Fungsi MTP dan PTP Android

Dianisa.com Apa Fungsi dari Perbedaan Mode MTPdan PTP Pada USB Android?. Setiap kali anda menghubungkan Android anda ke Komputer atau Laptop, pastinya pada Android anda sendiri akan muncul beberapa opsional mengenai pilihan dari sambungan USB tersebut. Pada ponsel Android akan ada beberapa pilihan diantaranya seperti Perangkat Media (MTP), Kamera (PTP) sampai Pasang Kartu SD dan Mengisi Daya. Lalu apa sebenarnya maksdu dari MTP dan PTP tersebut?

Baca Juga :

Setiap smartphone dibekali dengan fitur dan fungsi yang berbeda – beda, dan bagi anda yang belum paham maksud dari Perangkat Media (MTP), Kamera (PTP) maka saja akan jelaskan dengan cara yang sederhana dan mudah anda pahami. Semua perangkat Android memiliki fitur ini seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Sony Experia, Smartfren Andromax, Advan, Acer, Huawai, OnePlus, Meizu, Vivo, ZTE, dan lainnya.

Apa itu MTP?

MTP adalah singkatan dari Media Transfer Protocol yang merupakan protokol untuk proses transfer audio atau media digital dari Android atau portable device ke komputer lewat proses sinkronisasi. Pilih mode ini bila kamu ingin melakukan transfer media digital seperti lagu dari Android ke Komputer dengan memanfaatkan Windows Media Player atau program sejenis.

Tujuan dari adanya fitur ini adalah anda bisa mengirim atau mentrasfer file dari Komputer ke Android dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu, anda juga bisa mengkases file musik atau media di Android dari Komputer tanpa harus memindah file terlebih dahulu. Namun sayangnya, anda tidak bisa mentransfer data dari Komputer ke Android melebihi ukuran 4GB.

Apa itu PTP?

PTP adalah singkatan dari Picture Transfer Protocol yang artinya anda bisa memindah gambar atau picture dari Android ke Komputer dengan sangat mudah dan cepat. Mode ini sangat ampuh apabila anda ingin memindah banyak foto dari Android ke Komputer. Selain itu, mode ini juga bisa anda hubungan ke kamera Android. Jika Komputer anda terinstall Driver kamera dan mendukung kamera android maka anda bisa mencoba kamera android tersebut dan mengontrolnya lewat komuter.

Kesimpulannya, mode MTP dapat anda gunakan untuk memindah atau transfer data seperti Lagu, Video, File dokumen, dan lainnya. sedangkan PTP adalah mode yang bisa anda gunakan untuk memindah foto atau menjadikan Android sebagai kamera Komputer atau Laptop.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Berbedaan Antara MTP Dan PTP Di HP Android, semoga bisa dimengerti walaupun penjelasannya sedikit ribet. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here