20 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas Beserta Cara Membuatnya

Berikut beberapa contoh kerajinan dari barang bekas, lengkap dengan cara membuatnya!

Barang bekas adalah benda atau produk yang sudah pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya dan biasanya dijual kembali setelah tidak dibutuhkan. Barang bekas berasal dari pemilik sebelumnya yang memutuskan untuk menjual atau membuang barang tersebut setelah tidak lagi dibutuhkan atau digunakan. Barang bekas dapat berasal dari berbagai sumber, misalnya seperti rumah tangga, perusahaan, atau lembaga lainnya.

Barang bekas juga terdiri dari berbagai jenis, misalnya seperti pakaian, peralatan rumah tangga, perabotan elektronik, buku, dan banyak lagi. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa barang bekas juga dapat diolah kembali menjadi berbagai barang baru atau di daur ulang untuk mengurangi limbah. Sehingga barang bekas yang Anda miliki tidak hanya dapat dibuang melainkan dapat bermanfaat bagi Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang penasaran bahwa kerajinan apa saja yang bisa dibuat dari bahan bekas, Anda bisa menyimak beberapa informasi di bawah ini.

Ringkasan

  • Barang bekas merupakan benda atau produk yang sudah pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya dan biasanya dijual kembali setelah tidak dibutuhkan.
  • Barang bekas terdiri dari berbagai jenis misalnya seperti pakaian, peralatan rumah tangga, perabotan elektronik, buku dan lain sebagainya.
  • Contoh beberapa kerajinan dari barang bekas yaitu vas bunga dari botol plastik, gantungan kunci dari karet gelang bekas, kerajinan lampu dari sendok bekas, boneka dari sarung tangan, dan lain-lain.

Lihat Juga : Rekomendasi Hewan Peliharaan

Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

Jika Anda memiliki beberapa barang bekas yang sudah tidak digunakan di dalam rumah Anda. Makan Anda tidak perlu terburu-buru untuk membuangnya. Anda juga bisa mengolah barang tersebut menjadi beberapa kerajinan yang memiliki nilai guna yang tinggi. Berikut merupakan beberapa kerajinan yang dapat Anda buat dari beberapa bahan bekas. Antara lain yaitu:

1. Vas bunga dari botol plastik bekas

1. Vas bunga dari botol plastik bekas
Sumber Gambar : mommyasia.id

Anda pasti sudah tahu bahwa plastik merupakan jenis sampah yang sulit untuk terurai. Oleh karena itu jika Anda memiliki banyak sampah dari botol plastik maka jangan buru – buru untuk membuangnya, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat beberapa kerajinan. Salah satu barang yang dapat dibuat dari botol plastik bekas yaitu vas bunga. 

Cara membuatnya juga cukup mudah dan dapat Anda buat sendiri di rumah. Langkah pertama Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa botol plastik bekas, gunting, pisau, cutter, dan lem. Kemudian potong botol plastik bekas membentuk daun kemudian balik botol dan tekuk potongan tersebut ke samping dan selipkan beberapa ujungnya ke sisi potongan yang ada di sebelahnya. Kemudian Anda bisa mempercantik dengan sentuhan warna dan gambar sesuai dengan keinginan Anda. 

2. Gantungan kunci unik dari karet gelang bekas

2. Gantungan kunci karet gelang bekas
Sumber Gambar : unikgawedigital.com

Jika Anda memiliki banyak karet gelang bekas, jangan buru – buru untuk membuangnya. Anda bisa mengolah kembali karet gelang bekas tersebut menjadi barang yang memiliki nilai guna. Salah satu contohnya yaitu gantungan kunci. Gantungan kunci tersebut bisa Anda pakai untuk gantungan kunci rumah, atau kendaraan Anda, tidak hanya itu gantungan kunci juga bisa Anda jadikan sebagai suvenir dan lain-lain. 

Jika Anda berkeinginan untuk membuat gantungan kunci sendiri maka Anda bisa menggunakan karet gelas bekas. Selain Anda tidak perlu membelinya di toko, Anda juga bisa membuat bisnis baru dengan menjual gantungan kunci yang menarik dari gelang karet bekas.

3. Lampu hias dari sendok plastik bekas

3. Lampu hias dari sendok plastik bekas
Sumber Gambar :

Jika Anda kebingungan ketika melihat banyak sendok plastik bekas yang sudah tidak layak untuk dipakai, Anda tidak perlu khawatir dan jangan buru – buru untuk membuangnya. Anda bisa mengubah sendok plastik menjadi salah satu barang yang bernilai seni. Salah satu contohnya yaitu kerajinan lampu dari sendok plastik bekas. Anda juga bisa membuat lampu tersebut sesuai dengan kreativitas dan keinginan Anda.

Cara membuatnya juga cukup mudah, tahap pertama persiapkan alat dan bahan contohnya seperti sendok plastik bekas, lampu LED kecil, lem, kabel atau tali, dan gunting. Kemudian potong gagang sendok plastik dan sisakan bagian ujung sendok yang melengkung. Setalah itu, bentuk potongan sendok menjadi bentuk mahkota atau kelopak bunga dengan membengkokkan ujungnya. Kemudian susun potongan sendok di sekitar lampu LED atau lampu Natal kecil.

Pastikan ujung sendok menciptakan bentuk yang indah. Rekatkan sendok satu per satu di sekitar lampu menggunakan lem tembak atau perekat kuat. Sambungkan lampu LED atau lampu Natal ke kabel atau tali. Pasang lampu tersebut di tengah-tengah struktur sendok.

4. Kerajinan boneka dari sarung tangan bekas

4. Kerajinan boneka dari sarung tangan bekas
Sumber Gambar : pakeotac.com

Anda sebenarnya juga bisa membuat boneka dengan menggunakan sarung tangan rajutan bekas yang Anda miliki. Sehingga bagi Anda yang memiliki banyak tumpukan sarung tangan bekas yang sudah tidak terpakai di lemari Anda. Maka segera kumpulkan dan Anda dapat membuat boneka yang kreatif dari sarung tangan bekas dengan mengikuti langkah-langkah yang cukup sederhana berikut ini. Pertama, potong jari-jari sarung tangan untuk membuat bagian tubuh boneka.

Kemudian, isi jari-jari dengan kapas atau serat untuk memberikan bentuk. Jahit atau rekatkan bagian yang telah diisi untuk membuat tubuh. Gunakan kain sisa atau aksesoris untuk membuat wajah dan pakaian boneka. Jangan lupa untuk menambahkan sentuhan pribadi sesuai selera Anda.

5. Lampu tidur dari botol bekas

5. Lampu tidur dari botol bekas
Sumber Gambar : diadona.id

Anda bisa mencoba membuat lampu tidur unik dengan menggunakan botol plastik bekas. Cara membuatnya juga bisa dibilang cukup mudah dan sederhana. Anda bisa memotong bagian tengah botol dan gunakan bagian bawahnya sebagai alas. Pasang lampu LED di dalamnya untuk menciptakan efek cahaya yang menarik. Hias bagian luar botol dengan kertas warna atau cat untuk menambah sentuhan artistik. Ini adalah salah satu contoh kreatif dari bahan bekas yang bisa diaplikasikan dengan mudah.

6. Vas bunga estetik dari bohlam bekas

6. Vas bunga dari bohlam bekas
Sumber Gambar : kibrispdr.org

Anda pasti sering menemukan banyak bola lampu yang biasanya sudah tidak terpakai yang sebenarnya juga masih bisa digunakan untuk membuat barang-barang yang indah dan menarik. Jadi usahakan jangan membuang bola lampu yang tidak terpakai di kamar tidur Anda begitu saja. Anda dapat membuat vas bunga kreatif dari bohlam bekas. Cara membuatnya yaitu dengan menghilangkan bagian dalam bohlam dengan hati-hati terlebih dahulu, lalu gunakan cat atau cat semprot untuk memberikan warna dan tampilan yang menarik.

Kemudian letakkan bunga atau tanaman hias di dalamnya untuk menciptakan dekorasi yang indah. Hal ini merupakan contoh sederhana yang dapat Anda coba di rumah untuk mengubah bohlam bekas menjadi kerajinan yang fungsional dan estetis.

7. Lilin aroma terapi dari kaleng bekas

7. Lilin aroma terapi dari kaleng bekas
Sumber Gambar : cleanipedia.com

Bagi Anda yang sering menjumpai kaleng bekas di rumah Anda, barang tersebut bisa Anda olah kembali menjadi barang yang sangat berguna. Misalnya yaitu Anda bisa membuat lilin aroma terapi menggunakan kaleng bekas. Caranya cukup mudah, Anda bisa melelehkan lilin di dalam kaleng terlebih dahulu, kemudian tambahkan beberapa tetes minyak aroma terapi untuk memberikan wangi.

Setelah lilin mengeras, hiasi bagian luar kaleng dengan kain atau kertas motif sesuai dengan keinginan Anda. Dengan cara ini, Anda menciptakan lilin yang indah dan fungsional sambil mendaur ulang bekas kaleng yang sudah tidak digunakan.

8. Organizer meja sederhana dari kardus bekas

8. Organizer meja sederhana dari kardus bekas
Sumber Gambar : soulofjakarta.id

Kardus bekas yang sudah tidak digunakan juga dapat Anda oleh kembali menjadi beberapa kerajinan yang memiliki nilai guna yang cukup tinggi. Anda bisa membuat organizer meja sederhana dari kardus bekas. Cara membuatnya yaitu, potong kardus sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian susun potongan tersebut untuk membuat beberapa kompartemen.

Gunakan kertas warna atau kain untuk melapisinya dan memberikan sentuhan estetis. Organizer ini bisa digunakan untuk menyimpan pensil, pulpen, atau alat tulis lainnya. Itu adalah contoh kerajinan praktis dan fungsional menggunakan bahan kardus bekas.

9. Tempat tisu dari kain perca

9. Tempat tisu dari kain perca
Sumber Gambar : linatussophy.com

Jika Anda memiliki banyak kain perca yang sudah tidak terpakai, Anda bisa mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai guna. Contohnya yaitu tempat tisu. Anda bisa menggunakan kain perca dan menjahitnya sesuai dengan keinginan Anda. Tempat tisu yang Anda miliki juga akan terlihat semakin unik dan menarik untuk diletakkan di meja rumah Anda.

10. Bingkai foto dari stik es krim bekas

10. Bingkai foto dari stik es krim bekas
Sumber Gambar : lazada.com

Jika Anda gemar makan es krim dan memiliki banyak sekali sampah stik es krim. Maka jangan buru – buru untuk membuangnya, Anda bisa menggunakannya untuk membuat kerajinan. Salah satu contohnya yaitu membuat bingkai foto. Anda bisa membuatnya di rumah ketika waktu luang, sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Cara membuatnya juga bisa dikatakan cukup mudah Anda hanya perlu merangkai stik es krim untuk membentuk bingkai. Kemudian cat atau hiasi bingkai sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan klip kertas di belakangnya untuk menahan foto.

Lihat Juga : Jenis Anjing Ras Peliharaan

11. Kerajinan unik dari kardus telur bekas

11. Kerajinan unik dari kardus telur bekas
Sumber Gambar : youtube.com

Siapa sangka jika kardus tempat telur yang biasanya tidak digunakan dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang unik dan lucu. Anda tidak perlu membuangnya karena khawatir menjadi tempat sarang kuman. Anda bisa mengolahnya dengan membuat berbagai macam kerajinan seperti bunga dari kardus telur, caranya juga cukup sederhana Anda hanya perlu memotong kardus telur bekas menjadi beberapa bagian.

Kemudian cat sesuai warna yang diinginkan. Setelah itu, susun potongan-potongan tersebut untuk membentuk bunga dan tempelkan di atas kertas karton. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan kardus telur bekas sebagai palet untuk melukis atau membuat seni abstrak.

12. Anyaman tas dari bekas kemasan produk

12. Anyaman tas dari bekas kemasan produk
Sumber Gambar : rumahmesin.com

Anda mungkin sudah sering melihat bekas kemasan produk rumah tangga terbuang begitu saja. Misalnya seperti bekas bungkus kopi, sabun cuci atau detergen, mi instan, dan sebagainya. Padahal bekas bungkus kemasan tersebut juga masih bisa Anda gunakan untuk membuat satu kerajinan yang memiliki nilai guna yang cukup tinggi. Contohnya yaitu tas. 

Anda bisa membuat sendiri berbagai jenis macam tas sesuai dengan kreativitas dan keinginan Anda, sehingga tidak hanya menghemat uang Anda untuk membeli tas yang baru, namun hal tersebut juga dapat membantu mengurangi sampah plastik yang tidak mudah terurai di bawah tanah. Tidak hanya itu, bagi Anda para ibu – ibu juga dapat membuat kerajinan ini untuk meningkatkan produktivitas di waktu luang dan menjualnya untuk menambah penghasilan Anda.

Cara membuatnya juga cukup mudah, langka pertama Anda hanya perlu mengumpulkan alat dan bahan terlebih dahulu seperti bekas kemasan produk rumah tangga yang Anda miliki. Kemudian kain lap, gunting, kain polos, benang, furing, dan resleting.

Kemudian bersihkan bekas kemasan tersebut sampai bersih dan potong bagian tersebut menjadi beberapa helai, kemudian anyam potongan tersebut dan jika sudah terbentuk sempurna Anda bisa menambahkan tali tas dari sisa lipatan, kemudian jahit bagian tali tas agar tidak mudah putus. Setelah itu lapisi dengan kain uring untuk bagian dalam tas dan tambahkan resleting agar tas bisa tertutup dengan sempurna.

13. Membuat gelang dari sedotan bekas

13. Membuat gelang dari sedotan bekas
Sumber Gambar : youtube.com

Sedotan merupakan salah satu barang bekas yang sering ditemui. Pasalnya, sedotan banyak digunakan oleh para penjual minuman yang ada dalam kehidupan kita sehari – hari. Baik yang dijual di warung – warung ataupun di supermarket. Oleh karena itu dari banyaknya sampah sedotan yanga ad, Anda bisa mengolahnya kembali menjadi berbagai kerajinan yang menarik. Salah satu contohnya yaitu gelang dari sedotan bekas.

Proses cara membuatnya juga sangat mudah dan bahan yang digunakan pun tidak sulit dicari. Anda hanya membutuhkan sedotan bekas berbagai warna, gunting dan benang nilon. Langkah pertama potong sedotan menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda. Kemudian rangkai pada benang nilon dan rekatkan bagian ujung keduanya sampai membentuk sebuah gelang yang cantik.

14. Pot bunga dari kaleng bekas

14. Pot bunga dari kaleng bekas
Sumber Gambar : kompas.com

Jika Anda memiliki banyak sekali kaleng bekas susu, kopi atau lainnya, Anda bisa mengubahnya menjadi pot bunga yang cantik. Cara membuatnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membersihkan kaleng tersebut terlebih dahulu. Kemudian beri warna dengan cat sesuai keinginan Anda agar terlihat lebih cantik. Anda juga bisa menambahkan hiasan pita dari tali rotan agar tampilan pot tanaman Anda semakin estetik.

15. Bingkai foto dari tutup botol bekas

15. Bingkai foto dari tutup botol bekas
Sumber Gambar : youtube.com

Anda pasti sudah tidak asing lagi, jika, botol banyak digunakan untuk kerajinan tangan yang terbuat dari barang bekas. Lalu bagaimana dengan tutup botolnya? Jangan buru-buru untuk membuangnya terlebih dahulu. Anda juga bisa mengubah tutup botol menjadi karya seni. Misalnya, tutup botol bisa diubah menjadi bingkai foto yang menarik di rumah Anda.

Cara membuatnya cukup mudah, pastikan tutup botol dalam keadaan bersih sebelum digunakan. Kemudian cat atau hiasi tutup botol sesuai dengan tema atau warna yang diinginkan. Anda juga bisa menambahkan hiasan seperti glitter atau stiker. Gunting bagian tengah tutup botol sedemikian rupa sehingga foto dapat masuk dengan mudah. Pastikan ukuran sesuai dengan foto yang akan Anda gunakan.

Tempelkan atau pasang foto di balik tutup botol sehingga terlihat melalui lubang yang telah Anda buat. Untuk sentuhan tambahan, Anda bisa menambahkan hiasan seperti pita, bunga kain, atau bentuk-bentuk dekoratif lainnya.

16. Tanaman kaktus hias dari styrofoam bekas

16. Tanaman kaktus hias dari styrofoam bekas
Sumber Gambar : idntimes.com

Makin keren lagi, Anda juga bisa memanfaatkan styrofoam sebagai tanaman hias. Anda bisa membuat berbagai pola tanaman salah satu contohnya yaitu kaktus. Jika Anda keberatan untuk membeli kaktus asli untuk hiasan rumah, Anda bisa mencoba untuk membuat tanaman kaktus dari styrofoam. Tentu tanaman hias ini akan membuat sudut rumah Anda terlihat cantik, dan Anda juga tidak perlu melakukan perawatan tambahan agar tanaman tersebut dapat tahan lama.

17. Tas belanja kece dari kaos bekas

17. Tas belanja dari kaos bekas
Sumber Gambar : rukita.co

Daripada membiarkan kaos di dalam lemari Anda menumpuk, Anda bisa memanfaatkan kaos lama yang sudah tidak dipakai lagi menjadi tas belanja yang kece. Cara membuatnya juga cukup mudah, buat pola tas di atas kaos tersebut, kemudian potong sesuai dengan pola yang Anda buat. Setelah itu jahit potongan tas tersebut sesuai dengan pola yang Adan buat, dan beri lubang bagian atas sebagai pegangan tas. Anda juga bisa membuat tambahan kreasi pola di atas tas tersebut sesuai dengan kreativitas Anda agar tas belanja Anda terlihat semakin kece.

18. Tempat tisu dari CD bekas

18. Tempat tisu dari CD bekas
Sumber Gambar : mutiaradevi.blogspot.com

CD mungkin dianggap ketinggalan jaman pada saat ini. Tapi jika Anda memiliki CD bekas yang Anda pakai jaman dulu, maka jangan buru – buru untuk membuangnya. Anda bisa mendaur ulang CD yang bekas yang rusak tersebut menjadi barang baru. Ada banyak sekali contoh kerajinan tangan yang terbuat dari CD bekas, salah satu contohnya yaitu tempat tisu. Mungkin kebanyakan Anda membuat tempat tisu dari bahan kain atau kertas, namun bahan tersebut jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan terlihat semakin kusut dan mudah kotor.

Sehingga Anda bisa menggunakan CD bekas untuk melapisi tempat tisu Anda. Dijamin tempat tisu Anda akan terlihat semakin estetik, berkilau dan tidak mudah kotor.

19. Tempat scarf atau hijab dari gantungan pakaian bekas

19. Tempat scarf atau hijab dari gantungan pakaian bekas
Sumber Gambar : idntimes.com

Bagi Anda yang memiliki hanger atau gantungan baju berbahan kayu yang sudah tidak digunakan, ternyata juga bisa Anda sulap menjadi tempat untuk menyimpan scarf atau hijab. Cara membuatnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membuat lingkaran-lingkaran dari kawat di bawah gantungan pakaian tersebut untuk menempatkan scarf atau hijab Anda. Barang ini tentu akan membuat scarf atau hijab Anda akan tersusun dengan rapi dan tidak memakan cukup banyak ruangan di lemari Anda.

20. Hiasan rumah cantik dari talenan bekas

20. Hiasan rumah cantik dari talenan bekas
Sumber Gambar : idntimes.com

Siapa sangka jika talenan juga dapat Anda ubah menjadi hiasan yang cantik untuk mempercantik rumah Anda. Bagi Anda yang gemar memasak dan memiliki banyak talenan yang sudah tidak terpakai juga dapat mencoba untuk membuat kerajinan ini dengan melukis atau membuat desain yang cantik di atas talenan tersebut.

Anda bisa melukis menggunakan cat air sesuai dengan keinginan Anda, atau Anda juga bisa menambahkan hiasan bunga-bunga plastik atau kain flanel untuk mempercantik talenan tersebut. Selain untuk mempercantik sudut ruang rumah Anda, barang ini juga dapat Anda jadikan sebagai souvenir atau hadiah bagi orang tersayang.

Lihat Juga : Jenis Ikan Hias Aquarium

Penutup

Dari beberapa contoh kerajinan dari barang bekas di atas, dapat disimpulkan bahwa barang bekas yang ada pada kehidupan Anda sehari-hari juga dapat diolah kembali sesuai dengan kreativitas dan keinginan Anda. Beberapa barang bekas tersebut juga dapat menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual yang cukup tinggi apabila diolah dengan tepat. Selain itu, dengan mengolah kembali barang bekas menjadi sebuah kerajinan juga dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang dapat timbul dari pembuangan sampah.

Apa tujuan mengolah kembali barang bekas?

Pengolahan kembali barang bekas bertujuan untuk mengurangi limbah, meminimalkan dampak lingkungan, dan memanfaatkan kembali sumber daya. Dengan mendaur ulang atau mengolah kembali barang bekas, kita dapat mengurangi kebutuhan akan bahan baku baru, menghemat energi, dan memperpanjang siklus hidup produk.

Barang bekas yang sulit diolah kembali yaitu?

Barang bekas yang terbuat dari kaca dan keramik sering kali sulit diolah kembali karena proses daur ulangnya memerlukan energi yang tinggi dan sering kali hasilnya kurang berkualitas dibandingkan dengan produksi baru.

Barang bekas yang mudah diolah kembali yaitu?

Kertas dan kardus merupakan contoh barang bekas yang relatif mudah diolah kembali. Proses daur ulangnya juga lebih efisien dan dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang baik.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Cara Download Video, Story, Reel Facebook dengan FBVideoDown di HP, PC, dan Laptop!

    Ketahui cara mudah download konten video, reel, dan story dari Facebook menggunakan FBVideoDown di HP, Laptop,…
  2. Logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) PNG, CDR, AI, EPS, SVG

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau PNG, CDR, AI, EPS, SVG…
  3. Logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…