3 Cara Daftar Internet Banking BRI & Aktivasi

Di zaman yang serba digital ini, memang terdapat banyak sekali teknologi yang telah dikembangkan dalam sebuah instasi perusahaan. Hal tersebut pastinya berfungsi untuk membuat segala pekerjaan kita jauh lebih mudah dan juga efektif.

Memang tidak menutup kemungkinan, jika teknologi saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok manusia itu sendiri. Dan hal ini terbukti dengan banyaknya penggunaan teknologi di segala bentuk aktivitas yang terjadi di masyarakat. Begitupun juga dalam dunia perbankan, yang mana setiap instasi bank telah mengembangkan dan memberikan sebuah fitur layanan sebaik mungkin untuk para nasabah.

Bank BRI sebagai salah satu bank yang banyak digunakan oleh masyarakat juga telah mengembangkan beberapa layanan. Beberapa contoh diantaranya adalah SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking. Dengan adanya layanan tersebut pastinya sangat membantu nasabah BRI dalam melakukan kegiatan perbankan. Seperti halnya untuk melakukan berbagai keperluan transaksi finansial maupun non finansial.

Mengenal Internet Banking BRI?

Internet Banking memanglah sama seperti yang layanan perbankan pada umumnya. Seperti halnya SMS Banking ataupun Mobile Banking yang dapat melakukan berbagai keperluan perbankan. Seperti transaksi finansial yang diantaranya untuk transfer uang, beli token, beli pulsa, Top up maupun transaksi non finansial yang meliputi cek saldo dan cek mutasi rekening.

Memang terdapat kesamaan antara layanan satu dengan lainnya. Namun disamping itu terdapat perbedaan mendasar dari beberapa layanan tersebut, yakni media yang digunakannya sedikit berbeda. Jika SMS Banking menggunakan aplikasi Message (Perpesanan), Mobile Banking yang berupa aplikasi Android. Dan untuk Internet Banking sendiri dapat anda akses melalui alamat website dengan menggunakan aplikasi Browser seperti Chrome, Mozilla Firefox dan yang lainnya.

Tujuan dikembangkannya layanan ini, tidak lain adalah untuk meningkatkan layanan serta memenuhi kebutuhan nasabah dalam hal perbankan. Internet Banking BRI sendiri telah menghadirkan fitur – fitur pelengkap seperti Transaksi Terjadwal ataupun Transfer DANA.

Lihat Juga : 6 Cara Cek Mutasi Rekening BRI

Keunggulan Internet Banking BRI

iBank BRI
Image Source : siajun.com

Setelah berbicara mengenai informasi seputar Internet Banking BRI. Adapun keunggulan yang di dapat dari menggunakan layanan tersebut. Antara lain adalah berikut :

  • Dapat dilakukan setiap saat
  • User Friendly (mudah dimengerti dan digunakan)
  • Keamanan berbelanja terjaga
  • Tanpa perangkat tambahan

Disamping melihat keunggulan yang dari Internet Banking BRI. Untuk dapat menggunakan layanan tersebut anda pastinya diharuskan registrasi terlebih dahulu. Namun sebelum registrasi, ada beberapa syarat-syarat yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Berikut persyaratannya :

  • Pertama, memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif
  • Kartu Identitas berupa KTP atau Paspor
  • Nasabah memiliki tabungan BRI
  • Handphone dengan nomor aktif dari provider seluler yang bermitra dengan BRI, seperti Telkomsel, Indosat, dan juga XL
  • Email aktif sebagai notifikasi transaksi Internet Banking BRI

Lihat Juga : Cara Daftar Internet Banking BNI

Daftar Internet Banking BRI

Terdapat dua cara yang harus anda lakukan, jika anda ingin menggunakan layanan Internet Banking BRI. Yang pertama adalah menggunakan mesin ATM BRI dan melalui Kantor Cabang BRI. Berikut beberapa cara untuk daftar Internet Banking yang perlu anda ketahui.

Daftar Melalui ATM

Untuk cara yang pertama adalah daftar Internet Banking melalui ATM BRI terdekat. Jika anda ingin mendaftarnya, anda cukup membawa Kartu ATM BRI. Tidak ada batasan untuk daftar di ATM BRI, yang mana dapat anda lakukan kapanpun 24 jam. Berikut cara daftar Internet Banking BRI yang perlu anda ketahui:

  • Pertama, datangi ATM BRI terdekat di wilayah anda.
  • Masukkan kartu ATM anda » pilih Bahasa (Indonesia / English) » masukkan PIN ATM
  • Pilih Menu Lainnya » pilih Registrasi Info Lain » pilih Internet Banking
  • Masukkan PIN Baru Internet Banking, tekan Benar » masukkan kembali PIN Internet Banking sebagai konfirmasi, tekan Benar
  • Tunggu beberapa saat, transaksi sedang diproses » struk yang berisi informasi Internet Banking anda akan keluar dengan sendirinya » tekan Ya untuk menyelesaikan transaksi.
  • Selesai.

Setelah anda registrasi melalui ATM BRI, anda dapat menggunakannya langsung dengan Login di website Internet Banking BRI. Namun hanya sebagai transaksi non finansial, seperti halnya cek saldo, cek mutasi dan lainnya.

Namun jika anda ingin melakukan transaksi finansial seperti transfer, beli token dan lainnya. Anda tetap harus verifikasi di Kantor Cabang untuk mendapatkan m-Token yang mana dapat anda gunakan untuk transaksi dan pengaman tambahan.

Lihat Juga : 2 Cara Daftar SMS Banking BNI

Daftar Melalui Kantor Cabang

Selain melalui ATM BRI, anda juga dapat registrasi melalui Kantor Cabang BRI terdekat. Terkait cara yang satu ini, anda hanya perlu mendatangi Customer Service di Kantor Cabang BRI. Dan pastikan anda membawa persyaratan yang sudah penulis paparkan di atas. Memang untuk cara ini berbeda dengan sebelumnya, yang hanya dapat dilakukan saat jam kerja saja. Simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, membawa persyaratan yang dibutuhkan » datangi Kantor Cabang BRI terdekat.
  2. Saat itu, anda akan didatangi petugas » sampaikan keperluanmu kepada petugas » ambil nomor antrian.
  3. Setelah nomor antrian anda dipanggil, datangi Customer Service dan sampaikan jika anda ingin daftar Internet Banking.
  4. Pada saat mendaftar, anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkannya pada Customer Service.
  5. Jika semua proses telah selesai, lalu Nomor Handphone anda akan mendapatkan SMS yang berupa kode m-Token. Kode tersebut nantinya akan digunakan saat anda melakukan aktivasi Internet Banking.
  6. Selesai.

Lihat Juga : Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Aktivasi Internet Banking BRI

Adapun hal yang harus anda lakukan setelah melakukan registrasi Internet Banking. Yakni melakukan Aktivasi Internet Banking, dengan tujuan supaya anda dapat menggunakannya untuk keperluan transaksi. Terdapat satu cara untuk melakukan Aktivasi Internet Banking BRI, yakni dengan mengunjungi situs resmi Internet Banking BRI.

  1. Pertama, kunjungi website Internet Banking BRI di link berikut ini : ib.bri.co.id
  2. Masukkan User ID dan Password » masukkan Kode Captcha, lalu tekan Masuk » anda akan disajikan informasi syarat ketentuan, pilih Setuju.
  3. Step 1, anda dapat mengubah User ID Lama. Jika tidak ingin tekan Lanjut.
  4. Step 2, anda dapat mengubah Password Lama. Jika tidak ingin tekan Lanjut.
  5. Step 3, mengisi Email pada kolom. Tekan Lanjut.
  6. Step 4, masukkan Kode Verifikasi yang dikirimkan melalui Email yang anda masukkan sebelumnya » Tekan Verifikasi Email.
  7. Setelah itu, tekan Icon (bergaris 3 orange) pada pojok kiri atas, yang akan menampilkan beberapa menu.
  8. Pilih Layanan » pilih Aktivasi m-Token » masukkan Nomor Aktivasi m-Token yang anda dapatkan dari Customer Service saat registrasi melalui SMS » tekan Kirim.
  9. Selesai.

Setelah selesai aktivasi, Internet Banking BRI anda sudah dapat digunakan untuk berbagai keperluan transaksi. Baik transaksi finansial maupun non finansial.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.