Membuka File RAR dan ZIP di HP Android

File RAR dan ZIP merupakan salah satu file kompres dari beberapa file yang dijadikan menjadi satu, tergantung dari banyaknya isi file dari RAR dan ZIP tersebut. Anda pasti sudah terbiasa dengan file RAR dan ZIP di laptop atau komputer Windows, itupun kebanyakan pasti dari internet, baik itu mengunduh sofware, dokumen, picture, atau yang lainnya.

Apa itu File ZIP?

ZIP adalah standar pemampatan data (data compression) yang paling populer, diciptakan oleh Phil Katz. Dengan pemampatan data, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien.

Berkas-berkas ZIP dapat diawamampatkan (decompress) dengan berbagai macam program perangkat lunak gratis (freeware) maupun perangkat lunak uji coba (shareware), seperti Winzip. Winzip juga mampu melakukan proses pemampatan dengan standar ZIP.

Untuk membuka file RAR dan ZIP tentu akan lebih mudah jika menggunakan komputer ataupun laptop.

Bagaimana dengan smartphone Android? Untuk membuka file RAR dan ZIP dapat dilakukan dengan WinRAR atau WinZIP. Aplikasi tersebut dapat membuka, mengedit, membuat, dan meng-ekstrak File RAR dan ZIP dengan mudah dan cepat.

Lihat Juga : Membuka File Word, Excel, Powerpoint, & PDF di HP

Membuka File RAR dan ZIP di Android

Untuk membuka file RAR dan ZIP di Android, anda membutuhkan aplikasi tambahan bernama RAR. Aplikasi tersebut bisa anda gunakan untuk membuka, mengedit, membuat, dan meng-ekstrak file RAR dan ZIP.

Sebenarnya tidak hanya File RAR dan ZIP, tetapi bisa juga file lainnya seperti TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, ARJ archives. Jika anda penasaran mengenai cara membuka file RAR dan ZIP, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Membuka File RAR dan ZIP di Android
  • Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi RAR melalui Google Play. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]
  • Setelah berhasil mengunduh dan memasang, selanjutnya buka aplikasi RAR tersebut. Dan secara otomatis akan terlihat semua file dan berkas yang ada pada memori internal dan eksternal Android anda.
  • Untuk membuka file RAR atau ZIP, anda bisa mencarinya langsung pada aplikasi tersebut. Cari file RAR yang ingin anda buka, maka secara otomatis pasti akan terbuka.
  • Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Convert PDF ke Word di Komputer & Android

Rekomendasi Aplikasi Ekstrak File RAR & ZIP lainnya

Selain menggunakan aplikasi RAR, berikut beberapa rekomendasi lain yang mungkin bisa anda coba gunakan.

#1. RAR & ZIP File Extractor

RAR & ZIP File Extractor

Rekomendasi pertama, anda bisa gunakan RAR & ZIP File Extractor dari Noble Gracious. Melalui aplikasi ini, anda bisa membuka, mengedit, dan meng-ekstrak file RAR secara lebih mudah dan cepat hanya dalam hitungan detik.

Dukungan file juga cukup beragam, seperti TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, dan ARJ. Menariknya lagi, anda juga dapat mengamankan file RAR dengan password menggunakan aplikasi ini.

[Google Play] [App Store]

#2. B1 Archiver ZIP RAR

B1 Archiver ZIP RAR

Selanjutnya adalah B1 Archiver besutan B1 Grup Software. Melalui aplikasi ini, anda bisa melakukan manajemen file yang terkompres dengan format RAR atau ZIP. Dukungan format cukup banyak, dari yang paling populer (ZIP dan RAR) serta 34 format file lainnya.

Untuk yang versi pro, anda bisa menggunakannya tanpa iklan. Jika tertarik, anda bisa langsung kunjungi link Google Play-nya.

[Google Play] [App Store]

#3. ZArchiver

ZArchiver

ZArchiver dari ZDevs juga merupakan archive manajemen yang cukup baik. Sebagai pengguna, anda dapat melakukan banyak hal seperti kompres, dekompres, menambahkan password, dan lainnya.

Tertarik mencoba, unduh aplikasi langsung dari Google Play.

[Google Play] [App Store]

Smartphone Terbaru Sudah Dibekali Fitur RAR

Google Play memang banyak menyediakan kebutuhan untuk membuka ataupun mengedit file RAR dan ZIP, dan karena perkembangan smartphone yang terus meningkat, baik dari segi spesifikasi dan fiturnya, sebagian smartphone telah dibekali dengan fitur membuka atau ekstrak file RAR dan ZIP.

Artinya, jika anda saat ini menggunakan smartphone keluaran terbaru maka kemungkinan sudah support untuk membuka file RAR. Jadi anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan.

Tapi jika anda ingin menginstal-nya juga tidak masalah, mengingat fitur-nya pasti lebih banyak ketimbang yang bawaan sistem.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.