Cara Setting Ponsel Android Menjadi Modem Laptop atau PC

Dianisa.com – Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Laptop atau PC. Modem merupakan alat untuk menghubungkan antara Laptop dengan jaringan Internet, tanpa adanya modem laptop tidak akan dapat tersambung dengan internet. Selain modem, alat lain yang bisa digunakan untuk menghubungkan ke internet adalah WiFi. Wifi merupakan sebuah teknologi baru yang dapat memancarkan sinyal modem ke segala arah dengan jarak tertentu agar dapat digunakan oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang memiliki Wifi, biasanya hanya terdapat pada tempat-tempat tertentu yang memang menyediakan Wifi gratis seperti Cafe, Restoran, Minimarket, dan tempat-tempat lainnya.

Baca Juga :

Namun seiring perkembangan zaman, sebuah ponsel cerdas juga dapat digunakan sebagai Hotspot area atau WIfi area, mulai dari Android, IOS, Windows Phone, dan Blackberry. Dengan adanya fitur hotspot, tentunya kita dapat berbagi paket data internet dengan teman-teman. Selain Hotspot, Ponsel android juga bisa dijadikan modem untuk laptop atau PC. Mungkin dari pengguna android, hanya beberapa orang saja yang mengetahui bahwa ponsel android dapat dijadikan sebagai modem. Lalu, Bagaimana Cara Mengkoneksinya? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem PC

Ada 3 cara untuk menjadikan ponsel android sebagai modem laptop ataupun PC. Cara tersebut yaitu USB tethering, Portable Wi-Fi hotspot, dan Bluetooth tethering. Silahkan pilih satu yang anda inginkan.

Menggunakan USB tethering Sebagai Modem

1. Langkah pertama, pasang USB android anda ke port PC atau Laptop. Pastikan bahwa konektifitas android yang terhubung adalah “Media Device (MTP)”.

Menggunakan USB tethering Sebagai Modem

2. Kemudian masuk pada menu Setting > More/ Selengkapnya > Tethering & Portable Hotspot > USB Tethering (Centang).

Cara Menggunakan USB tethering Sebagai Modem PC

3. Maka secara otomatis, laptop akan menginstall device driver software, tunggu hingga proses instalasi selesai.

4. Selesai.

Menggunakan Hotspot WI-FI portable Sebagai Modem

Khusus langkah yang satu ini tidak perlu menggunakan kabel USB, sehingga lebih praktis dan lebih cepat.

1. Sama seperti langkah sebelumnya, anda harus masuk pada menu Setting > More/ Selengkapnya > Tethering & Portable Hotspot > Portable WI-FI Hotspot (Centang).

Menggunakan Hotspot WI-FI portable Sebagai Modem Laptop

2. Secara otomatis PC atau Laptop anda akan mendeteksi Wifi Smartphone Android anda. Segera sambungkan agar dapat terhubung dengan jaringan internet.

Cara Menggunakan Hotspot WI-FI portable Untuk Laptop

3. Selesai.

Menggunakan Bluetooth Tethering Sebagai Modem

Pastikan bahwa laptop milik anda juga memiliki fitur Bluetooth agar dapat terhubung dengan android anda. Apabila sudah terdapat fitur Bluetooth, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Pertama masuk pada menu Setting > More/ Selengkapnya > Tethering & Portable Hotspot > Bluetooth Tethering (Centang).

Menggunakan Bluetooth Tethering Sebagai Modem Laptop

2. Kemudian nyalakan fitur Bluetooth yang ada pada Laptop atau PC anda, Maka secara otomatis koneksi internet hp Android anda akan di sambungkan ke laptop.

3. Selesai.

Baca Juga :

Itulah Cara Menjadikan Smartphone Dan Tablet Android Sebagai Modem Laptop, semoga dengan cara tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna android. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here