5 Cara Mengatasi GPS Signal Not Found di Pokémon Go

Pokémon Go adalah sebuah permainan realitas untuk pengguna smartphone canggih yang dikembangkan oleh Niatic. Pokémon Go diluncurkan pada bulan juli 2016 dan tersedia dalam versi Android dan IOS. Semenjak perilisan tersebut, Game Pokémon Go sangat Booming diseluruh dunia, dan Indonesia-pun juga ikut menjajal Game ini.

Para pemain Pokémon Go dapat menangkap, melatih, menukar, dan mempertarungkan setiap karakter Pokémon yang ada di dalam telepon di setiap tempat dalam dunia nyata. Meskipun permainan ini gratis, namun ada beberapa hal yang harus bayar.

Beberapa pengguna Android banyak yang mengeluh masalah pesan error yang muncu pada game Pokémon Go yang bertuliskan “GPS Signal Not Found” atau “Error Failed to Detect Location”.

Hal tersebut sangat disayangkan, mengingat fitur tersebut sangat penting dalam bermain Pokémon Go sebagai alat untuk melacak keberadaan Monster yang ada di sekitar area tersebut. Hal tersebut juga bisa sebagai tujuan untuk mengarahkan pemain dalam mencari Pokemon sesuai dengan arah yang ditentukan.

Lihat Juga : 4 Cara Mengatasi Unfortunately, Pokemon Go has Stopped

Mengatasi Pokémon Go Muncul Pesan Error

Penyebab umum mengenai masalah tersebut biasanya karena koneksi internet yang lambat atau mungkin karena game Pokémon Go itu sendiri memang sedang error. Setiap pemain tentu memiliki penyebab yang berbeda – beda.

Jadi, saya sendiri tidak bisa menjelaskan penyebab tersebut secara detail. Intinya semua itu bisa terjadi pada semua perangkat Android mulai dari Samsung, OPPO, ASUS, Xiaomi, dan lainnya. Untuk mengatasinya, cobalah dengan metode dan langkah – langkah sederhana dibawah ini.

1. Ijinkan Google untuk melacak keberadaan anda

Fitur GPS yang belum anda aktifkan pada bagian pengaturan juga dapat mempengaruhi saat anda bermain Pokémon Go.

Secara tidak langsung, Smartphone tidak memberikan akses pada Game Pokémon Go karena GPS memang dalam keadaan Off atau Mati. Maka dari itu cobalah untuk melihat dan cek pada GPS Android anda.

Mengatasi Pokemon Go Error
  • Masuk menu Settings » Location » On atau Off, Kemudian (Location method » GPS, Wi-Fi, and Mobile Network).

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Maps Tidak Bisa Dibuka, & Error

2. Gunakan Koneksi Cepat 4G

Selain mengaktifkan fitur Ijin Lokasi di Smartphone, alangkah lebih baiknya juga anda setting pada bagian konektifitas pada signal 4G. 4G lebih cepat dibanding 3G, hal ini tentunya dapat anda manfaatkan untuk bermain Pokemon Go.

3. Bersihkan Cache Android

Cache Android yang menumpuk biasanya juga dapat membuat game atau aplikasi tertentu jadi error ataupun macet. Untuk mengatasinya, tentu anda bisa membersihkannya secara manual atau dengan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CCleaner.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari Pokemon Go » kemudian tap “Hapus Cache”.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

4. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Selain membersihkan cache, anda juga dapat menghapus data sementara aplikasi Pokemon Go. Tenang saja, hal ini tidak akan menghapus aplikasi Pokemon GO, hanya saja akan membersihkan data Login, basis data, cache, dan lainnya.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari Pokemon Go, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

5. Update Pokemon Go

Cara terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan meng-update Pokemon Go. Untuk melakukannya, anda bisa langsung masuk pada Google Play Store, kemudian cari dan centang Game Pokemon Go supaya dapat melakukan update secara otomatis.

Itulah beberapa tips singkat yang bisa anda lakukan dalam mengatasi Game pokemon go yang muncul pesan error pada GPS, “GPS Signal Not Found” atau “Error Failed to Detect Location”.

Jika ada pertanyaa, atau ingin menambahkan sesuatu tulis melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. Susu Formula berkata:

    Sayang, sudah gak maun pokemon lagi. Apalagi si kecil sydah bosan dg permainan itu.