Menjaga Smartphone Supaya Tetap Aman

Dianisa.comTips Cara Menjaga Smartphone Android Supaya Tetap Aman. Terhindar Dari Serangan Hacker. Semakin banyaknya pengguna gadget maka semakin banyak pula hacker yang bermunculan. Entah itu melalui situs online ataupun teman anda sendiri hacker tersebut. Seseorang yang memiliki gadget wajib hukumnya untuk mengamankan dengan berbagai cara agar orang lain tidak bisa membuka, melihat, ataupun mencuri data Penting yang kita miliki.

Baca Juga :

Tidak hanya smartphone saja, keamanan juga penting untuk komputer atau laptop. Perlu anda ketahui bahwa jenis virus komputer dan android semakin lama semakin banyak dan tentunya anti virus juga perlu dikembangkan agar virus langsung terhapus atau ter-delete secara otomatis.

Hal dasar untuk mengamankan smartphone android yakni dengan memasang anti virus, tapi hal itu tidaklah cukup, ada banyak cara lain yang harus anda terapkan lagi agar orang lain kesusahan dalam mengakses isi dari android anda. Mau tau bagiamana caranya, berikut langkah – langkahnya untuk anda.

#1. Kunci Layar Android Anda

Cara paling gampang yakni dengan mengunci layar android. Mode atau jenis kunci bermacam – macam mulai dari PIN, Password, atau Pattern Lock. Dengan mengunci layar android setidaknya android anda jauh lebih aman dibanding tidak memasang kunci sama sekali.

Untuk menghindari ke-isengan teman anda, atau ingin privasi anda benar – benar terjaga maka dengan kunci android-lah anda bisa aman. Baru – buru ini katanya sudah hadir smartphone dengan mode kunci sidik jari. Hal tersebut tentu akan membuat keamanan benar – benar terjamin karena hanya anda nantinya yang bisa membuka layar android.

#2. Update OS dan Aplikasi

Setiap kali Google memperbaharui sistem android-nya tentunya para pengguna android ingin cepat – cepat menikmati fitur terbaru dari OS tersebut. Sebagai pengguna tentunya anda juga harus mengupdate OS Android, selain mendapatkan tampilan terbaru, tentunya anda juga akan mendapatkan fitur keamanan yang lebih baik yang tidak ada di OS Sebelumnya.

Tidak hanya OS Android, Aplikasi Android-pun juga harus anda update. Hal ini juga bertujuan agar anda mendapatkan fitur terbaru, keamanan terbaru, tampilan terbaru, dan menghapus bugs – bugs error dari aplikasi tersebut.

#3. Download Aplikasi Dari Situs Terpercaya

Pastikan anda mengunduh aplikasi dari situs yang terpercaya, misalnya Google Play Store. Jika anda mengunduh dari market store yang terpercaya tentunya tidak akan ada virus atau software hack yang masuk ke android anda. Dari informasi yang saya dapatkan, ternyata Aplikasi android sudah mencapai 1 milyar, maka dari itu anda harus teliti dalam mengunduh dan menginstall aplikasi.

Apabila anda ingin mengunduh aplikasi berformat Apk, anda bisa mengunduh dari JalanTikus.com. Selain mudah, jalan tikus menyediakan aplikasi yang aman untuk dipakai dan tidak terdeteksi virus atau malware berbahaya.

#4. Matikan Wifi Dan Bluetooth Jika Tidak Dipakai

Tidak perlu mengaktifkan wifi dan Bluetooth jika tidak sedang mengakses internet atau berkirim file. Tujuannya sederhana, agar tidak ada orang lain yang bisa mengakses informasi pribadi anda dari jarak jauh.

Hacker punya banyak cara dalam memanipulasi teknologi disekitar kita, untuk itulah kita harus selalu berhati – hati dalam menghubungkan konektifitas yang ada. Jangan sembarangan dalam mengakses Wifi, anda harus pastikan dulu bahwa Wifi tersebut aman dan tidak ada sangkut paut dengan informasi pribadi anda.

#5. Install Aplikasi Keamanan

Aplikasi keamanan yang dimaksud yakni anti virus dan firewall. Selain mencegah virus masuk ke android, firewall internet bertujuan untuk mengamankan anda saat sedang membuka situs. Banyak sekali aplikasi security yang canggih dan dapat membantu anda seperti CM Security, 360 Security, AVG Antivirus Security, Kapersky Internet Security, Norton Mobile Security, App Lock, LockOut, dan lain – lain.

Aplikasi keamanan akan terus melakukan scanning pada saat ada file masuk ke android mulai dari Foto, video, musik, dan aplikasi dari internet. Malware dan program hacking tidak akan bisa masuk apabila anda menginstall aplikasi diatas.

Baca Juga :

#6. Backup Data Penting Android Anda

Backup semua data penting anda secara online agar nantinya jika terjadi hal yang tidak diinginkan, anda bisa mengunduh atau mengembalikan data penting tersebut. Data yang hilang atau terformat tentu akan membuat anda bingung tujuh keliling. Untuk itulah anda perlu backup dengan aplikasi Verizon Backup Assistant Plus dan Verizon Cloud yang nantinya semua data anda akan dibackup secara penuh mulai dari musik, film, video, dokumen, dan file – file lainnya.

Atau jika anda tidak mau repot, anda bisa backup data anda ke komputer. Hanya dengan copy paste maka semua file yang ada di android anda akan aman. Pada umumnya data file yang paling penting yakni Foto, Mengapa? Karena foto merupakan kenangan yang tidak dikembalikan lagi apabila sudah terhapus.

#7. Hindari Memberikan Informasi Pribadi Ke Orang Lain

Apabila anda mendapatkan pesan yang bertujuan meminta username dan password jangan percaya langsung, anda harus pastikan bahwa anda benar – benar mendapat informasi dari institute yang terpercaya. Banyak sekali modus penipuan yang beredar luas, mulai dari email, pesan, telepon, chat dan lain – lainnya. Semua itu bertujuan untuk mencuri data login anda agar dapat mencuri semua informasi yang anda miliki.

Selain pesan, terkadang ada juga situs yang membutuhkan login facebook untuk mengunduh sesuatu yang ternyata situs tersebut ingin memiliki email dan kata sandi facebook yang anda. Jangan sampai hal ini terjadi pada diri anda.

#8. Atur Android Device

Apabila android anda sudah menggunakan OS Android Lollipop 5.0, anda bisa mengaktifkan fitur Factory Reset Protection. Fitur tersebut bertujuan agar nantinya disaat ada orang lain yang ingin melakukan riset pada android anda maka akan membutuhkan login akun google. Artinya apabila ada orang lain yang menemukan atau mencuri android anda, setidaknya anda bisa meninggalkan jejak dari OS Android itu sendiri.

Lebih jitunya lagi apabila android anda dilengkapi dengan sidik jari tentu semua orang tidak akan bisa membukanya kecuali diri anda sendiri.

Dengan mengikuti tips – tips diatas, dijamin smartphone android anda pasti lebih aman dibanding sebelumnya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, dan lebih baik berjaga – jaga daripada kehilangan.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Mengamankan HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin menambahkan atau ingin bertanya sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih 🙂

Sumber Referensi : 
http://www.gantekno.com/2015/03/cara-menjaga-smartphone-android-tetap-aman.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here