5 Cara Mengonversi File PDF ke Word 2024

Ketahui beberapa cara mengubah file PDF ke Word berikut ini!

Hidup di era teknologi yang semakin canggih saat ini, dokumen digital seperti PDF telah menjadi salah satu format file penting dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Terutama dibidang pekerjaan atau pendidikan yang mengharuskan kita menggunakan file PDF untuk mempublikasikan dokumen secara online dan offline. Hal tersebut memang tidak bisa kita pungkiri, karena file PDF memiliki banyak kelebihan yang tidak ada di format dokumen lainnya.

Beberapa di antaranya keunggulan yang paling utama yaitu file PDF mendukung di semua perangkat desktop dan mobile. Tidak hanya soal kompatibilitasnya saja, format file ini juga dirancang untuk mempertahankan tampilan dan format dokumen yang konsisten. Apalagi dengan dukungan fitur kata sandi dan enkripsi, file PDF mampu menjaga kerahasiaan dan integritas informasi dalam dokumen.

Meskipun file PDF memiliki banyak sekali kelebihan sebagai format dokumen digital, bukan berarti format file ini tidak memiliki kekurangan. Adanya keterbatasan pengguna dalam mengedit file telah membuat sebagian pengguna merasa kesulitan jika ingin mengubah isi file. Inilah mengapa alat konversi PDF ke Word sangat dibutuhkan dan dicari oleh banyak pengguna internet. Oleh karena itu melalui artikel kali ini kami akan bagikan beberapa cara mengonversi PDF ke Word dengan mudah dan cepat!

Lihat Juga : 12 Cara Membuat File PDF di HP, PC, Laptop!

Cara Mengonversi PDF ke Word

Di sini kami telah menyediakan lebih dari 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah file PDF menjadi format Word. Dengan adanya layanan konversi ini, akan memudahkan proses editing PDF dan membantu meningkatkan produktivitas keseharian Anda. Langsung saja, berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

1. Gunakan WorkinTool PDF Converter

WorkinTool PDF Converter

Tips pertama yang kami rekomendasikan yaitu menggunakan layanan WorkinTool PDF Converter. Situs ini menyediakan berbagai macam konversi PDF yang bisa Anda manfaatkan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya, salah satu di antaranya yaitu konversi PDF ke Word. Bagaimana caranya? Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, akses link berikut ini : WorkinTool PDF Converter.
  2. Kemudian klik ikon (+) di tengah halaman untuk menambahkan file PDF yang akan dikonversi » cari file PDF, lalu klik Open.
  3. Jika sudah ter-upload, klik Convert.
  4. Tunggu beberapa saat proses konversi file.
  5. Setelah konversi berhasil, klik Download untuk menyimpannya ke dalam perangkat Anda.
  6. Selesai.

Ada beberapa alasan mengapa kami merekomendasikan layanan itu untuk Anda. Misalnya dalam hal konversi PDF ke Word, hasil file Word yang dikonversi akan tetap sama seperti PDF aslinya tanpa mengubah konten atau pemformatan sama sekali. Selain itu keamanan file pasti terjamin, karena file yang diunggah akan dihapus secara permanen dari server WorkinTool setelah 24 jam.

Tidak hanya menyediakan versi gratis saja, WorkinTool juga memberikan penawaran menarik bagi Anda yang ingin berlangganan dengan layanannya. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan bisa berupa tidak terbatasnya ukuran file yang akan dikonversi, dukungan teknisi 24 jam, dan fitur lainnya yang tidak Anda dapatkan di versi gratisnya. Jika Anda tertarik menggunakannya, Anda bisa gunakan kode: pdf-dianisa untuk mendapatkan diskon pembelian hingga 50%.

Lihat Juga : 150 Stiker WA Lucu, Bergerak

2. Jalankan Microsoft Word         

Convert File PDF ke Word via MS Word

Microsoft Word merupakan program pengolah kata buatan Microsoft. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membuat atau mengedit dokumen untuk kegiatan produktivitas keseharian Anda. Tidak hanya sebatas format .doc atau .docx, Microsoft Word kini telah mendukung banyak format dokumen termasuk format PDF. Oleh karena itu, Anda bisa mengubah file PDF ke Word menggunakan Microsoft Word dengan mudah. Berikut caranya.

  1. Pertama, buka file PDF Anda menggunakan Office Word, bisa melalui klik kanan » Open With atau membuat dokumen baru dan pilih File » Open.
  2. Dan untuk mengubahnya menjadi Word, Anda bisa menyimpannya dengan klik File » Save as » Browse, lalu tentukan tempat penyimpanan file Anda.
  3. Pastikan bagian “Save as type” terpilih Word Document. Klik Save untuk menyimpan.
  4. Selesai.

3. Gunakan Adobe Acrobat DC

Konversi PDF via Adobe Acrobat DC

Adobe Acrobat DC merupakan software yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang dirancang khusus untuk mengelola, membuat, mengedit, hingga mengonversi format PDF. Melalui satu paket aplikasi ini, Anda bisa melakukan aktivitas apa saja terkait file PDF Anda, seperti mengubah format, menambahkan watermark, memberikan sandi PDF, hingga menggabungkan file.

  1. Pertama, buka software Adobe Acrobat DC yang Anda miliki.
  2. Di bagian menu Home » pilih Computer, kemudian masukkan file pdf yang ingin Anda konversikan.
  3. Kemudian di bagian sisi kanan, pilih opsi Export PDF.
  4. Lalu akan muncul beberapa opsi pilihan seperti Word, Powerpoint, Image, dan sebagainya. Pilih Microsoft Word, kemudian klik Export.
  5. Lalu tentukan folder penyimpanan yang Anda inginkan. Klik Choose a different folder untuk menentukannya. Lalu klik Save.
  6. Setelah konversi file selesai, secara otomatis file word akan terbuka.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 400 Nada Dering Lucu Lengkap Terbaru

4. Gunakan Google Docs

Konversi PDF ke Word via Google Docs

Google Docs merupakan salah satu layanan yang dikeluarkan oleh Google untuk pengguna agar bisa mengelola file .doc secara online. Dengan fitur dan layanan yang disediakannya, di sini Anda juga bisa mengubah format PDF menjadi Word dengan mudah. Ingin tahu caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Catatan : Pastikan file PDF Anda telah tersimpan di Google Drive. Jika belum, maka upload terlebih dahulu.

  1. Pertama, silakan Anda buka halaman Google Drive berikut : http://drive.google.com/.
  2. Lalu klik kanan file PDF yang ingin diubah » klik Open with » pilih Google Document.
  3. Tunggu beberapa saat hingga dokumen PDF terbuka.
  4. Kemudian pilih menu File » Download » Microsoft Word (.docx). Dan secara otomatis file akan ter-unduh dalam bentuk Word.
  5. Selesai.

5. Ubah PDF ke Word dengan SmallPDF

PDF to Word Converter SmallPDF

SmallPDF merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan konversi file PDF secara gratis. Layaknya situs konversi pada umumnya, SmallPDF juga menawarkan beragam jenis konversi seperti Word ke Excel, JPG, PPT dan yang lainnya.

  1. Pertama, Anda buka halaman konversi smallpdf.com.
  2. Selanjutnya, klik Pilih file untuk upload file pdf yang ingin Anda konversikan.
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai.
  4. Setelah itu, pilih bagian Konversikan ke Word. Kemudian klik Pilih Opsi.
  5. Dan proses konversi akan dilakukan. Jika sudah selesai, klik Unduh untuk melihat hasilnya.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 100 Background Foto Wisuda Kekinian

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengedit isi file PDF. Anda bisa memulainya dengan aplikasi WorkinTool PDF Converter, Adobe Acrobat DC, Microsoft Word hingga Google Docs. Namun setelah konversi file Anda selesai, pastikan kembali isi dan kualitas dokumen yang dihasilkan sesuai file PDF aslinya seperti tata letak, format, tabel, grafik dan gambar. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti file rusak, isi tidak sesuai dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan mengenai konversi file PDF ke Word di atas. Silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa manfaat dari penggunaan file PDF?

Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika menggunakan file PDF sebagai format dokumen digital. Misalnya seperti konsistensi format, mendukung di banyak perangkat, tingkat keamanan dan privasi terjamin, dokumen interaktif, mudah dicetak, fleksibilitas penggunaan dan masih banyak lagi.

Apa kelemahan file PDF?

Meskipun file PDF telah menjadi salah satu format file yang paling populer digunakan untuk berbagai kebutuhan dokumen, ternyata file PDF juga memiliki kekurangan yang sering membuat banyak pengguna merasa kesulitan. Salah satu kelemahan file PDF yang paling meresahkan yaitu sulitnya di edit secara langsung. Meskipun saat ini ada banyak sekali alat yang mampu mengedit PDF, namun prosesnya terkadang tidak sefleksibel.

Bagaimana cara konversi PDF ke Word tanpa aplikasi?

Cukup mudah, Anda bisa gunakan layanan dari WorkinTool PDF untuk mengonversi file PDF ke Word secara online dan gratis. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut:
(1) Pertama, kunjungi situs berikut : WorkinTool PDF to Word.
(2) Kemudian klik icon (+) untuk upload file PDF Anda.
(3) Jika sudah, klik Convert. Setelah konversi file berhasil, klik Download untuk mengunduh file tersebut.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Wahyu Setia Bintara

Saya adalah penulis dan editor di Dianisa.com. Sebagai penulis, saya berfokus pada tema Android dan Windows. Saya memiliki ketertarikan pada semua hal yang berhubungan dengan multimedia dan media digital.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Windows 11, 10, 8, 7

    Anda bisa mencoba beragam tips mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 11, 10, 8,…
  2. 10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Samsung

    Smartphone SAMSUNG merupakan salah satu smartphone yang cukup terkenal dan menjadi saingan dari Apple karena build…
  3. Logo Bank Nagari PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Bank Nagari PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…