1 Kuintal Berapa KG (Kilogram)?

Berikut kami terangkan bagaimana cara menghitung konversi satuan Kuintal ke dalam Kilogram (KG)

Jika Anda membeli barang dalam jumlah besar, pasti satuan massa yang digunakan yaitu kuintal dan ton. Keduanya biasa dipakai untuk mengukur massa benda dalam jumlah banyak. Lalu jika satuan kuintal dikonversikan ke dalam satuan kilogram, apakah Anda dapat mengetahui berapa hasilnya? Untuk itu Anda perlu mengonversi satuan kuintal ke dalam bentuk kilogram, agar Anda dapat mengetahui berapa hasilnya.

Hal tersebut menjadi cukup penting karena kedua satuan tersebut biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun jika Anda masih bingung, berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai kuintal dan kilogram yang dapat Anda simak, serta rumus untuk menghitung konversi kuintal ke dalam bentuk kilogram.

Ringkasan

  • Kuintal atau yang biasa disebut dengan hundredweight (istilah dalam bahasa inggris) digunakan sebagai standar pengukuran untuk menyederhanakan perdagangan barang-barang yang dijual.
  • Kilogram juga termasuk standar pengukuran untuk mengukur massa yang ditentukan oleh Sistem Satuan Internasional (SI).
  • Anda dapat menghitung kuintal ke kg dengan rumus kuintal x 100, artinya 1 kuintal sama dengan 100 kg.

Lihat Juga : 1 Mil berapa KM?

Pengertian Kuintal

Kuintal merupakan satuan massa 100 kg yang digunakan di banyak Negara, dan termasuk ke dalam 100 satuan dasar seperti kilogram, pound, ton dan lain-lain, Kuintal juga dapat dikatakan sebagai satuan massa yang memiliki nilai di bawah ukuran ton. Kuintal pada awalnya merupakan satuan berat tradisional yang digunakan di Prancis, Portugal, Spanyol dan telah digunakan sebagai ukuran massa di Eropa sejak akhir Abad Pertengahan.

Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa pedagang yang melakukan kegiatan jual beli barang-barang kebutuhan misalnya seperti lada, tepung dan merica dalam jumlah ratusan. Tidak hanya itu, kuintal juga paling sering digunakan sebagai satuan ukuran saat memperdagangkan barang dalam jumlah besar. Misalnya seperti produk yang sangat berat seperti baja dan lain-lain.

Kuintal atau yang biasa disebut dengan hundredweight (istilah dalam bahasa Inggris) biasanya juga digunakan sebagai standart pengukuran untuk beberapa bahan atau barang yang ditimbang dalam jumlah yang cukup banyak atau memiliki berat lebih dari sembilan puluh sembilan kilogram. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa kuintal bukan bagian dari Sistem Satuan Internasional (SI).

Kuintal pada awalnya diperkenalkan sebagai satuan standar untuk memfasilitasi perdagangan komoditas tertentu antar negara. Penggunaan kuintal sebagai ukuran telah menurun dalam beberapa tahun terakhir yang mendukung sistem metrik.

Pengertian Kilogram

Kilogram (kg) adalah satuan metrik yang digunakan untuk mengukur massa benda dan memiliki nilai 1000 gram. Kilogram juga termasuk standar pengukuran untuk mengukur massa yang ditentukan oleh Sistem Satuan Internasional (SI), sehingga satuan ini juga digunakan sebagai sistem satuan massa di seluruh dunia.

Pada umumnya kilogram juga biasa disebut dengan ‘kg’. Kata “kilo” berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “seribu”; dan kata “gram” berasal dari bahasa Latin yaitu ‘gramma’. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa Kilogram merupakan satuan terbesar setelah gram, yang digunakan untuk mengukur benda yang memiliki ukuran sedang hingga berat. Misalnya seperti untuk mengukur berat badan, buah, sayur, barang, bahan-bahan pokok, dan lain-lain.

Dari informasi tersebut, maka dapat juga disimpulkan bahwa satuan kilogram merupakan turunan dari satuan dasar untuk mengukur berat benda (terutama benda padat) yang ada dalam satuan SI yaitu gram. Beberapa satuan massa yang berdasarkan dari gram juga ada beberapa macam misalnya seperti hektogram, dekagram, desigram, sentigram dan miligram.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman Wikipedia juga mengatakan bahwa kilogram adalah satu-satunya satuan yang satuan dasarnya menggunakan awalan. Bukan gram yang merupakan bentuk dasar dari kilogram itu sendiri.

Lihat Juga : 1 GB berapa MB?

1 Kuintal Berapa Kg?

1 Kuintal berapa KG

Untuk menghitung berapa nilai 1 kuintal berapa kilogram dapat dikatakan sangat sederhana. Anda hanya perlu memahami bahwa 1 kuintal yang dikonversi adalah sebuah patokan yang Anda gunakan untuk menghitung konversi yang sama, meskipun angkanya berbeda.

Dan yang menjadi dasar perhitungan ini adalah 1 kuintal = 100 kg. Dengan memahami dasar patokan tersebut, maka Anda dapat dengan mudah untuk menghitung hasil konversi kuintal ke dalam kilogram dengan angka yang berbeda.

Rumus Perhitungan Kuintal Ke Kg

Kuintal x 100 = KG

Tabel Konversi Satuan Kuintal ke dalam Kg

KuintalKilogram
1 kuintal100 kg
2 kuintal200 kg
3 kuintal300 kg
4 kuintal400 kg
5 kuintal500 kg
6 kuintal600 kg
10 kuintal1000 kg
20 kuintal2000 kg
50 kuintal5000 kg
100 kuintal10000 kg
1000 kuintal100000 kg

Rumus Perhitungan Kg Ke Kuintal

Kg / 100 = Kuintal

Tabel Konversi Satuan Kg Ke Kuintal

KilogramKuintal
1 kg0,01 kuintal
2 kg0,02 kuintal
3 kg0,03 kuintal
4 kg0,04 kuintal
5 kg0,05 kuintal
6 kg0,06 kuintal
7 kg0,07 kuintal
8 kg0,08 kuintal
9 kg0,09 kuintal
10 kg0,1 kuintal
20 kg0,2 kuintal

Setelah mengetahui beberapa rumus perhitungan kuintal ke kilogram dan kilogram ke kuintal yang tersedia di atas, maka Anda juga dapat mempelajari tabel yang ada berikut ini, sebagai acuan untuk mengonversi satuan-satuan yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

SatuanKonversi
1 Ton1000 kg
1 Kuintal100 kg
1 Kg1000 gram
1 Kg10 Ons
1 Kg2 Pon
1 Hg1 Ons
1 ons100 gram
1 Pon5 Ons

Lihat Juga : 1 GB berapa KB?

Contoh Soal

Konversi Kuintal ke KG
Sumber Gambar : boston.eater.com

Soal 1

Pak Agus memperoleh hasil panen padi sebanyak 9 kuintal, apabila diubah menjadi satuan kilogram, maka berapa hasil panen padi pak Agus?

Jawaban : 9 x 100 = 900 Kilogram

Soal 2

Toko sembako miliki Bu Ani memiliki persediaan 5,5 kuintal gula di dalam gudang. Jika dikonversikan ke dalam satuan Kilogram, maka berapa jumlah persediaan gula di gudang Bu Ani?

Jawaban : 5,5 x 100 = 550 kilogram

Soal 3

Sebuah truk bermuatan kelapa sawit sebesar 7 kuintal berjalan dari Riau menuju Surabaya, jika dinyatakan dalam satuan kilogram, maka berapa besar kelapa sawit yang ada dalam truk tersebut?

Jawaban : 7 x 100 = 700 Kilogram

Soal 4

Sebuah desa di kota Mojokerto, mendapat bantuan beras sebesar 15 kuintal dari pemerintah. Jika dikonversi dalam bentuk kilogram, maka berapa jumlah beras dari pemerintah?

Jawaban : 15 x 100 = 1500 Kilogram

Soal 5

Pak Soni membeli 1,5 kuintal cengkeh dari kebun pak Mamat. Apabila diubah ke dalam bentuk kilogram berapa hasil cengkeh yang dibeli pak Soni?

Jawaban : 1,5 x 100 = 150 Kilogram

Lihat Juga : Ukuran Lapangan Basket Beserta Gambarnya!

Satuan Internasional

Berdasarkan laman Wikipedia, Satuan Internasional didefinisikan sebagai bentuk modern dari sistem metrik dan saat ini merupakan sistem pengukuran yang paling banyak digunakan. Sistem ini terdiri dari sistem satuan pengukuran yang koheren dan berpusat pada 7 satuan dasar yaitu sekon, meter, kilogram, ampere, kelvin, mol dan candela.

Sekon

Detik atau sekon merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur waktu. Satuan ini juga diketahui memiliki nilai numerik tetap dari frekuensi cesium ∆νCs, yaitu 9.192.631.770 Hertz dalam satuan yang sebanding dengan s−1. Selain itu, pada umumnya penggunaan detik sama dengan 1/60 dalam satu menit, dan 1/3600 dalam satu jam.

Meter

Meter merupakan satuan yang digunakan sebagai acuan untuk mengukur panjang. Satuan ini biasanya juga digunakan sebagai dasar jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam perjalanan di ruang hampa selama 1/299.792.458 detik. Dan yang perlu Anda ketahui pula bahwa meter biasanya disimbolkan dengan huruf ‘m’.

Kilogram

Kilogram adalah satuan pokok yang digunakan untuk mengukur massa. Kilogram biasanya juga sering disimbolkan dengan ‘kg’ dan biasanya digunakan untuk mengukur berat badan, bahan-bahan kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya. Satuan ini memiliki nilai numerik yang tetap dan konstan yaitu sebesar 6,62607015 x 10-34.

Ampere

Ampere digunakan untuk mengukur kekuatan arus listrik. Satuan dasar arus listrik ampere memiliki arus konstan yang dipertahankan dalam dua konduktor lurus paralel dengan panjang tak terbatas dengan penampang yang dapat diabaikan dan ditempatkan dalam ruang hampa dengan jarak 1 meter, dan menghasilkan gaya yang sama antara konduktor tersebut. 2 x 10 -7 Newton per meter panjangnya.

Kelvin

Kelvin merupakan salah satu satuan yang digunakan untuk mengukur suhu termodinamika. Satuan yang biasa disimbolkan dengan huruf K ini memiliki nilai numerik konstan boltzmann yaitu 1,380649 x 10-23 dan sebanding dengan kg.m2.s-2.K-1. Dan Yang perlu Anda ketahui, bahwa Kelvin tidak menggunakan derajat berbeda dengan skala Celcius dan Farenhaheit.

Mol

Mol atau dalam bahasa inggris disebut mole merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur jumlah zat. Satu mol memiliki entitas elementer sebanyak 6,02214076 x 1023. Saat menggunakan mol, entitas elementer biasanya dapat berupa atom, molekul, ion, elektron, partikel lain, atau kelompok tertentu dari partikel tersebut.

Kandela

Kandela atau dalam bahasa inggris disebut dengan candela adalah salah satu satuan internasional yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya pada suatu arah tertentu. Satuan ini memiliki nilai numerik tetap dari pancaran cahaya yang berasal dari radiasi monokromatik yang mempunyai frekuensi 540 x 1012 Hertz dan mempunyai intensitas pancaran pada arah tersebut sebesar 1/683 watt per steradian.

Lihat Juga : 1 Mil berapa KM?

Penutup

Berikut merupakan informasi mengenai 1 kuintal berapa kilogram yang dapat Anda simak. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam apa itu kuintal dan kilogram. Selain itu, Anda juga dapat menyimak soal-soal di atas agar dapat memudahkan Anda ketika mendapat pertanyaan tentang berapa hasil konversi kuintal ke dalam kilogram.

Apa perbedaan kuintal dan kilogram?

Perbedaannya yaitu kuintal memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kilogram.

Kuintal digunakan untuk mengukur apa saja?

Kuintal biasanya digunakan sebagai satuan untuk mengukur benda dalam jumlah banyak misalnya seperti padi, kayu manis, kelapa sawit, karet, kedelai, kopi, cengkeh dan lain-lain.

Kilogram digunakan untuk mengukur apa saja?

Kilogram biasanya digunakan sebagai satuan untuk mengukur benda yang memiliki berat sedang hingga tinggi, misalnya seperti menimbang berat badan, gula, sayur-sayuran, dan buah.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Arti, dan Keutamaannya!

    Berikut bacaan ayat kursi beserta artinya!
  2. Download GB WhatsApp Pro Apk (WA GB) v9.52, v14.10, v17.20 Terbaru 2023

    Berikut link download GB WhatsApp Pro apk (WA GB) versi terbaru 2023 gratis!
  3. Download GB WhatsApp Apk Terbaru – Update Januari 2023

    Berikut link download GBWhatsApp terbaru, anti-ban 2023