4 Cara Mengganti Icon Folder di Windows

Icon folder merupakan gambar icon pada sebuah berkas / folder yang ada pada file explorer di Windows anda.  Secara default, icon folder di Windows berbentuk berkas coklat, sedangkan dibeberapa bagian disesuaikan dengan file yang didalamnya. Semisal, file berisikan musik atau audio, maka foldernya berbentuk nada. Sedangkan dokumen, foldernya berbentuk file dokumen.

Namun hal ini hanya terjadi pada folder default Windows untuk users. Meskipun demikian, anda tetap dapat mengganti atau mengubahnya sesuai keinginan. Ketika anda membuat folder baru maka icon foldernya secara otomatis menggunakan icon default (berkas warna coklat).  

Sebagian pengguna mungkin merasa tidak masalah dengan default icon folder tersebut, namun beberapa ingin mengubahnya menjadi icon folder lain, sesuai dengan isi yang ada didalamnya. Sebagai pengguna, tentu saja anda bisa mengganti icon folder secara mudah, dan tanpa aplikasi tambahan apapun.

Semisal anda ingin mengganti icon foldernya menjadi icon musik, film, dokumen, dan lainnya. Atau bisa juga dengan menggunakan kostum gambar sendiri. Lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Menghilangkan Notifikasi di Windows 10

4 Cara Mengubah Icon Folder Windows 7, 8, 10

Melalui artikel ini, saya akan berbagi beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk mengganti icon folder dari daftar icon yang telah tersedia, menggunakan gambar sendiri, dan icon folder pada aplikasi. Berikut opsi dan langkah-langkahnya…

1. Cara Mengganti Icon Folder Windows 7, 8, 10

Yang pertama, anda bisa mencoba mengganti icon pada folder yang anda inginkan. Caranya sangat mudah, hanya dengan beberapa langkah saja, anda bisa sukses mengganti icon folder. Cara ini bisa anda lakukan pada Windows XP, 7, 8, 10, atau yang paling baru saat ini.

Pertama, pastikan anda telah membuat folder, atau pilih salah satu folder yang anda ingin ganti iconnya. Klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih Properties.

1 Properties Folder Windows

Masuk pada fitur Properties folder, anda pilih bagian Customize, kemudian klik Change Icon.

2 Change Icon Folder Windows

Setelah itu, anda bisa pilih icon mana yang diinginkan. Sebagai contoh, saya memilih salah satu icon yang ada dibagian tersebut. Jika sudah, klik OK, lalu Apply, dan OK lagi.

3 Ganti Icon Folder Windows 10

Dan bisa anda lihat icon folder tersebut telah merubah sesuai dengan pilihan icon yang diinginkan.

4 Hasil Icon Folder Windows

2. Cara Mengganti Icon Folder dengan Gambar Sendiri

Selain menggunakan icon folder yang telah tersedia, anda juga dapat menggunakan gambar sendiri. Gambar icon ini bisa anda unduh dari internet atau membuatnya sendiri menggunakan Adobe Photoshop atau Illustrator. Dan pastikan icon tersebut berformat .ico.

Pada bagian pemilihan icon dibawah ini, anda bisa pilih Browse untuk memilih icon folder sesuai keinginan anda.

1 Mengganti Icon Folder dengan Gambar Sendiri

Jika telah terlihat, klik icon pilihan anda, kemudian klik Open.

2 Kostum Icon Folder Windows 7

Kemudian klik OK untuk menambahkannya, klik Apply, dan OK lagi.

3 Mengubah Icon Folder Windows

Dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Icon berubah sesuai dengan pilihan yang diinginkan.

4 Hasil Kostum Icon Folder Windows

Lihat Juga : Cara Menghilangkan Icon Tanda Panah Shortcut Windows

3. Cara Mengganti Icon pada Aplikasi

Selain pada folder, anda juga dapat mengganti icon pada aplikasi atau software yang terinstal di Windows anda. Langkah-langkahnya hampir sama seperti mengubah icon pada folder, anda bisa klik kanan, pilih Properties, dan seterusnya sampai pada pilihan icon.

Klik kanan pada aplikasi yang ingin anda ganti iconnya. Kemudian pilih Properties.

1 Mengganti Icon Aplikasi Windows

Pada fitur Properties, pilih Shortcut, kemudian klik Change Icon.

2 Mengganti Shortcut Icon Aplikasi Windows

Selanjutnya, pilih icon yang anda inginkan, bisa dari default sistem atau kostum dengan klik Browse. Jika sudah memilih, klik OK, Apply, dan OK lagi.

3 Mengganti Icon Software Windows

Dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

4 Mengubah Gambar Icon Aplikasi Windows

4. Mengembalikan Icon Folder seperti semula

Saya ingin mengembalikan icon pada kondisi semula, bisakah dilakukan? Tentu saja bisa, anda bisa mengembalikan icon folder atau aplikasi yang sebelumnya anda ganti ke icon default. Untuk melakukannya, anda bisa masuk pada fitur Properties icon seperti pada langkah sebelumnya.

Pada pilihan berikut, anda bisa klik bagian Restore Defaults, yang nantinya akan membuat icon kembali pada posisi default kemudian klik OK. Klik Apply, dan OK.

1 Mengembalikan Icon Folder seperti semula

Dan terlihat icon folder dibawah ini kembali pada posisi default. Cukup mudah bukan!!

2 Restore default Icon Folder Windows

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.