Cara Mengunci Sinyal 3G HSDPA+ di HP Android

0
968

Dianisa.com – Cara Menguatkan Sinyal 3G Dengan Mengunci Sinyal ke WCDMA Only. Sinyal memang menjadi bagian yang sangat penting sebagai penunjang kebutuhan Internet para pengguna smartphone dan tablet Android. Kekuatan sinyal dari setiap daerah di Indonesia berbeda – beda, jangkauan tower menjadi peranan penting untuk bisa mendapatkan sinyal operator terbaik. Pengguna yang memiliki rumah dekat dengan tower tentunya memiliki kualitas sinyal yang cukup baik. Adapun pengguna yang jauh dari tower memiliki kesedihan karena kualitas sinyal yang kurang baik.

Baca Juga :

Jangkuan sinyal 4G LTE hanya sampai pada area perkotaan saja, sementara untuk perdesaan masih 2G dan 3G. Itupun dengan kualitas yang tidak begitu bagus. Mengunci sinyal pada 3G HSDPA+ atau WCDMA Only adalah solusi untuk mendapatkan sinyal terbaik dari 3G. Dan yang pasti kecepatan data akan jauh lebih baik pula. Mengunci sinyal bisa dilakukan pada semua perangkat Android, baik itu OPPO, Samsung, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, HTC, LG, Motorola, Polytron, LAVA, LUNA, Nokia, dan perangkat Android lainnya.

Cara Mengunci Sinyal 3G di Android

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengunci Sinyal 3G Di HP Android Mudah Dan Cepat. Ada dua metode nantinya yang bisa anda coba untuk melakukan perubahan pada setting jaringan Android anda. Yang pertama, anda bisa menggunakan kombinasi kode dan yang kedua anda bisa langsung masuk pada pengaturan Android. Untuk melakukan perubahan, silahkan anda simak Metode Mengunci Sinyal 3G Di HP Android berikut ini.

Metode 1 : Gunakan Kode Rahasia

Untuk metode yang pertama, anda bisa mencoba menggunakan kombinasi kode *#*#4636#*#*. Dengan kombinasi kode tersebut, anda akan dibawa pada informasi jaringan telepon yang ada di ponsel Android anda. Gunakan fitur dial phone untuk mencoba mengeksekusi kode tersebut. Dan untuk langkah – langkahnya, anda bisa langsung simak berikut ini.

1. Langkah pertama, anda tap fitur Dial Phone yang ada di HP Android anda. Masukkan kode *#*#4636#*#* dan secara otomatis anda akan dibawa pada informasi detail dari jaringan ponsel Android anda. Tap “Informasi Telepon” kemudian anda akan diperlihatkan informasi terkait sinyal Android.

Pilih Informasi Telepon

2. Scrool pada bagian bawah, kemudian anda setting setelah jaringan menjadi “WCDMA Only”. WCDMA Only yang dimaksud disini adalah 3G HSDPA. Dengan melakukan pengaturan tersebut, sinyal jaringan akan terfokus pada 3G HSDPA+ saja.

Pilih WCDMA Only

3. Ada beberapa opsi pilihan dari jaringan tersebut seperti WCDMA preferred, GSM only, WCDMA only, GSM auto (PRL), CDMA auto (PRL), CDMA only, EvDo only, GSM/CDMA auto (PRL), LTE/CDMA/EvDo, LTE/GSM/WCDMA, LTE/CDMA/EvDo/GSM/WCDMA, LTE only, LTE/WCDMA, CDMA/GSM/WCDMA, 4G only, dan lainnya. Jika anda ingin setting ke 3G, maka anda bisa pilih “WCDMA Only”. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 2 : Gunakan Cara Biasa “Setelan”

Untuk metode yang kedua, anda bisa mencoba menggunakan cara biasa yang bisa dilakukan pada semua perangkat Android. Tapi biasanya, setiap ponsel Android memiliki letak pengaturan yang berbeda – beda. Artinya, anda sebagai pengguna juga harus bisa menyesuaikan dengan cara yang ada. Untuk Melakukan setting pada 3G HSDPA+, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengubah Sinyal Android Ke 3G Saja

  • Buka Menu Pengaturan/Setelan » SIM Ganda dan Jaringan Seluler » Jenis Jaringan Yang Dianjurkan » Jenis Jaringan Yang Dianjurkan » Pilih “3G Saja”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Itulah kedua metode yang bisa anda coba untuk melakukan perubahan pada jaringan Android agar lebih kuat dan bagus. Dengan penguncian pada jaringan 3G pastinya kualitas sinyal yang didapatkan juga akan lebih baik. Dan pastinya, akses internet juga jauh lebih lancar dari sebelumnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatur Jaringan Android Ke 3G Saja Atau WCDMA Only, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini atau hubungi melalui chat fanspage facebook NGAWI DIAN. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here