Bagian Smartphone Yang Mudah Rusak

Dianisa.comInilah Bagian Hardware Smartphone Yang Mudah dan Sering Mengalami Kerusakan. Di era yang modern dan berkembang saat ini smartphone sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat di seluruh duni, terutama mahasiswa, karyawan kantor, dan entrepreneur. Banyaknya merek dengan fitur yang sangat canggih menjadi iming – iming masyarakat kelas menengah ke atas .

Baca Juga :

Namun tahukah anda bahwa smartphone sebagai barang canggih juga memiliki kelemahan tersendiri. Ada bagian – bagian tertentu dalam hardware smartphone yang mudah rusak dan ini terbukti dialami oleh banyaknya pengguna Smartphone di Indonesia saat ini.

Ada bagian Vital dari Smartphone Android yang apabila terjadi kerusakan maka akan mempersulit pengguna atau User itu sendiri. Smartphone memang dirancang sedemikian bagus dan sedemikian canggih, namun tentu saja yang namanya teknologi bisa saja rusak atau error.

Bagian Smartphone Yang Mudah Terjadi Kerusakan

Ada hardware tertentu yang perlu anda jaga hati – hati supaya tidak terjadi kerusakan secara serius. Lalu, bagian mana saja yang mudah terjadi kerusakan? Simak ulasan singkatnya dibawah ini.

1. Layar Smartphone

Salah satu bagian terpenting dan menjadi bagian paling utama dari sebuah smartphone adalah Layar. Yap, layar smartphone adalah kunci utama dari sebuah smartphone. Untuk itulah semua pengguna Android sebaiknya berhati – hati dalam menggunakan smartphone. Perlu anda ketahui bahwa Layar Smartphone terbuat dari kaca tipis yang mudah pecah. LCD smartphone merupakan bagian luar smartphone yang ukurannya luas dan mudah terkena goresan, tekanan, dan gangguan lainnya.

Jika Layar Smartphone rusak atau bahkan pecah, bisa jadi itu adalah kerusakan terberat dari sebuah smartphone. Jika-pun ingin diganti pasti harganya sangat mahal sekali. Maka dari itu untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan atau pecah, sebaiknya anda juga harus berhati – hati dan tidak sembarangan dalam meletakkan atau menaruh smartphone.

Gunakan flip cover sebagai pelindung dari Smartphone. Selain melindungi bagian belakang dan samping, flip cover juga sangat berguna dalam melindungi layar Smartphone karena memiliki tutup yang tentunya bisa melindungi layar saat terkena benda – benda keras, benda lancip/ tumpul, kotoran, goresan, dan lainnya.

Selain flip cover, pasang juga dengan tempered glass sebagai pelindung layar. Tujuan dari memasang tempered glass yakni mengurangi goresan yang terjadi pada layar smartphone.

Dalam menaruh smartphone atau membawa smartphone, jangan menaruh smartphone pada bagian saku belakang. Hal ini sangat beresiko sekali, karena jika tertindih saat anda sedang duduk bisa – bisa nantinya Layar Smartphone pecah dan rusak. Untuk lebih baiknya, letakkan smartphone di tas atau saku baju. Jangan juga mengantongi smartphone di kantong celana bagian depan, karena hal tersebut dapat melemahkan sperma bagi pria.

Baca Juga :

2. Tepian Smartphone

Tepian Smartphone bisa dibilang bagian samping – samping dari sebuah smartphone. Bagian tepian yang satu ini sangat sensitif dan mudah sekali terjadi goresan. Tepian Smartphone pasti sering tergoses, tertimpa, tertindih, dan lain sebagainya. Bagian Tepi Smartphone mudah sekali terkelupas dan hal ini tentunya akan mengurangi nilai jual dari smartphone itu sendiri.

Solusi mengenai bagian tersebut sebaiknya anda gunakan casing sebagai pelindung seperti ring bumper case atau flip cover yang memiliki penutup layar. Hanya dengan casing tambahan anda bisa mengurangi tingkat goresan pada bagian tepi smartphone. Untuk itulah anda perlu berhati – hati.

3. Colokan Charger

Colokan Charger atau Port Charger menjadi bagian paling utama saat sedang mengisi daya baterai. Jika Colokan Charger mengalami kerusakan tentunya anda akan bingung dalam men-charger smartphone. Anda harus menggunakan charger Desktop jika Colokan Charger mengalami kerusakan. Lalu bagimana jika smartphone anda tipe unibody? Tentunya anda akan pusing tujuh keliling.

Dalam sehari saja, anda pasti sangat aktif dalam menggunakan Colokan Charger, bisa untuk charging atau menghubungkan Smartphone dengan Laptop (PC).

Ada banyak pengguna Smartphone yang mengalami kerusakan pada bagian Port. Pada umumnya Port tersebut tidak bisa digunakan untuk Charing, karatan, error, dan tidak bisa terhubung dengan komputer atau laptop. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginakan, cara paling efektif yang bisa anda lakukan yakni gunakan charger bawaan atau Original. Selain itu, perhatikan pula saat anda sedang men-charging smartphone, jangan terlalu memasakkan charger untuk masuk ke dalam, takutnya nanti akan membengkokkan besi dari port tersebut.

Baca Juga :

4. Tombol Home

Tombol Home pada smartphone hanya ada pada smartphone merek iPhone dan Samsung. Maka dari itu bagi anda pengguna iPhone dan Samsung sebaiknya berhati – hati dalam menggunakan Tombol Home. Untuk smartphone merek lain seperti Xiomi, Lenovo, Asus Zenfone, Smartfreen Andromax, dan lainnya tentunya tidak begitu masalah karena memang tidak tersedia tombol Home.

Kerusakan padaTombol Home Smartphone akan berdampak menurunnya harga dari smartphone itu sendiri karena fungsi tombol sudah hilang.

Untuk mencegah dan mengurangi tingkat kerusakan pada Tombol Home sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan Tombol Home. Anda bisa menggunakan tombol home/ pilihan dengan TouchScreen atau Virtual.

5. Tombol Power dan Volume

Tombol Power dan Volume adalah tombol paling utama dalam membuka layar Smartphone dan menaikkan volume suara smartphone. Banyak pengguna Smartphone yang mengeluh karena tombol Power dan Volume yang sering terjadi kerusakan mulai dari Tenggelam ke dalam, keras, tombolnya copot, dan lainnya. Akibat buruknya jika tombol power rusak maka anda tidak bisa menghidupkan layar smartphone.

Salah satu cara terbaik meminimalisir terjadinya kerusakan pada Tombol Power dan Volume yakni dengan menggunakan Aplikasi Virtual sebagai aplikasi untuk menaikkan Volume dan mematikan layar tanpa menyentuh Tombol sama sekali. Selain itu, anda juag bisa menggunakan case supaya tombol tidak kepencet saat anda masukkan ke dalam tas.

Baca Juga :

Dengan adanya pengetahuan mengenai Bagian Smartphone Yang Sering Mengalami Kerusakan, tentunya ini bisa menjadi pelajaran dan informasi yang sangat berharga supaya anda bisa berhati – hati dalam menggunakan smartphone. Tulis pendapat anda mengenai ulasan diatas melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat!!

Sumber Referensi : JalanTikus.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here