Tips Membeli Smartphone Android Bekas

Dianisa.comTips Sebelum Membeli Smartphone dan Tablet Android Bekas/ Second. Smartphone merupakan alat komunikasi pintar yang menjadi trend anak muda masa kini. Smartphone sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki semua orang, pasalnya dengan smartphone, aktifitas harian jauh lebih mudah dan lebih cepat. Para pelajar, karyawan kantor, pebinis online, dan bahkan petani-pun sekarang sudah memiliki smartphone.

Baca Juga :

Di balik kecanggihan smartphone tentu harga baru juga lumayan mahal, minimal uang 1 juta keatas harus di persiapkan untuk membeli smartphone android baru, itupun kelasnya masih kelas biasa, belum yang high class.

Uang Saya Sedikit Tapi Saya Ingin Punya Smartphone Yang Handal, Apa Solusinya?

Tenang, apabila uang anda sedikit anda bisa membeli smartphone android bekas alias second. Jangan khawatir masalah performa, jika anda pintar dalam memilih smartphone bakas maka performa dan kualitas hardware tetap masih bagus. Keuntungan membeli smartphone bekas pasti harganya akan turun minimal 20% atau 30% dari harga. Walaupun tidak bisa mencium bau harumnya smartphone baru, tapi setidaknya anda bisa mencoba dan memakai smartphone android.

Ada beberapa pertimbangan sebelum anda membeli smartphone android bekas agar nantinya anda tidak tertipu dengan barang rusak atau barang palsu. Berikut 10 pertimbangan dalam membeli smartphone android baru.

#1. Cek Kondisi Fisik Smartphone

Kondisi fisik atau body smartphone akan mempengaruhi harga dari smartphone itu sendiri. Cek semua sisi dari smartphone, pastikan tidak terlihat goresan, layar masih bagus, terlihat masih kinclong, baterai masih original, tombol power dan atas bawah masih normal, kamera masih bagus, serta tidak ada bekas segel dari smartphone itu sendiri.

Segel Smartphone : Apabila ada segel yang terlihat sudah pernah dibuka atau baut yang sudah pernah dicopot, tandanya smartphone tersebut sudah pernah di service. Artinya, hardware dari smartphone tersebut pernah rusak. Untuk masalah harga anda harus pertimbangkan (Murah) apabila smartphone pernah rusak.

Baterai Smartphone : Pastikan baterai smartphone masih dalam kondisi yang baik, pastikan baterai masih original, masih awet (tanya Pada penjual), dan tidak terlihat kusam atau bersih. Jika keadaan baterai kurang baik atau bahkan sudah diganti yang artinya bukan baterai dari bawaan smartphone itu sendiri maka anda bisa mempertimbangkan harganya.

#2. Pasikan Semuanya Masih Lengkap

Cek kelengkapan dari smartphone itu sendiri mulai dari Dosbook, Kabel Usb, Charger, Headset, dan lain – lainnya. Dan apabila garansi produk masih ada, berarti smartphone masih bisa dikembalikan jika nantinya terjadi kerusakan.

Charger : Apabila charger sudah rusak dan tidak ada, maka anda bisa membeli charger ditempat lain. Untuk masalah harga tentunya anda bisa dipertimbangkan dengan alasan charger tidak ada.

Dosbook : apabila Dosbook tidak ada maka ditakutkan smartphone palsu, tapi jangan terlalu menyimpulkan karena hal itu belum tentu. Kelengkapan Dosbook sebenarnya untuk melihat keaslian dari smartphone itu sendiri.

#3. Spesifikasi Smartphone

Pastikan spesifikasi smartphone sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Spesifikasi yang dimaksud seperti Memory RAM, CPU, Konektifitas, Kualitas Kamera, Sensor, dan lain – lainnya. Pastikan selancar dengan smartphone tersebut masih enak, cepat, dan tidak lemot. RAM yang dibawah 1GB (512MB) mungkin harga smartphone masih ratusan (Baru), sedangkan untuk bekas anda bisa berfikir sendiri.

Kamera : kebanyakan pembeli pasti ingin cek kualitas foto dari hasil jepretan dengan smartphone. Pastikan kualitas jepretan masih bagus, tidak buram, cocok untuk selfie, dan tidak lambat saat mengambil foto.

#4. Cek Nomor IMEI

Cek Nomor IMEI bertujuan untuk melihat keaslian dari smartphone. Pastikan no IMEI sesuai dengan no IMEI yang ada pada Dosbook. Untuk cek no IMEI, anda bisa mengetikkan *#06# dan secara otomatis no IMEI akan muncul.

#5. Cek Sinyal Android

Pastikan sinyal android dalam keadaan bagus, coba gunakan untuk mengirim pesan, telepon seseorang, dan browsing. HP android yang sudah tersedia fitur 4G pasti lebih mahal dibanding 3G. Nah, dari sini anda bisa pertimbangkan harganya.

Secara langsung mungkin tidak masalah, tapi jangan sampai setelah 2 – 3 hari sinyal android error dan tidak befungsi. Pastikan anda minta garansi beberapa minggu atau bulan agar tidak tertipu.

#6. Cek Versi OS Yang Terpasang

Jika versi OS yang digunakan adalah versi terbaru yakni Marshmallow anda turut senang karena smarphone tersebut sudah mendung versi OS yang paling baru. Bagi yang masih versi jadul, minimal smartphone sudah berada pada versi Android Kiktat.

Untuk smartphone yang masih mengunakan OS versi kitkat ke bawah tentunya harga smartphone tersebut sangatlah murah, pasti hanya beberapa ratus saja. sedangkan untuk yang sudah mendukung Marshmallow tentunya harga masih jutaan rupiah.

#7. Cek Harga Pasaran

Anda harus cek harga umum dari Smartphone android tersebut. Anda bisa browsing diinternet, cek harga baru dan cek harga bekas. Nah, dari situlah nantinya anda bisa menawar smartphone sesuai dengan kondisi yang ada.

Jangan terlalu murah, anda harus sesuai dengan kondisi barang. Harga penjual dan anda akan dihargai sebagai pembeli.

#8. Garansi Produk

Pastikan anda mendapat garansi dari barang yang dijual, jika smartphone bekas umumnya beberapa minggu atau beberapa bulan. Hal tersebut dapat menjamin bahwa penjual sangat professional dalam menjual barannya. Dan apabila nantinya terjadi masalah atau kerusakan, anda bisa kembalikan.

Dengan adanya tips – tips diatas, tentunya anda bisa membeli harga smartphone android dengan kualitas terbaik pas dengan isi kantong yang ada.

HATI – HATI APABILA ANDA DITAWARI HP SECOND DENGAN KUALITAS TERBAIK NAMUN HARGA TIDAK WAJAR, MUNGKIN SAJA ITU SUDAH RUSAK ATAU PALSU.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Tips Membeli Smartphone Android Bekas, semoga bisa bermanfaat. Tulis pendapat anda mengenai artikel diatas melalui kolom komentar. Terima kasih !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here