan kita. Namun, di sisi lain, kita juga merasakan perpisahan yang menyedihkan karena kita akan berpisah dan menjalani jalan masing-masing.

Selama tahun-tahun ini, kita telah belajar bersama, tumbuh bersama, dan berbagi momen tak terlupakan. Kita telah mengalami suka dan duka bersama, menyelesaikan tugas-tugas bersama, dan saling mendukung dalam pencapaian kita. Semua momen ini akan tetap hidup dalam ingatan kita, meskipun kita berpisah.

Sekarang, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua guru yang telah memberikan pengajaran dan bimbingan kepada kami. Terima kasih kepada teman-teman yang telah menjadi bagian dari perjalanan ini. Kami juga ingin berterima kasih kepada orangtua dan keluarga yang telah mendukung dan mendorong kami dalam setiap langkah.

Meskipun kita akan berpisah, ingatlah bahwa perpisahan bukanlah akhir, tetapi awal dari babak baru dalam hidup kita. Kami yakin bahwa setiap dari kita memiliki potensi besar dan mampu mencapai tujuan-tujuan besar di masa depan. Mari kita menjaga hubungan ini, meskipun jarak memisahkan kita. Dan ingatlah, kita selalu bisa kembali ke tempat ini, di mana kita telah tumbuh dan menjadi lebih baik.

Terima kasih, selamat tinggal, dan semoga semua impian kita terwujud.

2. Pidato Perpisahan di Tempat Kerja

Rekan-rekan yang terhormat,

Hari ini adalah hari yang penuh dengan perasaan campur aduk. Saat kita berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal, kita merasa campur aduk karena kami akan berpisah dari lingkungan kerja yang telah menjadi bagian dari hidup kami selama bertahun-tahun.

Di sini, kami telah belajar banyak, menghadapi tantangan bersama, dan merayakan keberhasilan. Kami telah membentuk hubungan kerja yang erat dan tumbuh sebagai tim yang solid. Namun, semua hal baik ada waktunya, dan sekarang waktunya bagi kami untuk berpindah dan mengejar peluang yang baru.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan kerja yang telah berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan kami. Terima kasih atas kerja sama, dukungan, dan inspirasi yang telah diberikan. Kami juga ingin berterima kasih kepada manajemen dan atasan yang telah memberikan bimbingan dan kesempatan bagi kami untuk tumbuh dan berkembang.

Meskipun kami akan berpisah, ingatlah bahwa dunia ini lebih kecil daripada yang kita pikirkan. Kami berharap untuk tetap menjaga hubungan ini, berbagi cerita sukses di tempat baru, dan mungkin bertemu lagi di masa depan.

Selamat tinggal, terima kasih, dan semoga keberhasilan selalu menyertai kita semua.

3. Pidato Perpisahan dalam Hubungan Asmara

Kekasihku yang tercinta,

Hari ini, kita berkumpul di sini dalam momen yang sulit, saat kita harus menghadapi perpisahan. Kami berdua tahu bahwa keputusan ini tidak diambil dengan mudah, tetapi kami percaya bahwa ini adalah jalan terbaik yang bisa kami ambil.

Waktu yang telah kita habiskan bersama adalah waktu yang berharga dan penuh makna. Kita telah berbagi tawa, tangis, harapan, dan impian. Namun, terkadang, hidup membawa kita pada arah yang berbeda, dan saat ini adalah saatnya untuk berjalan sendiri-sendiri.

Meskipun kita berpisah, ingatlah bahwa cinta kita tetap ada dalam hati kita. Ingatlah bahwa kita pernah merasakan kebahagiaan bersama, dan itu adalah sesuatu yang tidak bisa dihapus oleh waktu atau jarak. Kita berdua akan melangkah maju dan menemukan kebahagiaan di jalur masing-masing.

Terima kasih atas semua momen indah yang telah kita bagikan. Semoga kehidupan kita penuh dengan cinta dan kedamaian di masa mendatang.

4. Pidato Perpisahan dalam Pertemanan

Sahabat-sahabatku yang tercinta,

Hari ini adalah saat yang sulit bagi kita semua. Saat kita berkumpul di sini untuk mengucapkan selamat tinggal, hati kita penuh dengan emosi campur aduk. Kita tahu bahwa hidup membawa kita ke arah yang berbeda, namun kita tidak pernah akan melupakan kenangan indah yang telah kita bagikan.

Saat kita mengingat kembali momen-momen kita bersama, tawa yang kita bagi, dan dukungan yang kita berikan satu sama lain, kita tahu betapa beruntungnya kita memiliki teman-teman sejati. Meskipun kita akan berpisah, ingatlah bahwa jarak fisik tidak bisa memisahkan ikatan yang telah kita bangun selama ini.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap teman di sini, atas kehadiran mereka dalam hidup saya. Kalian adalah inspirasi, dukungan, dan sahabat sejati. Semoga perjalanan kita masing-masing membawa kebahagiaan dan keberhasilan.

Selamat tinggal, teman-teman. Sampai kita bertemu lagi.

5. Pidato Perpisahan di Acara Pensiun

Rekan-rekan yang terhormat,

Hari ini adalah hari yang bersejarah dalam karier saya. Saya telah mengabdikan diri kepada pekerjaan ini selama puluhan tahun, dan sekarang saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada dunia pekerjaan yang telah menjadi bagian besar dari hidup saya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan kerja yang telah menjadi bagian dari perjalanan saya. Bersama-sama, kita telah mencapai banyak hal, menghadapi tantangan, dan merayakan sukses. Saya juga berterima kasih kepada manajemen dan atasan yang telah memberikan saya kesempatan untuk tumbuh dan berkembang di sini.

Meskipun saya akan pensiun, saya tahu bahwa perjuangan saya tidak akan berhenti. Ada banyak hal yang ingin saya lakukan di masa pensiun, dan saya bersemangat untuk menjalani babak baru dalam hidup saya.

Terima kasih atas semua dukungan dan kenangan indah. Semoga keberhasilan terus menyertai kita semua.

Lihat Juga : Contoh Kata Pengantar Berbagai Tema

6. Pidato Perpisahan di Acara Kelulusan

Fellow graduates,

Today is a day of mixed emotions. As we gather here to celebrate our graduation, we are excited about the future, but we also face the reality of parting ways. The bonds we’ve formed during our time together will always be cherished, and the memories we’ve created will stay with us forever.

As we step into the next phase of our lives, let’s remember the hard work and determination that brought us here. Let’s also thank our families, teachers, and mentors for their support and guidance throughout this journey.

Although we are saying goodbye to this chapter, let’s embrace the new adventures and opportunities that lie ahead. Our education has given us the tools to shape our own destinies, and I have no doubt that each of us will achieve great things.

Congratulations to the graduating class of [tahun]. We did it!

7. Pidato Perpisahan di Acara Pemakaman

Saudara-saudara yang terhormat,

Hari ini, kita berkumpul di sini dalam kesedihan yang mendalam untuk mengenang dan mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang kita cintai dengan sepenuh hati. [Nama yang dihormati] telah meninggalkan kita, tetapi kenangan tentang dirinya akan selalu hidup dalam hati kita.

Dalam hidupnya, [Nama] telah memberikan banyak hal kepada kita semua. Dia adalah [deskripsi karakteristik dan prestasi] dan telah menginspirasi banyak orang dengan [kontribusi atau kebaikannya]. Saat kita merayakan hidupnya, kita juga berbagi duka yang mendalam atas kepergiannya.

Dalam momen-momen seperti ini, kita merenungkan tentang kehidupan dan bagaimana kita dapat menjalankannya dengan lebih baik. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari [Nama] dan merayakan kehidupan kita dengan berbuat baik kepada orang lain.

Selamat jalan, [Nama]. Anda akan selalu diingat dan dicintai.

8. Pidato Perpisahan di Acara Penghargaan

Selamat datang untuk rekan-rekan yang hadir di sini,

Hari ini, kita berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seorang individu yang luar biasa yang telah memberikan kontribusi yang tak terhitung kepada [nama organisasi atau komunitas]. Saat ini adalah saat yang penuh emosi karena kita akan kehilangan seorang pilar yang telah menjadi inspirasi bagi kita semua.

Selama [jumlah tahun] dalam peran [nama individu], [Nama] telah menunjukkan dedikasi, komitmen, dan semangat yang tak tertandingi. Dia telah [deskripsi prestasi dan kontribusi utama]. Tidak hanya itu, tetapi [Nama] juga telah menjadi teman dan mentor bagi banyak dari kita di sini.

Meskipun kita sangat merindukan [Nama], kita juga berharap bahwa dia akan mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan yang berkelanjutan dalam semua yang dia lakukan di masa depan. [Nama], Anda akan selalu menjadi bagian dari keluarga kami, dan kami berterima kasih atas semua yang Anda berikan kepada kami.

Selamat tinggal, [Nama]. Semoga perjalanan Anda selanjutnya penuh dengan kebahagiaan dan pencapaian.

9. Pidato Perpisahan di Acara Sosial

Teman-teman yang terhormat,

Hari ini, kita berkumpul di sini dalam sebuah perayaan dan juga perpisahan. Saatnya bagi kami untuk mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa teman yang akan meninggalkan kota atau negara ini. Meskipun ini adalah momen yang penuh dengan emosi, kita juga ingin merayakan persahabatan yang telah kita bagikan.

Saat kita merenungkan tentang kenangan yang telah kita buat bersama, kita tahu bahwa persahabatan sejati akan terus ada, terlepas dari jarak yang memisahkan kita. Kami berharap bahwa perjalanan baru Anda akan membawa kebahagiaan, kesuksesan, dan petualangan baru.

Tetapi jangan lupakan kami, teman-teman Anda yang tetap akan berada di sini, siap sambut Anda kembali dengan pelukan hangat dan cerita-cerita seru untuk dibagikan. Selamat tinggal, tetapi hanya sementara. Semoga Anda selalu mengingat masa-masa indah bersama kami.

10. Pidato Perpisahan di Acara Organisasi Amal

Para relawan yang luar biasa,

Saat kita berkumpul di sini, kita merayakan bukan hanya perpisahan, tetapi juga kepedulian dan komitmen luar biasa yang telah kita bagikan sebagai bagian dari organisasi ini. Setiap satu dari kita adalah bagian penting dari upaya besar ini untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Ketika kita merenungkan pekerjaan yang telah kita lakukan bersama, kita tahu bahwa kita telah mengubah nyata banyak kehidupan. Dari [deskripsi proyek atau misi yang telah dilakukan], kita telah memberikan harapan, kebahagiaan, dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Meskipun saat ini kita berpisah dan melanjutkan perjalanan kita masing-masing, ingatlah bahwa semangat ini tidak akan padam. Kita adalah bukti bahwa ketika kita bersatu dan bertindak, kita bisa melakukan perubahan yang signifikan. Terima kasih atas dedikasi dan semangat Anda, dan semoga semangat ini terus membawa kebaikan ke dunia ini.

Selamat tinggal untuk sementara, para relawan yang luar biasa.

Lihat Juga : Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

11. Pidato Perpisahan dalam Kegiatan Olahraga

Rekan-rekan tim yang hebat,

Hari ini adalah hari yang penuh dengan emosi saat kita berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sejumlah anggota tim yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan kita di lapangan ini. Bersama-sama, kita telah melalui keringat, kerja keras, dan momen-momen kemenangan yang tak terlupakan.

Selama waktu kita bersama, kita telah belajar banyak tentang kerjasama, disiplin, dan semangat kompetisi yang sehat. Ini adalah pelajaran yang akan membawa manfaat sepanjang hidup kita, terlepas dari apa yang kita pilih untuk lakukan selanjutnya.

Kami akan merindukan setiap dari Anda yang akan pergi. Tetapi kita juga tahu bahwa Anda akan mengambil semangat pemenang ini ke perjalanan Anda yang selanjutnya. Selamat tinggal, teman-teman. Tetaplah menjadi juara di lapangan ini dan dalam hidup Anda.

12. Pidato Perpisahan dalam Konteks Seni

Penikmat seni yang terkasih,

Saat kita berkumpul di sini, kita merayakan karya seni yang telah kita ciptakan bersama. Saatnya bagi beberapa dari kita untuk menjelajahi jalur seni yang berbeda dan pergi ke tempat-tempat baru dalam penciptaan.

Setiap lukisan yang kita buat, setiap lagu yang kita nyanyikan, dan setiap kata yang kita tulis adalah ungkapan jiwa kita. Mereka adalah jejak pribadi kita yang akan tetap ada di dunia ini. Pada saat kita berpisah, mari kita merayakan keindahan yang telah kita hasilkan bersama dan membaginya dengan dunia.

Meskipun beberapa dari kita akan berpisah, dunia seni adalah tempat yang luas dan tanpa batas. Kita akan selalu terhubung melalui karya-karya kita, dan semangat seni ini akan terus membimbing kita.

Selamat tinggal untuk sementara, tetapi seni kita akan tetap hidup selamanya.

13. Pidato perpisahan di Pemerintahan

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Mulia [Nama Pejabat Tertinggi],

Para [Nama Pejabat, Rekan Kerja, atau Pegawai],

Hari ini adalah hari yang penuh makna dalam sejarah kami di [Nama Instansi Pemerintahan]. Kami berkumpul di sini untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seorang sahabat, seorang pemimpin, dan seorang pekerja publik yang telah mengabdikan diri dengan penuh dedikasi kepada tugas dan tanggung jawabnya.

Tentu saja, saat kita mengucapkan selamat tinggal, perasaan campur aduk melingkupi kita. Kita merasa bangga dengan pencapaian yang telah dicapai oleh [Nama Pejabat/Rekan Kerja yang Akan Pergi]. Namun, kita juga merasa sedih karena kita akan kehilangan seseorang yang telah menjadi inspirasi bagi kita semua.

Selama bertahun-tahun, [Nama] telah memimpin dengan integritas, ketulusan, dan komitmen yang luar biasa. [Nama] adalah contoh nyata dari seorang pelayan publik yang berdedikasi dan memiliki visi yang kuat untuk melayani masyarakat. [Nama] telah mengawal berbagai inisiatif yang telah membawa manfaat besar bagi masyarakat kita.

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga [Nama], yang telah mendukung [Nama] sepanjang perjalanan ini. Kami tahu bahwa tugas dan tanggung jawab seorang pelayan publik sering kali memerlukan pengorbanan keluarga, dan kami sangat menghargai kesabaran dan dukungan mereka.

Namun, seperti yang telah kami katakan, perpisahan bukanlah akhir, tetapi awal dari babak baru dalam hidup. Kami yakin bahwa [Nama] akan terus berkontribusi secara positif, baik dalam dunia pemerintahan atau di tempat lain yang [Nama] pilih untuk pergi. Semua yang telah [Nama] lakukan di sini akan menjadi landasan yang kuat untuk perjalanan selanjutnya.

Sebelum kami menutup pidato ini, kami ingin mengucapkan selamat tinggal yang hangat dan memberikan sedikit kenang-kenangan sebagai tanda penghargaan atas kontribusi luar biasa yang telah [Nama] berikan kepada [Nama Instansi Pemerintahan]. Semoga kenang-kenangan ini selalu mengingatkan [Nama] tentang masa-masa yang telah [Nama] habiskan bersama kami.

Akhir kata, kami mendoakan yang terbaik untuk [Nama]. Semoga [Nama] selalu diberkahi dalam setiap langkahnya dan terus menjadi inspirasi bagi kita semua.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

14. Pidato perpisahan acara wisuda

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allahumma shalli ‘ala Muhammad.

Yang saya hormati Bapak Rektor

Yang saya hormati Bapak dan Ibu Senat

Yang saya hormati Bapak dan Ibu Dekan

Yang saya hormati Bapak dan Ibu Dosen

Yang saya hormati Bapak dan Ibu staff dan seluruh jajarannya

Yang saya hormati Bapak dan Ibu wali wisudawan-wisudawati dan seluruh tamu undangan

Yang saya banggakan teman-teman wisudawan-wisudawati yang berbahagia.

Segala puji Allah, Tuhan Alam Semesta yang mengijinkan saya untuk berdiri di sini. Tanpa kemurahan dari-Nya, saya tidak akan dapat masuk di kampus tercinta ini. Tanpa kasih sayang-Nya saya tidak akan bisa lulus menyelesaikan studi saya di sini.

Sebelumnya, Anda semua mungkin bertanya-tanya apa prestasi dan keistimewaan saya sehingga saya berdiri di atas mimbar mulia ini untuk menyampaikan pidato di hadapan Anda semua. Saya sendiri tidaklah merasa pantas untuk berdiri di atas mimbar ini karena saya yakin, masih ada banyak wisudawan atau wisudawati yang jauh lebih pantas dibanding saya.

Saya hanya beruntung. Tidak, saya tidak beruntung. Amanah ini, yaitu menyampaikan pidato, sangat berat untuk saya pikul. Maka dari itu, jika ada tutur kata dan sikap saya yang tidak pantas untuk ditunjukkan, saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya. Semoga Allah menuntun saya agar menyampaikan yang pantas-pantas saja.

Sebenarnya saya datang ke sini untuk wisuda, memberikan kebanggaan kepada kepada orang tua saya, keluarga besar saya, dan semua orang yang mendukung penuh perjuangan saya. Sebelumya, perkenalkan nama saya Quincy Ramadhan dari angkatan 2040.

Saya berdiri dengan hati yang berdebar karena tidak percaya pada akhirnya saya bisa mencapai titik ini. Saya bingung harus memberi nama perasaan ini apa, karena bahagia, haru, sedih, kehilangan, dan takut menjadi satu.

Bahagia dan haru karena saya bisa memberikan kebanggaan pada orang tua saya. Sedih karena begitu cepatnya waktu berlalu. Kehilangan karena saya akan berpisah dengan Anda semua dan kampus ini. Takut apakah saya bisa mempertanggungjawabkan gelar sarjana dengan baik.

Untuk kedua orang tua saya, tiada kata yang pantas saya sampaikan selain berterima kasih dan saya bangga kepada kalian. Rasanya seperti kemarin saya diantarkan ke SD untuk pertama kalinya. Terima kasih telah memberikan yang terbaik untuk Quincy.

Untuk Bapak/Ibu dosen, ilmu dan bimbingan selama di kampus sungguh mahal dan tak ternilai harganya. Terima kasih telah mengajarkan banyak hal selama tumbuh-kembang saya di sini. Selama menimba ilmu di kampus ini, saya sering sekali mengajukan pertanyaan dan berdiskusi secara ilmiah dengan Bapak/Ibu dosen. Apabila ada sikap dan kata yang tidak sopan selama berinteraksi, saya mohon maaf sedalam-dalamnya.

Untuk teman-teman seperjuanganku, terima kasih telah mengisi hari-hariku dengan belajar, berpetualang, berorganisasi, bermain, dan tumbuh bersama. Kebersamaan itu tentu saja akan terkenang dalam ingatan saya. Rasanya seperti kemarin saya datang ke sini untuk acara orientasi kampus. Sungguh empat tahun berlalu sangat cepat.

Di kampus, kita dipaksa untuk menjadi sosok yang dewasa. Di sini kita menghadapi urusan-urusan besar yang menjadikan kita untuk terbiasa berfikir dan bertindak lebih besar. Dan sekarang, kita dianggap telah matang, sehingga kita diluluskan dari kampus tercinta ini. Semoga kelak kita dapat berkumpul kembali dalam keadaan yang lebih baik dan manfaat yang banyak pula.

Untuk adik-adik kelas dan teman-teman yang masih harus berjuang, nikmatilah waktu kalian di kampus ini dengan aktivitas yang bermanfaat. Jangan terlalu serius. Terlalu serius bisa membuat kalian terlalu kaku. Jangan terlalu santai juga karena bisa mengurangi rasa tanggung jawab. Seimbangkan hidup dengan belajar, menyalurkan hobi, jalan-jalan, bekerja, beristirahat, dan bersantai.

Kalian yang hobi drawing, kembangkan bakat kalian di sana. Karena sekarang sudah banyak proyek drawing yang bisa dikerjakan secara remote. Kalian yang hobi mendaki gunung, dakilah gunung. Kalian yang hobi menulis, menulislah sebaik mungkin untuk dijadikan karya.

Jika ada skill yang kalian rasa akan memberikan manfaat untuk kehidupan paska kampus, dalamilah dengan tekun. Karena setelah lulus nanti, kita tidak bisa mengandalkan ilmu bangku kuliah saja. Kita perlu skill tambahan yang dapat membuat kita tetap bisa survive.

Yang peling penting untuk kita semua. Kita dianggap akademisi. Kita dianggap terpelajar. Sudah seharusnya kita membuat orang lain juga menjadi terpelajar. Sudah seharusnya kita memuliakan orang lain dengan ilmu kita.

Apalah artinya sekolah tinggi, cerdas, dan mengagumkan jika pada akhirnya kita hanya akan mengintimidasi orang lain karena kesombongan kita? Mari kita menjadi cahaya yang dapat menerangi sekitarnya, bukan menjadi api yang melenyapkan apapun di dekatnya.

Sekian pidato perpisahan saya. Atas kurang lebihnya, saya mohon maaf sedalam-dalamnya. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu, teman-teman, kakak dan adik kelas semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

15. Pidato perpisahan pegawai

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat sore Bapak/Ibu pimpinan

Selamat sore rekan-rekan semua.

Kalau saya menengok kembali ke belakang, tepatnya lima tahun yang lalu, rasanya berat untuk meninggalkan kantor ini. Di dalam kantor ini, saya banyak belajar tentang kehidupan. Bersama kalian, saya memiliki banyak kenangan yang pantas untuk dikenang.

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Sebagaimana yang rekan-rekan tahu, hari ini adalah hari terakhir saya berkarya di kantor ini. Mulai besok, saya tidak akan datang ke kantor ini lagi sebagai tim di sini. Saya telah mengajukan pengunduran diri.

Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang hebat selama lima tahun ini. Terima kasih atas sikap professional selama ini. Saya mohon maaf atas semua kesalahan dan kekurangan saya selama berada di dalam tim ini.

Jika kita bertemu di tempat lain, saya harap kita tak lupa untuk saling bertegur sapa. Di tempat inilah kita memulai persahabatan yang harapkan tidak akan terputus meski kita sudah tidak lagi berada di tempat yang sama.

Untuk rekan-rekan semua, saya harap Anda semua dapat meraih kesuksesan. Semoga perusahaan ini semakin jaya dan semakin maju. Dengan begitu, saya dapat cerita kepada keluarga saya bahwa saya pernah bekerja dengan tim terbaik. Semoga perusahaan ini semakin dicintai oleh para anggotanya.

Baik, rekan-rekan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas semuanya. Mohon maaf atas semuanya.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Lihat Juga : Contoh Majas Metafora

Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan Penuh Makna

Berikut ini kami sediakan beberapa contoh pidato perpisahan berbagai tema yang bisa Anda jadikan referensi saat membuatnya!

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Gambar 6

Gambar 7

Lihat Juga : Contoh Pantun Nasehat

Penutup

Perpisahan dapat menjadi momen yang sangat istimewa jika dirayakan dengan baik. Perayaan seperti tukar kado, pidato sederhana, dan berbagai aktivitas lainnya dapat membuat momen perpisahan menjadi lebih berkesan dan penuh dengan kenangan. Semoga kumpulan contoh teks pidato perpisahan di atas dapat berguna bagi Anda.

Apa tujuan utama dari sebuah pidato perpisahan?

Tujuan utama dari pidato perpisahan adalah untuk mengungkapkan perasaan, mengenang kenangan, dan memberikan ucapan selamat tinggal atau selamat datang kepada individu atau kelompok yang akan berpisah.

Mengapa pidato perpisahan sering kali mencakup penghargaan dan ucapan terima kasih?

Pidato perpisahan mencakup penghargaan dan ucapan terima kasih untuk mengakui kontribusi dan dukungan individu atau kelompok yang pergi atau datang. Ini adalah cara untuk menghormati upaya mereka dan mengekspresikan rasa terima kasih.

Apa peran pidato perpisahan dalam sebuah acara perpisahan?

Pidato perpisahan memiliki peran penting dalam sebuah acara perpisahan karena itu adalah cara formal untuk menghubungkan dan berkomunikasi dengan hadirin, mengungkapkan perasaan, dan mengenang momen bersama. Pidato juga dapat memberikan inspirasi dan pesan-pesan yang relevan untuk masa depan.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 5 Cara Transfer Pulsa Telkomsel via SMS, USSD dan MyTelkomsel Terbaru

    Ketahui bagaimana cara melakukan transfer pulsa Telkomsel di bawah ini!
  2. 10 Cara Melihat ID Akun Discord Sendiri di HP, PC, Tanpa Ribet!

    Berikut cara melihat ID Akun Discord di HP, PC dengan mudah!
  3. 10 Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di Microsoft Word

    Simak beberapa cara membuat simbol kurang lebih dengan mudah berikut ini