Mengenal Lebih Jauh Sistem Keamanan KlikBCA

BCA (Bank Central Asia) merupakan salah satu perusahaan finance yang populer di Indonesia. Dimana, ia telah banyak merilis produk-produk unggulan yang menjamin kemudahan nasabahnya. Salah satunya adalah KlikBCA. Fitur ini dilengkapi dengan keamanan KlikBCA yang terjamin (referensi).

Kebijakan Privasi KlikBCA

BCA telah memiliki kebijakan internal untuk menjaga keseluruhan transaksi nasabah via KlikBCA. Hal ini tentu saja sesuai dengan ketentukan hukum di Indonesia. Untuk tujuan investigasi, BCA akan melakukan pelacakan atas situs merchant yang menunjukkan lokasi pengguna.

Akses KlikBCA sendiri pun tidak bisa dilakukan pada sembarang situs. Melainkan pada situs merchant yang sudah bermitra dengan pihak BCA. Tak terkecuali situs yang dimiliki oleh BCA sendiri. Dengan demikian, nasabah atau pengguna KlikBCA tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi.

Bahkan, BCA juga melengkapi produk tersebut dengan cookie yang akan berakhir saat logout. Tidak hanya itu, kerahasiaan transaksi Anda akan benar-benar dijaga.

Lihat Juga : 5 Aplikasi Pembayaran Online di Indonesia

Sistem Keamanan pada KlikBCA yang Harus Anda Pahami

Sistem Keamanan Bank BCA

Sistem keamanan pada KlikBCA telah dirancang sedemikian rupa. Sehingga, lebih terjamin dan terpercaya untuk semua pengguna. Setidaknya, ada 3 jenis pengaman agar transaksi Anda semakin terjaga. Berikut rinciannya:

#1. SSL (Secure Sochet Layer)

Merupakan sebuah teknologi keamanan yang berperan mengacak lajur komunikasi antar PC. Dengan demikian, transaksi Anda tidak akan dapat terbaca oleh siapapun.

#2. OTP (Kode One Time Password)

Tidak hanya itu, sistem BCA juga menghasilkan Kode OTP yang berisi password khusus. Dimana, password ini memungkinkan adanya password berbeda setiap pengaman tersebut dipakai.

#3. Perlindungan Komunikasi KlikBCA

Sistem keamanan lain yang ditawarkan oleh BCA adalah memakai proteksi komunikasi. Dalam hal ini, mereka memanfaatkan teknologi EV SSL 2048bit. Dengan sistem ini, komunikasi selama menggunakan KlikBCA akan tetap terjaga.

Lihat Juga : 100+ Daftar Kode Bank Indonesia Untuk Kebutuhan Transaksi

Tips Pengamanan saat Menggunakan KlikBCA

Meskipun KlikBCA telah memiliki sistem pengaman yang terjamin, pengguna harus tetap melakukan antisipasi agar keamanan lebih terjamin. Berikut beberapa tips keamanannya:

Akses Lebih Aman dengan KlikBCA.com
  1. Akses KlikBCA melalui situs resminya di www.klikbca.com/klikpay. Agar lebih mudah dan tidak terjadi kesalahan alamat, simpan alamat tersebut pada bookmarks.
  2. Lakukan proses transaksi hanya pada merchant yang bekerja sama dengan KlikBCA. Adapun daftar nama beserta alamat situs mitra tersebut ada di menu Merchant situs KlikBCA.
  3. Baca kembali apakah situs merchant yang Anda lacak sesuai dengan yang terdapat di daftar Merchant. Sehingga, nasabah menjadi yakin bahwa tidak ada kesalahan.
  4. Saat belanja online pada merchant KlikBCA, pastikan alamat domain yang ada pada bar browser adalah https://klikpay.klikbca.com.
  5. Lakukan pengecekan terlebih dahulu dan pastikan bahwa kode One Time Password Anda atau OTP didapatkan melalui SMS nomor 69888.
  6. Nama merchant, jumlah total transaksi beserta nomor transaksi Anda harus sesuai dengan yang masuk pada SMS.
  7. Lakukan proses logout setelah meninggalkan PC Anda, meski itu hanya sebentar. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan oknum tidak bertanggung jawab.
  8. Hindari mengakses atau melakukan transaksi KlikBCA di jaringan atau warnet yang keamanannya tidak terjamin.
  9. BCA tidak pernah mengirim email atau pesan kepada nasabah terkait situs merchant tertentu. Sehingga, hindari mengakses situs merchant yang didapat melalui link SMS, email ataupun media lain.
  10. Jangan sekali-kali memberitahukan Kode OTP Anda kepada siapapun. Sekalipun itu adalah karyawan dari BCA. Hal ini sangat penting untuk menghindari penipuan.

Keamanan KlikBCA sesungguhnya telah sangat baik dengan sistem yang dimiliki. Namun, nasabah harus tetap berhati-hati dan waspada saat melakukan transaksi apapun.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.