Cara Merekam Layar Android

Dianisa.com – Cara Rekam Layar HP Android Dengan Aplikasi AZ Screen Recorder Tanpa Root. Salah satu hal yang mungkin membuat Users Android penasaran adalah Bagaimana Cara Merekam Layar Android? Apakah Hal Itu Bisa Dilakukan Atau Tidak? Jawabannya tentu bisa, namun tergantung dari Sistem Operasi itu sendiri. Jika OS Android sudah diatas Kitkat 4.2, maka hal tersebut tentu bisa dilakukan, namun jika dibawah Kitkat 4.2 mungkin akan serasa sangat sulit untuk dilakukan.

Baca Juga :

Beberapa pengguna Android tentunya ingin sekali merekam aktifitas tertentu yang dilakukan pada Layar Android. Setiap orang tentunya memiliki Tujuan tersendiri dalam merekam Layar Android. Pada umumnya, seseorang yang merekam layar biasanya ingin membuat Tutorial/ Reviews mengenai Smartphone Android. Seperti misalnya Tutorial Root Android Dengan Aplikasi Root, atau mungkin ingin merekam Layar Saat Bermain Game. Hal ini tentunya bisa menjadi moment yang seru dan mengasyikkan.

Dalam merekam Layar Android tentunya anda membutuhkan aplikasi Tambahan atau aplikasi dari Pihak ketiga. Tanpa Aplikasi tentunya anda tidak akan pernah bisa merekam. Sebenarnya anda banyak Aplikasi Screen Recorders Gratis di Google Play Store, baik tanpa Root ataupun dengan root. Namun sebagai contohnya, saya akan memberikan tutorial Screen Record Android dengan Aplikasi AZ Screen Recorder. Untuk Lebih jelasnya, silahkan anda simak tutorial singkatnya berikut ini.

Cara Merekam Layar HP Android Tanpa Root

AZ Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar gratis untuk smartphone dan Tablet Android. Dengan aplikasi tersebut, anda bisa merekam layar dengan mudah dan cepat, serta tidak perlu ribet. Aplikasi AZ Screen Recorder tidak membuhkan akses root, sehingga anda tidak perlu pusing harus Root segala macam. Aktifitas di Layar Android anda bisa anda rekam dengan kualitas yang sangat baik, mulai dari Gaming, Video Call, Membuat Tutorial/ Reviews Aplikasi, dan lainnya. Untuk Lebih Jelasnya, silahkan anda ikuti langkah – langkah merekam layar Android dibawah ini.

  1. Langkah pertama, unduh dan install aplikasi AZ Screen Recorder Melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download AZ Screen Recorder Via Google Play Store
  2. Sebelum mulai merekam, sebaiknya anda setting dulu Aplikasi tersebut supaya hasil Rekaman juga lebih Optimal. Tekan tombol Settings (tombol kedua dari kiri) untuk mengakses menu Pengaturan dari Aplikasi tersebut. Pada bagian tersebut, anda dapat mengatur tingkat bit-rate video (semakin tinggi detail video semakin baik tetapi ukurannya semakin besar), resolusi, frame rate (semakin tinggi frame rate, maka video semakin mulus jalannya), memilih direktori penyimpanan video (output directory), dan lainnya. Untuk hal lainnya, silahkan anda setting sendiri sesuai keinginan anda.
  3. Jika sudah melakukan pengaturan, kembalilah ke bagian Home smartphone Android anda. Untuk mulai merekam, anda bisa klik “Record” (Bagian Kiri) untuk merekam Layar Android. Apabila nantinya muncul pesan error bertuliskan “opsi Don’t show again” maka sebaiknya hilangkan centang pada bagian tersebut supaya nanti tidak muncul kembali. Tap “Start” untuk memulai merekam Layar Android.
  4. Selanjutnya proses merekam akan berjalan. Setelah itu, anda tinggal melakukan Aktiftas tertentu pada Layar Smartphone Android anda. Proses rekam tidak ada batasan waktu, tergantung dari besaran Memori Internal dan Eksternal yang anda miliki.
  5. Untuk Menghantikan atau Pause sementara waktu, anda bisa geser bar Notifikasi tersebut dan kemudian pilih Stop pada Icon Notifikasi tersebut.
  6. Tekan tombol Output Directory (tombol ketiga di menu) untuk melihat semua Video rekaman dari yang pertama sampai yang terakhir.
  7. Selesai.

Itulah cara sederhana yang bisa anda terapkan untuk merekam layar di HP Android anda. Aplikasi tersebut bisa anda install pada perangkat Android seperti Samsung, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Advan, Acer, Smartfreen andromax, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, ZTE, Vivo, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Merekam Layar Android Mudah dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Bagikan juga artikel ini melalui Sosial Media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here