Tips Menjual Smartphone Android Bekas

Dianisa.comTips Jitu Cara Menjual HP Android Bekas Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku. Setiap orang memiliki alasan tertentu kenapa ingin menjaul smartphone. Mungkin saja sudah tidak suka atau bosan dengan fitur dari smartphone yang ia miliki. Atau lebih kerennya selingkuh, dan ingin membeli smartphone model baru dengan fitur baru.

Baca Juga :

Tapi sebelum membeli smartphone baru tentunya anda ingin menjual smartphone lama anda. Sekarang ini orang – orang jarang yang membeli smartphone bekas. Kenapa? Karena takut ditipu atau takut jika dipakai sehari langsung rusak. Tapi tidak semua penjual seperti itu, setiap orang memiliki keinginan yang berbeda – beda, tergantung dari kitanya bisa memilih smartphone berkualitas atau tidak. Tidak semua smartphone bekas itu jelek, banyak juga smartphone bekas dengan kualitas bagus dan masih awet.

Ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk memaksimalkan produk bekas anda ingin anda jual dengan harga tinggi dan cepat laku. Simak tipsnya berikut ini.

Tips Menjual Smartphone Bekas Dengan Harga Tinggi

Sebelum menjual smartphone, pastikan smartphone anda tidak dalam keadaan rusak. Karena jika dalam keadaan rusak tentunya tidak akan ada yang mau membelinya, kecuali counter. Dan jika ada beberapa hardware smartphone yang sudah anda ganti atau mungkin baterai sudah anda ganti maka katakan yang sesungguhnya.

1. Bersihkan Seluruh Body dan Layar Smartphone

Pembeli yang ingin membeli smartphone yang ingin anda jual tentunya akan melihat kondisi body dari smartphone itu sendiri. Jika smartphone anda masih terlihat kinclong, mulus, dan tidak terlalu banyak goresan mungkin akan membuat pembeli tergiur dengan smartphone anda. Pembeli lebih dominan cek kondisi body smartphone, dan barulah nanti cek kelengkapan dari smartphone itu sendiri.

Sebelum menjual smartphone, alangkah baiknya anda bersihkan body smartphone itu sendiri mulai dari layar, body, dan baterai smartphone. Bersihkan dengan lap dan pelicin yang lembut agar agar terlihat bersih dan kinclong. Jangan lupa, bersihkan debu atau kotoran di sela – sela smartphone android anda.

2. Periksa Kelengkapan Bawaan Seperti Dus Dan Aksesoris

Pastikan semua aksesoris dan kelengkapan smartphone masih ada mulai dari Dus, Charger, USB, Headset, dan lain – lainnya. Kelengkapan smartphone sangatlah penting, jika misalnya dus anda hilang atau sudah anda buang kemungkinan harga akan turun drastis.

Apabila charger atau headset anda rusak, sebaiknya anda siasati dengan yang baru. Hal ini bertujuan agar smartphone anda lengkap kembali walaupun sudah tidak original.

3. Tata Dengan Rapi Layaknya HP Baru

Tempatkan smartphone, headset, dan charger pada dus yang masih anda miliki. Tata dengan rapi layaknya anda membeli smartphone android baru. Kalau bisa, ikat headset dan charger seperti sebelumnya anda membeli hp baru.

Selain smartphone android yang mulus dan bersih, jangan lupa bersihkan juga charger dan headset agar terlihat bersih kembali. Ketika seseorang ingin membeli smartphone anda tentunya orang tersebut akan melihat barangnya terlebih dahulu. Untuk itulah anda harus pintar – pintar dalam menata smartphone.

4. Jual Ke Orang Terdekat

Sebelum anda menjual ke orang lain yang tidak anda kenal, sebaiknya tawarkan dulu ke orang terdekat anda, bisa teman dekat, saudara, tetangga, atau orang – orang terdekat anda lainnya. Dengan menjual smartphone ke orang terdekat, tentunya dia akan lebih percaya ke anda karena sudah kenal dengan anda.

Jangan terlalu berlebihan dengan teman sendiri, pasang harga yang sesuai dengan keadaan smartphone android anda. Agar teman anda tergiur, anda bisa jual dengan nyicil dengan catatan harus bisa melunasi sesuai dengan waktu yang telah anda tentukan.

5. Jual Secara Online atau ke Toko Konter HP?

Jika anda menjual ke konter mungkin akan sangat murah. Ya, kita harus maklum karena mereka akan menjual smartphone anda kembali. Entah kapan smartphone anda bisa laku kembali atau tidak, itu urusan konter. Hal inilah yang membuat konter memberi tarif murah pada smartphone anda.

Sekarang ini lebih mudah mencari barang bekas lewat situs online seperti KASKUS dan OLX. Nah, bagi anda yang ingin menjualnya secara online maka anda bisa tuh jual di situs tersebut. Selain situs online, anda juga bisa jual lewat grup facebook. Jika barang anda bagus maka harganya pun juga akan bagus.

6. Buat Deskripsi dan Foto Yang Menarik Mata

Strategi marketing yang baik yakni menampilkan produk yang berkesan untuk para peminat. Ambil foto dari smartphone anda dengan sudut yang baik. Tulis juga diskripsi mengenai smartphone android anda. Jangan bohong, tulis diskripsi smartphone apa adanya sesuai dengan kondisi yang ada. Jangan membuat – buat sesuatu yang tidak ada menjadi ada.

Cari moment yang pas saat ingin menjual smartphone. Moment idul fitri atau tahun baru biasanya orang – orang ingin membeli barang baru. Tapi jika anda tidak sabaran, anda bisa jual sekarang, sesuai keinginan anda.

7. Kasih Harga Normal Dan Jangan Berlebihan

Harga tinggi boleh tapi anda harus menyesuaikan juga dengan kondisi smartphone android anda. Cek harga bekas pada umumnya orang menjual smartphone dengan merek dan tipe yang sama. Seorang pembeli juga memiliki otak dalam memilih produk, mereka tahu mana harga mahal, harga wajar, dan harga murah.

Jangan berlebihan, jika sebelumnya anda membeli smartphone baru dengan harga 2 juta kemudian anda jual dengan harga 2,1 juta maka anda sangat berlebihan. Orang pasti malas melihat muka anda.

8. Pilih Cara Pembayaran

Pada umumnya orang lebih memilih COD (cash on delivery) atau transfer lansung. COD merupakan proses bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan penjualan/pembelian secara langsung dengan melakukan perjanjian tempat yang disepakati. Untuk lebih baiknya memang COD, karena dari situ anda bisa tawar menawar, menjelaskan, dan jika deal maka uang langsung bisa anda terima.

Tapi COD hanya bisa anda lakukan pada kota yang sama atau wilayah yang sama. Dan untuk tempat CODnya, anda bisa cari tempat yang bagus seperti café, tempat umum, atau semacamnya. Usahakan jangan COD di pinggir jalan atau tempat gelap.

9. Berikan Jaminan Agar Pembeli Yakin

Apabila anda yakin bahwa smartphone yang anda jual masih dalam keadaan bagus, anda bisa beri jaminan selama beberapa hari. Tujuannya agar pembeli yakin bahwa anda tidak main – main dan anda serius dalam menjual barang bekas. Dengan cara ini, anda bisa menjual smartphone dengan harga tinggi.

10. Hapus Semua Data Pada Smartphone Anda

Lakukan factory riset agar android masih terlihat baru dan fresh layaknya membeli smartphone baru. Jangan lupa bersihkan juga kontak, SMS, dan lain – lainnya. Untuk SIM card dan Micro SD anda tidak perlu menjualnya, karena itu bagian dari privasi yang perlu anda jaga.

Jangan memberikan SIM Card atau Micro SD sebagai bonus karena takutnya nanti SD card dan SIM Card anda akan dibuat macam – macam.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, saya yakin smartphone yang anda jual pasti cepat laku dan banyak yang mau menawar.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Tips Menjual HP Android Bekas Dengan Harga Tinggi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, tulis melalui kolom komentar. Terima kasih!!

Sumber Referensi : JalanTikus.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here