Macam – Macam Risiko Yang Dijamin Asuransi Mobil

Ketahui berbagai macam risiko yang dijamin asuransi mobil berikut ini!

Sebelum memutuskan untuk ikut asuransi mobil maka ada baiknya memahami terlebih dahulu apa saja risiko yang dijamin asuransi mobil. Setiap perusahaan asuransi yang mengeluarkan asuransi mobil memberikan jaminan risiko yang berbeda-beda dan pemilik mobil harus tahu hal tersebut agar nantinya tidak merasa bingung kalau ingin mengklaim asuransi.

Cara termudah untuk mengetahui risiko yang dijamin tersebut yaitu dengan bertanya ke pihak perusahaan asuransi secara langsung atau menghubungi customer service perusahaan.

Lihat Juga : Rekomendasi Ide Nama PT

Risiko Yang Dijamin Asuransi All Risk

Risiko yang dijamin oleh Asuransi Mobil
Sumber Gambar : unsplash.com

Secara umum yang namanya asuransi mobil dibagi menjadi dua jenis yaitu asuransi total loss only dan juga asuransi all risk. Jenis asuransi mobil yang umumnya diambil di Indonesia adalah asuransi all risk karena asuransi jenis ini menanggung berbagai macam risiko mulai dari kerusakan kecil sampai kerusakan yang parah. Untuk tahu lebih jelas mengenai risiko ini bisa baca ulasan berikut.

1. Kerusakan Mobil di Jalan

Saat berkendara di jalanan ada kemungkinan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan mobil yang dikendarai mengalami kerusakan. Mobil yang mengalami kerusakan karena hal ini nantinya akan ditanggung biaya perbaikannya oleh asuransi mobil. Biaya perbaikan akibat kecelakaan akan ditanggung apabila kerusakan mobil mencapai 75%.

Selain kerusakan karena kecelakaan ternyata asuransi mobil juga akan menanggung biaya perbaikan apabila mobil terperosok, terbalik, tergelincir dan mengalami benturan yang mengakibatkan kerusakan berat. Pihak asuransi akan memberikan pertanggungan kerusakan akibat kecelakaan tersebut asalkan kecelakaan bukan dilakukan secara sengaja.

2. Tindak Kejahatan Yang Mengakibatkan Kerusakan

Asuransi mobil bukan saja memberikan pertanggungan atau jaminan kerusakan karena kecelakaan saja tapi juga akan memberikan pertanggungan apabila mobil yang di asuransikan mengalami kerusakan karena tindak kejahatan. Contoh tindakan kejahatan yang menyebabkan kerusakan adalah pencurian sparepart atau tindakan vandalisme.

Tindakan-tindakan tersebut sudah sangat sering sekali terjadi di daerah perkotaan jadi untuk pemilik mobil yang tinggal di perkotaan sangat disarankan untuk mengasuransikan mobil yang dimiliki. Pemilik mobil wajib untuk menanyakan risiko yang dijamin asuransi mobil sebelum memilih salah satu jenis asuransi mobil yang ditawarkan perusahaan asuransi. 

3. Kebakaran Mobil

Kerusakan mobil yang disebabkan peristiwa kebakaran juga akan ditanggung asuransi mobil. Biaya perbaikan sepenuhnya akan ditanggung pihak asuransi apabila kebakaran yang terjadi bukan karena kesengajaan pemilik mobil.

Pihak asuransi akan langsung mengganti biaya kerusakan apabila kebakaran terjadi karena tersambar petir atau dikarenakan terkena barang yang terbakar. Kebakaran yang dikarenakan kecelakaan juga bisa dijadikan alasan untuk mengklaim asuransi mobil yang sudah dipilih pemilik mobil.

Pemilik mobil yang mengalami kejadian seperti ini sebaiknya langsung hubungi pihak asuransi untuk mengurus proses klaim asuransi agar nantinya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaiki mobil yang rusak.

Lihat Juga : Daftar UMR di Indonesia

Tips Memilih Asuransi Mobil

Pemilik mobil yang belum pernah menggunakan asuransi sangat disarankan untuk berhati-hati saat memilih asuransi mobil karena tidak semua perusahaan memberikan pertanggungan yang dapat menguntungkan pihak pemilik mobil.

Agar nantinya tidak merasa dirugikan setelah menggunakan asuransi maka pemilik mobil harus menanyakan terlebih dahulu syarat klaim asuransi terlebih dahulu. Perusahaan yang tidak terlalu banyak mengajukan syarat untuk klaim asuransi merupakan perusahaan asuransi yang pantas untuk dipilih.

Pemilik mobil juga perlu menanyakan perihal premi yang harus dibayarkan setiap bulan agar bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan dana yang dimiliki. Tanyakan juga perihal risiko yang dijamin asuransi mobil agar tahu kerusakan apa saja yang nantinya bisa ditanggung pihak asuransi.

Lihat Juga : Biaya Bimbel Ganesha Operation

Penutup

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa dengan adanya asuransi mobil, pemilik kendaraan bisa merasa lebih aman. Mengapa? Karena asuransi ini berfungsi sebagai salah satu bantuan atau pelindung dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di perjalanan Anda, seperti kerusakan mobil saat berkendara, tindak kejahatan yang mengakibatkan kerusakan, hingga kebakaran mobil. Oleh karena itu, memiliki asuransi mobil merupakan opsi terbaik untuk menjaga keamanan finansial dan mobilitas Anda. Namun sebelum Anda menggunakan asuransi, sangat disarankan untuk berhati-hati dalam memilih pihak asuransi mobil. Karena setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda, dan bahkan tidak semua perusahaan juga memberikan pertanggungan yang menguntungkan kita.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Wahyu Setia Bintara

Saya adalah penulis dan editor di Dianisa.com. Sebagai penulis, saya berfokus pada tema Android dan Windows. Saya memiliki ketertarikan pada semua hal yang berhubungan dengan multimedia dan media digital.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Cara Download Video, Story, Reel Facebook dengan FBVideoDown di HP, PC, dan Laptop!

    Ketahui cara mudah download konten video, reel, dan story dari Facebook menggunakan FBVideoDown di HP, Laptop,…
  2. Logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) PNG, CDR, AI, EPS, SVG

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau PNG, CDR, AI, EPS, SVG…
  3. Logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…