Ukuran Kertas A2 dalam MM, CM, Inci, dan Pixel

Berikut daftar lengkap ukuran kertas A2 dalam mm, cm, inci, dan pixel

Ukuran kertas A2 merupakan bagian dari kertas seri A yang termasuk sebagai kertas standar internasional berdasarkan ISO 216. Seperti ukuran kertas lainnya, kertas A2 juga digunakan untuk berbagai kebutuhan cetak maupun digital. Dalam satuan ISO, ukuran kertas A2 diukur dalam satuan mm (milimeter) dan dapat dikonversi ke dalam satuan cm (centimeter), inci, maupun piksel.

Perlu diketahui ukuran kertas seri A memiliki jenis ketentuannya masing-masing dalam ukuran lebar (width) x tinggi (height). Ukuran kertas seri A (A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10) memiliki aspek rasio, yang secara konsisten merupakan akar dari dua dari setiap ukuran. Pada kertas seri A dan seterusnya telah ditentukan dengan membagi 2 atau setengah ukuran kertas sebelumnya dalam dimensi yang lebih besar.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia

Pernyataan ukuran kertas A2

Untuk memahami karakteristik ketentuan ukuran dari kertas A2, Anda dapat mempelajari pernyataan-pernyataan dari ukuran kertas A2 berikut ini:

  • Ukuran kertas A2 memiliki 2 kali lebih dari ukuran kertas A3, dan 4 kali ukuran A4.
  • Ukuran kertas A2 merupakan 1/2 ukuran dari kertas A1, dan ¼ ukuran A0.
  • Ukuran kertas A2 menjadi ukuran kertas paling besar ketiga setelah A0 dan A1 dalam kertas seri A.
  • Ukuran kertas A2 memiliki besar 8 kali ukuran A5, dan 16 kali ukuran A6.

Berikut adalah ukuran kertas A2 dalam beberapa satuan:

  • Ukuran kertas A2 dalam mm: 420 mm x 594 mm
  • Ukuran kertas A2 dalam inci: 16.54 inci x 23.39 inci
  • Ukuran kertas A2 dalam centimeter: 42.0 cm x 59.4 cm
  • Ukuran kertas A2 dalam poin: 1191 pt x 1684 pt
  • Ukuran kertas A2 dalam picas: 99.2 pc x 140.3  pc

Lihat Juga : Pengertian AutoCAD

Perbandingan ukuran kertas A2 dengan kertas seri A lainnya

Untuk menggunakan dan memilih jenis ukuran kertas A2, pahami terlebih dahulu perbandingan ukuran dari masing-masing ukuran kertas seri A. Berikut ini kumpulan sekaligus perbedaan ukuran kertas seri A secara berurutan, sebagai gambaran agar Anda dapat melihat perbandingan masing-masing ukuran kertas seri A.

Ukuran Kertas A2 dan seri A lainnya
Perbandingan ukuran kertas A2 dengan kertas seri A lainnya. YUNITA SETIYANINGSIH

Ukuran A2 digunakan untuk kebutuhan yang cukup beragam, mulai dari tujuan periklanan dan bisnis serta kebutuhan pribadi. Beberapa karya yang memanfaatkan ukuran kertas A2 di antaranya seperti;

  • Poster
  • Cetak frame
  • Kalender
  • Pemberitahuan
  • Pajangan hias
  • Cetakan seni
  • Flip chart
  • Kertas ivory
  • Buku gambar
  • Kertas HVS percetakan
  • dan lain sebagainya

Lihat Juga : Pengertian Layout Desain

Konversi ukuran kertas A2 dalam mm, cm, inci, dan pixel

Ukuran kertas A2 dalam cm, mm, dan pixel
Ukuran kertas A2. YUNITA SETIYANINGSIH

Berikut ini merupakan beberapa jenis konversi ukuran kertas A2 dalam satuan mm (milimeter), cm (centimeter), inci, dan piksel.

Kertas A2 dalam mm, cm, inci

Format KertasMMCMInci
A2420 x 59442.0 x 59.416.54 x 23.39

Kertas A2 dalam pixels

Format KertasWidthHeight
A2 – 72 DPI1191 pixel1684 pixel
A2 – 96 DPI1587 pixel2245 pixel
A2 – 150 DPI2480 pixel3508 pixel
A2 – 300 DPI4960 pixel7016 pixel
A2 – 600 DPI9933 pixel14043 pixel
A2 – 720 DPI11906 pixel16838 pixel
A2 – 1200 DPI19842 pixel28066 pixel
A2 – 1440 DPI23811 pixel33676 pixel
A2 – 2400 DPI39684 pixel56131 pixel
A2 – 2880 DPI47622 pixel67351 pixel

Lihat Juga : 17 Aplikasi Edit Foto PC / Laptop Terbaik

Cara mengatur ukuran kertas A2 dalam aplikasi

A2 merupakan salah satu jenis ukuran kertas yang hanya cocok digunakan untuk kebutuhan desain dan percetakan, seperti poster, kalender, cetakan seni, pengumuman, dan lain sebagainya. Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, dan juga CorelDraw adalah aplikasi desain dan editing yang memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran kertas menjadi A2. Sementara untuk beberapa aplikasi lain seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel tidak menyediakan opsi ukuran A2 dan tidak mengizinkan pengguna untuk kustom ukuran A2.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi editing gambar / foto yang menjadi andalan para desainer dalam mengedit foto, mulai dari menambahkan efek, menghapus background, menghilangkan objek, hingga mengubah warna pada foto. Dalam dunia percetakan, Adobe Photoshop digunakan secara bersamaan dengan aplikasi editing berbasis vektor seperti Adobe Illustrator dan juga CorelDraw. Bagi Anda yang ingin mengatur ukuran kertas A2 di Adobe Photoshop, caranya sangat mudah, Anda bisa simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama, silakan buka aplikasi Photoshop di PC / laptop Anda. Pada halaman utama Adobe Photoshop, silakan klik Create new untuk membuat dokumen baru.

1 Klik Create Adobe Photoshop
1. Klik Create new untuk membuat dokumen baru. RUDI DIAN ARIFIN

2. Pada halaman pembuatan dokumen baru, klik tab Print untuk memilih layout dokumen sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat ukuran sendiri, Anda juga bisa atur bagian Width (42,0 cm) dan Height (59,4 cm) yang ada di sisi kanan. Jangan lupa, ubah juga bagian ukuran standar menjadi centimeter agar tidak terjadi kesalahan. Setelah itu, Anda bisa klik Create untuk membuat dokumen.

2 Atur ukuran kertas A2 Adobe Photoshop
2. Atur ukuran layout sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. RUDI DIAN ARIFIN

3. Sekarang, Anda sudah membuat dokumen / kanvas sesuai dengan ukuran yang telah Anda tentukan.

3 Tampilan Adobe Photoshop
3. Kanvas di Adobe Photoshop CC 2021. RUDI DIAN ARIFIN

Adobe Illustrator

Dalam industri percetakan, Adobe Illustrator lebih sering digunakan ketimbang Adobe Photoshop. Meskipun dalam beberapa kondisi, Adobe Photoshop juga dibutuhkan, misalnya untuk mengedit gambar atau foto yang berbasis bitmap. Namun untuk kebutuhan ‘cetak-mencetak’, Adobe Illustrator lebih disarankan, karena kustomisasi ukuran kertas lebih mudah dan lebih optimal. Bagi Anda yang ingin mengatur ukuran kertas di Adobe Illustrator, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama, silakan buka Adobe Illustrator di PC / laptop Anda. Pada halaman beranda Adobe Illustrator, silakan klik Create new untuk membuat dokumen baru.

1 Klik Create Adobe Illustrator
1. Klik Create new untuk membuat dokumen baru. RUDI DIAN ARIFIN

2. Pada halaman pembuatan dokumen baru, klik tab Print. Jika Anda ingin mengatur ukuran kertas / canvas menjadi A1, Anda bisa mengubah Width (42,0 cm) dan Height (59,4 cm) yang ada di sisi kanan. Jangan lupa, ubah bagian ukuran standar yang awalnya point menjadi centimeter. Klik Create untuk membuat dokumen.

2 Atur ukuran kertas A2 Adobe Illustrator
2. Atur ukuran dokumen sesuai kebutuhan. RUDI DIAN ARIFIN

3. Sekarang, Anda telah berhasil membuat dokumen baru di Adobe Illustrator.

3 Tampilan Adobe Illustrator
3. Kanvas di Adobe Illustrator CC 2021. RUDI DIAN ARIFIN

Versi Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator yang digunakan untuk tutorial di atas adalah Adobe Photoshop CC 2021 dan Adobe Illustrator CC 2021. Jika Anda menggunakan versi yang lebih rendah atau lebih tinggi, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Perbedaan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

CorelDraw

Selain Adobe Illustrator, industri percetakan di Indonesia juga masih banyak yang menggunakan CorelDraw. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi secara fungsionalitas, keduanya memiliki fungsi yang sama. Sementara untuk kebutuhan ‘cetak mencetak’, kustomisasi ukuran kertas di CorelDraw jauh lebih mudah ketimbang di Adobe Illustrator, bahkan pilihan ukuran kertas juga lebih beragam sesuai dengan standar Internasional. Bagi Anda yang ingin mengatur ukuran kertas di CorelDraw, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama, buka CorelDraw di PC / laptop Anda. Pada halaman Welcome Screen, pilih tab Get Started » klik New Document… untuk membuat dokumen baru.

1 Buat dokumen baru CorelDraw
1. Klik New Document untuk membuat dokumen baru. RUDI DIAN ARIFIN

2. Dalam pembuatan dokumen baru, silakan tulis nama dokumen pada kolom Name. Untuk mengatur ukuran kertas menjadi A2, Anda bisa ubah Page size-nya menjadi A2. Atau jika Anda ingin membuat ukuran sendiri, Anda bisa ubah bagian Width dan Height. Setelah itu, klik OK untuk membuat dokumen.

2 Atur ukuran dokumen A2 CorelDraw
2. Atur ukuran dokumen sesuai kebutuhan. RUDI DIAN ARIFIN

3. Sekarang, Anda telah berhasil membuat dokumen baru di CorelDraw.

3 Kanvas CorelDraw
3. Kanvas di CorelDraw. RUDI DIAN ARIFIN

Versi CorelDraw yang digunakan untuk tutorial di atas adalah CorelDraw 2021. Jika Anda menggunakan versi yang lebih rendah atau lebih tinggi, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw

Penutup,

Dalam penggunaannya, ukuran kertas seri A telah memegang peranan penting dalam berbagai macam kebutuhan digital maupun cetak. Ukuran A2 juga memiliki peranan penting dalam kegiatan industri percetakan maupun pembuatan karya pribadi. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam ukuran kertas seri A lainnya, Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di sini.

Jika ada yang perlu didiskusikan atau ditambahkan mengenai jenis ukuran kertas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin

Yunita Setiyaningsih

Yunita adalah seorang penulis konten di Dianisa.com. Ia memiliki latar belakang pekerjaan dalam marketing, administrasi kantor, dan desain konten. Di sela-sela pekerjaannya, ia memiliki hobi desain grafis. Saat ini, ia sedang memperluas pengetahuannya di bidang pemrograman web.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download Suara Burung Kenari, Masteran, Durasi Panjang MP3, Lengkap!

    Berikut kami bagikan kumpulan suara burung kenari yang bisa dipakai untuk masteran, durasi panjang hingga 1…
  2. 19 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat Anda coba…
  3. 5 Cara Masuk BIOS Laptop Dell, Via Shortcut Keyboard, dan Menu Setting!

    Simak cara mudah dan paling efektif untuk masuk BIOS laptop Dell untuk kebutuhan instalasi sistem operasi,…