Cara Memblokir & Membuka Blokir Teman di Facebook

Facebook memang identik dengan yang namanya pertemanan, dan sampai saat ini Facebook membatasi pertemanan dengan maksimal 5000 teman. Dan apabila melebihi jumlah tersebut, pengguna yang ingin menambahkan hanya akan menjadi followers atau pengikut. Dan inilah yang menjadi keunikan dari Facebook itu sendiri.

Setiap orang atau sebagian dari pengguna Facebook, termasuk anda pasti merasa kesal dengan pengguna lain yang biasa mengganggu anda, tidak suka dengan anda, selalu komentar negatif, bully, dan lainnya. Ini tentu menjadi kekesalan yang nyata yang banyak terjadi di sosial media. Solusi dari permasalah yang seperti ini yakni dengan melakukan pemblokiran.

Setiap sosial media memiliki fitur pemblokiran yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dalam memblokir teman atau follower yang tidak disukai. Pemblokiran merupakan cara paling efektif dalam mengatasi semua hal negatif yang terjadi pada akun Facebook anda. Untuk melakukannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 4 Cara Mengganti Kata Sandi Facebook

Cara Memblokir Teman di Facebook Lewat Kompuuter

Untuk melakukan pemblokiran, anda bisa melakukannya melalui browser komputer seperti Google Chrome atau Firefox, atau bisa juga anda lakukan melalui aplikasi Facebook Android dan iOS (iPhone). Bagi anda yang mungkin menggunakan smartphone, maka tentu bisa menyesuaikannya. Berikut langkah-langkahnya;

Langkah pertama, anda buka halaman Facebook. Cari atau temukan teman yang ingin anda blokir. Fitur Search bisa anda manfaatkan untuk menemukan teman. Setelah ketemu, buka profil dari orang tersebut. Klik icon tiga titik seperti yang terlihat pada gambar, lalu pilih Blokir.

1 Blokir Pengguna Facebook

Lakukan konfirmasi pemblokiran dengan klik Blokir dan anda akan berhasil memblokir teman anda tersebut. Dengan begitu orang yang anda blokir tidak dapat melihat semua informasi ataupun status yang anda bagikan.

2 Konfirmasi Pemblokiran Pengguna Facebook

Untuk versi singkatnya, berikut langkah-langkahnya;

  1. Pertama, buka laman Facebook dan temukan pengguna yang ingin dilakukan pemblokiran.
  2. Klik icon tiga titik, lalu pilih Blokir dan lakukan konfirmasi dengan klik Blokir lagi.
  3. Selesai.

Lihat Juga : 2 Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook

Yang Terjadi Setelah Memblokir Teman di Facebook

Apa yang akan terjadi setelah kita memblokir seseorang di Facebook? Berikut beberapa hal yang tidak dapat dilakukan teman anda ketika telah dilakukan pemblokiran.

  1. Pengguna tersebut tidak akan pernah bisa melihat postingan yang anda bagikan.
  2. Pengguna tersebut tidak dapat menandai anda pada sebuah foto, video, status, dan sebagainya.
  3. Pengguna tersebut tidak dapat mengundang anda dalam sebuah acara ataupun Grup.
  4. Pengguna tersebut tidak akan bisa mengirim pesan Messenger ke anda.
  5. Pengguna tersebut tidak bisa lagi menambahkan anda sebagai teman.
  6. Jika diblokir, maka secara otomatis pertemanan juga akan terhapus.

Lihat Juga : Cara Menggabungkan dua Halaman Facebook

Cara Membuka Blokir Teman di Facebook

Jika anda dikemudian hari berubah pikiran dan ingin kembali berteman dengan orang yang anda blokir tersebut, maka anda bisa membatalkan pemblokiran dengan membuka blokir. Untuk melakukannya, anda bisa masuk ke fitur Pemblokiran yang ada di Pengaturan. Berikut langkah-langkahnya;

Silahkan lihat bagian pojok kanan atas di halaman Facebook anda dengan tanda panah ke bawah, klik bagian tersebut maka akan muncul menu drop down. Pilih menu Pengaturan & Privasi.

1 Pilih Pengaturan Privasi Facebook

Setelah itu, muncul beberapa pilihan berikutnya, lanjutkan dengan memilih Pengaturan.

2 Pilih Pengaturan Facebook

Setelah masuk ke menu Pengaturan, muncul beragam fitur pilihan. Untuk membuka pemblokiran teman, pilih fitur Pemblokiran. Lalu, pilih teman yang anda ingin batalkan pemblokirannya, Klik Batalkan Blokir.

3 Batalkan Pemblokiran Pengguna Facebook

Selanjutnya, muncul pop up konfirmasi pemblokiran dengan ketentuannya. Apabila anda membuka blokir pengguna tersebut maka pengguna tersebut dapat menghubungi anda lagi, semua tanda yang terhubung dengan anda kembali terlihat. Jika setuju, silahkan klik Konfirmasi.

4 Konfirmasi Membuka Pemblokiran Facebook

Perlu diingat! Apabila anda ingin melakukan pemblokiran lagi pada orang yang sama, maka anda harus menunggu selama 48 jam atau 2 hari. Artinya, setelah anda membuka pemblokiran dan ingin melakukan pemblokiran lagi pada orang yang sama tidak bisa langsung dilakukan dan harus menunggu sesuai ketentuan yang ada.

Lihat Juga : Cara Log Out dari Facebook Messenger

Akhir kata,

Dengan melakukan pemblokiran, maka setiap kiriman dari teman yang anda blokir tersebut tidak akan tampil diberanda anda, tidak bisa menandai, tidak bisa masuk ke grup anda, tidak bisa melakukan percakapan dengan anda, dan juga tidak bisa menambahkan anda sebagai teman. Sebaliknya, apabila anda telah membuka pemblokiran, maka anda bisa berhubungan kembali dengan pengguna tersebut.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.