Urutan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Lengkap

Ketahui urutan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia berikut ini!

Dalam negara kesatuan, terdapat satu konstitusi yang hanya berlaku di seluruh negara yang menganut sistem kedaulatan atau termasuk dalam golongan negara kesatuan. Berarti, pemegang legislatif tertinggi  adalah pemerintah pusat, dan hanya pemerintah yang dapat mendelegasikan sebagian kekuasaannya kepada pemerintah daerah dengan berdasarkan hak otonomi, namun kekuasaan tertinggi tetap berada pada pemerintah pusat.

Negara kesatuan merupakan negara kedaulatan yang dipimpin oleh pemerintah pusat dengan otoritas tertinggi yakni presiden. Sebagai seorang yang memimpin sebuah negara, tentu saja presiden mempunyai peran penting yang harus dijalankan dalam menentukan arah kebijakan dan menciptakan sebuah negara yang maju dan sejahtera.

Presiden merupakan jabatan yang paling tinggi dalam suatu pemerintahan atau negara. Tanggung jawab seorang presiden tentu saja sangat besar dalam memimpin dan mengatur seluruh aspek kehidupan yang terjadi di negara yang dipimpinnya, baik dalam segi sosial, ekonomi, politik hingga kemajuan negara. Dibalik jabatan atau tahta presiden yang sangat bergengsi, terdapat penuh rintangan dan tekanan yang harus dihadapi dan berbagai tugas-tugas yang dilakukan. Lalu, apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang presiden? Simak penjelasan berikut ini.

Ringkasan

  • Presiden merujuk kepada jabatan kepala negara dan kepala pemerintah di berbagai negara yang menganut sistem presidensial. Presiden mempunyai kekuasaan eksekutif tertinggi dalam pemerintahan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan kebijakan negara serta menjalankan tugas dan fungsi pemerintahan.
  • Wakil presiden merupakan jabatan yang mendampingi presiden dalam menjalankan atau memimpin sebuah pemerintahan dalam suatu negara.
  • Tugas dan wewenang presiden telah tercantum pada pasal 4 ayat 1 UUD 45.
  • Kedudukan wakil presiden sebagai pengganti atau orang yang mewakili presiden telah ditetapkan dalam UUD 45 pasal 4 ayat 2.
  • Urutan Presiden yaitu Ir. Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.
  • Urutan Wakil Presiden yaitu Mohammad Hatta, Sri Sultan Hamengkubuwana IX, Adam Malik Batubara, Umar Wirahadikusumah, Sudharmono, Try Sutrisno, Bacharuddin Jusuf Habibie, Megawati Soekarnoputri, Hamzah Haz, Muhammad Jusuf Kalla, Boediono, Muhammad Jusuf Kalla, Ma’ruf Amin.

Lihat Juga : 50 Nama Tarian Daerah di Indonesia

Pengertian Presiden

Pengertian Presiden
Sumber Gambar : cnbc.com

Presiden merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam instansi pemerintahan, perusahaan, organisasi, universitas, negara dan berguna untuk menyebut pemimpin. Umumnya, istilah “presiden” merujuk pada kepala negara republik yang dipilih oleh rakyat secara langsung melalui pemilihan umum.

Presiden merupakan sebuah gelar yang ditujukan kepada orang yang memiliki jabatan sebagai kepala negara dan pemerintahan di berbagai negara. Istilah “presiden” berasal dari bahasa Latin yaitu “praesidens” memiliki arti “memimpin” atau “menjaga”. Kemudian, kata ini berkembang menjadi “president” dalam bahaa Inggris dan “president” dalam bahasa Prancis.

Pada bahasa Indonesia, kata “presiden” diambil dari bahasa Belanda yaitu “president” yang sama-sama berasal dari bahasa Latin. Istilah presiden pertama kali digunakan pada masa penjajahan Belanda dan tetap dipertahankan hingga Indonesia merdeka.

Secara harfiah, presiden merujuk kepada jabatan kepala negara dan kepala pemerintah di berbagai negara yang menganut sistem presidensial. Presiden mempunyai kekuasaan eksekutif tertinggi dalam pemerintahan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan kebijakan negara serta menjalankan tugas dan fungsi pemerintahan.

Lihat Juga : 110 Lagu Daerah di Indonesia

Pengertian Wakil Presiden

Pengertian Wakil Presiden
Sumber Gambar : voi.id

Wakil presiden merupakan jabatan yang mendampingi presiden dalam menjalankan atau memimpin sebuah pemerintahan dalam suatu negara. Wakil presiden dipilih oleh rakyat bersamaan dengan pemilihan presiden secara langsung melalui pemilu atau pemilihan umum. Wakil presiden merupakan orang kedua dalam hierarki pemerintahan setelah presiden.

Wakil presiden berasal dari bahasa Indonesia yang mana “wakil” mempunyai arti sebagai orang yang mewakili atau menggantikan pemimpin dalam menjalankan tugas tertentu. Sementara, kata “presiden” berarti jabatan kepala negara. Secara umum, wakil presiden merupakan sebuah gelar yang ditujukan kepada orang yang menjadi pengganti atau mewakili presiden dalam melaksanakan tugas.

Dalam bahasa Inggris, istilah yang sama dengan “wakil presiden” ialah “vice president”. Kata “vice” berarti wakil dan “president” tetap merujuk pada pemimpin negara. Istilah wakil presiden biasanya digunakan dalam sebuah negara yang menganut sistem pemerintahan presidensial. Akan tetapi, istilah wakil presiden juga bisa digunakan dalam sistem pemerintahan parlementer, meskipun peran dan fungsi wakil presiden dalam sistem tersebut berbeda dengan sistem presidensial.

Lihat Juga : 30 Lagu Nasional Indonesia

Tugas dan Wewenang Presiden Menurut Undang – Undang Dasar 1945

Tugas Presiden
Sumber Gambar : pinterpolitik.com

Berdasarkan sumber katadata.id, diketahui bahwa tugas dan wewenang presiden telah tercantum pada pasal 4 ayat 1 UUD 45, yaitu:

1. Tugas dan Wewenang Presiden Sebagai Kepala Pemerintahan

  • Presiden memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD pasal 4 ayat 1.
  • Presiden menetapkan Peraturan Pemerintah untuk menjalankan UU sesuai dengan pasal 5 ayat 2.
  • Presiden mengangkat dan menghentikan menteri-menteri sesuai dengan pasal 17 ayat 2.
  • Presiden mengesahkan RUU yang telah disetujui bersama untuk menjadi UU sesuai pasal 20 ayat 4.
  • RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN diajukan oleh presiden untuk dibahas secara bersama dengan DPR dan memperhatikan pertimbangan oleh DPD sesuai dengan pasal 23 ayat 2.
  • Anggota Komisi Yudisial atau KY diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan DPR sesuai dengan pasal 24B ayat 3.

2. Tugas dan Wewenang Presiden Sebagai Kepala Negara

  • Memegang kekuasaan yang tertinggi Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara sesuai dengan pasal 10.
  • Menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR sesuai dengan UUD pasal 11 ayat 1.
  • Presiden berhak menyatakan keadaan bahaya dalam situasi yang darurat sesuai dengan pasal 12.
  • Presiden berhak mengangkat duta dan konsul dan tetap memperhatikan pertimbangan dari DPR sesuai dengan UUD pasal 13 ayat 1 dan 2.
  • Presiden harus menerima penempatan Duta Negara lain dengan tetap memperhatikan pertimbangan DPR sesuai dengan pasal 13 ayat 3.
  • Presiden berhak memberikan grasi, rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Konstitusi sesuai dengan pasal 14 ayat 1.
  • Presiden harus memberikan gelar, tanda jasa dan bentuk lain tanda kehormatan yang telah diatur dengan UU sesuai dengan pasal 15.

Lihat Juga : 46 Alat Musik Tradisional Indonesia

Tugas dan Wewenang Wakil Presiden Menurut Undang – Undang Dasar 1945

Tugas Wakil Presiden
Sumber Gambar : keuangannews.id

Berdasarkan sumber katadata.id, kedudukan wakil presiden sebagai pengganti atau orang yang mewakili presiden telah ditetapkan dalam UUD 45 pasal 4 ayat 2, beberapa tugas dan wewenang wakil presiden yaitu:

1. Pasal yang mengatur Wakil Presiden

  • Pasal 4 ayat 1 berbunyi “Presiden Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD.”
  • Pasal 4 ayat 2 berbunyi “Dalam melakukan kewajibannya, Presiden dibantu oleh satu orang Wakil Presiden.”

2. Tugas dan Wewenang Wakil Presiden

  • Salah satu tugas utama wakil presiden ialah menjadi pengganti sementara atau orang yang mewakili presiden, jika presiden berhalangan hadir atau tidak dapat menjalankan tugasnya. Seorang yang menjabat sebagai wakil presiden harus mengambil alih tugas dan wewenang tersebut.
  • Mendampingi presiden ketika presiden sedang menjalankan tugas kenegaraan di negara lain.
  • Membantu presiden dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sehari-hari.
  • Presiden menyerahkan jabatan kepresidenan baik dalam bentuk pengunduran diri atau halangan dalam menjalankan kewajibannya, seperti mengalami kematian.
  • Memperhatikan secara menyeluruh dan menampung masalah yang harus diselesaikan dalam menyangkut bidang kesejahteraan rakyat.
  • Melakukan pengawasan operasional pembangunan dari inspektur jenderal dari lembaga, departemen atau non departemen yang bersangkutan.

Lihat Juga : Macam – Macam Keragaman Budaya di Indonesia

Urutan Presiden Indonesia tahun periode 1945 hingga sekarang

Berikut ini urutan presiden dari masa penjajahan hingga sekarang:

1. Soekarno (1945-1967)

Presiden Ir. Soekarno
Sumber Gambar : liputan6.com

Presiden Soekarno telah menjabat sebagai pemimpin negara selama 18 Agustus 1945 hingga 12 Maret 1967. Presiden Soekarno dijuluki sebagai Bapak Proklamator yang lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Ir. Soekarno nama panjangnya, beliau dikenal memiliki gaya kepemimpinan yang berkarismatik dan pidatonya dapat mempengaruhi orang yang mendengarnya.

Presiden Soekarno merupakan tokoh penting dalam sejarah Indonesia dan menjadi presiden pertama di Indonesia. Selama masa kepemimpinannya, Soekarno memainkan peran kunci dalam membangun pondasi negara baru, mengkonsolidasikan kekuasaan, serta mempromosikan nasionalisme dan paham tentang politik “Pancasila” yang menjadi dasar ideologi negara.

Beberapa kabinet Soekarno yang dikutip dari gramedia.com, yaitu:

  • Demokrasi Liberal Kabinet Natsir – 6 September 1950 hingga 21 Maret 1951
  • Kabinet Sukiman – 26 April 1951 sampai 23 Februari 1951
  • Kabinet Wilopo – 30 Maret 1952 sampai 2 Juni 1953
  • Kabinet Ali Sastroamidjojo I – 30 Juli 1953 hingga 24 Juli 1955
  • Kabinet Burhanuddin Harahap – 12 Agustus 1955 sampai 3 Maret 1956
  • Kabinet Ali Sastromidjojo II – 20 Maret 1956 sampai 14 Maret 1957
  • Kabinet Djuanda/Karya – 9 April 1957 sampai 5 Juli 1959
  • Demokrasi Terpimpin Kabinet Kerja I – 10 Juli 1959 hingga 18 Februari 1960
  • Kabinet Kerja II – 18 Februari 1960 hingga 6 Maret 1962
  • Kabinet Kerja III – 6 Maret 1962 sampai 13 November 1963
  • Kabinet Kerja IV – 13 November 1963 hingga 27 Agustus 1966
  • Kabinet Dwikora I – 27 Agustus hingga 22 Februari 1966
  • Kabinet Dwikora II – 24 Februari 1966 hingga 28 Maret 1966
  • Kabinet Dwikora III – 28 Maret 1966 sampai 28 Juli 1966
  • Kabinet Ampera I – 28 Juli 1966 hingga 11 Oktober 1967
  • Kabinet Ampera II – 17 Oktober 1967 sampai 10 Juni 1968

2. Soeharto (1967-1998)

Presiden Soeharto
Sumber Gambar : rakyatsultra.fajar.co.id

Presiden Soeharto telah menjabat sebagai presiden kedua Republik Indonesia pada tanggal 27 Maret 1968 sampai 21 Mei 1998. Tahun 1967 terdapat sebuah Sidang Istimewa MPRS yakni seorang jenderal besar TNI secara resmi dilantik sebagai presiden RI yang baru, menggantikan Ir. Soekarno. Beliau adalah Hj. Muhammad Soeharto lahir pada tanggal 8 Juni 1921 di Kemusuk, Yogyakarta. Pelantikan Soeharto tersebut menjadi tanda bahwa orde lama telah berakhir dan berganti menjadi orde baru.

Pada masa pemerintahan Soeharto, aspek politik dan ekonomi sangat stabil. Beliau menerapkan kebijakan pembangunan ekonomi yang dikenal sebagai “Pembangunan Lima Tahun” dan “Pancasila Ekonomi”. Kebijakan tersebut berfokus pada pertumbuhan ekonomi, industrialisasi dan peningkatan kesejahteraan sosial. Meskipun terdapat kemajuan ekonomi yang dikatakan cukup signifikan, tetapi terdapat kritik mengenai distribusi kekayaan yang tidak merata dan kasus korupsi cukup meluas.

Beberapa Kabinet pada masa pemerintahan Soeharto:

  • Kabinet Pembangunan I – 10 Juni 1968 hingga 28 Maret 1973
  • Kabinet Pembangunan II – 28 Maret 1973 hingga 29 Maret 1978
  • Kabinet Pembangunan III – 31 Maret 1978 sampai 19 Maret 1983
  • Kabinet Pembangunan IV – 19 Maret 1983 sampai 21 Maret 1988
  • Kabinet Pembangunan V – 23 Maret 1988 – 17 Maret 1993
  • Kabinet Pembangunan VI – 17 Maret 1993 hingga 14 Maret 1998
  • Kabinet Pembangunan VII – 14 Maret 1998 hingga 21 Mei 1998

3. BJ Habibie (1998-1999)

Presiden BJ Habibie
Sumber Gambar : detik.com

Presiden ketiga yaitu BJ Habibie menjabat sebagai kepala negara terhitung pada tanggal 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Presiden BJ Habibie mempunyai nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie yang merupakan tokoh penting dalam sejarah Indonesia.

Habibie merupakan seorang insinyur terkemuka dan ilmuwan pesawat terbang dan berlatar belakang pendidikan di luar negeri, termasuk Jerman. BJ Habibie terkenal karena kegigihannya dalam memajukan industri teknologi dan penerbangannya di Indonesia. Selama masa pemerintahannya, beliau mengedepankan konsep “revolusi mental” dan berupaya untuk mendorong kemajuan di berbagai bidang, termasuk teknologi, pendidikan dan perekonomian.

Nama kabinet dalam pemerintahan BJ Habibie:

  • Kabinet Reformasi Pembangunan – 23 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999

4. Abdurrahman Wahid (1999-2001)

Presiden Abdurrahman Wahid
Sumber Gambar : wikipedia.org

Presiden keempat yaitu bernama lengkap Abdurrahman Wahid, yang dikenal dengan panggilan Gus Dur. Beliau menjabat sebagai presiden mulai tanggal 20 Oktober 1999 sampai 23 Juli 2001. Selain itu, Gus Dur merupakan tokoh agama dan intelektual yang sangat berperan penting dalam pergerakan Islam di Indonesia.

Abdurrahman Wahid lahir pada tahun 1940 dan merupakan putra dari pendiri NU atau Nadlatul Ulama, organisasi Islam terbesar di Indonesia. Sebagai cendekiawan muslim progresif, beliau mempunyai visi yang inklusif dan mendukung kebebasan beragama serta hak asasi manusia.

Nama kabinet pada masa pemerintahan Gus Dur:

  • Kabinet Persatuan Nasional – 29 Oktober 1999 sampai 23 Juli 2001

5. Megawati Soekarnoputri (2001-2004)

Presiden Megawati Soekarnoputri
Sumber Gambar : wikipedia.org

Presiden kelima yaitu salah satu putri dari presiden pertama Indonesia Soekarno dan merupakan politisi yang mempunyai pengaruh besar di Indonesia, presiden kelima tersebut adalah Megawati Soekarnoputri. Beliau menjabat sebagai presiden mulai 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004.

Megawati merupakan salah satu tokoh penting dalam PDIP yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, itu merupakan sebuah partai politik yang didirikan oleh ayahnya. Sebelum menjabat sebagai presiden, Megawati menjabat sebagai ketua PDIP dan mempunyai popularitas yang kuat di kalangan pendukung partainya. Selama masa pemerintahannya, Megawati menghadapi berbagai rintangan dan tantangan, termasuk reformasi ekonomi, pengurangan kemiskinan dan penanganan konflik di beberapa daerah di Indonesia.

Nama kabinet era pemerintahan Megawati:

  • Kabinet Gotong Royong – 10 Agustus 2001 hingga 20 Oktober 2004

6. Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber Gambar : pikiran-rakyat.com

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau yang dikenal dengan sebutan Pak SBY, merupakan presiden keenam Indonesia yang menjabat selama dua periode yaitu dari 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. Beliau merupakan mantan jenderal TNI yang menjadi politisi dan pemimpin negara. Sebelum terjun dalam dunia politik, SBY mempunyai latar belakang militer yang sangat kuat dan memegang berbagai jabatan penting dalam militer tersebut, termasuk sebagai kepala Staf Angkatan Darat dan Menteri Pertahanan.

Era masa pemerintahannya, beliau menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dan berfokus pada sejumlah isu-isu. Pencapaian penting selama masa kepresidenannya yaitu mempertahankan stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, penanganan krisis dan aktif dalam diplomasi internasional yang berguna untuk memperkuat hubungan Indonesia dengan negara lain.

Nama kabinet era pemerintahan SBY:

  • Kabinet Indonesia Bersatu I – 21 Oktober 2004 sampai 20 Oktober 2009
  • Kabinet Indonesia Bersatu II – 22 Oktober 2014 hingga 22 Oktober 2014

7. Joko Widodo (2014-sekarang)

Presiden Joko Widodo
Sumber Gambar : cnn.com

Presiden ketujuh Indonesia yaitu Joko Widodo atau yang dikenal sebagai Jokowi menjabat sebagai presiden dua periode mulai dari 20 Oktober 2014 hingga saat ini. Jokowi merupakan politisi dan pengusaha yang menjadi pemimpin negara dengan latar belakang berbeda dibandingkan dengan presiden lainnya. Jokowi mempunyai latar belakang sebagai pengusaha di bidang mebel dan eksportir. Sebelum menjabat sebagai presiden, beliau adalah Gubernur DKI Jakarta dari tahun 2012 hingga 2014.

Tahun 2014, masa pemilihan presiden, Jokowi mencalonkan diri sebagai kandidat PDI Perjuangan dan berhasil memenangkan pemilihan presiden dengan mendapatkan dukungan yang luas. Kemudian, pada pemilihan tahun 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai presiden untuk periode kedua hingga sekarang.

Nama kabinet era pemerintahan Jokowi:

  • Kabinet Kerja – 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019
  • Kabinet Indonesia Maju – 23 Oktober 2019 sampai saat ini

Lihat Juga : Apa itu Keanekaragaman Hayati

Urutan Wakil Presiden Indonesia Tahun Periode 1945 Hingga Sekarang

Berikut ini urutan wakil presiden era tahun 1945 hingga saat ini, di antaranya:

1. Mohammad Hatta (1945-1956)

Wakil Presiden Mohammad Hatta
Sumber Gambar : bunghatta.ac.id

Mohammad Hatta menjabat sebagai wakil presiden pertama Indonesia dari tahun 1945 sampai 1956. Mohammad Hatta atau yang dikenal Bung Hatta merupakan salah satu Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia dan mempunyai peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan.

2. Sri Sultan Hamengkubuwana IX (1973-1978)

Wakil Presiden Sri Sultan Hamengkubuwana IX
Sumber Gambar : wikipedia.org

Wakil presiden era Soeharto adalah Sri Sultan Hamengkubuwana IX yang menjabat sebagai wakil presiden tahun 1973 sampai 1978. Beliau dikenal sebagai Sultan dari Yogyakarta dan dijuluki sebagai tokoh yang mengadvokasi kebudayaan dan kepentingan daerah.

3. Adam Malik Batubara (1978-1983)

Wakil Presiden Adam Malik Batubara
Sumber Gambar : wikipedia.org

Era pemerintahan Soeharto terbilang cukup panjang dan lama, untuk itu wakil presidennya pun kian berganti. Wakil presiden berikutnya yaitu Adam Malik yang menjabat pada tahun 1978 sampai 1983. Adam Malik dikenal sebagai salah satu seorang diplomasi Internasional dan memainkan peran penting dalam Gerakan Non-Blok.

4. Umar Wirahadikusumah (1983-1988)

Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah
Sumber Gambar : wikipedia.org

Umar Wirahadikusumah merupakan seorang wakil presiden yang menjabat pada tahun 1983 sampai 1988 era pemerintahan Soeharto. Beliau merupakan seorang politisi yang sangat aktif dalam organisasi PPP atau Partai Persatuan Pembangunan.

5. Sudharmono (1988-1993)

Wakil Presiden Sudharmono
Sumber Gambar : wikipedia.org

Sudharmono atau yang dikenal sebagai Letnan Jenderal TNI (Purn) adalah wakil presiden Republik Indonesia yang kelima di era pemerintahan Soeharto. Beliau menjabat sebagai wakil presiden pada tahun 1988 sampai 1993. Sebelum menjabat sebagai presiden, Letnan Sudharmono merupakan Menteri Sekretaris Negara dan menjabat selama tiga periode yaitu Kabinet Pembangunan II tahun 1973 sampai 1978, Kabinet Pembangunan III tahun 1978 sampai 1983 dan yang terakhir Kabinet Pembangunan IV tahun 1983 hingga 1988.

6. Try Sutrisno (1993-1998)

Wakil Presiden Try Sutrisno
Sumber Gambar : wikipedia.org

Try Sutrisno merupakan wakil presiden Indonesia yang menjabat pada tahun 1993 sampai 1998. Beliau ini merupakan salah satu seorang jenderal TNI dan mempunyai latar belakang militer yang cukup kuat, sama seperti Pak SBY.

7. Bacharuddin Jusuf Habibie (1998)

Wakil Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie
Sumber Gambar : wikipedia.org

Sebelum menjadi presiden, BJ Habibie merupakan wakil presiden di bawah pimpinan Soeharto tahun 1998 dalam Kabinet Pembangunan VII. Namun, pada saat Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998, Habibie yang saat itu sedang menjabat sebagai wakil presiden, ditunjuk untuk menggantikan Soeharto sebagai Presiden RI.

8. Megawati Soekarnoputri (1999-2001)

Presiden Megawati Soekarnoputri
Sumber Gambar : wikipedia.org

Megawati Soekarnoputri merupakan putri dari presiden pertama Indonesia yakni Soekarno. Beliau menjabat sebagai wakil presiden keenam Indonesia pada tahun 1999 sampai 2001. Selain pernah menjabat sebagai wakil presiden, beliau juga pernah menjadi Presiden Republik Indonesia yang kelima.

9. Hamzah Haz (2001-2004)

Wakil Presiden Hamzah Haz
Sumber Gambar : ppp.or.id

Selanjutnya, Hamzah Haz merupakan wakil presiden yang menjabat pada tahun 2001 sampai 2004. Hamzah Haz ialah seorang politisi yang aktif dalam Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, sama seperti wakil presiden Umar Wirahadikusumah.

10. Muhammad Jusuf Kalla (2004-2009)

Tugas Wakil Presiden
Sumber Gambar : keuangannews.id

Jusuf Kalla menjabat sebagai wakil presiden kedelapan Indonesia dengan pasangan presidennya yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Jusuf Kalla menjabat sebagai wakil presiden pada tahun 2004 sampai 2009.

11. Boediono (2009-2014)

Wakil Presiden Boediono
Sumber Gambar : republika.co.id

Boediono merupakan wakil presiden RI yang ke sebelas dan mendampingi presiden SBY. Boediono menjabat sebagai wakil presiden pada tahun 2009 hingga 2014. Namun, perlu diketahui bahwa, sebelum menjabat sebagai wakil presiden, Boediono merupakan Gubernur Bank Indonesia.

12. Muhammad Jusuf Kalla (2014-2019)

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla
Sumber Gambar : wikipedia.org

Jusuf Kalla kembali menjadi wakil presiden di era pemerintahan presiden Joko Widodo dan menjabat pada tahun 2014 sampai 2019. Jusuf Kalla merupakan seorang pengusaha dan politisi yang mempunyai latar belakang luas dalam dunia bisnis dan pemerintahan.

13. Ma’ruf Amin (2019-sekarang)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin
Sumber Gambar : liputan6.com

Wakil presiden terakhir di Indonesia adalah Ma’ruf Amin, beliau menjabat sebagai wakil presiden tahun 2019 hingga saat ini. Latar belakang Ma’ruf Amin yaitu salah satu seorang ulama dan tokoh agama yang sebelumnya menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI.

Lihat Juga : 26 Daftar Suku Bangsa di Indonesia

Penutup

Berbicara mengenai sejarah dan kehadiran para pemimpin Indonesia sebelumnya, baik itu presiden maupun wakil presiden, harus tetap diingat tentang peran dan usaha yang pernah dilakukannya dalam mengupayakan perkembangan Indonesia agar lebih maju, baik dalam sektor ekonomi, pendidikan, maupun teknologi. Melalui gaya kepemimpinannya, baik dalam hal tanggung jawab dan kebijakan yang telah dibuat, tantangan yang dilewatinya serta kemajuan yang tercapai.

Untuk itu, sebagai warga negara yang baik harus senantiasa menghargai atas jasa kepala negara di Tanah Air Indonesia. Presiden dan wakil presiden merupakan bagian dari integral dari cerita sejarah dan perubahan suatu bangsa, dengan menghormati perannya, warga negara akan dapat memahami dan mengapresiasi segala bentuk dan upaya dalam memajukan kesejahteraan di negara yang dipimpinnya.

Apa yang dimaksud dengan Kabinet?

Kabinet merupakan kelompok pejabat pemerintahan yang dipilih dan diangkat oleh kepala negara untuk membantu dalam mengambil keputusan politik dan pelaksanaan kebijakan negara. Biasanya, kabinet terdiri dari menteri atau kepala departemen yang memimpin bidang-bidang tertentu dalam pemerintahan, seperti Departemen Keuangan, Departemen Luar Negeri, Departemen Kesehatan dan lain sebagainya.

Apa saja tugas dari Kabinet?

Tugas utama dari Kabinet adalah memberikan nasihat dan saran kepada kepala negara atau kepala pemerintahan. Selain itu, kabinet juga melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Menteri-menteri dalam kabinet bertanggung jawab atas bidang tugas masing-masing, termasuk dalam mengelola departemen yang dipimpinnya, merumuskan kebijakan dan melaksanakan program pemerintah.

Apa perbedaan antara presidensial dan parlementer dalam sistem pemerintahan?

Sistem presidensial dan parlementer merupakan dua bentuk sistem pemerintahan yang berbeda. Karena dalam sistem presidensial, kepala negara juga merupakan kepala pemerintahan yang dipilih secara terpisah oleh rakyat. Seperti presiden. Presiden mempunyai kekuasaan eksekutif dan bertanggung jawab atas pengambilan keputusan pemerintahan. Sedangkan, sistem parlementer, kepala negara dan kepala pemerintahan bisa menjadi individu yang berbeda. Kepala pemerintahan, seperti perdana menteri, dipilih dari anggota parlemen dan bertanggung jawab kepada parlemen. Pemerintahan parlementer didasarkan pada kerja sama antara eksekutif dan legislatif, yang mana parlemen mempunyai peran penting dalam membentuk kebijakan dan mengawasi kinerja pemerintah.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 1285 Nama PUBG Keren, Aesthetic, Simbol, Anime, Cewek, Cowok, Jarang Dipakai!

    Simak daftar nama PUBG Mobile yang keren, aesthetic, lucu, dari A – Z untuk cewek dan…
  2. 265 Rekomendasi Ide Nama PT yang Bagus dan Belum Dipakai

    Berikut sejumlah rekomendasi nama PT yang menarik!
  3. Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia, Internasional + Template Gratis!

    Ketahui ukuran kartu nama dalam cm, inchi, dan pixel, standar Indonesia dan Internasional