Cara Mengubah Ukuran Taskbar Windows 11

Windows 11 merupakan sistem operasi baru yang diperkenalkan oleh Microsoft pada 24 Juni 2021 yang lalu. Meskipun pada awalnya Microsoft menyatakan bahwa Windows 10 akan menjadi “versi terakhir Windows” namun pada akhirnya Microsoft mengubah pandangannya. Windows 11 hadir dengan desain antarmuka dan visual yang begitu manja dan memukau mata. Banyak penambahan dan perubahan ikon, fitur, hingga visual efek yang sebelumnya tidak tersedia di Windows 10.

Yang menarik dari Windows 11 adalah perubahan Taskbar dan Start menu menjadi lebih modern. Pengguna bisa melihat perbedaan tampilan antara Windows 10 dan Windows 11, misalnya pada Start menu Windows 11 hadir dengan tampilan yang lebih sederhana dengan penambahan efek visual dan animasi. Kemudian posisi Start menu secara default juga ditempatkan pada bagian tengah (center), mirip dengan Chrome OS milik Google. Namun pengguna tetap bisa mengubah penempatan Start menu pada bagian kiri sama seperti Windows 10.

Start menu Windows 11
Tampilan Start menu Windows 11. RUDI DIAN ARIFIN

Yang paling disayangkan adalah Windows 11 tidak menyediakan opsi untuk mengubah ukuran taskbar seperti Windows 10. Pada Windows 10, pengguna bisa mengubah ukuran taskbar melalui menu Settings » Personalization » Use small taskbar buttons. Namun opsi tersebut tidak tersedia pada Windows 11.

Ukuran taskbar Windows 10
Mengubah ukuran taskbar Windows 10. RUDI DIAN ARIFIN

Kemungkinan Microsoft memang belum menambahkan fitur tersebut di Windows 11, pada Windows 11 build 22000.100 yang saya gunakan juga belum terdapat opsi perubahan ukuran taskbar. Jadi pengguna hanya dapat menggunakan satu jenis ukuran taskbar.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi RAM Penuh di Windows 10, 8, 7

Mengubah ukuran taskbar Windows 11

Meskipun belum tersedia fitur untuk mengubah ukuran taskbar, pengguna Windows 11 tetap bisa mengubahnya menjadi ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dengan membuat nilai (value) dari TaskbarSi melalui Regedit. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Langkah pertama, buka fitur Regedit pada Windows 11 Anda dengan menekan tombol Windows + R untuk membuka dialog RUN » ketik “regedit” lalu klik OK atau Enter.

1 Buka regedit Windows Run
1. Tekan Windows + R untuk membuka dialog RUN. RUDI DIAN ARIFIN

2. Selanjutnya, masuk pada folder Advanced pada alamat folder berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\
2 Masuk ke folder Advanced
2. Buka folder Advanced pada alamat path di atas. RUDI DIAN ARIFIN

3. Selanjutnya, klik kanan pada halaman tersebut » New » DWORD (32-bit) Value, yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

3 Buat file baru DWORD
3. Buat file baru DWORD (32-bit) Value pada folder Advanced. RUDI DIAN ARIFIN

4. Selanjutnya, tulis dengan nama file TaskbarSi, kemudian tekan Enter.

TaskbarSi
4 Buat file TaskbarSi
4. Buat file dengan nama TaskbarSi. RUDI DIAN ARIFIN

5. Double-click (klik dua kali) pada file TaskbarSi tersebut. Ubah angkanya sesuai keinginan Anda.

  • 0 (small)
  • 1 (medium – ukuran default yang dipakai Windows 11)
  • 2 (large)
5 Ubah nilai dari TaskbarSi
5. Ubah nilai dari TaskbarSi sesuai keinginan Anda. RUDI DIAN ARIFIN

6. Setelah itu, Anda bisa restart komputer untuk melihat hasilnya.

6 Ukuran Taskbar Windows 11
6. Ukuran taskbar menjadi lebih kecil. RUDI DIAN ARIFIN

Anda bisa melihat ukuran taskbar Windows 11 berubah menjadi lebih kecil. Sayangnya, perubahan tersebut membuat beberapa ikon menjadi tidak responsif, terutama pada bagian jaringan dan kalender. Sedangkan untuk aplikasi terinstall, semuanya dapat berjalan normal dan tanpa ada masalah sama sekali. Untuk memastikan taskbar Windows 11 terlihat lebih responsif, tinggal tunggu saja versi build yang lebih baru dari Windows 11.

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.