8 Cara Aktivasi Windows 7

Tidak bisa kita pungkiri bahwa Windows 7 merupakan versi Windows yang  masih memiliki banyak penggunanya, meskipun Microsoft telah mengeluarkan versi terbaru dari sistem operasi Windows, seperti Windows 10 dan juga Windows 11 saat ini. Mungkin ada beberapa alasan mengapa mereka tetap setia menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi pilihan. Katakanlah Windows 7 memiliki tampilan yang sederhana dan bersifat user friendly.

Namun apakah hanya sekedar itu saja? Tentunya tidak, mengingat Windows 7 mendukung banyak software yang kompatibel. Di sisi lain juga ada kemungkinan mereka hanya memiliki spesifikasi hardware yang tergolong rendah, sehingga tidak ada pilihan lagi selain menggunakan Windows 7 karena keringanannya. Selain itu banyak pengguna Windows yang beranggapan jika versi ini dapat dikatakan sebagai sistem operasi yang stabil dan optimal. Meskipun beberapa waktu yang lalu, Microsoft mengumumkan jika mereka telah menghentikan layanannya untuk Windows 7.

Tentunya sebagai pengguna Windows, Anda telah mengetahui bahwa untuk menikmati semua fitur yang menarik pada sistem operasi Windows, pengguna diharuskan melakukan aktivasi terlebih dahulu. Namun jika tidak meng-aktivasinya, maka akan menimbulkan beberapa kendala atau terbatas dalam menggunakan beberapa fitur. Dalam melakukan aktivasi Windows 7, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Lihat Juga : 7 Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 7

Ketika Anda belum melakukan aktivasi Windows, Anda akan menemui beberapa kendala yang ada. Misalnya seperti wallpaper desktop Anda menjadi hitam dan ditandai dengan keterangan Windows is not Genuine di bagian pojok kanan bawah. Tidak hanya itu saja, ada kemungkinan jika Anda juga tidak dapat melakukan konfigurasi tampilan desktop Anda, seperti mengubah background, mengatur kecerahan dan sejenisnya. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk aktivasi Windows 7, dan pastikan Anda menyimak setiap langkahnya.

1. Masukkan License Key Windows 7

Jika Anda bertanya terkait bagaimana cara aktivasi Windows 7, tentunya Anda harus memiliki Product Key Windows 7. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan lisensi Windows 7, salah satu di antaranya adalah dengan membeli di situs resmi Microsoft atau melalui toko retail yang menjualnya seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan yang sejenisnya. Jika Anda sudah memiliki Product Key, silakan ikuti langkah berikut ini untuk meng-aktivasi.

  1. Pertama, klik ikon Start menu pada Taskbar Windows.
  2. Kemudian cari dan klik kanan pada Computer » pilih Properties.
  3. Jika sudah, jendela baru akan tampil » klik Active Windows Now » masukkan lisensi Windows 7 yang Anda miliki » klik Next.
  4. Tunggu proses verifikasi Product beberapa saat.
  5. Setelah itu Anda akan menemukan keterangan “Active Success”.
  6. Selesai.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache di Windows 11

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Sebagai pengguna Windows, tentunya Anda telah menyadari bahwa harga yang ditawarkan untuk license Key Windows 7 sendiri lumayan menguras kantong dompet Anda. Kondisi seperti inilah yang membuat kebanyakan pengguna Windows di Indonesia enggan untuk membelinya, dan mereka lebih memilih untuk menggunakan cara alternatif, salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan software Windows Loader. Memang pada umumnya cara ini tidak boleh dilakukan, mengingat software ini memiliki kemampuan untuk meng-aktivasi Windows 7 secara praktis tanpa memerlukan lisensi resminya. Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

STEP 1 : Pastikan sebelum Anda menggunakan Windows Loader, Anda telah mematikan aplikasi antivirus yang terpasang pada komputer / laptop. Selain itu, Anda juga dapat menonaktifkan Windows Firewall dan koneksi internet yang terhubung.

STEP 2 : Selanjutnya jalankan aplikasi dengan cara, klik kanan pada file rar » pilih Extract Here. Lalu masuk ke direktori file aplikasi » klik kanan Windows Loader » klik Run as administrator.

Jalankan Windows Loader
2. Menjalankan windows loader dengan mode administrator. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Setelah itu panel “Windows Loader” akan terbuka » klik Install dan tunggu beberapa saat. Jika sudah, Anda akan melihat notifikasi dengan keterangan “Installation Complete” » klik OK.

Aktivasi Windows 7 Loader
2. Menjalankan software Windows loader. WAHYU SETIA BINTARA

Catatan : Gambar di atas saya ambil menggunakan sistem operasi Windows 10 sebagai contoh perumpamaan saja.

STEP 4 : Kemudian tutup semua aplikasi yang berjalan » lalu restart komputer / laptop untuk melihat hasilnya.

Lihat Juga : Cara Mematikan Aplikasi Startup di Windows 11

3. Aktivasi dengan Command Prompt

Selain kedua cara di atas, Anda juga dapat melakukan aktivasi Windows 7 menggunakan Command Prompt dengan memasukkan Product Key secara manual yang dapat Anda cari di penelusuran google. Ini merupakan salah satu cara alternatif lain yang dapat dilakukan ketika Anda tidak mempunyai cukup biaya untuk membeli lisensi Windows 7. Selain itu, cara ini jauh lebih aman dibandingkan Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, karena ada kemungkinan jika software terebut telah teridentifikasi oleh virus atau malware. Langsung saja berikut beberapa langkah yang perlu Anda coba.

CATATAN : Pastikan laptop / komputer Anda telah terkoneksi dengan internet dan tidak mengalami gangguan jaringan.

STEP 1 : Langkah pertama, silakan Anda klik ikon Start menu pada Taskbar Windows 7. Lalu klik All Programs » pilih Accessories » kemudian cari dan klik kanan Command Prompt » pilih Administrator.

STEP 2 : Setelah itu jendela “Command Prompt” akan tampil, silakan ketik perintah di bawah ini » lalu tekan Enter.

slmgr.vbs /ipk Product Key Anda

Jika Anda merasa kebingungan, berikut saya berikan contoh perintah yang dijalankan beserta Product Key yang Anda miliki.

slmgr.vbs /ipk JHY4Q-NH85H-XK8VD-9Y68P-RFQ43
SLMGR Product Key Windows
1. Aktivasi Windows 7 menggunakan perintah slmgr. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Jika eksekusi perintah di atas berhasil, akan ada notifikasi bahwa proses aktivasi telah berhasil. Selanjutnya Anda bisa jalankan perintah slmgr.vbs /ato » lalu tekan Enter.

SLMGR WIndows 7
2. Menjalankan perintah slmgr Windows. WAHYU SETIA BINTARA

Lihat Juga : Cara Mengubah Ukuran Taskbar Windows 11

Penutup,                   

Jika Anda telah mencoba beberapa cara di atas dan berhasil melakukan aktivasi Windows, maka Anda dapat menggunakan fitur secara keseluruhan tanpa khawatir. Tentunya layar hitam yang tampil sebelumnya akan hilang dengan sendirinya dan pastinya Anda dapat mengatur tampilan desktop sesuai keinginan.

Apa itu perintah SLMGR?

Sebuah file VBS yang berfungsi menjalankan perintah untuk melakukan tugas aktivasi Windows lanjutan.

Apakah aman jika kita melakukan aktivasi Windows menggunakan Activator?

Tentu saja tidak, mengingat secara tidak langsung kita menggunakan Windows secara ilegal. Jadi tidak heran apabila Anda akan menemukan berbagai permasalahan pada sistem Windows.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang perlu Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.