Spesifikasi PC / Laptop Untuk eFootball PES 2021

eFootball PES 2021 adalah salah satu seri game liga pertandingan sepak bola yang dirilis Konami sejak…

Sepak bola merupakan cabang olahraga paling populer dan diminati di seluruh dunia, hal tersebut dibuktikan dengan munculnya liga pertandingan besar seperti World Cup yang selalu trending setiap kali diadakan. Kesuksesan cabang olah raga ini tidak terhenti pada media tanding saja, namun juga berkembang ke dalam ranah-ranah digital seperti games.

Konami, selaku developer game sepak bola yang dikenal dunia dengan nama Pro Evolution Soccer atau yang akrab di telinga kita dengan sebutan PES, turut merilis seri terbaru setiap tahunnya. Salah satu seri tersebut ialah eFootball PES 2021, meskipun ada embel 2021 pada namanya namun game ini sudah dirilis sejak tahun 2020 lalu. Meski begitu, eFootball PES 2021 mampu menyuguhkan sajian permainan sepak bola yang epik dan mudah dinikmati oleh para pemainnya.

Salah satu sajiannya ialah memperkenalkan beberapa penyesuaian yang berbeda. Seperti sudut pandang kamera pada permainan, mekanisme dribbling yang unik, dan pengalaman sepak bola interaktif yang dirombak dan dikemas secara epik. Banyak perubahan yang menyegarkan dari seri PES sebelumnya seperti pada menu, tampilan layar, pengenalan tim baru, dan beberapa soundtrack serta mode permainan yang baru. Apabila Anda cukup tertarik untuk menjajal eFootball PES 2021, mari kita intip spesifikasinya berikut ini.

Lihat Juga : Spesifikasi PC untuk GTA V

Spesifikasi eFootball PES 2021

Spesifikasi eFootball PES 2021
Sumber Gambar : konami.com

Sebagai salah satu permainan yang banyak dinikmati oleh banyak kalangan setiap tahunnya, eFootball PES 2021 telah menjadi sebuah fenomena tersendiri dalam dunia games. Hal tersebut terjadi karena pada seri 2021, PES mengalami peningkatan kualitas kontrol dan gameplay yang lebih stabil dan responsif. Desain grafisnya pun lebih tajam dan menarik untuk dilihat, salah satu contoh dari peningkatan yang dilakukan terletak pada responsivities AI atau Player BOT (Komputer). Lebih dibuat ekspresif dan realistis dalam menanggapi perlawanan Anda sebagai pemain. Namun tentunya kualitas tersebut hanya bisa dinikmati apabila perangkat Anda memenuhi rekomendasi spesifikasi hardware sebagai berikut:

Informasi perangkatSpesifikasi rekomendasi
Sistem OperasiWindows 10 – 64bit
ProcessorIntel Core i7-3770 / AMD FX 8350
Memory8 GB RAM
GraphicsNVIDIA GTX 760 / AMD Radeon R9 270X
Resolusi Layar1920 x 1080
StorageTersedia ruang kosong 40 GB

Spesifikasi yang tertera di atas merupakan kebutuhan hardware yang direkomendasikan oleh developer agar Anda dapat memainkan eFootball PES 2021 dalam potensi penuhnya. Namun bagi Anda yang tidak memiliki spesifikasi PC maupun laptop yang memadai seperti di atas, di bawah ini tersedia spesifikasi yang lebih minimum dibandingkan di atas.

Informasi perangkatSpesifikasi minimum
Sistem OperasiWindows 8.1/10 – 64bit
ProcessorIntel Core i5-3470 / AMD FX 4350
Memory8 GB RAM
GraphicsNVIDIA GTX 670 / AMD Radeon HD 7870
Resolusi Layar1280 x 720
Storage Tersedia ruang kosong 40 GB

Lihat Juga : Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

Cara menginstall eFootball PES 2021

eFootball PES 2021 adalah game garapan dari KONAMI, yang mana publisher game ini sendiri dikenal dengan permainan populernya seperti Silent Hill, Metal Gear Solid dan tentunya PES. Untuk terus mendukung agar developer dapat terus menghasilkan game yang lebih baik, ada bagusnya agar kita mendapatkan eFootball PES 2021 secara legal melalui media resmi seperti Steam atau sejenisnya. Tanpa basa-basi lagi di bawah ini langkah-langkah menginstall eFootball PES 2021 via Steam.

STEP 1 : Langkah pertama, akses website Steam. Kemudian buat Akun Steam, melalui menu Register (Join Steam) di bagian pojok kanan atas » ikuti instruksi yang diberikan. Perlu diingat Anda membutuhkan akun yang terdaftar ini setiap kali memainkan sebuah game, jadi usahakan untuk mendaftar menggunakan email utama Anda.

STEP 2 : Jika sudah, klik Install Steam di pojok kanan atas untuk memulai penginstalan aplikasi Steam pada perangkat. Jika proses instalasi selesai, buka aplikasi Steam » klik kolom pencarian, lalu ketik eFootball PES 2021.

STEP 3 : Temukan game eFootball PES 2021 dari hasil pencarian, lalu Install. Setelah itu nantinya game tersebut akan tersedia pada library game pada Steam Anda.

STEP 4 : Jika seluruh proses telah Anda lewati, game eFootball PES 2021 siap untuk Anda mainkan. Anda juga dapat menambahkan pengaturan controller menggunakan stik untuk kenyamanan bermain yang lebih maksimal.

Lihat Juga : Spesifikasi Genshin Impact di PC, HP dan Konsol

Penutup,

eFootball PES 2021 adalah bukti bahwasanya sepakbola telah menjadi suatu cabang olah raga yang paling diminati dalam segala bentuk aspek termasuk permainan digital. Konami sendiri setiap tahunnya selalu merilis seri terbaru dari PES, hanya saja untuk eFootball PES 2022 sepertinya mengalami kendala bug yang cukup parah sehingga Konami mesti merevisi ulang PES 2022.

Bagaimana cara mendapatkan eFootball PES 2021?

Anda dapat menginstall eFootball PES 2021 secara legal melalui platform resmi seperti Steam maupun Epic Game Store. Anda juga bisa membeli aset DVD nya jika tersedia secara resmi.

Apakah PES lebih baik daripada FIFA?

PES memiliki banyak elemen dan fitur serupa yang membuatnya terlihat seperti versi mini dari FIFA. Meski begitu keduanya memiliki daya tariknya sendiri, dan setiap pemain memiliki selera yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya lebih jauh. Sebaiknya Anda coba memainkan keduanya dan membandingkannya sendiri.

Kenapa disebut eFootball PES 2021?

Karena melambangkan dorongan di ruang game online dengan fokus pada turnamen eFootball Pro (berbasis online dan digital)

Apakah eFootball PES 2021 gratis?

eFootball PES 2021 LITE merupakan game gratis untuk dimainkan, namun sama seperti game gratis lainnya, tetap ada microtransaction di dalamnya.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!


Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  2. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…
  3. 8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

    Anda bisa aktivasi Microsoft Office 2013 dengan menjalankan perintah CMD atau menginstall program activator