Tips Merawat Earphone

Dianisa.comTips Merawat Earphone Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama. Earphone merupakan barang elektronik mini yang biasa digunakan oleh seseorang untuk mendengarkan musik ataupun #Audio tanpa menggangu orang lain di sekitar tempat orang tersebut. Earphone bisa juga dibilang Speaker mini (kecil sekali) dengan volume suara yang disesuaikan dengan telingan manusia karena diletakkan langsung di lubang telinga itu sendiri.

Baca Juga:

Salah satu barang elektronik yang sering digunakan untuk bergaya sampai mendengarkan musik ini selalu dibawa setiap hari dan setiap waktu. Hal ini tentu menjadi alternatif bagi seseorang yang hobi mendengarkan musik, audio, ataupun video tertentu. Biasanya setiap smartphone, khususnya Android dilengkapi dengan Earphone sebagai bonus dari smartphone itu sendiri.

Cara Merawat Earphone Supaya Tidak Cepat Rusak

Kita sebagai pemilik dan pengguna Earphone tidak begitu peduli dengan kondisi Earphone. Kita sering mengabaikan barang kecil ini seakan – akan tidak pernah merawat, meletakkan disembarang tempat dan bahkan terkadang memakainya saat telingan basah. Merawat Earphone sebenarnya sangat mudah untuk kita lakukan, tidak perlu adanya alat tambahan untuk merawatnya. Cukup kita sebagai pemilik menggunakan Earphone dengan baik dan benar. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam merawat Earphone.

1. Gulung Kaber Supaya Tidak Melilit “Mbulet”

Sebelum anda menaruh Earphone di tas atau kantong baju/ celana, alangkah baiknya anda menggulung Earphone dengan baik dan benar. Tujuan dari tips ini supaya kabel tidak melilit ke benda – benda lainnya dan menghindari putus kabel akibat kelilit benda lain. Untuk menggulung Earphone, anda gunakan tangan anda sebagai alat utama (pas pada 4 jari anda).

Pastikan anda mengglung Earphone dengan baik dan rapi, selanjutnya anda sisakan kabel sedikit untuk mengikat atau melilit gulungan Earphone tersebut supaya tidak pisah dan lepas. Jika malas, anda bisa gunakan jepitan Earphone sebagai solusi untuk mengikat Earphone.

2. Simpah Pada Wadah/ Box Khusus

Dari pada anda letakkan langsung dalam tas, alangkah baiknya anda simpan dulu pada wadah atau box kecil supaya lebih rapi dan aman. Selain lebih rapi, hal ini juga bisa menghindari lilitan pada barang lainnya seperti charger, kabel USB, atau barang yang anda bawa lainnya. Anda bisa gunakan box alternatif yang berbentu kotak kecil seperti box bekas permen atau plastik klip.

3. Jangan Sampai Terkena Air

Resiko kerusakan Earphone terkena Air sebenarnya sangat minim, namun untuk menghindari kerusakan dan beberapa hal lain yang membuat kualitas Earphone menurun, alangkah baiknya anda menghindarkan Earphone dari Air walaupun itu hanya setetes. Seperti misalnya sedang nge-GYM, alangkah baiknya anda lap dengan tisu supaya tidak kemasukan air keringan ke dalam Earphone.

Selain di GYM, saat hujan-pun bisa terjadi demikian. Terkadang anda bisa lupa melepas Earphone saat hujan deras dan akhirnya Earphone kemasukan air. Lap dengan tisu atau kain halus sebelum anda masukkan ke dalam wadah atau box tertentu.

4. Bersihkan Dari Debu Halus Yang Menempel

Selain Air, anda juga harus membersihkan Earphone dari debu – debu halus yang menempel. Hal ini memang terlihat sangat minim dan kecil, tapi alangkah baiknya anda juga harus melakukan perawatan pada Earphone. Gunakan kain kering atau tisu untuk membersihkan bagian kepada Earphone. Untuk hasil yang lebih baiknya lagi, gunakancotton bud yang dicelupkan ke dalam alkohol 70%, kemudian gunakan untuk membersihkan permukaan earphone agar tetap steril dan aman untuk telinga.

5. Jangan Terlalu Keras Dalam Mengatur Volume Earphone

Yang namanya speaker jika diatur dengan volume yang sangat besar dan keras pasti akan cepat rusak. Untuk menghindari kerusakan pada earphone, alangkah baiknya anda mengatur Volume earphone dengan tingkat sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Volume yang keras tentu akan membuat earphone bekerja lebih keras dalam memenuhi keinginan anda. Selain itu, hal ini sebenarnya juga tidak baik untuk telinga. Maka dari alangkah baiknya dihindari dan atur volume earphone biasa – biasa saja tanpa merusak earphone dan telinga kita.

Baca Juga:

Demikian ulasan singkat mengenai Tips Merawat Earphone Supaya Tidak Cepat Rusak, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here