10 Tools Cek Backlink Website Kompetitor

Seorang blogger, internet marketer, atau SEO specialist penting sekali melakukan pengecekan backlink website, baik itu pada website yang dimiliki atau website kompetitor. Dalam hal ini, ada beragam alasan seseorang ingin melakukan pengecekan backlink.

Sampai saat ini, backlink masih sangat penting untuk mendongkrak popularitas website dimata mesin pencari, khususnya Google, Bing, dan Yahoo. Konten memang menjadi pondasi utama, namun backlink tetap menjadi bekingan untuk mendorong sampai pada puncak keyword yang diinginkan.

Melihat backlink kompetitor penting untuk dilakukan dimana ini akan menjadi dasar analisis dan strategi untuk memaksimalkan keyword incaran. Selain kompetitor, hal ini juga penting dilakukan pada website yang anda miliki, pastikan backlink yang anda dapatkan adalah backlink berkualitas (DoFollow) dari website-website terbaik.

… dan inilah beberapa keuntungan yang anda dapatkan ketika melakukan pengecekan backlink:

  • Sedikit tahu dari mana kompetitor mendapatkan sumber backlink.
  • Sedikit tahu berapa banyak backlink berkualitas yang anda miliki atau kompetitor miliki.
  • Sedikit tahu berapa banyak backlink spam yang masuk, sehingga dapat dilakukan disavow ke Google Webmaster.

Lebih jelas mengenai hal tersebut, berikut beberapa tools cek backlink gratis yang bisa anda manfaatkan.

Lihat Juga : 8 Tips Memilih Layanan Web Hosting Terbaik

1. Alexa Site Info

Alexa Site Info

Rekomendasi pertama, anda bisa gunakan Alexa Site Info. Seorang internet marketer atau blogger pasti tahu mengenai web app yang satu ini. Melalui Alexa Site Info, anda bisa cek jumlah backlink kompetitor atau website anda sendiri.

.. dan menariknya, dengan Alexa Site Info terbaru saat ini, anda bisa mengetahui dari mana traffic kompetitor berasal, apakah melalui search engine, sosial media, atau yang lainnya.

Sebenarnya, tool ini lebih diperuntuhnya untuk melihat peringkat suatu website secara global, perhitungannya dilihat dari jumlah traffic (kunjungan) dari waktu ke waktu. Sederhananya, suatu website akan naik peringkatnya ketika traffic dari website tersebut juga mengalami peningkatan.

2. Ahrefs

Ahrefs

Ahrefs juga bisa jadi rekomendasi terbaik buat cek backlink kompetitor. Sebenarnya, tools dari Ahrefs berbayar, hanya ada 3 yang gratis, yakni backlink checker, broken link checker, dan website authority checker.

Fitur yang gratis tersebut tidak sepenuhnya gratis, pengecekan terbatas untuk 100 backlink, selebihnya anda harus berlangganan, minimal 7 hari masa percobaan dengan biaya US$ 7.

 … meskipun demikian, ini tetap recommended untuk mengecek backlink lawan, bahkan anda-pun bisa cek anchors dan halaman dengan backlink dofollow teratas.

3. Majestic

Majestic

Berikutnya ada Majestic. Tool yang satu ini cukup bagus untuk melihat jumlah backlink lawan atau aktivitas nge-backlink dari waktu ke waktu yang telah dilakukan. Dan untuk menggunakannya, anda perlu berlangganan sesuai dengan harga yang telah ditentukan.

Cukup mahal memang, perbulannya, anda harus keluarkan US$ 49 atau sekitar 600 – 700 ribu untuk satu user. Adapun untuk versi gratisnya, pengguna hanya dibatasi untuk beberapa kali pemakaian, selebihannya harus upgrade ke Lite atau Pro version.

4. Semrush Toolkit

Semrush Toolkit

Tool berikutnya ada Semrush Toolkit. Website ini juga masuk jajaran paling recommended buat cek backlink sekaligus analisis keyword, SEO, audit backlink, dan lainnya. Dalam hal backlink, Semrush memang paling akurat.

Namun jangan kaget, biaya langganan untuk perbulannya saja mencapai US$ 99 atau sekitar 1,3 jutaan ke atas. Tool ini cocok untuk anda yang serius membangun website dengan tingkat pendanaan dan pendapatan yang relatif besar.

Untuk versi gratisannya juga cukup lumayan, anda bisa cek hal-hal mendasar mengenai website anda sendiri, yang paling penting menurut saya adalah bagian fitur audit backlink dimana anda bisa lihat potensi backlink spam dengan toxit score antara 50 – 100%.

5. Open Site Moz & Backlink Checker

Moz Link Explorer

Berikutnya ada Moz yang popular bagi kalangan blogger saat ini. Alasan popular karena tool ini hadirkan MozBar version untuk Chrome Browser. Dengan adanya tool tersebut, maka tentunya para pengguna dapat melakukan pengecekan backlink, PA, DA, dan lainnya secara real-time.

Melalui fitur site explorer, anda bisa cek backlink kompetitor atau website anda. Jika mau, anda bisa export semua backlink dalam bentuk file CSV untuk dilakukan analisis. Namun tentu saja, untuk hasil yang lebih optimal, anda perlu upgrade ke versi Pro.

Biaya langganan perbulan dimulai dari US$ 99 atau sekitar 1,3 jutaan rupiah.

6. SmallSEOTools

Small SEO Tools Backlink Checker

Pilihan berikutnya ada Small SEO Tools. Melalui fitur backlink checker, anda bisa cek jumlah backlink serta random list 100 backlink, antara DoFollow dan NoFollow. Kelebihannya adalah, anda bisa sedikit melihat sunber backlink DoFollow yang dimiliki kompetitor.

Sebenarnya, Small SEO Tools juga merupakan fitur gratis dari Semrush, artinya jika anda ingin melihat lebih lengkap sumber backlink yang ada, silahkan berlangganan melalui Semrush.

7. Ranksignals

Ranksignals Backlink Checker
image source : ranksignals.com

Selanjutnya ada Ranksignals dimana tool ini juga cukup bagus untuk melihat jumlah backlink, sumber backlink, Alexa traffic rank, dan social media share. Untuk lebih mudahnya, anda juga bisa install Ekstensi Google Chrome.

… Untuk pengunaannya, lebih maksimal apabila anda membuat akun sehingga limit fitur akan dihilangkan.

8. Ubersuggest

Ubersuggest

Ubersuggest juga dapat menjadi alternatif dimana anda bisa melihat beberapa sumber backlink dari website kompetitor ataupun website anda sendiri. Sayangnya, pengguna hanya memiliki keterbatasan untuk melihat 5 backlink, selebihnya harus berlangganan.

Tool ini sebenarnya lebih fokus menganalisis keyword, dan anda-pun bisa melakukan reset keyword secara maksimal melalui tool ini.

9. Openlinkprofiler.org

OpenLinkProfiler

Berikutnya ada Openlinkprofiler.org yang menurut saya cukup bagus untuk melakukan pengecekan backlink dengan rentan 1-100 backlink. Sayangnya backlink yang terlihat kebanyakan yang NoFollow dan NoIndex.

Agar lebih maksimal, anda perlu membuat akun dengan dukungan fitur reset keyword lebih dari 3.000 dan audit hingga 50.000 page (berlaku hanya untuk 1 minggu pertama).

Setelah masa percobaan habis, anda bisa memilih untuk berlangganan dengan biaya US$ 69 per bulan atau sekitar Rp. 900 ribuan ke atas.

10. Cognitiveseo

Cognitiveseo
image source : cognitiveseo.com

Cognitiveseo juga menjadi salah satu tool paling recommended untuk melakukan audit backlink secara maksimal. Melalui tool ini anda bisa lihat sumber backlink kompetitor secara lengkap, namun tentu saja anda harus berlangganan untuk mendapat keseluruhan fitur yang ada.

Melalui versi gratisnya di laman Site Explorer, anda bisa lihat jumlah backlink yang didapatkan. Selain itu, anda juga dapat melihat halaman dengan jumlah backlink terbanyak.

… Sampai saat ini, belum ada situs atau web app yang hadirkan audit backlink secara gratis, kebanyakan berbayar dan itupun juga tidak murah seperti yang diharapkan.

Bagi anda yang mungkin punya opsi lain untuk cek backlink, silahkan berbagi atau saling berdiskusi melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.