Penjelasan Mengenai EDGE dan HSDPA di Android

Dianisa.com Apa Pengertian Mengenai Istilah EDGE, WCDMA, dan HSDPA di Android. Internet merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa terhindarkan oleh pengguna smartphone dan tablet android. Komunikasi dan informasi dapat di temukan pada Internet mulai dari Sosial Media, Gaming, Browsing, Chatting, dan lainnya. Tak terkecuali, Video Streaming menjadi perhatian utama sebagai informasi dan hiburan yang menarik dan seru.

Baca Juga :

Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara mengenai konektifitas yang ada pada Android seperti EDGE, WCDMA, dan HSDPA. Koneksi atau Sinyal tersebut ada pada smartphone Android. Selain itu, Komputer dan laptop juga memilikinya. Lalu apa sebenarnya pengertian dan perbedaan dari EDGE, WCDMA, dan HSDPA pada Smartphone Android? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Perbedaan Mendasar Antara EDGE, WCDMA, dan HSDPA

Smartphone Android dilengkapi dengan koneksi antara 2G/3G/ dan bahkan ada yang sudah sampai 4G. Dari koneksi tersebut muncul Istilah EDGE, WCDMA, dan HSDPA. Dari beberapa istilah tersebut, tentu yang paling bagus adalah HSDPA dengan kecepatan 10x lipat lebih baik dari EDGE. Untuk lebih jelas dan detailnya, silahkan anda baca ulasannya singkatnya dibawah ini.

EDGE

EDGE atau Enhanced Data rates for GSM Evolution adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. Tujuan pengembangan teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, efesiensi spektrum, dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas.

Pengaplikasian EDGE pada jaringan GSM fase 2+ seperti GPRS dan HSCSD dilakukan dengan penambahan lapisan fisik baru pada sisi Radio Access Network (RAN). Jadi tidak ada berubahan di sisi jaringan inti seperti MSC, SGSN, ataupun GGSN.

EDGE merupakan teknologi dengan kecepatan transfer data hingga 384 kbps dan secara teori dapat mencapai 473,6 kbps. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kecepatan teknologi EDGE secara umum tiga kali lebih besar dibandingkan dengan teknologi GPRS.

WCDMA

Wideband Code-Division Multiple Access atau biasa ditulis Wideband-CDMA atau W-CDMA, merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM, biasa disebut juga UMTS (Universal Mobile Telecommunication System). Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja.

Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps dan dimasa akan datang akan meningkat sampai mungkin sekitar 10Mbps. Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive Multi-rate) untuk kodifikasi suara (voice codec) sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya.

HSDPA

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G.

HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam.

Mana Yang Lebih Cepat Antara EDGE dan HSDPA?

Apakah koneksi Internet Android anda lemot? Jika ya, kemungkinan anda belum pernah mencoba mengatur konektifitas Android supaya berada pada posisi HSDPA/ WCDMA. Perlu anda ketahui bahwa koneksi EDGE pada Android merupakan koneksi paling bawah dan paling lambat. Dan untuk koneksi Paling cepat tentunya menggunakan koneksi HSDPA. Atau yang lebih baiknya lagi menggunakan koneksi 4G-LTE (Tidak Semua Smartphone).

Menariknya HSDPA bisa 10 kali lebih cepat dibanding EDGE. Maka, sebaiknya coba setting Android anda pada posisi HSDPA supaya sinyal yang anda dapatkan lebih baik dan koneksi internet anda lebih cepat dari sebelumnya. Aktifitas Internet anda seperti Streaming, Video Call, Chatting, dan Browsing akan lebih cepat dan lancar.

Sedikit Informasi bahwa koneksi HSDPA memang lebih cepat dan lancar dibanding EGDE. Tapi untuk masalah baterai Smartphone, HSDPA membutuhkan daya yang lebih besar. Jika misalnya koneksi EDGE anda gunakan untuk internetan maka akan bertahan selama 8 jam, sedangkan HSDPA hanya akan bertahan selama 5 jam kedepan.

Sinyal EGDE Full, Sinyal HSDPA Naik Turun, Lalu Mana Yang Lebih Baik?

Seperti yang saya katakana diatas bahwa Sinyal HSDPA jauh lebih baik dibanding sinyal EDGE. Meski sinyal EGDE penuh, sedangkan sinyal HSDPA sedikit tetap saja masih lebih baik sinyal HSDPA. Seperti misalnya pada Bar Notifikasi terlihat sinyal EDGE penuh, sedangkan Sinyal HSDPA hanya 1 atau 2 maka tetap saja masih lebih baik sinyal HSDPA.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Perbedaan Mendasar Antara EDGE, WCDMA, Dan HSDPA Pada Ponsel Android. Bagikan artikel ini melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih !!

Dikutip dari beberapa sumber : Wikipedia.org, SitiSyarah.info

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here